• Home
  • Berita
  • Pengertian Coding adalah: Cara Kerja, dan 10 Fungsinya Lengkap

Pengertian Coding adalah: Cara Kerja, dan 10 Fungsinya Lengkap

Oleh Mila Rosyida

Sebagai orang yang hidup di masa kini, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya aplikasi. Aplikasi ini bisa kamu temukan di komputer maupun smartphone milikmu. Namun, tahukah kamu bagaimana cara membuatnya? Coding adalah jawaban dari pertanyaan tersebut! Apa itu Coding dan apa fungsi nya?

Buat kamu yang kepo dan ingin mengetahui lebih dalam, yuk langsung saja ke penjelasan berikut ini.

Apa itu Coding?

Pengkodean atau coding adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh seorang programmer untuk menuliskan deretan program dengan bahasa pemrograman tertentu yang bertujuan untuk menyelesaikan suatu permasalahan tertentu.

Kode program yang ditulis oleh programmer, nantinya akan dipahami oleh mesin.

Maksud dari mesin disini tidak hanya mesin besar seperti mesin- mesin yang ditemukan di perusahaan industri saja ya. Melainkan juga dapat berupa aplikasi bisa berbasis web atau mobile.

Setelah coding selesai, maka mesin akan melakukan sebuah aksi berdasarkan kode program yang sudah dituliskan tersebut. Sangat keren, bukan? 

coding adalah
Sumber : Elements Envato

Coding adalah hal yang biasa dilakukan oleh programmer dengan menggunakan  bahasa pemrograman. Tentunya seorang programmer juga harus menyesuaikan antara bahasa pemrograman yang dipakai, dengan output aplikasi yang akan dihasilkan nantinya.

Selain itu, cara melakukan coding oleh setiap programmer juga berbeda- beda. Ada yang melakukan coding di komputer terlebih dahulu atau biasa disebut dengan localhost.

Ada juga yang melakukan coding secara langsung di hosting, server, atau VPS. Jadi, kamu bisa memilih ingin melakukan coding di localhost atau langsung di server.

Dalam proses menyusun kode program, terdapat banyak bahasa pemrograman yang bisa dipakai oleh para programmer. Nah, agar kamu bisa lebih mengetahui pengertian dari apa itu coding berdasarkan bahasa pemrograman ini, simak pembahasan berikut ini!

Pengertian Bahasa Pemrograman dalam Coding

Coding adalah hal yang tidak bisa dilepaskan dari yang namanya bahasa pemrograman. Hal ini karena bahasa pemrograman sendiri memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pengkodean ini. 

Bahasa pemrograman merupakan sebuah bahasa yang dipahami oleh mesin sehingga mesin bisa melakukan sebuah aksi dari program yang sudah disusun. 

Dalam coding, bahasa pemrograman akan menjadi bahasa yang digunakan programmer agar mesin dapat memahami apa yang programmer inginkan. Sehingga, mesin bisa melakukan hal sesuai dengan apa yang programmer harapkan melalui apa itu coding.

Misalnya seperti saat kamu memainkan sebuah game di smartphone. Dalam game tersebut kamu bisa mengarahkan karakter game untuk bergerak ke kanan dan kiri dengan tombol tertentu.

Nah, agar mesin memahami perintah mengarahkan karakter game ke kanan atau ke kiri , maka programmer harus melakukan coding bagaimana caranya agar mesin dapat mengerti perintah ke kanan dan ke kiri.

Seperti yang sudah ditulis sebelumnya, setiap bahasa pemrograman, akan menghasilkan aplikasi yang berbeda-beda tergantung kemampuan bahasa pemrograman dan juga keahlian programmer dalam menggunakannya. Ini berarti terdapat banyak sekali jenis bahasa pemrograman yang bisa kamu temukan.

Contoh bahasa pemrograman untuk membuat aplikasi berbasis web yaitu PHP.

Sumber : Elements Envato

Kamu bisa menggunakan bahasa pemrograman PHP untuk membuat sebuah website dengan begitu banyak model website. Salah satunya dengan model MVC.

Ketahui lebih lanjut mengenai Memahami Pentingnya MVC Dalam Pemrograman dan Contohnya. Selain itu, masih banyak lagi bahasa pemrograman lain yang bisa kamu gunakan dengan kemampuan uniknya masing-masing.

Baca Juga : 12 Bahasa Pemrograman Yang Sering Dipakai Developer

Jenis-jenis bahasa pemrograman untuk coding

Di bawah ini merupakan beberapa contoh bahasa pemrograman yang biasa digunakan. Penasaran ada apa saja jenis-jenisnya? Yuk simak pembahasan selengkapnya.

Phyton

Python merupakan salah satu jenis bahasa pemrograman populer yang sampai saat ini banyak digunakan. Bahasa pemrograman yang pertama kali diperkenalkan pada dekade 90-an tersebut termasuk dalam bahasa level tinggi di antara jajaran bahasa pemrograman lain. Adapun penggunaannya sendiri kerap kali dimanfaatkan untuk mendukung pembuatan aplikasi baik berbasis mobile maupun website. 

Contoh perusahaan teknologi yang saat ini masih memanfaatkan bahasa pemrograman Python di antaranya seperti Pinterest, Instagram, NASA, Google, dan Yahoo! Sebagai penyandang predikat bahasa pemrograman multiguna, Python sendiri kerap dipakai untuk mengoptimalkan berbagai jenis sistem komputasi. Namun, mayoritas pengguna Python saat ini memanfaatkannya sebagai bagian dari aktivitas pengolahan Big data, Machine Learning, Robotik, hingga Artificial Intelligence atau AI.

Bahasa pemrograman Python cukup populer karena dikenal memiliki sejumlah kelebihan, seperti perintah atau sintaks yang relatif mudah dibaca, ditulis, dan dipahami, bisa terintegrasi dengan bahasa pemrograman lain, memiliki kompatibilitas tinggi, dan masih banyak lagi.

Ruby

Contoh bahasa pemrograman berikutnya adalah Ruby, berdasarkan pengalaman dari sejumlah programmer profesional Ruby adalah bahasa pemrograman yang sangat fleksibel dan relatif mudah digunakan. Pasalnya, sintaks yang dimiliki oleh bahasa pemrograman ini menggunakan istilah-istilah cukup dekat dengan bahasa Inggris pada umumnya.

Sementara soal fleksibilitas, Ruby mengijinkan programmer untuk meringkas sejumlah baris kode ke dalam satu baris code saja sehingga jauh lebih efisien. 

Pada awal kemunculannya, programmer banyak memanfaatkan Ruby untuk membuat aplikasi berbasis desktop. Akan tetapi, seiring dengan hadirnya framework Ruby on Rails kini bahasa pemrograman ini bisa digunakan juga untuk mengembangkan website dari segi back end maupun front end.

Terlepas dari berbagai kelebihan yang dimiliki, bagi kamu yang tertarik mempelajari bahasa pemrograman Ruby harus waspada terkait stigma yang mengatakan bahwa Ruby cenderung lebih lambat dibanding jenis bahasa pemrograman lain.

Java

Layaknya bahasa pemrograman Python, Java adalah salah satu bahasa pemrograman tua yang meluncur pertama kali di era tahun 90-an. Kendati demikian, sampai detik ini Java masih banyak digunakan untuk mengembangkan berbagai program, mulai dari aplikasi desktop hingga smartphone.

Salah satu alasan kenapa Java masih cukup populer di tengah kemunculan bahasa pemrograman baru antara lain karena karakteristik multiplatform dan dukungan performa stabil serta keamanan terjamin.

Bahasa pemrograman Java sendiri dewasa ini banyak digunakan untuk merancang sistem informasi perbankan, pemerintahan, hingga retail.

React JS

React JS merupakan salah satu framework yang menjadi bagian dari bahasa pemrograman JavaScript. Menilik dari sejarahnya, React JS sendiri merupakan framework yang dikembangkan pada tahun 2011 oleh software engineer Facebook bernama Jordan Walke. 

Adapun peruntukan dari library React JS sendiri saat ini banyak dimanfaatkan untuk proses pengembangan aplikasi berbasis web yang jauh lebih menarik dan interaktif di mata pengguna.

C++

Tipe bahasa pemrograman populer lainnya yang perlu kamu ketahui adalah C++, bahasa pemrograman yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1980 tersebut memiliki level menengah karena didalamnya terdapat sejumlah perbaikan dari bahasa C yang notabene merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi.

Menilik dari peruntukannya, C++ lebih cocok dimanfaatkan untuk membangun aplikasi desktop. Hal ini berdasarkan kelebihan dari bahasa pemrograman C++ yang meliputi, dukungan struktur ringkas dan portable, mendukung kemampuan pemrograman berorientasi objek, hingga lebih kompatibel dengan banyak platform dibandingkan dari bahasa C.

Cara Kerja Coding adalah ?

Sebelumnya kamu sudah mengetahui apa itu coding dan juga pengertian dari bahasa pemrograman. Ini berarti kamu sudah siap untuk masuk ke pembahasan terkait cara kerja dari pengkodean ini.

Bayangkan kamu adalah seorang programmer yang sedang berada di depan laptop dan membuka code editor seperti Sublime Text atau VS Code di dalamnya.

Kemudian kamu pun mulai mengetikkan sebaris dua baris kode pada code editor tersebut.

Selanjutnya kamu bisa menjalankan struktur kode program yang telah dibuat.

Menjalankan kode program ini dilakukan untuk mengecek apakah kode program yang dibuat sudah benar atau belum.

Jika saat menjalankan kode program terdapat pesan error, itu berarti bahwa kode program yang dibuat terdapat kesalahan.

Nah, istilah yang menjalankan kode program dalam coding adalah proses compile.

Proses ini merupakan proses yang akan membuat mesin komputer menerjemahkan dan membaca kode program yang sudah kamu tuliskan sebelumnya.

Setelah proses compile selesai, kamu pun bisa menjalankan hasil keluaran dari kode program yang kamu tuliskan tersebut.

Nah, dalam hal ini, keluaran yang dihasilkan akan berbeda-beda tergantung bahasa pemrograman yang kamu gunakan.

Saat kamu melakukan apa itu coding, ada bahasa pemrograman yang menggunakan compiler, ada juga yang menggunakan interpreter.

Keluaran dari bahasa pemrograman yang menggunakan compiler coding adalah berupa file terpisah.

Biasanya, file keluaran tersebut hanya bisa dijalankan di sistem operasi tertentu saja.

Contohnya saat kamu menggunakan bahasa C++ yang akan menghasilkan file dengan format .exe yang bisa dijalankan di windows saja. 

Sedangkan penggunaan interpreter tidak akan menghasilkan file keluaran terpisah.

Ini membuat bahasa pemrograman dengan interpreter bisa dijalankan secara multi platform.

Contohnya seperti JavaScript yang bisa dijalankan di web browser baik pada sistem operasi Windows, mac OS, dan lain sebagainya.

Fungsi dan Manfaat Belajar Coding

Pengertian dan juga cara kerja dari pengkodean sudah kamu pahami pada pembahasan sebelumnya. Bagaimana? Coding terlihat sangat keren, bukan?

Nah, selanjutnya, terdapat fungsi dan juga manfaat yang akan kamu dapatkan. Beberapa fungsi dari apa itu coding adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Kemampuan Problem Solving

Dalam melakukan pengkodean, kamu akan dihadapkan pada berbagai permasalahan.

Biasanya, masalah yang akan kamu hadapi adalah seperti program error, compiler tidak bisa berjalan, dan lain sebagainya. 

Nah, fungsi belajar coding adalah melatih kamu untuk menyelesaikan permasalahan semacam ini. Hal ini akan membuat kamu terbiasa dengan yang namanya suatu masalah sehingga tidak akan panik lagi saat menghadapinya.

Singkatnya, berkat belajar apa itu coding, permasalahan yang paling membuatmu cepat berkembang adalah permasalahan dari bagaimana cara yang harus kamu lakukan untuk memberitahu mesin melalui bahasa pemrograman terkait hal yang kamu harapkan.

Misalnya, kamu ingin mesin untuk menampilkan tulisan berwarna biru. Nah, kode seperti apa yang harus kamu tuliskan agar mesin bisa melakukan hal sesuai dengan keinginanmu itu. 

Inilah permasalahan umum yang akan meningkatkan kemampuan problem solving mu nantinya.

2. Menciptakan Masa Depan yang Cerah 

Coding adalah keahlian yang dibutuhkan oleh banyak perusahaan besar apalagi di masa sekarang ini.

Pastinya seseorang yang memiliki keahlian coding akan menjanjikan di masa depan. Seperti programmer, mobile developer, back-end developer dan masih banyak lagi.

Untuk menjadi seorang back-end developer ada beberapa skill yang dibutuhkan. Selengkapnya kamu bisa baca Ketahui Skill dan Tugas Ini Sebelum Jadi Back End Developer!

Peningkatan ketertarikan perusahaan dengan programmer terus terjadi dari waktu ke waktu.

Hal ini karena teknologi yang memang tidak pernah bisa dilepaskan dengan proses apa itu coding ini.

Teknologi, merupakan bentuk inovasi yang dibentuk dari deretan kode program yang bisa menghasilkan sebuah terobosan yang mampu membantu memudahkan pekerjaan manusia.

Untuk itu, fungsi coding yang akan kamu rasakan berikutnya adalah memiliki masa depan yang cerah karena kemampuanmu sendiri sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan.

Dengan begitu, kamu tidak perlu takut lagi akan sulit mencari kerja nantinya.

Meskipun begitu, kamu juga harus terus mengasah kemampuanmu dalam hal melakukan pengkodean setiap waktu.

Hal ini karena kemajuan teknologi yang sangat cepat sehingga akan menuntut kamu sebagai programmer untuk terus mengikuti perkembangan tersebut agar kamu tetap menarik di mata perusahaan.

3. Melatih dan Mengasah Logika

Logika seseorang akan menurun apabila tidak terus diasah dan dilatih. Nah, coding adalah jalan yang tepat untuk mengasah dan melatih logika.

Setiap kali kamu ingin memberitahu mesin terkait apa yang kamu inginkan, pasti kamu akan menyesuaikan keinginanmu tersebut dengan bahasa yang sangat dasar yang dimengerti oleh mesin. Berkat melakukan coding, logikamu akan bermain.

Kamu harus mampu menerjemahkan keinginan kamu yang sangat kompleks menjadi deretan baris program. 

Hal ini seperti layaknya kamu mengajari seorang bayi yang belum memahami apa-apa sama sekali.

Sehingga kamu harus benar-benar memberitahu secara detail, hal apa saja yang harus dilakukan. 

Fungsi coding ini akan kamu rasakan saat kamu sudah terbiasa dengn apa itu coding dan melakukan pengkodean. 

4. Menambah Wawasan

Coding adalah kegiatan yang tidak hanya semata menuliskan kode program saja.

Kamu harus memiliki wawasan yang luas untuk bisa melakukan pengkodean dengan hasil keluaran sebaik mungkin.

Misalnya saat kamu ingin melakukan pengkodean untuk membuat sistem peringatan bencana gempa.

Nah, tentunya kamu harus memiliki wawasan terkait getaran gempa yang masuk ke dalam jenis gempa ringan, sedang, dan juga kuat.

Kamu juga harus memiliki wawasan terkait apakah gempa tersebut berpotensi untuk terjadi tsunami atau tidak.

Apabila kamu tidak memiliki wawasan yang cukup, kamu tidak akan bisa melakukan pengkodean dengan baik.

Bisa-bisa, kamu salah dalam membuat sistem sehingga peringatan yang diberikan juga salah.

Hal ini akan sangat berbahaya karena informasi yang diterima dari sistem tersebut bisa menimbulkan salah paham.

Hal semacam inilah yang akan kamu rasakan dalam memahami apa itu coding dengan tepat. Mau tidak mau, kamu harus mempelajari wawasan yang berada di luar dunia pemrograman.  

Baca Juga : Kumpulan Contoh Coding HTML Dasar, Pemula Wajib Tahu!

5. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Fungsi coding yang terakhir adalah dapat meningkatkan rasa percaya diri.

Hal ini mungkin terdengar sangat sepele dan jarang dilihat oleh orang-orang saat mempelajari pengkodean. Namun, hal ini akan kamu rasakan saat kamu benar-benar menguasai yang namanya pemrograman.

Kamu akan merasa bahwa kamu merupakan orang yang selalu mengikuti perkembangan teknologi, bahkan hingga bisa menciptakan sebuah teknologi. Hal ini akan meningkatkan rasa percaya diri pada dirimu sendiri.

Orang-orang akan melihatmu sebagai orang yang berwawasan dan juga cerdas karena mampu memahami apa itu coding yang memang terlihat sangat sulit bagi sebagian orang.

Rasa percaya diri ini akan berdampak terhadap kehidupan sosialmu nantinya.

Dengan lebih percaya diri, kamu bisa dengan mudah bersosialisasi dengan teman-temanmu yang lain. Sehingga, kamu akan memiliki network yang lebih luas yang tentunya akan memperbagus karirmu di masa depan.

Belajar Coding Sangat Keren, Bukan?

Coding adalah sesuatu yang harus kamu pelajari dengan ketekunan dan keseriusan yang tinggi. Meskipun begitu, kamu akan merasakan manfaat yang sebanding dengan usaha yang kamu keluarkan saat mempelajari pengkodean ini.

Untuk itu, tidak perlu lagi ragu untuk mempelajarinya. Mulailah belajar pengkodean sekarang juga! Nikmati prosesnya dan rasakan manfaatnya di kemudian hari!

 

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Siti Subaidah
September 25, 2022

artikel yang bermanfaat, terutama untuk para pemula :)

iwan
February 10, 2022

Raih profit setiap saat dengan berdagang dibroker forex terbaik di asia. ( forex, Bitcoin, Saham) kelebihan trading di Meefx : 1. Bonus 5 usd, tanpa melakukan deposit 2. 0 biaya swap 3. 0 komisi 4. deposit minimal 5 usd 5. deposit dan penarikan dapat menggunakan bank lokal indonesia 6. 45 USD \ Lot Rebate untuk mitra -------------------------------------- Info lengkap langsung kunjungi website kami: https://meefxid.org

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!