Belajar Coding untuk Pemula, Cuma 10 Menit6 min read

4.2/5 (5)

Kata siapa belajar coding itu harus memakan waktu lama dengan segala materi yang rumit? Anggapan tersebut sudah tidak lagi berlaku, sebab para ilmuwan telah melakukan berbagai inovasi untuk menyederhanakan pembelajaran tentang komputer dan pengembangan website. Instrument vital untuk web development adalah coding.
Di artikel kali ini, akan dibahas berbagai hal tentang coding, yang bisa mempermudah kamu untuk mempelajari coding, khususnya bagi pemula. Mari kita simak uraiannya, dimulai dari mengenal apa yang dimaksud dengan coding.

Apa Itu Coding?

Coding merupakan proses pengolahan kode yang menggunakan bahasa pemrograman, dari mulai menuliskannya, memperbaikinya, hingga memeliharanya. Kode yang dimaksud adalah perangkat pembangun suatu program komputer. Sementara itu, bahasa pemrograman adalah suatu stkamur yang berfungsi memberikan perintah kepada komputer. Bahasa jenis ini terdiri dari suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantic, sehingga program-program komputer bisa terdefinisi. Di antara bahasa pemrograman yang paling populer di Indonesia di antaranya Java, PHP, C, Visual Basic, Python, C++, JavaScript, C#, Objective-C dan ActionScript.

Apa Saja yang Membutuhkan Coding?

belajar coding

Sumber: Pixabay

Pertanyaan semacam ini pastinya harus terjawab, sebab harus jelas manfaat apa yang bisa kita dapatkan dari mempelajari coding. Hasil kerja coding kita nantinya bisa diaplikasikan ke sejumlah produk bermanfaat.
Bagi diri sendiri, coding bermanfaat untuk melatih ketelitian. Mengapa? Sebab dengan mempelajari coding, kita akan terlatih untuk memahami dan mengamati ratusan bahkan ribuan kode yang terdapat dalam suatu program.
Coding juga sangat bermanfaat untuk melatih daya pikir. Dalam coding, kita berlatih untuk melihat logika untuk membangun suatu algoritma. Kita pun jadi bisa membuat serangkaian formulasi sehingga segala masalah pemrograman bisa lebih mudah dan sederhana. Melatih otak dan nalar melalui coding pada akhirnya akan mengembangkan potensi diri kamu.
Situs-situs yang bisa mendukung belajar coding diantaranya adalah Coursera, Github, Codecademy, Udemy, edX, Khan Academy, Code Avengers dan W3schools.com. Melihat banyaknya situs pendukung pembelajaran coding, yuk bersemangat untuk belajar coding!

Baca juga: Cara Membuat Aplikasi Android Dengan Mudah

Cara Coding Melalui Web

belajar coding

Sumber: Pixabay

Setelah mengetahui apa itu coding serta manfaatnya, lalu bagaimana memulainya? Terlebih bagi pemula, belajar sistem otodidak pula, mungkin akan kebingungan untuk memulai belajar coding. Meski kamu ingin belajar coding secara mandiri, tidak perlu khawatir jika menemui jalan buntu. Sebab sebagaimana telah disebutkan, ada banyak situs dan perangkat yang membantu kamu belajar coding. Mari simak langkah-langkah berikut ini, berkaitan dengan cara coding web:

  1. Mulai dari HTML
    HTML merupakan inti dari halaman web secara keseluruhan. Mempelajari HTML cukup mudah dan kamu tidak perlu memiliki dasar coding terlebih dahulu. Modal kamu untuk belajar HTML adalah familiar dengan penggunaan web browser seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox. Apabila serius untuk mempelajari HTML, silakan mengakses ragam referensi serta konsultasi dengan domainesia.com.
  2. Lanjut Mempelajari CSS
    CSS dan PHP sangat berguna untuk kamu dalam memahami dan membuat tampilan website yang cantik, menarik dan dinamis, menyesuaikan kepentingan dan kebutuhan.
  3. Naik Tingkat Belajar PHP
    Setelah kamu familiar dengan HTML dan CSS, serta paham cara mengoperasikannya, maka lanjutkan pembelajaran kamu ke bidang Web Programming dengan PHP. Ini artinya, kamu sudah akan memulai pelajaran tentang bahasa pemrograman komputer. Dengan mempelajari PHP, berarti kamu akan belajar mengatur alur logika, memproses hasil form HTML, hingga berkomunikasi dengan database seperti MySQL. Ketika sukses membuat website dengan PHP, jangan lupa untuk menyimpan data ke database.
  4. Lengkapi Proses Pembelajaran dengan Animasi dengan JavaScript
    JavaScript merupakan satu golongan dengan PHP, yakni merupakan bahasa pemrograman murni. JavaScript akan membuat halaman web kamu tampil interaktif, serta membuat visual lebih artistik. Ia merupakan bahasa pemrograman yang menggunakan konsep berbasis objek.
  5. Cara Coding Android
    Tak melulu harus menggunakan PC, melakukan pembelajaran dan kegiatan coding juga bisa dilakukan dengan android. Teknologi yang semakin maju telah menghasilkan ragam penyesuaian, sehingga proses coding jadi lebih dinamis.

5 Aplikasi Belajar Coding Lewat smartphone

belajar coding

Sumber: Pixabay

Banyaknya inovasi teknologi jelas mempermudah pekerjaan. Kamu bisa membuat coding dimanapun dengan handphone Android kamu. Berikut adalah 5 aplikasi yang bisa kamu pakai untuk membuat coding:
AIDE, merupakan aplikasi code editor yang dilengkapi dengan tutorial dan petunjuk pembelajaran coding.

  1. Code Peeker, merupakan aplikasi yang mendukung proses coding dengan berbagai pilihan syntax. Oleh karena itu, ia bisa memberi solusi ketika terjadi error.
  2. Deuter IDE, aplikasi ini mampu melakukan compile secara online dan didesain sesuai dengan smartphone. Aplikasi ini juga mendukung 40 bahasa pemrograman.
  3. DroidEdit Free, merupakan aplikasi coding yang sangat familiar bagi yang sering menggunakan Notepad++
  4. TurboEditor, yakni aplikasi open source yang menyediakan ragam custom coding secara gratis. Aplikasi ini juga menyediakan Auto mode untuk penghematan dan penyimpanan file.

Selain dari kelima aplikasi tadi, masih banyak lagi aplikasi coding via android yang bisa kamu gunakan. Di antara aplikasi tersebut yakni Our Code Editor, Quick Edit, Quoda dan Decoder.

Cara Coding IOS

Selain via website dan android, proses coding juga semakin dinamis karena bisa dilakukan di MacOS. Pertama-tama, kamu harus terlebih dahulu mendapatkan Xcode. Cara mendapatkannya, adalah dengan mengunduhnya. Setelah mendownload dan memiliki akun, kamu bisa segera membuat iOS App kamu yang perdana. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka Xcode, lalu pilih “Create a New Xcode project”, lalu klik Next. Nantinya akan tampil sejumlah template untuk project kamu. Pilih salah satu saja.
  2. Silahkan mengisi informasi tentang aplikasi yang akan dibuat. Informasi tersebut diantaranya memuat data tentang nama produk aplikasi, Team, Organization Name alias nama pengembang atau perusahaan, serta Organization Identifier atau data yang digunakan untuk identitas unik kamu.
  3. Data selanjutnya yang dibutuhkan yakni bahasa pemrograman yang akan dipilih. Pilihlah “Use Core Data”. Jika dalam aplikasi kamu ingin menggunakan library Core Data, lalu “Include Unit Tests” dan “Include UI Tests” jika aplikasi ingin menggunakan library untuk urusan testing.
  4. Klik Next
  5. Pilih ruang penyimpanan project iOS app kamu.
  6. Klik “Create”
  7. Kamu nantinya akan dibawa ke halaman utama Xcode. Terdapat sejumlah fitur di dalamnya, di antaranya identity (display name atau nama proyek, Bundle Identifier, serta Version dan Build), Signing, Deployment Info dan komponen lainnya. Selamat menggali dan mengeksplorasi!

Baca juga: Mengubah File php.ini Melalui PHP Selector

Dasar-dasar Coding

Dasar coding tidak akan jauh dari bahasa pemrograman. Sebagaimana telah kami jelaskan di bagian sebelumnya, terdapat berbagai bahasa pemrograman yang harus kamu kuasai sehingga nantinya bisa terbiasa melakukan coding untuk berbagai keperluan.
Seperti juga mempelajari bahasa asing lain, bahasa pemrograman memiliki sejumlah struktur dasar. Adapun struktur dasar bahasa pemrograman yakni struktur runtutan, Struktur Perulangan dan Struktur Percabangan. Untuk pembahasan lebih detailnya, perlu masuk ke pembahasan yang lebih intens dan khusus.

Kesimpulan

Coding merupakan proses pengolahan kode yang menggunakan bahasa pemrograman, dari mulai menuliskannya, memperbaikinya, hingga memeliharanya. Kode yang dimaksud adalah perangkat pembangun suatu program komputer. Coding juga sangat bermanfaat untuk melatih daya pikir. Dalam coding, kita berlatih untuk melihat logika untuk membangun suatu algoritma. Kita pun jadi bisa membuat serangkaian formulasi sehingga segala masalah pemrograman bisa lebih mudah dan sederhana.
Demikianlah artikel tentang Belajar Coding untuk pemula. Pada dasarnya, ketekunan dan kemauan keras harus mau ditempuh jika ingin sukses belajar coding. Sedangkan untuk sarana dan prasarana, kamu tidak perlu khawatir, sebab media pembelajaran dan media latihan telah banyak tersebar dan bisa diakses secara mudah. Semoga artikel ini bermanfaat!

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

6 komentar

  1. Avatar Abangali berkata:

    Saya mau membuat aplikasi game

  2. Avatar Nurizaen berkata:

    Pengen bikin aplksi tpi kayanya Gak nyampe otak saya b*go banget p

Komentar