• Home
  • Tips
  • Mudahkan Pelanggan Belanja Dengan WooCommerce Payment Gateway

Mudahkan Pelanggan Belanja Dengan WooCommerce Payment Gateway

Oleh Adisty C. Putri
No ratings yet.

Membuat dan mengembangkan toko online alias eCommerce menggunakan WooCommerce merupakan suatu kemudahan yang ditawarkan dengan kemajuan teknologi Content Management System (CMS) saat ini.

Dengan menggunakan CMS, membangun website bahkan toko online tidaklah sulit bahkan tanpa pengetahuan teknis pemrograman yang mendalam. WooCommerce bahkan di dukung WooCommerce Payment Gateway yang memudahkanmu membuat fungsionalitas untuk pembayaran.

Secara umum, WooCommerce Payment Gateway adalah fitur dari WooCommerce berupa infrastruktur teknologi yang memungkinkan pedagang online untuk menerima dan memproses pembayaran dari pelanggan mereka dengan aman melalui internet.

Ini bertindak sebagai perantara antara situs web atau aplikasi pedagang dan lembaga keuangan yang terlibat dalam transaksi, seperti bank atau perusahaan kartu kredit. Yuk, baca artikel ini hingga selesai untuk memahami lebih dalam mengenai WooCommerce Payment Gateway!

woocommerce payment gateway
Sumber: Envato

Fundamental

Pengertian Content Management System

Apa itu CMS? Content Management System (CMS) adalah aplikasi perangkat lunak atau platform yang memungkinkan individu atau organisasi untuk membuat, mengelola, dan menerbitkan konten digital di internet. Ini menyediakan antarmuka yang ramah pengguna dan seperangkat alat yang memungkinkan pengguna dengan sedikit atau tanpa pengetahuan teknis untuk membuat dan memperbarui konten situs web dengan mudah. 

CMS dirancang untuk menyederhanakan proses pembuatan dan pengelolaan konten dengan memisahkan konten dari desain dan aspek teknis situs web. Pemisahan ini memungkinkan pengguna non-teknis untuk fokus pada pembuatan dan pengorganisasian konten, sementara CMS menangani infrastruktur yang mendasarinya.

Salah satu contoh CMS yang populer adalah WordPress. WordPress adalah CMS gratis dan open source yang memungkinkan pengguna membuat dan mengelola situs web, blog, dan toko online. Sekali lagi, WordPress adalah salah satu platform CMS paling populer dan banyak digunakan di seluruh dunia. Untuk mengembangkan website dengan WordPress, kamu bisa berlangganan WordPress Hosting sebagai layanan hosting khusus untuk WordPress dari DomaiNesia!

Awalnya dikembangkan sebagai platform blogging, WordPress telah berkembang menjadi CMS serbaguna yang memberdayakan berbagai situs web, dari blog sederhana hingga toko online yang kompleks dan situs web perusahaan. WordPress menawarkan antarmuka yang ramah pengguna dan ekosistem tema, plugin, dan ekstensi yang luas, membuatnya dapat diakses oleh pengguna pemula dan berpengalaman.

Baca juga: Kumpulan Plugin WooCommerce Terbaik Untuk Toko Online-mu!

Pengertian WooCommerce

WooCommerce Adalah

Singkatnya, WooCommerce merupakan plugin tambahan yang bisa di install di WordPress untuk mendukung pembuatan website toko online. WooCommerce adalah plugin toko online yang juga open source. Ini dirancang untuk berintegrasi dengan situs web WordPress, mengubahnya menjadi toko online yang kaya fitur. Dikembangkan oleh Automattic, perusahaan yang sama di belakang WordPress.com. WooCommerce dikenal dengan antarmuka yang ramah pengguna, fleksibilitas, dan opsi penyesuaian yang ekstensif.

woocommerce payment gateway
Sumber: Envato

Keunggulan WooCommerce

WooCommerce menawarkan beberapa keunggulan yang menjadikannya pilihan populer untuk membangun dan mengelola situs web toko online. Salah satu keuntungan utamanya adalah integrasinya yang sangat baik dengan WordPress. Integrasi ini memungkinkan pengguna memanfaatkan fitur canggih WordPress, seperti blogging, SEO, dan manajemen konten, sekaligus menambahkan fungsionalitas toko online. 

Keunggulan lain dari WooCommerce adalah sifatnya yang ramah pengguna. Dengan antarmuka yang intuitif dan proses penyiapan yang mudah, pengguna dari semua tingkat keahlian dapat dengan mudah mengatur dan mengelola toko online mereka. Selain itu juga memiliki dasbor, sistem manajemen produk, dan opsi konfigurasi menyederhanakan tugas seperti menambahkan produk, mengelola inventaris, dan memproses pesanan.

WooCommerce juga menonjol karena fleksibilitas dan opsi penyesuaiannya. Pengguna dapat memilih dari berbagai tema dan ekstensi untuk menyesuaikan tampilan dan fungsionalitas toko online sesuai dengan kebutuhan dan branding. Tingkat penyesuaian ini memungkinkan pengalaman berbelanja yang disesuaikan bagi pelanggan.

Beli WordPress Hosting

WooCommerce Payment Gateway

WooCommerce Payment Gateway adalah plugin atau integrasi yang memungkinkan toko online yang dibangun menggunakan WooCommerce memproses pembayaran dari pelanggan dengan aman. Ini bertindak sebagai jembatan antara proses checkout toko dan lembaga keuangan yang menangani transaksi pembayaran, memastikan bahwa informasi pembayaran pelanggan dienkripsi dan ditransfer dengan aman.

Payment gateway merujuk pada infrastruktur teknologi yang memungkinkan bisnis untuk menerima dan memproses pembayaran secara aman dari pelanggan. Payment gateway berfungsi sebagai perantara antara toko online atau bisnis dengan institusi keuangan yang terlibat dalam transaksi pembayaran, seperti bank atau jaringan kartu. 

Ketika seorang pelanggan melakukan pembelian di sebuah situs web e-commerce atau platform online lainnya yang memerlukan pembayaran, payment gateway memfasilitasi transfer informasi pembayaran yang sensitif secara aman dari pelanggan ke bisnis, dan kemudian ke institusi keuangan yang tepat untuk otorisasi dan pemrosesan.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi WooCommerce Payment Gateway yang bisa kamu pasang di toko online kamu yang dikembangkan menggunakan WooCommerce:

1. Google Pay

woocommerce payment gateway
Sumber: Google Pay

Google Pay adalah dompet digital dan layanan pembayaran yang dikembangkan oleh Google. Plugin WooCommerce Google Pay memungkinkan pelanggan melakukan pembayaran cepat dan aman di toko WooCommerce menggunakan informasi atau kredensial akun Google yang mereka miliki. Tentu ini akan mengefisienkan proses karena hampir semua orang terhubung dengan akun Google.

2. PayPal

woocommerce payment gateway
Sumber: PayPal

PayPal adalah gateway pembayaran yang banyak digunakan yang memungkinkan pelanggan melakukan pembayaran menggunakan akun PayPal atau kartu kredit/debit mereka. WooCommerce memiliki integrasi bawaan dengan PayPal, memungkinkan pengaturan dan transaksi yang lancar. Pelanggan dialihkan ke situs web PayPal untuk menyelesaikan pembayaran, dan detail transaksi dikomunikasikan kembali ke toko.

3. Apple Pay

woocommerce payment gateway
Sumber: Apple Pay

Apple Pay adalah dompet digital dan layanan pembayaran seluler yang disediakan oleh Apple. Plugin WooCommerce Apple Pay memungkinkan pelanggan yang menggunakan perangkat Apple untuk melakukan pembayaran yang aman dan nyaman di toko WooCommerce, menggunakan informasi kartu yang tersimpan atau autentikasi biometrik.

4. Midtrans

woocommerce payment gateway
Sumber: Midtrans

Midtrans adalah salah satu payment gateway yang populer dan terintegrasi dengan WooCommerce. Payment gateway Midtrans memungkinkan toko online yang menggunakan WooCommerce untuk menerima pembayaran dari pelanggan dengan berbagai metode pembayaran yang tersedia di Indonesia, seperti kartu kredit, transfer bank, dompet digital, dan lainnya. Untuk mengintegrasikan Midtrans dengan WooCommerce, kamu dapat menggunakan plugin resmi Midtrans untuk WooCommerce.

5. Doku

woocommerce payment gateway
Sumber: Doku

Doku adalah salah satu payment gateway yang dapat diintegrasikan dengan WooCommerce. Doku Payment Gateway memungkinkan toko online menggunakan WooCommerce untuk menerima pembayaran dari pelanggan dengan berbagai metode pembayaran yang tersedia di Indonesia, seperti transfer bank, kartu kredit, dompet digital, dan lainnya.

6. Xendit

woocommerce payment gateway
Sumber: Xendit

Xendit adalah gateway pembayaran yang dapat diintegrasikan dengan WooCommerce. Xendit Payment Gateway memungkinkan toko online yang menggunakan WooCommerce untuk menerima pembayaran dari pelanggan dengan berbagai metode pembayaran yang tersedia di Indonesia, seperti transfer bank, kartu kredit, e-wallet, dan lainnya.

Untuk memiliki WooCommerce Payment Gateway yang baik dan cocok untuk toko online kamu, ada beberapa faktor yang perlu kamu pertimbangkan: 

  1. Keandalan: Pilihlah payment gateway yang memiliki reputasi yang baik dan terpercaya dalam industri. Pastikan mereka memiliki infrastruktur yang kuat untuk mengelola dan memproses pembayaran dengan aman dan efisien. 
  2. Keamanan: Pastikan payment gateway yang kamu pilih memiliki tingkat keamanan yang tinggi untuk melindungi data pembayaran pelanggan. Periksa apakah mereka memenuhi standar keamanan seperti PCI DSS (Payment Card Industry Data Security Standard). 
  3. Metode Pembayaran: Pertimbangkan metode pembayaran yang ingin kamu tawarkan kepada pelanggan. Pastikan Woocommerce payment gateway yang kamu pilih mendukung metode pembayaran yang populer dan sesuai dengan preferensi pelanggan kamu, seperti kartu kredit, transfer bank, dompet digital, dan lainnya. 
  4. Kemudahan Integrasi: Pilihlah payment gateway yang mudah diintegrasikan dengan WooCommerce. Pastikan mereka menyediakan plugin resmi atau dukungan teknis yang memudahkan proses integrasi dengan platform toko online kamu. 
  5. Fitur : Perhatikan fitur tambahan yang ditawarkan oleh payment gateway. Beberapa payment gateway mungkin menawarkan fitur seperti pengelolaan transaksi, pelaporan, refund otomatis, dan lainnya. Pilihlah fitur yang sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu. 
  6. Biaya Transaksi: Pertimbangkan biaya transaksi yang dikenakan oleh payment gateway. Perhatikan struktur biaya, termasuk biaya setup, biaya transaksi, dan biaya lainnya. Bandingkan juga tarif antara payment gateway yang berbeda untuk memastikan kamu memilih yang paling ekonomis. 
  7. Dukungan Pelanggan: Pastikan payment gateway yang kamu pilih menyediakan dukungan pelanggan yang responsif dan membantu. Hal ini penting jika kamu mengalami masalah teknis atau memerlukan bantuan dalam mengoperasikan payment gateway.

    woocommerce payment gateway
    Sumber: Envato

Mudahkan Transaksi Dengan WooCommerce Payment Gateway

Sudah jelas ya, bahwa memilih WooCommerce Payment Gateway yang tepat merupakan langkah penting untuk memastikan kelancaran proses pembayaran di toko online kamu. Dengan memiliki payment gateway yang baik dan cocok, kamu dapat menyediakan beragam metode pembayaran yang aman dan nyaman bagi pelanggan. Mudahkan transaksi dengan WooCommerce Payment Gateway!

Adisty C. Putri


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds