• Home
  • Tips
  • Sekarang, Pemrograman Web Sangat Populer, Ini Dia 5 Tips Belajar Pemrograman Web Untuk Pemula!

Sekarang, Pemrograman Web Sangat Populer, Ini Dia 5 Tips Belajar Pemrograman Web Untuk Pemula!

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Pemrograman web atau web programming mengacu pada proses komunikasi yang digunakan oleh manusia dengan memberikan perintah pada komputer untuk membangun sebuah program yang berbasis website agar bisa diakses dengan menggunakan internet.

Pemrograman web mencakup pada penulisan, markup, hingga pengkodean yang terlibat dalam pengembangan web mulai dari konten web, script client, server web dan keamanan jaringan.

Bahasa yang biasa digunakan untuk pemrograman web diantaranya XML, HTML, JavaScript, dan PHP.

Pemrograman web berbeda dari programming biasanya, sebab pemrograman web membutuhkan beberapa sudut padang ilmu mengenai area aplikasi, teknologi basis data, dan lain sebagainya. 

Bahasa Pemrograman Web

Bahasa pemrograman web adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengkomunikasikan instruksi pada komputer untuk melakukan tugas tertentu.

Bahasa pemrograman web menggunakan sintaks atau kode-kode tertentu untuk membuat sebuah program melakukan tugas spesifik.

Berikut beberapa bahasa pemrograman web yang paling populer digunakan oleh seorang programmer  web :

Java

Java merupakan salah satu bahasa pemrograman terpopuler yang digunakan lebih dari 3 miliar perangkat.

Bahasa pemrograman yang dimiliki oleh Oracle Corporation ini dikenal memiliki fleksibilitas yang dapat digunakan pada berbagai platform mulai dari aplikasi desktop, aplikasi seluler, pengembangan web, artificial intelligence, aplikasi cloud, dan banyak lagi.

Sejak pertama kali diluncurkan, java termasuk salah satu bahasa pemrograman web yang paling banyak digunakan.

Bahkan perusahaan besar seperti LinkedIn, Spotify, Yahoo! juga mengembangkan situs websitenya menggunakan bahasa pemrograman Java.

Beberapa fitur unggulan yang ditawarkan oleh Java diantaranya : 

  • Object-oriented programming dan platform independence
  • Write Once, Run Anywhere
  • Peningkatan produktivitas, kinerja, dan keamanan
  • Merupakan bahasa pemrograman yang paling aman
  • Dapat mengakses atau memanipulasi fungsi komputer yang paling penting seperti sistem file, grafik, dan suara untuk program apapun yang dapat berjalan di sistem operasi apapun. 

Sayangnya, untuk menggunakan bahasa pemrograman Java kamu perlu menyediakan penyimpanan yang sedikit lebih banyak.

Sebab penulisan kode bahasa Java cenderung membutuhkan beberapa baris kode untuk menuliskan perintah sederhana secara utuh.

Oleh karena itu, Java membutuhkan banyak penyimpanan.

Selain itu, java juga termasuk bahasa pemrograman yang cukup kompleks dengan bahasa tingkat tingginya sehingga butuh lebih banyak usaha untuk mempelajarinya, namun developer berpengalaman tetap memilih java untuk pengembangan webnya.

Python

Python juga termasuk bahasa pemrograman terpopuler saat ini. Python dianggap sebagai bahasa pemrograman masa depan sebab python dapat digunakan untuk banyak tujuan mulai dari analisis data, machine learning, pemrograman web dan lain sebagainya.

Python banyak diminati sebab mudah dipelajari oleh pemula karena seperti bahasa manusia.

Bahasa pemrograman ini bersifat open source dengan dukungan ekstensi dan pengembangan komunitas, kemudahan integrasi layanan web dan struktur data, serta aplikasi desktop yang berbasis GUI (Graphical user interface).

Bahasa pemrograman ini dilengkapi dengan library yang luas untuk memfasilitasi artificial intelligence, data science, dan proses machine learning.

Sumber : Elements Envato

Bahasa pemrograman python dilengkapi fitur luar biasa seperti : 

  • Mudah dipelajari dan dikodekan.
  • Ekstensi library dan framework yang luas yang mendukung mayoritas aplikasi.
  • Menggabungkan varian Java dan C seperti CPython, Jython, dll.
  • Memiliki GUI support.
  • Terdapat tutorial dan dokumentasi resmi yang sangat membantu.

Javascript

JavaScript adalah bahasa pemrograman web tingkat tinggi yang menjadi salah satu teknologi inti dari World Wide Web (WWW).

JavaScript awalnya hanya digunakan untuk pengembangan browser web, namun saat ini bahasa pemrograman JavaScript digunakan untuk penerapan situs web sisi server dan juga aplikasi browser non web.

JavaScript banyak digunakan untuk membuat website menjadi lebih interaktif dan dinamis. Pada peluncuran JavaScript di tahun 1995, bahasa pemrograman ini dikenal sebagai LiveScript.

Namun, saat itu bahasa pemrograman yang populer adalah bahasa java. Sehingga saat itu, LiveScript diiklankan sebagai “younger brother” dari bahasa pemrograman Java. Seiring perkembangan waktu, JavaScript menjadi bahasa yang sepenuhnya independen.

Hanya saja, JavaScript memerlukan ketelitian tinggi. Sebab, ia memiliki aturan penulisan kode yang lebih ketat daripada bahasa pemrograman web lainnya. Fitur andalan yang dimiliki oleh JavaScript diantaranya : 

  • Memiliki well-organized codebase yang menyediakan peningkatan produktivitas dan keterbacaan. 
  • Mudah dipelajari dan sangat diminati.
  • Kemandirian platform dan kontrol browser yang lebih besar.  
  • Menyediakan fitur user input validation.
  • Dapat berjalan langsung pada browser sisi client.

PHP

PHP atau Hypertext Preprocessor adalah salah satu bahasa pemrograman web yang bekerja pada bagian server.

Namun developer juga dapat menggunakan bahasa pemrograman ini untuk menulis command-line scripts bahkan seorang programmer yang memiliki keahlian level tinggi pada coding PHP dapat memanfaatkannya untuk membangun aplikasi desktop.

Bahasa pemrograman PHP banyak digunakan untuk menghubungkan konten, database, dan browser untuk menampilkan website di internet.

PHP biasanya digunakan bersama bahasa lain seperti HTML (Hypertext Markup Language), CSS (Cascading Style Sheet), hingga JavaScript.

PHP juga memiliki framework Laravel yang dapat memungkinkan pengguna untuk membangun website dengan cepat menggunakan pola MVP (model-view-controller). Fitur unggul yang dimiliki oleh PHP yaitu : 

  • Sederhana dan mudah dipelajari terlebih jika kamu memiliki latar belakang programming, namun tetap relatif mudah dipelajari bagi pemula.
  • Lebih cepat dari bahasa scripting lainnya.
  • Sangat aman untuk mencegah ancaman dan serangan.
  • Mudah dikembangkan dan dapat diintegrasikan dengan banyak tools yang berbeda.
  • Fleksibel dengan konektivitas database. 
  • Open source dan hemat biaya.

SQL dan MySQL

SQL (standard database query language) dan MySQL (My Structured Query Language) adalah dua bahasa pemrograman yang digunakan khusus untuk mengakses dan memanipulasi data pada database. 

SQL dan MySQL merupakan bahasa deklaratif yang digunakan untuk menentukan hasil yang diinginkan, bukan langkah-langkah untuk mencapai hasil tertentu. Pada pemrograman web, SQL hanya digunakan sebatas melakukan kueri dan pengelolaan sistem database.

Sedangkan, MySQL digunakan untuk menyimpan, mengelola, memodifikasi, dan bahkan menghapus data yang sudah disimpan secara terorganisir. Berikut fitur-fitur yang dimiliki oleh SQL : 

  • XML Support yang memungkinkan kamu menyimpan dokumen XML dalam suatu tabel dan melakukan query data pada format XML melalui Transact SQL.
  • Dapat menjalankan beberapa database engine SQL server pada engine yang sama.
  • Data Warehousing dan Business Intelligence Improvements untuk keperluan data mining.

Sedangkan fitur-fitur yang dimiliki oleh MySQL diantaranya : 

  • Struktur tabel yang fleksibel dan memiliki interface yang dapat menyesuaikan pada berbagai aplikasi dan bahasa pemrograman dengan menggunakan API (Application Programming Interface).
  • Dapat digunakan oleh beberapa user dalam waktu yang bersamaan tanpa mengalami konflik (multi user)
  • Memiliki beberapa lapisan keamanan seperti subnet mask, hostname, dan izin akses user dengan sistem perizinan detail yang terenkripsi.

HTML dan CSS

Walaupun tidak tergolong bahasa pemrograman web, tetapi HTML dan CSS merupakan bahasa dasar yang digunakan untuk membangun sebuah website. HTML dan CSS digunakan dalam website development pada bagian front-end.

HTML (HyperText Markup Language) dapat kamu gunakan untuk menambahkan gambar, tautan, dan jenis konten lainnya pada halaman web kamu.

Sedangkan CSS (Cascading Style Sheets) dapat digunakan untuk menjelaskan bagaimana halaman yang dihasilkan dalam bahasa markup disajikan.

Keduanya memiliki fungsi yang saling melengkapi. Semua tag HTML mulai dari teks pada body dokumen, judul, paragraf dan elemen teks lainnya diberi gaya menggunakan CSS. Beberapa keunggulan fitur HTML diantaranya : 

  • HTML dapat membuat halaman web yang terstruktur dengan baik dan sesuai standar yang mudah dipelihara dan diperbarui. 
  • Mudah dipelajari dan merupakan awal yang bagus bagi mereka yang baru mengenal pemrograman web.
  • HTML5 memberikan dukungan multimedia dan konten interaktif yang lebih baik, menjadikannya alat yang ampuh untuk menciptakan pengalaman web yang menarik.
  • HTML5 dirancang agar lebih ramah pengguna dan efisien daripada versi HTML sebelumnya.

Disamping itu, CSS juga memiliki fitur unggulan yaitu : 

  • CSS digunakan untuk menata semua tag HTML, termasuk body dokumen, judul, paragraf, dan konten lainnya. CSS juga dapat digunakan untuk menata bagaimana komponen tabel, elemen kisi, dan gambar ditampilkan.
  • Developer web menggunakan CSS untuk membuat situs web yang responsif dan dapat diakses. CSS dapat memudahkan developer web untuk membuat situs web yang terlihat bagus di semua perangkat, termasuk ponsel dan tablet. 
  • CSS juga dapat membantu membuat situs web lebih mudah diakses oleh penyandang disabilitas.
  • CSS mudah dipelajari dan digunakan. Banyak tutorial dan resources yang tersedia online, dan siapapun dapat mulai menggunakan CSS untuk menata halaman web yang dimiliki.
Sumber : Elements Envato

Go

Bahasa pemrograman Go atau yang biasa disebut sebagai bahasa pemrograman Golang adalah bahasa pemrograman open source yang dikembangkan Google engineers.

Bahasa pemrograman ini diciptakan untuk membuat aplikasi yang handal dan efisien. Bahasa pemrograman ini terinspirasi dari produktivitas dan kesederhanaan yang dimiliki oleh Python dengan kemampuan sebaik bahasa pemrograman C.

Go juga menggunakan kumpulan package untuk efisiensi dependency management.

Perusahaan yang menggunakan bahasa pemrograman Go yaitu Google, Cloudflare, Drpbox, MongoDB, Netflix, Uber, dan lainnya. Beberapa fitur luar biasa dari Go adalah:

  • Sederhana untuk dipelajari dan dipahami.
  • Mendukung proses otomatisasi.
  • Dilengkapi dengan Artificial Intelligence (AI) dan proses data science.
  • Dapat menangani slow build time, duplikasi effort, uncontrolled dependencies, kesulitan penulisan dan pengembangan lintas bahasa.

C

C merupakan bahasa pemrograman yang cukup tua, namun masih sangat powerful dan populer.

Bahasa pemrograman ini dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi seperti sistem operasi, basis data, kompiler, dan sebagainya.

Bahasa pemrograman C juga dirancang untuk bekerja secara efisien pada game, grafik, dan aplikasi web perusahaan. Bahasa pemrograman web menawarkan fitur luar biasa seperti:

  • Mudah dipelajari untuk pemula
  • Dilengkapi dengan function dan operators bawaan.
  • Dapat dilakukan extend.
  • Peningkatan kecepatan dan efisiensi.

Manfaat Belajar Pemrograman Web dengan Digitalisasi saat Ini

Berikut ini adala manfaat apabila kamu mulai belajar pemrograman web :

Menunjang Karir

Digitalisasi membuat peluang kerja sebagai web programmer menjadi banyak dicari, dan diprediksi pekerjaan ini akan semakin dibutuhkan seiring waktu.

Sekitar lebih dari 21.800 lowongan yang dibuka tiap tahunnya untuk posisi web programmer.

Hal ini sangat menguntungkan dan membuat masa depan menjadi lebih cerah jika kamu dapat menguasai pemrograman web dan menjadi bagian dari developer web lainnya.

Melatih Ketelitian

Sintaks dan aturan yang dimiliki oleh masing-masing bahasa pemrograman web secara tidak langsung akan membuat programmer melatih ketelitian.

Sebab agar program yang disusun dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan, maka kamu harus menulisnya dengan teliti sesuai dengan aturan sintaks tersebut. 

Mengasah Pola Pikir

Menjadi seorang programmer diperlukan kemampuan berpikir sistematis dan problem solving yang tajam.

Sebab saat kamu membuat program, kamu harus menyusun code sesuai dengan fungsi dan urutannya agar program kamu berjalan sebagaimana mestinya.

Bahkan saat terjadi error, kamu harus dapat memikirkan cara untuk mengatasinya. 

Sumber : Elements Envato

Mengembangkan Kreativitas

Walaupun web programming cenderung berjalan pada pengetahuan teknis, namun kamu akan tetap membutuhkan kreativitas.

Sebab kemampuan menulis code, merancang program, menyelesaikan error, tidak selalu dapat diselesaikan dengan rumus teknis.

Oleh karena itu, saat kamu belajar untuk membangun sebuah program web maka secara tidak langsung, kreativitas kamu semakin berkembang.  

Mendapatkan Gaji Tinggi

Jika kamu sudah mahir dalam bidang web programming, maka kamu memiliki potensi yang besar untuk mendapatkan gaji yang tinggi.

Sebab pendapatan yang dihasilkan oleh seorang web developer tentunya akan sebanding dengan proses belajar pemrograman web yang panjang.

Misalnya kamu bekerja pada sebuah startup atau perusahaan di Indonesia, rata-rata penghasilan yang didapat mulai dari Rp.4 juta perbulan hingga Rp. 40 juta perbulan.

Pengertian Frontend

Frontend berfokus pada sisi situs web yang menghadap pengguna (user interface).

Developer frontend memastikan bahwa pengunjung dapat dengan mudah berinteraksi dan menavigasikan situs dengan menggunakan bahasa pemrograman, keterampilan desain, dan tools lainnya. 

Front-end dibangun dengan kombinasi bahasa pemrograman seperti Hypertext Markup Language (HTML), JavaScript dan Cascading Style Sheets (CSS).

Setiap bahasa pemrograman tersebut memiliki fungsi dan tujuannya masing-masing.

HTML digunakan untuk menampilkan konten dan struktur situs, CSS digunakan untuk menambahkan fitur desain, dan JavaScript digunakan untuk membuat fitur interaktif tingkat lanjut. Selain itu frontend juga menggunakan bahasa pemrograman lain seperti Python, PHP, atau Ruby.

Pengertian Backend

Berbeda dengan frontend, developer backend fokus pada sisi server situs web.

Sesuai dengan namanya, backend menggunakan keterampilan teknis untuk melakukan pekerjaan di balik layar yang menciptakan struktur situs web dan fungsionalitas keseluruhan, sehingga memungkinkan keberjalanan bagian frontend.

Developer backend bertugas untuk membuat site operation, database, dan Application Programming Interface (API).

Backend ini melibatkan pengelolaan server web, database dan analisis program atau aplikasi yqng biasanya tidak dapat dilihat oleh pengguna saat berinteraksi dengan program.

Seorang developer backed memerlukan advance experience pada server side programming language seperti Java, Python, dan Ruby untuk membangun bagian backend.

Tools yang biasanya digunakan untuk membangun backend yaitu SQL Server dan Oracle. Tools ini digunakan untuk menyimpan, mengatur, hingga memanipulasi data.

Perbedaan Frontend dan Backend

Setelah menyimak pemaparan mengenai pengertian frontend dan backend, tentunya kamu sudah memiliki sedikit gambaran mengenai perbedaan diantara keduanya.

Terdapat 4 perbedaan utama antara frontend dan backend yang perlu kamu ketahui.

Posisi kerjaan frontend dan backend developers

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, frontend adalah bagian pemrograman web yang berfokus pada elemen visual situs web atau aplikasi yang bertugas menjadi sisi client (berinteraksi dengan pengguna web).

Sedangkan, backend berfokus pada sisi situs web yang tidak dapat dilihat pengguna (sisi server).

Frontend dan backend bekerja sama untuk membuat situs web dinamis yang memungkinkan pengguna melakukan aktivitas interaktif seperti pengisian form, pendaftaran akun, pembelian barang dan lain sebagainya.

Beberapa contoh situs web dinamis diantaranya Netflix, PayPal, Facebook, dan web dinamis lainnya.

Frontend dan backend developers memiliki kekuatan yang berbeda

Development yang berbeda memiliki kekuatan yang berbeda.

Namun penting untuk diingat bahwa satu sisi dari proses development tidak lebih sulit atau lebih penting daripada yang lain.

Faktanya, frontend dan backend sama pentingnya dalam membuat situs web untuk membangun sebuah web yang utuh dan dapat berinteraksi dengan pengguna.

Frontend dan back end developers bekerja pada bahasa pemrograman yang berbeda

Saat melakukan pengkodean, tentunya kamu memerlukan sebuah bahasa pemrograman.

Bahasa pemrograman memungkinkan kamu berkomunikasi dengan komputer melalui serangkaian sintaks (disebut sebagai code) yang digunakan untuk memberikan instruksi agar komputer melakukan sesuatu.

Frontend dibangun dalam bahasa pemrograman HTML, CSS, dan JavaScript.

  • HTML adalah singkatan dari Hyper Text Markup Language. Bahasa pemrograman ini adalah bahasa markup standar yang digunakan untuk membuat halaman web. HTML digunakan untuk membuat struktur di situs web. 
  • CSS adalah singkatan dari Cascading Style Sheets. CSS digunakan untuk menghadirkan style dan flair. Penggunaan CSS dapat menentukan warna situs web, font, dan style konten situs lainnya. 
  • JavaScript adalah bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk membuat situs menjadi interaktif dan menyenangkan. Kamu dapat menggunakan JavaScript untuk menjalankan game di situs website kamu. 

Frontend juga berfungsi dengan kumpulan framework dan librarynya sendiri.

Beberapa framework yang digunakan pada frontend seperti AngularJS, jQuery, Sass dan framework lainnya.

Disisi lain, backend bekerja dalam bahasa pemrograman seperti PHP, C++, Java, Ruby, Python, JavaScript, dan Node.js. Backend juga memiliki framework sendiri seperti Express, Django, Rails, Laravel, Spring, dan lainnya.

Frontend dan backend developers bekerjasama untuk membangun aplikasi

Meskipun terdapat beberapa kesamaan antara frontend dan backend, namun keduanya merupakan bagian penting dari proses pengembangan web yang fungsional dan menarik secara visual.

Jika kamu ingin mempertimbangkan untuk berkarir sebagai web developer, kamu dapat mencoba untuk menjadi seorang full stack developer (developer frontend dan backend). Sebab programmer full stack berpotensi mendapatkan peluang karir yang lebih baik.

Rekomendasi Portal Belajar Pemrograman Web

Jika kamu tertarik untuk mempelajari pemrograman web atau bahkan ingin memulai karir menjadi seorang developer web.

Kamu dapat memanfaatkan berbagai macam resource portal belajar untuk memahami web development. 

Kursus dan kelas online Web Development 

Berikut beberapa kursus dan kelas online yang dapat membantu kamu mempelajari programming frontend, backend, maupun full stack web development : 

freeCodeCamp

Situs freeCodeCamp adalah perusahaan nirlaba yang siap membantu kamu belajar pemrograman web secara gratis.

FreeCodeCamp menyediakan artikel, pembelajaran interaktif, kelompok belajar seluruh dunia dan memiliki kurikulum web developer lebih dari 3000 jam penuh.

Tak hanya itu, situs web ini memiliki publikasi, channel YouTube , dan Forum yang dapat kamu gunakan untuk mendapatkan bantuan masalah pemrograman kamu. 

W3Schools

Situs pembelajaran online selanjutnya adalah W3School yang  berfokus untuk web developer. Materi-materi yang tersaji mencakup semua aspek web development, mulai dari dasar-dasar web development hingga tingkat advanced.

Terdapat berbagai pilihan kursus sesuai bahasa pemrograman yang kamu butuhkan untuk membuat sebuah web seperti HTML, CSS, JavaScript, PHP, SQL, Phyton, Framework Bootstrap, jQuery, dan sebagainya.

pemrograman web

Kamu dapat mengakses keseluruhan pembelajaran ini secara gratis. Bahkan kamu juga dapat langsung praktek pembuatan website dengan fitur compiler yang disediakan oleh W3schools. 

Code Avengers

Situs code Avengers merupakan platform belajar pemrograman web yang menyediakan materi HTML, CSS, JavaScript, dan Python.

Platform ini dapat digunakan untuk kegiatan belajar mengajar di sekolah dan anak-anak. Code Avengers menyediakan tiga jenis kelas yaitu:

  • Junior class: kelas ini dispesifikasikan bagi pembelajar dalam rentang usia 5-14 tahun. 
  • Pro class: kelas ini ditujukan bagi pemula yang sudah berusia 15 tahun ke atas. 
  • Educator class: kelas ini ditujukan bagi guru yang ingin memanfaatkan platform ini untuk kegiatan belajar dan mengajar untuk murid-muridnya.

The Odin Project

The Odien Project adalah situs belajar gratis yang menyediakan open source kurikulum coding yang dapat diakses secara online. 

Platform ini sudah membantu banyak siswa menjadi seorang developer dan telah membantu banyak orang untuk mengerjakan proyek mandiri mereka.

Apabila kamu baru memulai menggunakan platform ini, kamu diwajibkan untuk mengikuti program course foundation terlebih dahulu.

Pada kursus online ini kamu dapat mempelajari HTML, CSS, JavaScript, Framework dan materi khusus lainnya dalam pemrograman web. Setelah menyelesaikan tahap kelas basic, kamu dapat memilih ke paket full stack ruby on rails untuk mempelajari backend atau full stack JavaScript untuk mempelajari frontend.

Komunitas Web Development 

Komunitas web development merupakan sebuah platform berbasis online untuk tempat percakapan peer-to-peer yang melibatkan developer, programmer, dan orang lainnya yang terlibat dalam web development.

Orang-orang yang terlibat pada komunitas biasanya memanfaatkan platform untuk mendapatkan informasi terkini, pemecahan masalah, perspektif baru, tips dan trik untuk programmer berbagai tingkat, link ke resource,hingga bertemu mitra potensial. 

Berikut adalah beberapa komunitas online yang dapat menjadi referensi untuk kamu : 

Stack Overflow

Stack Overflow adalah situs web tanya jawab untuk programmer yang tepat untuk mencari pemecahan masalah karena sebagian besar developer lain telah menanyakan dan menjawab pertanyaan yang sama.

Platform publik Stack Overflow digunakan oleh hampir semua orang yang membuat code untuk belajar, berbagi ilmu, dan berkolaborasi. Kini Stack Overflow sudah menampung lebih dari 22 juta pertanyaan beserta jawabannya.

Masing-masing diberi tag sehingga kamu dapat melakukan filter mengenai permasalahan atau hal yang kamu cari lainnya sesuai dengan kebutuhan kamu. Kamu juga dapat melakukan filter menurut pengguna yang mengajukan pertanyaan atau menjawab pertanyaan.

Jika kamu ingin berpartisipasi atau mengajukan pertanyaan baru, kamu perlu membuat akun Stack Overflow terlebih dahulu. Tentunya pembuatan akun Stack Overflow tidak berbayar alias gratis. 

Mozilla Development Network

Mozilla Development Network (MDN) adalah resource gratis yang memuat dokumentasi detail mengenai standar web seperti HTML5, CSS, JavaScript, dan banyak lagi.

MDN dikenal lebih teliti dan akurat daripada resource online lainnya sebab komunitas developer dan kontributor lainnya terus memperbarui MDN.

MDN berguna saat mempelajari cara kerja sebuah function tertentu dan tetap mendapatkan informasi terbaru tentang coding dan berita developer.

Reddit

Reddit adalah situs social sharing dimana penggunanya dapat melihat dan membagikan tautan, teks, hingga gambar untuk dilihat orang lain. 

Reddit merupakan salah satu situs web paling populer di internet. Kamu dapat menemukan hampir semua komunitas yang dibangun melalui situs reddit yang bernama subreddits.

Subreddit memiliki halaman tersendiri yang berfokus pada tema, interest dan pengkategorian lainnya.

Beberapa contoh populer mengenai subreddit adalah berita, film, gambar, LifeProTips. Kamu juga dapat bergabung dengan subreddits berdasarkan topik yang kamu butuhkan seperti desain web, JavaScript atau freelancing.

YouTube Channels untuk belajar Web Development

Sumber belajar selanjutnya yang recommended untuk dijadikan acuan belajar adalah youtube channel.

Menggunakan youtube channel akan lebih memudahkan kamu dalam memahami pemrograman web dengan penjelasan langsung yang diberikan melalui video visual.

Kamu juga dapat langsung praktek bersama pada beberapa youtube channel yang menyediakan sesi live coding. Selain itu, kamu juga dapat berkonsultasi dengan pemberi materi melalui kontak yang diberikan pada description box youtube channels mereka atau dengan berkomentar pada video yang kamu tonton. 

FreeCodeCamp

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, perusahaan freeCodeCamp tak hanya menyediakan resource pembelajaran melalui platform situs web saja, namun mereka juga memiliki channel youtube.

FreeCodeCamo menyediakan berbagai video kursus mengenai Python, Data Science, JavaScript, Desain web, hingga game development.

Channel freeCodeCamp merupakan salah satu platform pemrograman terbesar di Youtube. Mereka akan merilis kursus video lengkap yang terbaru beberapa kali dalam kurun waktu seminggu.

Sayangnya, mereka tidak memiliki video terstruktur yang utuh, sehingga kamu harus pandai-pandai dalam memilih dan mencari konten video youtube mereka agar pola belajar kamu tetap efektif.

Clever Programmer

Pemilik channel youtube ini bernama Rafeh Qazi yang berperan sebagai tech expert. Sebelumnya ia bekerja sebagai freelancer dan kemudian melakukan switching karir untuk mulai mengajar siswa secara direct.

Rafeh Qazi memulai channel YouTube-nya dengan Sonny Sangha dan beberapa orang lainnya untuk mengajar pemrograman melalui pembuatan clones dari situs web populer seperti Amazon, Instagram, dan lainnya. 

Traversy Media

Brad Traversy adalah pencipta Traversy Media. Brad Traversy merupakan freelancer yang bekerja untuk perusahaan, dan menjalankan bisnisnya sendiri.

Bersamaan dengan itu, dia menjalankan channel YouTube untuk mengajar Pemrograman Web. Sepanjang karirnya, dia bekerja sangat keras dan membiarkan kesehatannya menderita.

Namun dia tidak berhenti sampai disitu, dia mengundang YouTuber lain untuk mengajar murid-muridnya bersamanya. Melalui channel Brad, kamu dapat belajar Chart.js, Pusher, Full Stack React, Django dan lainnya.

Tahapan Belajar Pemrograman Web

Saat memulai belajar pemrograman web, tentu akan banyak kebingungan yang muncul. Kemudahan belajar pemrograman web sepenuhnya bergantung pada seberapa banyak minat atau ketertarikan serta seberapa serius kamu mempelajarinya.

Selain itu, jika kamu sudah cukup memiliki gambaran mengenai tahapan belajarnya tentu akan lebih memudahkan proses pembelajaran kamu. Berikut tahap-tahap belajar pemrograman web yang perlu kamu ketahui : 

Tahap 1 : HTML

Pembahasan mengenai HTML sudah disebut berkali-kali sebelumnya.

Salah satu pondasi dari belajar web programming adalah HTML atau Hypertext Markup Language. Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, HTML adalah bahasa markup yang digunakan untuk membuat halaman website.

Teaching Pada HTML, kamu akan belajar menyusun kerangka dan struktur halaman website, tata letak, dan elemen pada halaman website, yang terdiri dari header, footer, text, link, gambar, dan tabel.

Seiring berganti zaman, HTML juga semakin berkembang. HTML muncul dengan inovasi barunya dengan nama HTML5. Pada HTML5 kamu tidak hanya menyiapkan struktur dasar halaman web, tapi kamu juga dapat menyimpan, memproses nilai pada variable di halaman itu sendiri tanpa memerlukan database apapun seperti yang dilakukan pada bahasa pemrograman lainnya.

Selain itu, pada HTML5 juga memungkinkan kamu untuk mengembangkan game di dalamnya.

Kamu tidak perlu flash untuk memutar animasi di dalamnya. Bahkan kamu dapat mengembangkan blog yang berfungsi penuh dengan menggunakan HTML5 itu sendiri tanpa adanya bantuan server-side scripting. 

Tahap 2 : CSS

Setelah memahami bagaimana membangun kerangka halaman website menggunakan HTML, tentunya kamu ingin memperindah tampilannya.

CSS bertugas dalam memperindah HTML. Oleh karena itu, tahapan belajar pemrograman web berikutnya yang perlu kamu pahami adalah CSS. CSS atau Cascading Style Sheet berfungsi untuk mengatur tampilan konten website kamu.

Melalui bantuan CSS, kamu dapat membuat halaman web kamu menjadi lebih berwarna dan halus.

Bahkan, kamu dapat membuat animasi dengan menggunakan CSS. Kamu juga dapat menambahkan transisi, mengubah cara pengguliran halaman, cara klik mouse, dan lebih banyak lagi. Jika HTML terus berkembang menjadi HTML5, CSS juga berkembang menjadi CSS3. 

Tahap 3 : PHP

Setelah mempelajari HTML dan CSS, maka tahap berikutnya adalah mempelajari PHP.

Sebab HTML dan CSS hanya sekedar tampilan halaman web kamu, bagaimana interface pengguna kamu, dan bagaimana ia bereaksi berdasarkan aktivitas yang dilakukan oleh pengguna.

Padahal saat ini, banyak kebutuhan yang dilakukan di bagian belakang dari halaman web yang disebut dengan server. Oleh karena itu, kamu perlu mempelajari bagaimana membuat code pada server-side dengan menggunakan server-side scripting language, salah satunya PHP.

PHP atau Hypertext Preprocessor adalah bahasa pemrograman web yang digunakan untuk berinteraksi dengan database.

PHP dapat disematkan ke dalam HTML. Dengan begitu, kamu dapat menggunakan PHP untuk membuat website jadi lebih interaktif. PHP akan memanggil konten website kamu yang tersimpan pada database, lalu memberikannya pada web browser untuk ditampilkan sebagai halaman website.

Tahap 4 : MySQL

Berikutnya, kamu perlu mempelajari MySQL untuk belajar pemrograman web. Kamu mungkin nantinya akan menjumpai banyak data untuk ditampilkan di halaman web, namun kamu tidak bisa begitu saja menyimpannya pada halaman web.

Mempelajari database management system penting sebab pengelolaan data secara efisien akan memungkinkan pengguna melakukan banyak tugas dengan lebih mudah.

Database management system ini akan menyimpan, mengatur, dan mengelola sejumlah besar informasi dalam suatu aplikasi.  MySQL adalah salah satu aplikasi manajemen database yang menggunakan perintah dasar SQL.

Tujuan kamu mempelajari MySQL yaitu untuk memahami cara kerja dan manajemen database, mengetahui cara merancang struktur data, hingga mengoperasikan database dalam pembuatan program.

Misalnya, jika kamu membuat sebuah program website, tentu akan mengambil atau mengatur data kamu yang tersimpan di database.Oleh karena itu, kamu akan membutuhkan MySQL untuk mengelola data website kamu antara komputer dengan database pada server.

Tahap 5 : JavaScript

Setelah tahu cara membuat halaman website, mendesain style halaman, selanjutnya, mempelajari cara menambah fungsi halaman website menggunakan JavaScript.

JavaScript adalah salah satu bahasa skrip terbaik yang digunakan untuk membuat halaman web lebih lancar, fleksibel, dan tidak tergantung platform adalah javascript.

JavaScript banyak digunakan untuk membuat website lebih interaktif. Misalnya, jika kamu ingin menampilkan slideshow foto, gambar animasi, notifikasi popup, atau konten bergerak lainnya.

Tahap 6 : Library

Library dalam pemrograman web dikenal sebagai kumpulan code atau potongan code yang dapat digunakan kembali, digabungkan, atau diuji coba untuk membantu melakukan web development.

Dalam belajar menghadirkan animasi atau efek tertentu pada website, kamu dapat menggunakan Library. Misalnya, dengan menggunakan jQuery, ReactJS, dan sebagainya.

Tahap 7 : Framework

Banyak pembelajar yang menganggap library dan framework merupakan topik pembahasan yang sama, padahal keduanya berbeda.

Framework adalah struktur bahasa pemrograman web yang digunakan untuk memudahkan pembuatan program berdasarkan kerangka yang sudah tersedia.

Framework ini terdiri dari Library, API, Compiller, dan program pendukung lainnya. Tujuan mempelajari Framework adalah untuk membantu kamu membuat program secara lebih cepat dan terstruktur.

Terdapat banyak jenis framework yang dapat kamu pelajari, misalnya, framework JavaScript, framework CSS atau framework PHP.

Buat Pemrograman Web di Hosting Sekarang Juga!

Saat kamu ingin membuat sebuah website, kamu akan membutuhkan hosting. Hosting berperan sebagai tempat penyimpanan data baik berupa file kode program, gambra, video , dan lainnya.

Jadi hosting dapat dianalogikan sebagai lahan untuk menyimpan semua komponen yang nantinya ada pada website. Selain hosting, dalam membangun website kamu juga akan memerlukan yang disebut domain. Apa itu domain? Langsing cek artikel Perbedaan Domain, Hosting, SSL, dan Website.

DomaiNesia menyediakan hosting dan domain yang sesuai dengan kebutuhanmu. Beberapa domain yang bisa kamu gunakan misalnya domain .site, . tech, .store, .press, .website. Domain- domain tersebut merupakan domain yang dikeluarkan oleh RADIX dan juga menjadi mitra DomaiNesia

Apabila kamu ingin membuat website yang berisikan jurnal kegiatan atau sekedar memberikan informasi, kmau bisa gunakan domain .site. Sedangkan jika kamu ingin membuat toko online kamu bisa gunakan .store.

Jadi, gunakan  domain yang sesuai dengan kebutuhan websitemu ya DomaiNesians!

Baca Juga : Belajar Coding untuk Pemula, Cuma 10 Menit Mudah

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah