• Home
  • Berita
  • Rekomendasi Tema WooCommerce Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

Rekomendasi Tema WooCommerce Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

Oleh Ratna Patria

Tercatat saat ini telah mencapai sekitar 6.5 juta pengguna WooCommerce dan tidak menutup kemungkinan terus bertambah. Dengan banyaknya pengguna, tentu kebutuhan akan pilihan tema WooCommerce juga terus meningkat. Pengguna WooCommerce tentu mencari tema yang mampu membuat toko online mereka memiliki interface yang ramah. 

Tentunya saat ini WooCommerce telah menyediakan banyak tema yang bisa digunakan oleh penggunanya. Jika kamu adalah salah satu pengguna WooCommerce, keputusan tepat buat kamu untuk terus membaca artikel ini untuk mendapatkan rekomendasi template tema WooCommerce terbaik yang bisa kamu gunakan dan buat toko onlinemu jadi ramah pengguna!

tema woocommerce
Sumber: Envato

WooCommerce: Plugin Toko Online Populer

Apa itu WooCommerce

WooCommerce adalah sebuah plugin eCommerce berbasis open-source yang digunakan untuk platform WordPress. Diluncurkan pada September 2011, WooCommerce telah menjadi salah satu platform eCommerce paling populer di web. WooCommerce dirancang untuk digunakan oleh pemilik toko dan pengembang dengan kemudahan penggunaan dan fleksibilitas sebagai fokus utama.

Fitur WooCommerce

Dengan WooCommerce, pengguna dapat membuat dan mengelola toko online langsung dari situs web WordPress mereka. Plugin ini menawarkan berbagai fitur seperti manajemen produk dan inventaris, integrasi gateway pembayaran, metode pengiriman, perhitungan pajak, dan masih banyak lagi. Platform ini sangat dapat disesuaikan dengan beragam tema dan plugin yang tersedia bagi pengguna untuk memilih. Selain itu, WooCommerce juga menyediakan berbagai ekstensi yang membantu pengguna memperluas fungsionalitas toko online mereka.

Keunggulan WooCommerce

Salah satu keunggulan utama menggunakan WooCommerce adalah kemudahannya dalam penggunaan. Platform ini dirancang agar mudah digunakan oleh pemula yang ingin membuat toko online tanpa keahlian teknis. Selain itu, WooCommerce sangat fleksibel, memungkinkan pengguna untuk menciptakan tampilan dan nuansa unik untuk toko online. Platform ini juga menawarkan berbagai alat yang membantu pengguna mengoptimalkan toko online untuk mesin pencari sehingga memudahkan pelanggan dalam menemukan produk secara online. 

WooCommerce juga terkenal karena skalabilitasnya. Ini dapat digunakan untuk mengelola toko-toko kecil maupun situs eCommerce dengan skala besar. Platform ini mampu menangani sejumlah besar produk, pesanan, dan pelanggan dengan mudah. Selain itu, WooCommerce menawarkan berbagai integrasi dengan alat pihak ketiga populer seperti MailChimp, Google Analytics, dan banyak lagi. Hal ini menjadikannya platform yang kuat bagi bisnis yang ingin meningkatkan eksistensi online.

Baca juga: Mudahkan Pelanggan Belanja Dengan WooCommerce Payment Gateway

Tema WooCommerce

Seperti yang telah dijelaskan, WooCommerce merupakan plugin yang mempermudah proses membuat toko online sehingga tanpa banyak kemampuan atau keahlian teknis pun kamu dapat membuatnya. Untuk itu, WooCommerce menyediakan tema yang bisa dipasang dan dicopot dengan mudah. 

Tema WooCommerce ini memudahkan pemilik toko online untuk mendesain website tanpa perlu membuat tampilan desain website dari awal menggunakan script yang rumit. Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih template tema WooCommerce yang sesuai dengan toko online yang kamu kembangkan.tema woocommerce

Cara Memilih Tema

Memilih tema WooCommerce adalah langkah penting dalam membuat toko online. Berikut adalah beberapa panduan untuk membantumu membuat pilihan tema yang tepat: 

  1. Identifikasi kebutuhan: Sebelum memilih tema, pertimbangkan kebutuhan khusus toko online yang kamu inginkan. Pikirkan tentang estetika desain yang kamu sukai, jenis produk yang dijual, dan fitur yang dibutuhkan. Buat daftar fitur yang harus dimiliki seperti filter produk, tata letak yang dapat disesuaikan, dan kompatibilitas dengan plugin populer. 
  2. Desain dan Pengalaman Pengguna: Cari tema yang selaras dengan brand kamu dan berikan desain yang menarik secara visual. Tema harus memiliki tata letak yang bersih, navigasi yang mudah, dan pengalaman pengguna yang intuitif serta yang terpenting adalah harus memamerkan produk secara efektif dan membuatnya nyaman bagi pelanggan untuk menelusuri dan melakukan pembelian.
  3. Responsive: Pastikan temanya responsif dan ramah seluler. Dengan meningkatnya penggunaan perangkat seluler untuk belanja online, toko online harus terlihat dan berfungsi dengan baik pada ukuran layar yang berbeda. Tema responsif secara otomatis beradaptasi dengan perangkat yang berbeda, memberikan pengalaman yang baik bagi pelanggan. 
  4. Kompatibilitas: Periksa apakah tema tersebut kompatibel dengan versi terbaru WooCommerce dan plugin penting lainnya yang akan kamu gunakan. Ini memastikan agar integrasi dapat berjalan lancar dan mencegah potensi konflik atau masalah kompatibilitas. 
  5. Dukungan dan Pembaruan: Pilih tema dari sumber tepercaya yang menawarkan pembaruan rutin dan dukungan pelanggan yang baik. Pembaruan rutin memastikan kompatibilitas dengan versi terbaru WordPress dan WooCommerce dan memberikan peningkatan keamanan. Dukungan pelanggan yang baik dapat membantu mengatasi masalah teknis atau permintaan penyesuaian yang mungkin muncul. 
  6. Demo dan Dokumentasi: Cari tema yang menyediakan demo atau pratinjau langsung, memungkinkan kamu melihat tampilan toko dengan tema tersebut sebelum membeli atau menginstalnya. Selain itu, periksa apakah tema tersebut memiliki dokumentasi atau tutorial lengkap untuk memandu melalui proses penyiapan dan penyesuaian. 
  7. Ulasan dan Peringkat: Teliti ulasan dan peringkat tema dari pengguna lain. Ini dapat memberikan insight tentang kinerja tema, fleksibilitas, dan kepuasan pengguna secara keseluruhan. 
  8. Kustomisasi: Cari tema yang memungkinkan kamu bisa mengubah warna, font, tata letak, dan elemen visual lainnya dengan mudah. Fleksibilitas ini akan memungkinkan untuk membuat toko yang unik dan personal.

Rekomendasi Tema WooCommerce

Setelah memahami mengenai WooCommerce dan keunggulannya, kini saatnya kamu mendapatkan referensi rekomendasi dari template tema WooCommerce terbaik yang bisa kamu gunakan untuk toko online kamu. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tema WooCommerce yang bisa kamu install di toko online-mu:

Astratema woocommerce

Template ema WooCommerce yang pertama adalah Astra. Ini adalah tema yang ringan dan sangat dapat disesuaikan yang menawarkan integrasi yang baik dan lancar dengan WooCommerce. Ini memberikan desain yang bersih dan modern, bersama dengan berbagai template dan tata letak untuk dipilih. Dengan kecepatan pemuatan yang cepat dan opsi penyesuaian yang luas, Astra memungkinkan kamu untuk membuat toko online yang menarik secara visual dan berkinerja tinggi.

Storefronttema woocommerce

Template tema WooCommerce selanjutnya Storefront yang menawarkan fondasi yang kuat untuk toko online dan kompatibilitasnya dengan ekstensi WooCommerce memastikan integrasi fitur tambahan yang baik. 

OceanWP tema woocommerce

OceanWP adalah tema serbaguna dan kaya fitur yang dikenal dengan fleksibilitas dan opsi penyesuaian yang luas. Ini menawarkan berbagai demo dan tata letak yang disesuaikan untuk eCommerce, termasuk demo WooCommerce khusus. Dengan desain responsif dan kompatibilitas dengan pembuat halaman populer, Tema WooCommerce ini memungkinkan kamu membuat toko online yang unik dan memukau secara visual. 

Baca juga: Pakai WooCommerce Shortcode: Cara Mudah Membuat Toko Online

Flatsome tema woocommerce

Tema WooCommerce selanjutnya adalah Flatsome. Tema ini adalah tema serbaguna populer yang dibuat khusus untuk eCommerce. Ini menawarkan berbagai desain cantik dan modern, tata letak yang dapat disesuaikan, dan integrasi WooCommerce yang luas. Flatsome menyediakan fitur-fitur canggih seperti pencarian produk langsung, tampilan cepat, dan pembuat halaman seret dan lepas, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk membuat toko online yang profesional dan menawan. 

Porto tema woocommerce

Porto adalah tema yang sangat fleksibel dan responsif dengan banyak pilihan demo. Ini menawarkan berbagai template dan tata letak yang cocok untuk berbagai jenis toko eCommerce. Tema WooCommerce ini menyediakan opsi penyesuaian yang luas, termasuk panel tema yang kuat dan integrasi dengan plugin populer, memungkinkan kamu untuk membuat toko online yang mengesankan secara visual dan fungsional. 

Neve Shoptema woocommerce

Neve Shop adalah tema yang ringan dan memuat cepat yang dirancang khusus untuk situs web eCommerce. Ini menawarkan desain yang bersih dan modern dengan fokus pada kinerja. Template tema WooCommerce Neve Shop menyediakan integrasi mulus dengan WooCommerce, bersama dengan opsi penyesuaian yang memungkinkan kamu membuat toko online yang menarik secara visual dan ramah pengguna. 

Shopkeeper tema woocommerce

Shopkeeper adalah tema yang mudah digunakan dan menarik secara visual dengan fokus pada presentasi produk. Ini menawarkan berbagai tata letak yang dapat disesuaikan dan serangkaian fitur lengkap untuk integrasi WooCommerce. Dengan opsi penyesuaian yang intuitif dan desain yang elegan, Shopkeeper memungkinkan untuk membuat toko online yang profesional dan menawan. 

Baca juga: Rekomendasi Plugin dan Cara Membuat Form Konfirmasi Pembayaran WooCommerce

Divitema woocommerce

Template tema WooCommerce berikutnya adalah Divi. Ini adalah tema yang kuat dan intuitif yang menyertakan pembuat drag and drop, memungkinkan kamu membuat toko WooCommerce yang menakjubkan tanpa coding. Ini menawarkan berbagai tata letak, kemampuan penyesuaian, dan pilihan desain yang luas. Divi menyediakan integrasi mulus dengan WooCommerce, menjadikannya pilihan populer bagi mereka yang mencari fleksibilitas dan kebebasan desain. 

WoodMartema woocommerce

WoodMart adalah tema modern dan bergaya yang dirancang khusus untuk eCommerce. Ini menawarkan berbagai tata letak, skin, dan fitur yang disesuaikan untuk WooCommerce. WoodMart menyediakan opsi penyesuaian yang luas, termasuk gaya filter produk, efek hover, dan halaman produk khusus, memungkinkan membuat toko online yang unik dan memukau secara visual. 

The Retailertema woocommerce

The Retailer adalah tema kaya fitur yang dirancang untuk toko online. Ini menawarkan opsi penyesuaian yang luas, termasuk berbagai skema warna, font, dan tata letak. The Retailer menyediakan integrasi tanpa batas dengan WooCommerce dan mencakup fitur-fitur seperti zoom produk, mode katalog, dan beberapa opsi pembayaran, menjadikannya pilihan yang tepat untuk membuat toko online yang kuat dan fungsional.

XStoretema woocommerce

XStore adalah tema yang sangat dapat disesuaikan dan menakjubkan secara visual yang menawarkan berbagai macam demo dan template siap pakai untuk WooCommerce. Ini memberikan integrasi tanpa batas dengan plugin dan menyertakan fitur seperti tampilan cepat produk, opsi pencarian lanjutan, dan panel opsi tema yang kuat. Dengan desainnya yang modern dan bergaya, XStore memungkinkan kamu membuat toko online yang menarik dan profesional. 

Soledad tema woocommerce

Soledad adalah tema multi-konsep yang menyertakan dukungan WooCommerce. Ini menawarkan banyak pilihan tata letak dan demo yang telah dirancang sebelumnya, sehingga cocok untuk berbagai jenis toko online. Soledad menyediakan opsi penyesuaian yang luas, menu mega bawaan, dan penyesuai langsung yang kua untuk membuat situs web eCommerce yang menarik secara visual dan unik. 

Gunakan Tema Terbaik Untuk Toko Online-mu!

Tema WooCommerce memberikan fondasi yang kuat untuk membangun toko online yang menarik dan berfungsi dengan baik. Dengan memilih tema yang sesuai, kamu dapat menciptakan pengalaman berbelanja yang menarik bagi pelangganmu, menampilkan produk dengan baik, dan menyediakan fitur-fitur penting seperti keranjang belanja, proses checkout, dan filtrasi produk.

Tema-tema WooCommerce yang direkomendasikan di atas menawarkan beragam pilihan desain, fitur, dan fleksibilitas untuk memenuhi kebutuhan toko onlinemu. Pastikan untuk mempertimbangkan kebutuhanmu, desain yang sesuai dengan merekmu, serta fitur-fitur khusus yang kamu inginkan saat memilih tema WooCommerce. Beli WordPress hosting DomaiNesia untuk mengembangkan toko online-mu menggunakan WooCommerce!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds