• Home
  • Tips
  • AdSense YouTube: Syarat, Ketentuan, dan Cara Mendapatkannya

AdSense YouTube: Syarat, Ketentuan, dan Cara Mendapatkannya

Oleh Mila Rosyida

Saat ini tersedia banyak platform untuk para content creator berkreasi, salah satunya Youtube. Bahkan para content creator ini dapat menghasilkan uang yang banyak dari adsense Youtube.

Sehingga tidak heran jika semakin banyak orang mulai terjun menjadi content creator di YouTube atau biasa disebut dengan YouTuber, apakah kamu salah satunya?

Sejak tahun 2020, terdapat peraturan baru mengenai iklan dan Youtube adsense yakni meskipun kamu tidak mengaktifkan fitur monetisasi, iklan tetap akan bisa muncul pada videomu. Jadi kamu tidak mendapatkan uang dari monetisasi karya mu.Sehingga pastikan kamu sudah memanfaatkan fitur untuk memonetisasi konten-konten yang kamu buat agar kamu tidak rugi.

Simak berikut penjelasan mengenai apa itu Youtube adsense, syarat dan ketentuan mendaftar, serta cara mendapatkannya.

Apa Itu Adsense YouTube?

Apabila belum memiliki channel YouTube, paling tidak kamu sudah tidak asing dengan bagaimana platform ini bekerja atau bahkan sering menonton video di dalamnya.

Saat menonton video berdurasi 15-20 menit pada platform ini, berapa banyak iklan yang kamu temukan? Apakah kamu tahu saat kamu menonton atau klik iklan tersebut, maka pemilik video akan mendapatkan adsense Youtube berupa uang. Bayangkan jika dalam sehari ada banyak orang yang klik iklan tersebut, uang yang didapatkan lumayan juga ya!

Selain melalui Adsense, ada juga beberapa hal yang bisa meningkatkan cuan dari Youtube, selengkapnya baca Rahasia Cara Mendapatkan Uang Dari YouTube

Jadi, YouTube adsense adalah penghasilan yang bisa kamu dapatkan dengan menyediakan ruang bagi para pemasang iklan pada videomu. Sistem ini secara resmi disediakan oleh Google sebagai perusahaan induk Youtube.

Sumber : Elements Envato

Lalu berapa penghasilan yang bisa kamu dapatkan saat mengaktifkan fitur YouTube adsense? Jawabannya ialah tergantung, sebab akan terpengaruh dengan beragam faktor, seperti angka bid dari pengiklan, jenis konten yang tampil, durasi video, hingga lokasi geografi penonton video mu.

Untuk menghitung adsense YouTube yang kamu dapatkan, YouTube menawarkan metrik baru pada Juli 2020 lalu yaitu revenue per mille (RPM) atau pendapatan per seribu.

RPM mencakup penghasilan yang kamu dapatkan dari semua iklan terpasang pada video dan fitur tambahan seperti membership. Angka RPM sudah terpotong 45% dari hasil keseluruhan yang merupakan hak Google sebagai penyedia platform.

Sebelumnya, YouTube hanya menyediakan cara hitung cost per mille (CPM). Angka pendapatan CPM didapatkan dari semua hasil adsense YouTube dari saluran mu sebelum terpotong 45%.

Cara Mendapatkan Adsense YouTube

Terdapat beberapa langkah untuk nantinya kamu bisa memonetisasi video kamu di platform milik Google ini. Sebelumnya, pastikan kamu sudah memenuhi ketentuan dasar seperti memiliki total 4000 views dalam satu tahun terakhir dan 1000 subscribers.

Selain syarat angka di atas, lakukan verifikasi dua langkah pada akun Google milikmu. Dua langkah verifikasi ini berguna untuk meningkatkan keamanan pada akun mu dari para hacker.

Cara Melakukan 2-Step Verification

Berikut langkah untuk melakukan verifikasi dua langkah untuk akun Google sebelum mendaftarkan diri ke YPP dan mendapatkan YouTube adsense.

1. Langkah pertama, buka akun Google yang sudah kamu buat atau bisa langsung klik di sini
2. Terdapat beberapa panel navigasi, kamu pilih Security
3. Kemudian klik tulisan 2-Step Verification yang berada di bawah tombol Signing in to Google.
4. Selanjutnya pilih Get started dan ikuti panduan setiap langkah yang sudah tersedia

Sumber : Elements Envato

Cara Mendaftar YouTube Program Partner (YPP)

Setelah melakukan verifikasi dua langkah, kini saatnya mendaftar YPP. Berikut langkah mendaftar YPP agar bisa mendapatkan adsense YouTube.

1. Buka youtube.com dan login ke akun YouTube milikmu.
2. Klik foto profil akun mu, terletak di bagian kanan atas layar
3. Akan muncul beberapa menu, klik YouTube Studio Pada layar sebelah kiri, kamu akan melihat beberapa menu, klik pada tulisan Monetization lalu tunggu sebentar
4. Jika kamu belum memenuhi syarat jumlah views dan subscriber, sebaiknya klik Notify me when I’m eligible. Sehingga nantinya setelah saluran mu sudah memenuhi syarat, maka pihak Google akan mengirim surel agar kamu segera mengaktifkan monetisasi.
5. Sebaliknya, apabila jumlah views mu sudah di atas 4000 jam dan subscriber di atas 1000 akun, silahkan klik tombol Start setelah membaca Review Partner Program terms
6. Setelah itu, akan muncul tulisan Done berwarna hijau

Cara Menghubungkan Saluran Youtube ke Google Adsense

Setelah mendaftar ke YPP, langkahmu untuk mendapatkan adsense YouTube belum selesai. Kamu masih perlu untuk menghubungkan akun mu ke akun AdSense. Berikut langkah-langkah yang perlu kamu perhatikan.

1. Pada bagian Sign up for Google AdSense, silahkan klik Start. Jika kamu sudah memiliki akun Google AdSense, kamu bisa menggunakannya namun pastikan akun tersebut sudah terverifikasi atau disetujui oleh Google. Sebaliknya, apabila belum memiliki akunnya, kamu bisa membuat akun baru dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah tersedia di layar kamu saat ini.

2. Setelah menghubungkan akun YouTube mu dengan akun Google Adsense, maka akan muncul tulisan Done berwarna hijau

Setelah melakukan langkah-langkah di atas dengan benar, maka saat ini permintaanmu untuk memonetisasi atau mendapatkan adsense YouTube akan dipertimbangkan oleh pihak Google. Secara berkala kamu bisa mengecek status review dengan membuka bagian YouTube Studio.

Apabila sudah mendapat persetujuan untuk mendapatkan YouTube adsense biasanya terdapat beberapa pertanyaan umum dari pengguna. Seperti misalnya mengapa tetap tidak bisa menggunakan fitur tertentu?

Biasanya beberapa fitur tidak dapat aktif karena adanya kapasitas dukungan YouTube yang belum sampai ke Indonesia. Selengkapnya, kamu bisa klik di sini.

Tidak semua permintaan monetisasi YouTube adsense akan mendapat persetujuan. Beberapa hal bisa menjadi penyebab kamu tidak lolos peninjauan manual, seperti misalnya konten video yang tidak sesuai dengan kebutuhan pemasang iklan. Selengkapnya kamu bisa klik di sini.

Namun tenang saja, nantinya kamu masih bisa melakukan pendaftaran ulang setelah lewat dari 30 hari sambil melakukan perbaikan pada channel Youtube kamu.

Syarat dan Ketentuan untuk Dapat AdSense YouTube

Sebelum melakukan langkah administratif di atas, terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang perlu kamu perhatikan untuk bisa mendapatkan adsense Youtube. Penuhi syarat dan ketentuan ini sehingga pengajuan monetisasi mu berjalan dengan lancar.

1. Minimal 1000 Subscribers dan Total 4000 views Sebagai Syarat Dapat YouTube Adsense

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, saluran Youtube mu harus sudah memiliki syarat ini sebelum melakukan pendaftaran YPP. Perlu kamu pahami bahwa 4000 jam tersebut hanya merupakan akumulasi satu tahun kebelakang.

Jumlah views tersebut tidak termasuk views pada private video, video yang kamu hapus, kampanye iklan, video pada Youtube shorts, dan livestream yang tidak kamu konversikan ke video on demand (VOD).

2. Berada pada Wilayah Jangkauan YPP

Tidak semua negara sudah dapat terfasilitasi oleh YPP. Oleh karenanya, kamu harus berada di negara yang telah masuk daerah operasinya untuk mendapatkan Youtube adsense. Daftar lengkap negara atau wilayah tersebut dapat kamu klik di sini.

3. Mematuhi Aturan Komunitas

Terdapat banyak aturan yang telah Youtube tetapkan agar kamu bisa memonetisasi video mu. Salah satunya adalah pedoman komunitas.

Dalam pedoman itu dinyatakan bahwa untuk mendapatkan adsense Youtube kamu tidak boleh membuat video seperti penipuan, mengancam keselamatan anak, pelecehan, ujaran kebencian, dan konten seksual. Pedoman lebih lengkap bisa kamu klik di sini.

4. Ketentuan Khusus untuk Video Anak

Youtube secara khusus memberikan perhatian pada penonton yang di bawah umur, yaitu dengan menyediakan ruang khusus untuk video anak-anak. Namun ada syarat ketat agar bisa mendapatkan YouTube adsense dari video dengan penonton anak.

Sejak 2021, terdapat peraturan tertulis bahwa video-video ini harus memiliki kualitas tinggi. Beberapa standar kualitas tinggi ialah konten video yang mengembangkan rasa ingin tahu, meningkatkan kreativitas, serta konten yang mengajarkan anak mengenai permasalah dunia nyata.

5. Aktif Membuat Konten untuk Dapat YouTube AdSense

Apabila kamu sudah berhasil memonetisasi video mu, selamat! Namun perlu kamu perhatikan bahwa YouTube bisa kapan saja menonaktifkan monetisasi tersebut. Salah satu alasannya adalah karena kamu tidak lagi aktif mengunggah konten terbaru.

Dalam peraturannya, YouTube menetapkan bahwa kemungkinan pihaknya akan segera menonaktifkan monetisasi jika kamu tidak memiliki konten baru setidaknya selama enam bulan.

Baca Juga : Fantastis, Ternyata Segini Jumlah Penghasilan YouTuber

6. Membuat Konten yang Original

YouTube memberikan perhatian besar pada hak cipta. Video seperti memodifikasi lagu, konten berulang dan tidak memiliki nilai edukasi, slideshow gambar tanpa narasai, dan sebagainya yang mengarah ke duplikasi tidak akan dapat kamu monetisasi.

Siap Mendapatkan AdSense YouTube Sekarang Juga?

Demikian syarat dan ketentuan serta cara mendapatkan adsense YouTube dengan mudah. Sudah banyak content creator Indonesia yang membuktikkan bahwa mereka bisa mendapatkan uang yang banyak dari berkarya di platform ini.

Satu hal yang penting adalah ikuti semua pedoman yang telah YouTube tetapkan. Buatlah konten-konten berkualitas agar kamu memiliki penonton yang setia. Sesekali tanyakan ke subscribers konten seperti apa yang mereka inginkan.

adsense youtube
Sumber : Elements Envato

Apakah kamu sudah siap menjadi content creator terkenal di YouTube dan mendapatkan uang dari pekerjaan ini? Selamat berkarya dan mendapatkan adsense Youtube!

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!