• Home
  • Tips
  • Cara Membuat Website Dari Nol Bagi Pemula Terlengkap

Cara Membuat Website Dari Nol Bagi Pemula Terlengkap

Oleh Mutiara Auliya
4.81/5 (86)

Semua sudah serba online, ya kali kamu masih belum punya website. Mungkin kamu udah kepikiran untuk punya website tapi selalu terlintas kekhawatiran bagaimana cara membuat website. Hmm, wajar sih karena secara teknis membuat website itu memang terlihat “sulit”. Baca tutorial sana-sini juga kok rasanya juga belum bisa-bisa ya? Wah, kalau begitu kamu mendarat di artikel yang tepat. Disini kamu bakal dapat penjelasan lengkap cara membuat website dari nol tanpa efek samping pusing lho. Yuk, simak sampai tuntas ya!

Apa itu Website

Website adalah kebutuhan primer jika berorientasi pada dunia maya alias internet. Tak bisa dipungkiri, kini hampir semua kalangan usia dan demografi lainnya “menggantungkan” hari-harinya di internet. Orang-orang saat ini bahkan sudah me-normalisasi ketika melihat anak kecil menghabiskan waktunya bermain bersama smartphone atau seorang lanjut usia yang candu berbelanja online, lagi-lagi melalui smartphone-nya.

apa itu website?
Sumber: Envato

Jika berbicara tentang internet maka tak bisa dilepaskan dengan pembahasan search engine yang begitu powerful. Apapun yang kamu cari di internet hampir semua berawal dari search engine salah satunya adalah Google. Disinilah asal mula website menjadi kebutuhan primer. Ini disebabkan karena hasil dari pencarian pada search engine akhirnya akan bermuara pada website.

Membangun website adalah pekerjaan yang susah-susah gampang alias relatif tergantung pada cara membuat website yang diterapkan. Jika memilih pada cara membuat website yang mudah, maka kamu bisa memanfaatkan Content Management System (CMS). Ini adalah sebuah tool pembuat website yang memungkinkan kamu membuat website “tanpa” melakukan pengkodean. 

Cara membuat website dari nol bagi pemula yang pertama adalah dengan menentukan terlebih dahulu tujuan dan fungsi website. Hal ini menjadi sangat penting terutama untuk menentukan jenis website yang akan dibangun. Kemudian tentukan layanan hosting dan domain yang cocok untuk website. 

Beli Hosting Murah

Untuk membuat website yang mudah dan cepat, menggunakan platform website adalah pendekatan yang tepat. Tentukan platform yang tepat sebagai core bagi website-mu. Biasanya platform ini mengacu pada pilihan beberapa CMS populer. Jangan lupa juga untuk mengedepankan keamanan dengan melakukan instalasi SSL.

CMS populer untuk membuat webiste
Sumber: Envato

Jika core website telah terbentuk pada CMS yang digunakan, mulailah untuk mendesain tampilan website dengan melakukan instalasi tema atau plugin. Pada tahap ini selalu gunakan prinsip pendekatan pada bidang keilmuan UI/UX untuk mendapatkan pengalaman pengguna yang optimal pada website.

Jika website telah selesai dikembangkan dan ready to release, sempatkan untuk melakukan optimasi dan juga integrasikan tools untuk tracking alias memantau performa website hari demi hari. Optimasi dapat kamu lakukan pada aspek Search Engine Optimization (SEO) sedangkan tools penting yang perlu kamu integrasikan adalah Google Search Console dan Google Analytics. 

Baca Juga: Sekarang, Pemrograman Web Sangat Populer, Ini Dia 5 Tips Belajar Pemrograman Web Untuk Pemula!

Cara Membuat Website Dari Awal

Pada dasarnya tidak semua orang “menaruh” minat pada bidang teknologi khususnya per-website-an ini. Namun luar biasanya, saat ini siapapun telah dimudahkan dalam urusan mengembangkan website. Ya, bahkan orang awam tanpa skill ngoding pun bisa melakukannya sehingga cara membuat website bukanlah suatu yang mengerikan. 

Jika kamu ingin membangun website, pilih saja cara termudah untuk melakukannya. Apalagi jika website yang ingin kamu kembangkan tidaklah terlalu kompleks secara fitur. Jika ada yang mudah dan praktis, ngapain menggunakan cara yang lebih rumit kalau hasilnya sama. Biasanya cara membuat website dari nol yang mudah adalah dengan menggunakan Content Management System (CMS).

Cara membuat website dari nol yang mudah dapat kamu lakukan dengan menggunakan langkah-langkah yang tepat dan terukur. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam mengembangkan website:

Tentukan Tujuan dan Pahami Fungsi Website

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan tujuan dari website yang akan dikembangkan. Tujuan website nantinya akan menggambarkan jenis website. Pada setiap jenis website tersebut juga ter-mandatory dengan fungsi dari website-nya. 

Tanpa disadari, sebenarnya website-website yang pernah kamu akses memiliki jenis dan fungsinya masing-masing. Maka dari itu cara membuat website yang benar, tentukan terlebih dahulu jenisnya. Ada beberapa jenis website yang biasa digunakan seperti berikut ini:

tentukan jenis website sebelum membuat website
Sumber: Envato

Website Pribadi

Jenis website pertama yang biasa digunakan adalah jenis website pribadi. Pengertian dasar dari website pribadi ini adalah website yang digunakan untuk memberikan informasi personal (pemilik website). Ada beberapa tujuan dari pengembangan website pribadi ini. 

Pertama, website pribadi dapat digunakan untuk sekedar berbagi informasi atau membuat semacam diary bagi pemiliknya. Biasanya ini akan berbentuk blog pribadi yang akan ditulis oleh pemiliknya sendiri. 

Website pribadi juga bisa berbentuk personal portfolio. Tujuannya adalah tidak lain untuk showcase karya atau skill yang dimiliki oleh pemilik website. Website seperti ini biasanya berfungsi sebagai sarana membuat curriculum vitae sehingga pemilik website bisa mendapatkan pekerjaan jika ada perusahaan yang tertarik setelah melihat website-nya. 

Website pribadi juga bisa digunakan sebagai tempat personal branding. Personal branding adalah proses menciptakan identitas seseorang. Seperti namanya, ini adalah merek untuk diri sendiri. Intinya, ini adalah bagaimana kamu memproyeksikan diri dan nilai-nilai diri kepada dunia dan memastikan bahwa audiens target tahu siapa kamu. 

Website Informasi

Jenis website selanjutnya adalah website informasi. Jika dalam bayanganmu website merupakan sebuah kompleksitas fungsi atau fitur yang ada didalamnya, website informasi ini adalah negasi dari itu. Sesuai dengan namanya, website ini hanya berisi informasi. 

Jenis website ini bisa diimplementasikan dalam bentuk misalnya adalah website perusahaan atau company profile. Website perusahaan merupakan halaman statis yang berisi informasi lengkap mengenai perusahaan tersebut. Dalam website ini tentu tidak terdapat transaksi dan fitur sejenis yang lainnya. 

Tidak hanya website perusahaan dan company profile, jenis website ini juga bisa diimplementasikan dalam bentuk landing page. Landing page merupakan satu halaman statis yang compact berisi informasi yang dimaksudkan untuk kegiatan marketing

membuat website informasi
Sumber: Envato

Website Bisnis

Selanjutnya adalah jenis website bisnis. Bisa dibilang ini merupakan bisnis yang memiliki tujuan untuk memudahkan proses bisnis terutama pada interface transaksi kepada pelanggan. Contoh paling populer misalnya adalah e-commerce atau toko online. Website tersebut berfungsi untuk membuat otomasi dalam transaksi penjualan. 

Nah, itulah macam-macam dari jenis website. Kamu perlu menentukan terlebih dahulu jenis website yang akan kamu buat berdasarkan pada pertimbangan tujuan website. 

Beli Hosting Bisnis

Pilih Layanan Hosting dan Domain

Cara membuat website selanjutnya adalah memilih layanan hosting dan domain dimana kamu akan men-deploy website-mu. Jika kamu telah menentukan jenis website, maka kamu bisa mulai mengira-ngira seberapa besar dan kompleksitas website-mu sehingga dapat disesuaikan dengan layanan yang akan kamu beli. 

Pilih Hosting

Hosting adalah “rumah” bagi website-mu. Seluruh file yang membentuk website-mu akan diletakkan dalam hosting tersebut. Untuk menentukan layanan hosting apa yang kamu gunakan, pertimbangkan resources-nya. Setiap layanan hosting pasti memiliki spesifikasi yang dapat kamu sesuaikan dengan website. 

Misalkan saja kamu bisa gunakan hosting untuk bisnis dari DomaiNesia untuk mengembangkan website bisnis atau gunakan WordPress hosting jika website yang kamu bangun menggunakan CMS WordPress.pilih hosting dan domain

Beli WordPress Hosting

Tentukan Domain

Jika hosting tadi adalah ibarat rumah, maka domain ini adalah alamat rumahnya sehingga tanpa domain, website tidak dapat ditemukan. Apabila kamu ingin menuju ke rumah seseorang maka kamu harus mengetahui alamatnya, begitu juga dengan website. 

Menentukan domain website juga bisa kamu pertimbangkan dengan jenis website. Misalkan saja kamu akan mengembangkan sebuah toko online, kamu bisa gunakan ekstensi .store atau .online. Jika yang kamu kembangkan adalah website informasi sekolah tentu kamu harus menggunakan .sch.id agar lebih kredibel.

Pilih Platform Website

Tahap inilah yang sebenarnya akan menentukan apakah cara membuat website yang kamu gunakan adalah cara yang mudah atau lebih rumit. Ada tiga platform website yang bisa kamu pilih untuk mendukung pengembangan website. 

Content Management System

Content Management System, sering disingkat CMS adalah perangkat lunak yang membantu pengguna membuat, mengelola, dan memodifikasi konten di situs web tanpa memerlukan pengetahuan teknis khusus. Dalam bahasa yang lebih sederhana, CMS adalah alat yang membantu kamu membangun situs web tanpa perlu menulis semua kode dari awal (atau bahkan tahu cara membuat kode sama sekali).

CMS paling populer saat ini adalah WordPress. WordPress adalah contoh terbaik dari CMS yang populer. Meskipun pasti ada sistem manajemen konten lain yang ada, WordPress mempertahankan lebih dari 65,1% pangsa pasar di situs web. CMS selain WordPress yang juga memiliki popularitas tinggi adalah:

  • Joomla
  • Drupal
  • Magento

Website Builder

Cara membuat website dari nol agar tetap mudah juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan website builder. Sekilas website builder ini sama dengan CMS, namun jangan salah bahwa sebenarnya keduanya adalah platform yang berbeda. 

Website builder lebih fokus pada pembuatan website daripada management content yang ada didalamnya. Jika pada CMS kamu bisa menemukan fitur membuat post, plugin, dan sebagainya, maka di website builder kamu tidak akan menjumpainya. Contoh dari website builder ini adalah Weebly, Wix, dan Site Builder.

Self Development

Platform cara membuat website satu ini berbeda dari dua platform yang telah dijelaskan diatas. Platform ini digunakan untuk membangun website dengan tingkat kustomisasi yang tinggi dan memiliki kompleksitas tinggi. Tentu apapun yang tidak bisa di handle oleh CMS dan website builder akan dibangun menggunakan ini.

Dengan mengembangkan sendiri website tanpa CMS, artinya kamu harus mulai dari awal untuk melakukan pengkodean, membuat database, hingga mengintegrasikannya. Kamu bisa menggunakan framework programming yang ada atau mengembangkannya secara native. 

Baca Juga: Makin Jago! 11 Tempat Belajar WordPress dari Nol

Install SSL/HTTPS

Setelah kamu memiliki hosting dan domain, kamu bisa mulai mengamankan atau memberikannya security agar websitemu nantinya aman yaitu dengan Secure Socket Layer (SSL). SSL adalah sebuah file data yang bekerja untuk melakukan enkripsi terhadap data website. Ini akan melindungi website dari peretas. Website yang menggunakan SSL aktif maka gembok dan protokol HTTPS-nya akan aktif. 

Jika kamu menggunakan layanan DomaiNesia, kamu akan mendapatkan keamanan ini melalui Let’s Encrypt SSL. Biasanya secara otomatis SSL ini akan aktif. Kamu bisa melakukan pengecekan melalui CPanel.gunakan SSL untuk website agar aman

Untuk melakukan pengecekan, silahkan kamu masuk pada fitur SSL/TLS Status. Kamu bisa mencarinya pada menu CPanel atau langsung mengetikannya saja melalui bilah pencarian seperti pada gambar diatas.cara membuat website

Pada halaman SSL akan muncul nama-nama domain dan status SSL-nya. Apabila SSL kamu pada domain tertentu belum aktif, kamu bisa men-checklist-nya lalu klik Run AutoSSL. Tunggu beberapa saat maka secara otomatis SSL-mu akan aktif.

Install CMS

Seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya, bahwa untuk mendapatkan cara membuat website dari nol yang mudah, kamu bisa menggunakan CMS. Pada poin ini, kamu akan mendapatkan penjelasan cara melakukan instalasi CMS paling populer, yaitu WordPress. 

Tetaplah di halaman CPanel layanan hosting-mu kemudian cari fitur Softaculous Apps Installer seperti pada gambar dibawah ini cara membuat website

Softaculous adalah auto installer yang ada pada layanan hosting dan berfungsi untuk mempermudah dalam melakukan instalasi berbagai macam CMS. Pada halaman Softaculous pilih CMS WordPress dan klik Install seperti pada gambar dibawah ini. cara membuat website

Kemudian pada halaman instalasi WordPress, akan muncul setting seperti pada gambar dibawah ini. Pilih domain dimana kamu akan install WordPress tersebut. Pastikan kamu sudah memiliki domain! cara membuat website

Pada setting selanjutnya silahkan atur akses account WordPress kamu dengan membuat username dan password. Kemudian langsung saja klik install pada bagian bawah pengaturan. Tunggu beberapa saat sampai instalasi selesai. 

Jika instalasi telah selesai, kamu bisa langsung membuka dashboard WordPress-nya. Biasanya kamu bisa mengakses melalui url /wp-admin/ misalkan namadomain.com/wp-admin/. Lalu masukkan username dan password. 

Rancang Desain UI dan UX

Cara membuat website dari nol selanjutnya adalah dengan mulai merancang desain UI dan UX website-mu. Dalam ilmu UI/UX tentu ada beberapa aspek yang harus diperhatikan sehingga sebelum kamu melakukan optimasi desain terhadap website-mu, perlu kamu ketahui penjelasan dasar mengenai UI/UX. 

UI dan UX memang sering disebutkan secara bersamaan dan juga sering diartikan sebagai hal yang salah. Namun jangan salah kaprah, kedua hal tersebut secara fundamental adalah hal yang berbeda.

User Interface (UI) adalah unsur yang berkaitan dengan tampilan sedangkan user experience (UX) adalah unsur yang berkaitan dengan pengalaman pengguna atau perilaku dalam menggunakan sistem. 

Elemen yang bisa kamu optimasi dalam kaitannya meningkatkan performa UI, maka kamu bisa mulai memperhatikan elemen seperti typography, color, layout, dan lain sebagainya sedangkan kamu bisa mulai memikirkan flow paling efektif dalam menggunakan website tersebut untuk meningkatkan performa UX.  

Dapatkan promo dari DomaiNesia

Install Tema dan Plugin

Tema

Melakukan instalasi tema dan plugin adalah cara membuat website dari nol yang selanjutnya. Setelah kamu memahami aspek apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat tampilan website, maka saatnya kamu melakukan kustomisasi tema dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut. cara membuat website

Pada halaman utama dashboard, pilih menu Appearance kemudian pilih themes. Nantinya di menu tersebut kamu akan memilih tema yang cocok untuk website kamu. cara membuat website dengan hosting

Halaman awal themes berisi tema-tema yang telah kamu miliki atau install. Nah, jika kamu akan mencari tema baru, kamu cukup klik pada bagian atas yaitu add new. cara membuat website

Pilih tema yang kamu inginkan. Jika kamu memiliki kata kunci untuk tema yang kamu inginkan, carilah melalui bilah pencarian. Apabila telah menemukan tema yang sesuai, kamu bisa melakukan preview atas tema tersebut dan lakukan installasi jika dirasa telah sesuai. Setelah selesai melalukan instalasi, aktifkan tema tersebut. 

Untuk dapat melakukan editing atau kustomisasi terhadap tema yang telah kamu install, kamu bisa pergi ke menu customize seperti pada gambar dibawah inicara membuat website

Lakukan editing sesuai dengan kebutuhanmu. Ingat, tetaplah bersandar pada aspek-aspek UI/UX yang telah dibahas sebelumnya. 

Plugin

Cara membuat website agar semakin menarik dan powerful adalah dengan menambahkan plugin yang berguna bagi pengguna. Salah satu rekomendasi plugin gratis WordPress contohnya adalah Yoast SEO yang berguna untuk membantu dalam melakukan optimasi SEO. Plugin ini akan dibahas pada poin Optimasi SEO. 

Untuk dapat menemukan dan melakukan instalasi plugin kamu bisa memilih menu Plugin kemudian pilih Add New. cara membuat website

Jika kamu telah menemukan plugin yang kamu cari, klik install now dan kemudian klik activate. Setelah itu kamu bisa mulai melakukan setup terhadap plugin yang baru saja kamu install. 

Tautkan Ke Google Search Console

Cara membuat website dari nol agar bisa kamu cek performanya adalah dengan menautkan website-mu ke Google Search Console. Ini merupakan tool yang bisa kamu gunakan untuk melakukan pengukuran performa traffic pengunjung yang berasal dari search engine sehingga kamu tahu, berapa banyak website-mu diakses orang melalui search engine. Dengan begitu, kamu bisa melakukan analisa dan peningkatan agar organic traffic website-mu terus meningkat. 

Google Search Console telah tersedia sebagai plugin pada WordPress sehingga untuk menautkan adalah hal yang sangat mudah. Kamu hanya perlu mencari plugin tersebut di WordPress dan melakukan instalasi seperti pada gambar dibawah ini. cara membuat website

Silahkan ikuti petunjuk setup yang tertera saat kamu mengaktifkan Google Search Console. Jika berhasil, maka kamu bisa mulai memantau performa website-mu seperti pada gambar dibawah inicara membuat website

Lakukan Optimasi SEO

Selanjutnya adalah cara membuat website agar mudah di index dalam pencarian Google adalah dengan meningkatkan performa SEO. Seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya, Yoast SEO adalah salah satu plugin yang bisa membantu kamu dalam meningkatkan performa. 

Kamu bisa melakukan instalasi plugin seperti pada cara sebelumnya. Jika telah terinstal, maka ketika kamu membuat post atau page (pada bagian bawah), akan muncul arahan rekomendasi agar post yang kamu buat dalam dengan baik ter-index oleh Google. Ikuti saran-saran yang diberikan seperti pada gambar dibawah inicara membuat website

Baca Juga : Cara Pasang Google Analytics di WordPress Untuk Pemula

Tautkan Ke Google Analytics

Cara membuat website dari nol agar mudah dalam melakukan pemantauan performa adalah dengan memasang Google Analytics. Tidak seperti Google Search Console yang bisa kamu temukan sebagai plugin, Google Analytics tidak tersedia plugin secara resminya. Namun kamu tetap bisa menggunakan plugin, yaitu bernama Monsterinsight. 

Lakukan instalasi seperti halnya menginstal plugin. Jika berhasil kamu akan bisa melihat performa website-mu melalui dashboard seperti gambar dibawah ini.cara membuat website

Jangan lupa kamu juga perlu membuat akun Google Analytics terlebih dahulu. Tenang, ketika kamu melakukan instalasi plugin Monsterinsight, kamu akan mendapatkan arahan.

Baca Juga: Mempelajari Cara Membuat Website Dengan PHP Untuk Pemula

Kesimpulan

Waw, lengkap bukan penjelasan cara membuat website dari nol ini. Tentunya hal ini akan sangat berguna bagi kamu yang ingin mengembangkan website menggunakan CMS. Membangun website adalah pekerjaan yang susah-susah gampang alias relatif tergantung pada cara membuat website yang diterapkan. Jika memilih pada cara membuat website yang mudah, maka kamu bisa memanfaatkan Content Management System (CMS). Ini adalah sebuah tool pembuat website yang memungkinkan kamu membuat website “tanpa” melakukan pengkodean.

Mutiara Auliya

Hi! I am Data Analyst and Technical Writer at DomaiNesia. I love Linux, Python, Server, WordPress, Data Analysis and Artificial Intelligence. I will help you making some technically being easy to understand :)


Manda
October 5, 2022

wah keren terjangkau

Alwan
September 23, 2022

Bisa jadi pertimbangan bagi yang mau membuat website

pokerdewa
August 15, 2022

ka,untuk backlink permanent bisa kita dapatkan dari mana aja ya? makasih kak

Reyhan
May 28, 2022

terimakasih artikelnya bermanfaat

Tri Pantoro
August 7, 2020

Bener banget dan saya terinspirasi untuk membangun website. Artikel ini aku banget dan yang dibutuhkan seorang yang ingin belajar website dari nol dan sanget membatu step by step yang harus dilakukan saya bener-bener nol intinya saya bingung apa yang akan saya lakukan untuk membuat web. Sebenarnya saya sedikit tahu apa tentang HTML, PHP dan CSS serta PHPmyadmin iya hanya tahu namanya saja kodingnya bener2 masih nol. Informasi dari DomaiNesia ini sangat membtu siapa saja yang ingin belajar bikin web. Saya tidak/belum berfikir menjadi web programmer atau profesional apalagi web developer mungkin bisa membuat web untuk pribadi saya sudah sangat senang. Untuk itu terimakasih sekalilagi artkel ini sangat membatu.

nasrullah
December 28, 2019

tolong dipandu cara membuat website lewat laptop, dengan cara lebih pemula lagi...mohon...

Arga
October 29, 2019

Hai Abdul Wahid, Bisa diinformasikan metode pembayaran yang sekarang ini dimiliki apa?

abdul wahid
October 23, 2019

Kalau order tapi tidak memiliki metoda pembayaran yang disediakan gimana?

yuli susanto
September 12, 2019

cara membuat akun website untuk usaha kecil

ashaharsha
July 27, 2019

Great Article… I love to read your articles because your writing style is too good, its is very very helpful for all of us and I never get bored while reading your article because, they are becomes a more and more interesting from the starting lines until the end.

ashaharsha
July 27, 2019

Very nice post here and thanks for it .I always like and such a super contents of these post.Excellent and very cool idea and great content of different kinds of the valuable information's.

Amos neolaka
May 26, 2019

Saya sudah baca dan akan membuat Website yg tidak rumit, pakai Instant Deploy Domainesia. Terimakasih.

Budi sumarsono
May 20, 2019

Cara membuat website

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds