• Home
  • Berita
  • Pengertian Coding adalah: Cara Kerja, dan Mafaatnya

Pengertian Coding adalah: Cara Kerja, dan Mafaatnya

Oleh Mila Rosyida
4.88/5 (16)

Penasaran kan dengan istilah coding atau lebih kerennya ngoding? Akhir-akhir ini pasti kamu sering mendengar istilah ini ya? Memang saat ini istilah ini sedang banyak diperbincangkan karena memang erat hubungannya dengan fenomena perkembangan teknologi yang begitu pesat. Coding adalah basis utama dalam pengembangan teknologi yang banyak dijumpai saat ini misalkan seperti website, aplikasi mobile, hingga Artificial Intelligence (AI). Coding adalah salah satu aspek yang banyak diminati dalam dunia kerja saat ini. Lalu apa itu coding dan bagaimana penjelasan lengkap mengenai pengertian coding?

coding adalah
Sumber: Envato

Apa itu Coding?

Apa itu coding? Pengkodean atau pengertian coding adalah proses pembuatan perangkat lunak dengan menggunakan bahasa pemrograman, seperti Python, Java, dan C++. Coding adalah aktivitas yang melibatkan perancangan, penulisan, pengujian, dan penerapan program untuk melakukan tugas tertentu. Proses ini dimulai dengan mengidentifikasi masalah atau tugas yang ingin diselesaikan, merancang program dengan memecah masalah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan lebih mudah dikelola yang disebut algoritma, menulis kode, menguji dan men-debug-nya untuk memastikan code berfungsi sebagaimana mestinya, dan terakhir program disebarkan atau dirilis ke pengguna. 

Dalam coding terdapat sintaks. Sintaks dalam coding adalah struktur atau format bahasa, sedangkan aturan menentukan bagaimana bahasa digunakan untuk membuat program. Pengkodean membutuhkan berbagai keterampilan, termasuk kemahiran bahasa pemrograman, kemampuan memecahkan masalah, dan keterampilan kolaborasi. Selain aplikasi praktisnya, ngoding juga bisa menjadi pengajaran yang kreatif dan bermanfaat, menawarkan peluang bagi orang-orang dari semua latar belakang untuk belajar coding dan berpartisipasi dalam bidang yang menarik dan berkembang pesat ini. 

Selain itu, coding adalah sarana yangmemungkinkan untuk menciptakan solusi teknologi yang lebih efisien dan inovatif untuk memecahkan masalah yang ada di dunia nyata. Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan teknologi seperti kecerdasan buatan dan machine learning telah menjadi semakin populer di banyak bidang, termasuk bisnis, kesehatan, dan ilmu pengetahuan. Untuk menciptakan aplikasi atau program yang dapat menggunakan teknologi tersebut, diperlukan keahlian ngoding yang kuat. 

Oh ya, coding adalah hal yang juga diperlukan untuk menciptakan solusi keamanan dan privasi yang lebih baik untuk melindungi data dan informasi penting dari serangan cyber. Selain itu, ngoding juga dapat membuka peluang karir yang menjanjikan di bidang teknologi. Saat ini, industri teknologi terus berkembang dan membutuhkan banyak tenaga kerja yang mahir dalam coding dan pemrograman. 

Karir di bidang teknologi dapat sangat menguntungkan, dengan gaji yang tinggi dan peluang untuk bekerja di berbagai industri besar di seluruh dunia. Banyak perusahaan besar seperti Google, Amazon, dan Microsoft mencari karyawan dengan keahlian ngoding yang kuat dan menawarkan berbagai kesempatan pengembangan karir dan pelatihan. 

Pada akhirnya, coding adalah hal membantu meningkatkan kemampuan analitis dan pemecahan masalah. Proses coding melibatkan pemecahan masalah yang kompleks dan mendorong pengembang untuk berpikir secara kreatif untuk menemukan solusi yang efektif.

coding adalah
Sumber: Envato

Kemampuan untuk memecahkan masalah dan berpikir analitis adalah keterampilan yang sangat penting di dunia kerja dan dapat diterapkan di berbagai bidang. Oleh karena itu, belajar coding adalah salah satu jalan yang dapat membantu seseorang untuk meningkatkan keterampilan analitis dan pemecahan masalah mereka, bahkan jika kamu tidak berencana untuk bekerja di bidang teknologi. Itulah penjelasan mengenai pengertian coding.

Pengertian Bahasa Pemrograman dalam Coding

Setelah mengenal pengertian coding, saatnya memahami bahasa pemrograman yang ada dalam ngoding. Bahasa pemrograman adalah seperangkat aturan dan instruksi yang digunakan untuk berkomunikasi dengan komputer untuk menjalankan tugas tertentu. Ini menyediakan kerangka kerja bagi pengembang untuk menulis kode yang dapat dipahami dan dijalankan oleh komputer. 

Bahasa ini terdiri dari sintaks, kata kunci, tipe data, dan konstruksi lain yang menentukan struktur dan organisasi kode. Bahasa pemrograman sangat penting untuk membuat program komputer, aplikasi, dan perangkat lunak. Ini semua digunakan untuk membangun berbagai perangkat lunak, dari script sederhana hingga aplikasi yang kompleks. 

Bahasa pemrograman bisa tingkat tinggi atau tingkat rendah, tergantung pada tingkat abstraksinya dari bahasa mesin. Bahasa tingkat tinggi lebih dapat dibaca oleh manusia dan lebih dekat dengan bahasa alami, sedangkan bahasa tingkat rendah lebih dapat dibaca oleh mesin dan lebih dekat dengan kode biner.

Manfaat Belajar Coding

Bisa Bekerja Sebagai Developer

Mempelajari coding adalah hal yang bisa berdampak pada karirmu yaitu bekerja sebagai developer. Tentunya ini adalah developer aplikasi. Ini bisa menjadi pilihan karir yang sangat bermanfaat. Dengan tingginya permintaan untuk pengembang di pasar kerja, ada banyak peluang kerja yang tersedia, dan pengembang biasanya dibayar dengan baik. Developer juga memiliki fleksibilitas untuk bekerja dari jarak jauh, yang dapat menjadi keuntungan besar bagi mereka yang lebih suka bekerja dari rumah atau bepergian sambil bekerja. 

Mengembangkan perangkat lunak membutuhkan kreativitas, keterampilan memecahkan masalah, dan kemampuan untuk berpikir di luar kotak, menjadikannya pilihan karir yang menarik. Selain itu, industri teknologi terus berkembang, yang berarti bahwa pengembang harus terus mempelajari keterampilan dan teknologi baru agar tetap terkini, memberikan peluang untuk pembelajaran berkelanjutan dan pertumbuhan pribadi. Secara keseluruhan, bekerja sebagai developer bisa menjadi jalur karir yang memuaskan dan menggiurkan bagi kamu yang memiliki hasrat terhadap teknologi dan pemrograman.

Peluang Kerja yang Luas

Ada banyak peluang kerja yang tersedia untuk pengembang perangkat lunak atau developer. Pengembangan perangkat lunak merupakan aspek penting dari industri teknologi, dan dengan meningkatnya digitalisasi berbagai industri, terdapat permintaan yang tinggi akan pengembang perangkat lunak terampil di berbagai sektor. 

Pengembang perangkat lunak dapat bekerja dalam berbagai peran, seperti software engineers, systems analysts, software architects, and software project managers. Selain itu kamu bisa juga bekerja sebagai software applications, operating systems, desktop applications, mobile applications, and web applications. Selain itu ada juga pengembang website tanpa ngoding, yaitu menggunakan Content Management System WordPress dengan hosting WordPress.

coding adalah
Sumber: Envato

Bisa Bekerja Dimana Saja

Secara umum, orang yang bekerja dengan coding adalah memiliki lebih banyak fleksibilitas dalam hal dimana mereka dapat bekerja dibandingkan dengan profesi lain. Ini karena sebagian besar pekerjaan pengembangan perangkat lunak atau developer dapat dilakukan dari jarak jauh menggunakan komputer dan koneksi internet. 

Namun, apakah seorang pengembang perangkat lunak dapat bekerja secara fleksibel di mana saja bergantung pada beberapa faktor, termasuk sifat pekerjaan yang mereka lakukan, alat dan sumber daya yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan serta kebijakan dan budaya perusahaan tempat mereka bekerja. 

Misalnya, pengembang perangkat lunak yang mengerjakan proyek yang memerlukan akses ke data sensitif mungkin tidak dapat bekerja dari kedai kopi atau jaringan Wi-Fi publik. Selain itu, pengembang yang mengandalkan perangkat keras atau perangkat lunak khusus mungkin perlu bekerja dari lokasi tertentu yang memiliki peralatan yang diperlukan. 

Selain itu, beberapa perusahaan memiliki kebijakan yang mengharuskan karyawannya bekerja dari lokasi tertentu, sementara yang lain mengizinkan karyawannya bekerja dari mana saja. Bahkan jika perusahaan mengizinkan kerja jarak jauh, budaya organisasi mungkin tidak mendukung pengaturan kerja yang fleksibel, yang dapat mempersulit pengembang perangkat lunak untuk bekerja dari mana saja.

Bergaji Tinggi

Rata-rata, orang yang bekerja dengan coding adalah ber-gaji yang relatif tinggi. Namun, gaji sebenarnya yang dapat diperoleh seseorang sebagai developer atau programmer dapat sangat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti tingkat pengalaman mereka, keterampilan pengkodean khusus, industri tempat mereka bekerja, dan lokasi geografis pekerjaan. 

Secara umum, pengembang perangkat lunak, termasuk programmer, memperoleh gaji di atas rata-rata dibandingkan dengan banyak profesi lainnya. Menurut data dari Biro Statistik Tenaga Kerja AS, per Mei 2020, gaji tahunan rata-rata untuk pengembang perangkat lunak adalah $110.140 di Amerika Serikat. Namun, gaji untuk programmer dapat sangat bervariasi dalam profesinya. 

Misalnya, programmer junior yang baru memulai karirnya mungkin memperoleh gaji lebih rendah daripada programmer  yang lebih berpengalaman atau memiliki keterampilan khusus dalam permintaan tinggi. Selain itu, programmer  yang bekerja di industri tertentu, seperti keuangan atau perawatan kesehatan, dapat memperoleh gaji lebih tinggi daripada mereka yang bekerja di industri lain. Melansir dari Detik.com, bahkan rata-rata gaji programmer di Indonesia mencapai 6,3 juta per bulan.

Baca juga: 12 Bahasa Pemrograman Yang Sering Dipakai Developer

Jenis-jenis Bahasa Pemrograman untuk Coding

Coding adalah proses pembuatan perangkat lunak dengan menggunakan bahasa pemrograman. Berikut ini adalah beberapa jenis bahasa pemrograman yang bisa kamu pelajari:

Phyton

Python adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang banyak digunakan untuk pengembangan perangkat lunak, pemrosesan data, kecerdasan buatan, dan pengembangan web. Bahasa ini dibuat pada awal 1990-an oleh Guido van Rossum. 

Python dikenal cukup populer karena kesederhanaan, keterbacaan, dan kemudahan penggunaannya, yang membuatnya menjadi pilihan populer untuk pemula dan pemrogram berpengalaman. Ini memiliki perpustakaan standar besar (atau lebih dikenal sebagai library) yang menyediakan berbagai fungsi dan alat untuk berbagai tugas pemrograman.

Ruby

Ruby adalah bahasa pemrograman yang dinamis dan termasuk bahasa pemrograman tingkat tinggi. Dibuat pada pertengahan 1990-an oleh Yukihiro “Matz” Matsumoto. Ini adalah bahasa yang ditafsirkan, artinya code dijalankan secara langsung tanpa perlu kompilasi. 

Ruby dikenal dengan kesederhanaan, fleksibilitas, dan produktivitasnya. Ini memiliki sintaks yang bersih dan elegan yang mudah dibaca dan ditulis, yang menjadikannya pilihan populer untuk pengembangan web dan tugas otomatisasi. Ruby juga merupakan bahasa berorientasi objek, yang berarti semua yang ada di Ruby adalah objek, termasuk tipe data dan fungsi.

Java

Sama halnya dengan Ruby, Java juga dikembangkan mulai dari tahun 1990-an. Java banyak digunakan untuk mengembangkan aplikasi perusahaan, aplikasi web, aplikasi seluler, dan game. Bahasa ini dikenal karena kesederhanaan, kekokohan, dan portabilitasnya. Program Java dikompilasi menjadi bytecode yang dapat dijalankan pada mesin apa pun yang memiliki JVM terinstal, menjadikannya bahasa yang sangat portabel.

Java adalah bahasa berorientasi objek, yang berarti bahwa semua yang ada di Java adalah objek, termasuk tipe data dan fungsi. Java juga mendukung multithreading, yang memungkinkan beberapa thread dieksekusi berjalan secara bersamaan dalam suatu program, membuatnya sangat cocok untuk mengembangkan aplikasi secara bersamaan.

React JS

ReactJS digunakan untuk membangun aplikasi web dan aplikasi seluler (menggunakan React Native), dan dikenal dengan kinerja, skalabilitas, dan usabilitasnya. ReactJS menggunakan pendekatan deklaratif untuk membangun UI, yang berarti pengembang mendeskripsikan struktur dan perilaku UI dengan cara yang lebih intuitif dan alami.

coding adalah
Sumber: Envato

Salah satu fitur utama ReactJS adalah penggunaan DOM virtual (Document Object Model). Alih-alih memanipulasi DOM secara langsung, ReactJS memperbarui DOM virtual, yang merupakan representasi dalam memori dari DOM sebenarnya. Hal ini memungkinkan ReactJS memperbarui DOM yang sebenarnya dengan lebih efisien dan dengan lebih sedikit overhead.

C++

C ++ adalah bahasa pemrograman umum tingkat tinggi yang dikembangkan pada 1980-an oleh Bjarne Stroustrup di Bell Labs. C ++ adalah perpanjangan dari bahasa pemrograman C dan menambahkan dukungan untuk pemrograman berorientasi objek (OOP). C ++ dikenal dengan kinerja, fleksibilitas, dan keserbagunaannya. Ini banyak digunakan untuk mengembangkan perangkat lunak sistem, driver perangkat, sistem tertanam, game, dan aplikasi berkinerja tinggi. C ++ juga biasa digunakan dalam komputasi ilmiah dan aplikasi teknik. 

Salah satu fitur utama C++ adalah dukungannya untuk OOP. Ini berarti bahwa C++ memungkinkan pengembang untuk mendefinisikan kelas dan objek, yang mengenkapsulasi data dan perilaku. C++ juga mendukung fitur seperti pewarisan dan polimorfisme, yang memungkinkan pengembang membuat program yang lebih kompleks dan modular.

Kamu perlu tahu, domain id lagi promo nih

HTML

HTML (Hypertext Markup Language) adalah bahasa markup yang digunakan untuk membuat halaman web dan informasi lainnya yang dapat ditampilkan di web browser. Ini bukan bahasa pemrograman, melainkan bahasa markup, yang artinya digunakan untuk menyusun dan memformat konten pada halaman web. 

HTML adalah menggunakan serangkaian tag untuk mengidentifikasi struktur dan konten halaman, seperti judul, paragraf, gambar, tautan, dan sebagainya. Tag ini terlampir dalam kurung sudut (<>) dan mungkin memiliki atribut yang memberikan informasi tambahan tentang konten. Walaupun HTML bukan bahasa pemrograman, coding HTML sering digunakan bersamaan dengan bahasa pemrograman lain, seperti CSS dan JavaScript, untuk membuat halaman web yang interaktif dan dinamis.

Selain website yang interaktif dan dinamis, salah satu faktor website menjadi menarik adalah dengan menggunakan alamat domain yang unik. Kamu bisa gunakan domain murah dari DomaiNesia!

PHP

PHP (Hypertext Preprocessor) adalah bahasa script yang bekerja dari sisi server misalkan VPS murah yang digunakan untuk pengembangan web. Ini adalah bahasa pemrograman yang terutama digunakan untuk membuat halaman web dinamis dan aplikasi web. Kode PHP dijalankan di server sebelum halaman web dikirim ke browser klien. 

Ini memungkinkan pembuatan halaman web dinamis yang dapat menampilkan konten berbeda berdasarkan input pengguna, kueri basis data, dan variabel lainnya. PHP vs HTML memang digunakan untuk membuat berbagai aplikasi web, mulai dari script pemrosesan form sederhana hingga sistem manajemen konten yang kompleks dan platform e-commerce

Baca juga: Kumpulan Contoh Coding HTML Dasar, Pemula Wajib Tahu!

Cara Kerja Coding Adalah

Coding adalah proses pembuatan aplikasi perangkat lunak, situs web, dan produk digital lainnya dengan menulis instruksi untuk diikuti oleh komputer. Instruksi ditulis dalam bahasa pemrograman dan diterjemahkan ke dalam kode yang dapat dibaca mesin. Proses pengkodean biasanya melibatkan langkah-langkah berikut: 

  • Identifikasi dan analisis masalah: Pembuat kode perlu mengidentifikasi masalah yang perlu dipecahkan dan menganalisisnya untuk menentukan cara terbaik untuk menyelesaikannya menggunakan pemrograman. 
  • Perencanaan dan desain: Setelah masalah diidentifikasi, pembuat kode perlu merencanakan dan merancang solusinya. Ini melibatkan pembuatan cetak biru (blueprint) untuk perangkat lunak atau situs web, dan memutuskan bahasa pemrograman. 
  • Menulis kode: Pembuat kode kemudian menulis kode menggunakan bahasa pemrograman yang dipilih. Ini melibatkan mengetik instruksi yang akan diikuti komputer untuk menjalankan tugas yang diinginkan. 
  • Menguji dan men-debug: Setelah kode ditulis, pembuat kode menguji perangkat lunak atau situs web untuk memastikannya berfungsi dengan benar. Jika ditemukan kesalahan, pembuat kode perlu men-debug kode untuk memperbaikinya. 
  • Pemeliharaan: Setelah perangkat lunak atau situs web berfungsi dengan benar, perangkat lunak atau situs web akan diterapkan ke lingkungan produksi yang dapat digunakan oleh pengguna akhir. Pembuat kode mungkin juga perlu memelihara perangkat lunak atau situs web dengan memperbaiki bug, menambahkan fitur baru, dan membuat perubahan lain sesuai kebutuhan.

    coding adalah
    Sumber: Envato

Fungsi dan Manfaat Belajar Coding Adalah

Ada berbagai fungsi dan manfaat coding. Beberapa manfaat coding adalah meningkatkan kemampuan problem solving, masa depan yang cerah, melatih dan mengasah logika, menambah wawasan, dan meningkatkan rasa percaya diri. Berikut ini penjelasan manfaat coding adalah:

Meningkatkan Kemampuan Problem Solving

Coding membutuhkan pemikiran analitis untuk mengidentifikasi masalah, memecahnya menjadi komponen yang lebih kecil, dan mengembangkan solusi. Ini dapat membantu meningkatkan keterampilan berpikir analitis secara keseluruhan, yang berguna dalam berbagai bidang.

Sementara koding adalah aktivitas yang juga membutuhkan pemikiran logis dan keterampilan memecahkan masalah, itu juga membutuhkan kreativitas untuk mengembangkan solusi inovatif untuk masalah yang kompleks. Ini dapat membantu meningkatkan keterampilan kreativitas secara keseluruhan, yang berguna di banyak bidang kehidupan.

Menciptakan Masa Depan Yang Cerah

Coding adalah suatu aktivitas yang memerlukan keterampilan ahli sehingga menjadi seorang yang bekerja berkaitan dengan coding akan mendapatkan income yang cukup besar. Inilah yang menyebabkan manfaat coding adalah menciptakan masa depan yang cerah. Selain itu, permintaan akan pekerjaan ini juga terbuka sangat luas.

Melatih dan Mengasah Logika

Coding adalah aktivitas yang melibatkan pengembangan solusi logis untuk masalah. Ini dapat membantu meningkatkan keterampilan penalaran logis, yang penting untuk banyak tugas, termasuk matematika, sains, dan teknik.

Menambah Wawasan

Koding adalah aktivitas yang membantu individu memahami cara kerja teknologi dan cara menggunakannya untuk memecahkan masalah. Ini dapat mengarah pada wawasan tentang bagaimana teknologi dapat digunakan untuk meningkatkan proses yang ada atau membuat yang baru.

Selain itu teknologi terutama coding adalah hal yang sangat adaptif terhadap perubahan sehingga mau tidak mau harus terus menambah wawasan terkait perkembangan teknologi khususnya terkait coding.

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Mengapa coding adalah aktivitas yang mampu meningkatkan rasa percaya diri? Berikut adalah alasannya: 

  • Penguasaan keterampilan baru: Belajar coding adalah melibatkan penguasaan keterampilan baru. Ketika individu mengembangkan kemampuan pengkodean dan membuat program atau situs web yang berfungsi, mereka mungkin merasakan pencapaian dan kebanggaan dalam pekerjaan yang dapat meningkatkan kepercayaan diri. 
  • Menyelesaikan tantangan: Belajar koding adalah hal yang bisa jadi menantang, terutama bagi pemula. Saat individu mengatasi tantangan pengkodean dan memecahkan masalah, mereka mungkin merasakan pencapaian dan kepercayaan diri pada kemampuan.

Belajar Coding Sangat Keren, Bukan?

Nah itulah pengertian coding dan aktivitas yang dilakukan saat melakukan coding. Keren bukan? Apa itu coding? Coding adalah proses pembuatan perangkat lunak dengan menggunakan bahasa pemrograman yang melibatkan perancangan, penulisan, pengujian, dan penerapan program untuk melakukan tugas tertentu. Selain aplikasi praktisnya, coding juga bisa menjadi pengajaran yang kreatif dan bermanfaat, menawarkan peluang bagi orang-orang dari semua latar belakang untuk belajar ngoding dan berpartisipasi dalam bidang yang menarik dan berkembang pesat ini. Oh ya kamu juga bisa belajar coding online gratis lho!

Koding adalah aktivitas yang dapat membantu menciptakan solusi teknologi yang lebih efisien dan inovatif untuk memecahkan masalah yang ada di dunia nyata, membantu meningkatkan keamanan dan privasi data, serta membuka peluang karir yang menjanjikan di bidang teknologi. Selain itu, belajar koding adalah hal yang dapat membantu meningkatkan kemampuan analitis dan pemecahan masalah yang sangat penting di dunia kerja dan dapat diterapkan di berbagai bidang.

coding adalah
Sumber: Envato

Sudah Siap Memiliki Hosting Murah Terbaik?

Jika sudah mengetahui apa itu coding dan bisa melakukan coding dan mampu membuat sebuah website atau aplikasi, jangan lupa hosting websitemu dengan hosting Indonesia DomaiNesia! Beli Hosting murah ini akan memberikanmu performa terbaik untuk mendukung website yang telah kamu kembangkan. Tentu pengunjung website-mu akan senang jika website yang mereka buka ngebut ga pake lemot! Oh ya, kamu juga bisa lengkapi website kamu dengan layanan email hosting yang profesional!

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Kaffinnur
October 10, 2022

mantap artikelnya menarik

Siti Subaidah
September 25, 2022

artikel yang bermanfaat, terutama untuk para pemula :)

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds