• Home
  • Tips
  • Meraup Banyak Cuan dengan Bisnis Jual Beli Domain, Simak Tipsnya!

Meraup Banyak Cuan dengan Bisnis Jual Beli Domain, Simak Tipsnya!

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Jika kamu saat ini memikirkan peluang bisnis yang menjanjikan maka bisnis jual beli domain adalah jawabannya. Bahkan bisnis jual beli domain ini bisa dijadikan investasi loh DomaiNesians!

Mengingat angka pertumbuhan website dari tahun ke tahun yang terus meroket yang menyebabkan kebutuhan akan nama domain juga menjamur dimana-mana.

Banyak orang yang sudah memanfaatkan peluang bisnis jual beli domain ini karena memang sangat menjanjikan. Tenang, bukan berarti pemula yang ingin belajar tidak punya peluang lagi ya.

Pada pembahasan ini, DomaiNesia mengajak kamu untuk membahas keuntungan bisnis jual beli domain hingga tips yang bisa kamu terapkan. Penasaran? Langsung kita bahas bersama.

Apa Keuntungan Jual Beli Domain?

Domain adalah sebuah alamat yang digunakan untuk membuka halaman website. Banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan kehadiran website untuk melakukan digital marketing.

Maka dari itu, peluang untuk bisnis jual beli domain juga semakin lebar. Lalu apa keuntungan yang bisa didapat? 

1. Bisa dimulai dengan modal kecil

Siapa bilang modal awal dari jual beli domain ini besar? Kamu salah jika beranggapan seperti itu.

Bahkan kamu bisa bermodalkan mulai dari Rp 18.000 saja loh untuk memulai bisnis ini. Selain modal yang kecil, bisnis jual beli domain juga bisa dilakukan oleh siapapun dengan mudah.

Nah, domain apa sih yang bisa didapatkan dengan harga belasan ribu saja? Yapp, dia lah domain XYZ

Domain XYZ cocok untuk segala macam bisnis. Bahkan sekelas Google pun menggunakan domain XYZ sebagai ekstensi domain di anak perusahaannya.

2. Tingkat persaingan yang rendah

Bisnis jual beli domain ini masih terbilang sebagai pendatang baru terutama di Indonesia. Jadi belum banyak orang yang menekuni bidang ini.

Apabila kamu tertarik di bidang hosting dan domain, sebenarnya bisnis ini memiliki potensi pasar yang cukup menjanjikan dan persaingan yang belum terlalu ketat. 

Ditambah lagi sekarang ini yang serba digitalisasi. Pasti banyak yang membutuhkan domain sebagai nama website.

3. Fleksibilitas tinggi

Jika kamu memanfaatkan peluang bisnis ini maka kamu bisa melakukannya dimana saja dan kapan saja kan? Tentu dong! Karena hanya memerlukan laptop atau komputer serta jaringan internet yang memadai.

Maka dari itu bisnis ini memiliki fleksibilitas yang tinggi. Ingin sambil liburan? Juga bisa! Tetap menghasilkan cuan dengan bisnis jual beli domain.

4. Potensi meraup cuan tinggi

Dengan rendahnya tingkat persaingan namun permintaan akan kebutuhan domain yang tinggi maka potensi meraup keuntungan semakin terbuka lebar.

Potensi penghasilan dari bisnis jual beli domain ini sangat fantastis dengan kisaran angka Rp 14 juta – Rp 111 juta per tahun.

5. Harga domain yang semakin berkembang

Dengan modal ratusan ribu di awal, kamu bisa mendapatkan selama beberapa tahun kamu bisa mendapatkan untung dalam jutaan rupiah.

Alasannya karena semakin bertambahnya tahun, harga domain juga ikut bertambah.

Itu ibarat satu domain saja, bagaimana jika ada 2,5, atau bahkan 20 domain? Wow cukup menjanjikan ya jika harganya terus meroket!

5+ Tips untuk Melakukan Bisnis Jual Beli Domain 

Jika kita lihat, bisnis ini terlihat cukup mudah namun memiliki nilai keuntungan yang tinggi.

Namun tidak semudah itu, karena kamu harus mempelajari bagaimana tips untuk berjualan domain.

Agar bisnis berjalan lancar dan sesuai dengan ekspektasi maka kamu harus mencari tahu lebih jauh. Yuk kita bahas tipsnya!

1. Peka terhadap kebutuhan dan fokus 

Sebagai penjual domain, tips pertama yang harus kamu lakukan yaitu peka terhadap kebutuhan pasaran.

Selain peka, kamu juga harus fokus untuk menentukan target pasar yang akan kamu jaring. Di dunia ini ada banyak jenis website yang kita temui, tidak mungkin kan kamu akan menjaring semuanya?

Untuk itu, kamu harus fokus dalam peruntukan websitenya. Ada beberapa website yang sangat berpeluang dan bisa kamu jadikan fokus berbisnis. 

  • Toko online atau e-commerce
  • Website pribadi
  • Website resmi perusahaan
  • Website pemerintah dan instansi
  • Website berita
  • dsb

Penggunaan setiap nama domain itu berbeda-beda sesuai dengan jenis website yang digunakan. Sudah ada aturan dan kegunaan pada setiap ekstensi domainnya. Hal ini akan kita bahas berikutnya.

2. Pahami semua ekstensi domain

Sebelum menjual domain, kamu harus paham peruntukan untuk masing-masing ekstensi domain. Domain yang kamu temui sehari-hari mungkin berbeda-beda, ada yang .com, .sch.id, .co.id, hingga .xyz.

Sebenarnya ekstensi domain terdiri atas beberapa level. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa baca artikel Mengenal Level Domain.

3. Membuat nama domain yang menjual 

Dalam bisnis jual beli nama domain, hal utama yang menjadi kunci yaitu nama domain yang menjual.

Jadi kamu harus memikirkan mengapa calon pelanggan itu membutuhkan domain ini.

Sebelum membuat nama domain, memang kamu harus menentukan target pasar agar mudah untuk dijangkau. Ada beberapa strategi yang bisa kamu coba untuk membuat nama domain yang menjual.

Ciptakan nama domain baru

Menciptakan nama domain baru berarti kamu harus membeli domain yang belum pernah dipakai dan memiliki nama unik.

Dengan begitu, kamu harus melakukan berbagai riset mengenai domain apa yang belum terdaftar dan seperti apa kebutuhan pasar saat ini sebelum dibeli oleh orang lain.

Beli domain yang sudah ada

Bagaimana maksudnya membeli domain yang sudah ada? Jadi kamu bisa membeli domain yang sudah memiliki peringkat bagus pada mesin pencarian.

Biasanya domain ini sudah tidak digunakan lagi karena sudah kadaluarsa dan tidak diperpanjang.

Ciptakan domain baru dan bangun domain tersebut

Kamu juga bisa memilih strategi ini. Bagaimana caranya? Kamu bisa membeli nama domain sesuai hasil riset yang sudah kamu lakukan.

Kemudian membangun dari awal domain tersebut agar memiliki peringkat tertinggi di mesin pencari dengan memperhatikan optimasi SEO.

Lalu jika sudah mendapatkan peringkat, maka domain tersebut bisa kamu jual.

4. Memilih penyedia layanan domain yang berkualitas dan terpercaya

Memilih penyedia layanan domain cukup krusial juga. Alasannya karena nama domain itu hanyalah nama saja, namun penyedia layanan ini menjadi kunci kesuksesan bisnis kamu.

Maka dari itu cari penyedia layanan domain yang terpercaya dan berkualitas. Beli domain murah berkualitas di DomaiNesia kamu akan mendapatkan berbagai keuntungan seperti.

  • Menyediakan berbagai ekstensi domain mulai dari .com hingga .co.id yang bisa kamu pilih.
  • Tim support yang memberikan layanan 24/7.
  • Fitur domain yang sangat lengkap seperti DNS Management, Domain Forwarding, Privacy Protection dan lainnya. Tentu akan memudahkan kamu dalam mengelola domain.
  • Aktivasi domain instan kurang dari 10 menit.
  • Banyak promo yang ditawarkan setiap bulannya hanya untuk kamu

5. Pasang harga sewajarnya

Jika sudah mempertimbangkan semuanya maka tips selanjutnya untuk bisnis jual beli domain yaitu jangan memasang harga yang terlalu tinggi. Harga tinggi justru akan membuat calon pelanggan mu kabur dan memilih penjual yang lain.

6. Jual beli domain sudah bisa dilakukan

Nama domain dan berbagai kebutuhan yang lain sudah dibuat maka selanjutnya melakukan promosi dan pemasaran. Dimana saja kita bisa menjual dan menawarkan domain ini?

  • Menjual domain di marketplace khusus domain misalnya di SEDO.
  • Menawarkan dan menjualnya lewat website pribadi.
  • Mempromosikan pada sosial media pribadi.

Kamu bisa memilih cara mana yang sekiranya bisa kamu lakukan untuk memasarkan domain ini.

Sudah Siap Membangun Bisnis Jual Beli Domain?

Domain menjadi bagian penting dalam digitalisasi marketing karena banyaknya bisnis dan perusahaan yang membutuhkan website untuk memasarkan produknya.

Bisa kita simpulkan juga bahwa bisnis jual beli domain ini cukup menjanjikan untuk kedepannya. Bagaimana apakah kamu sudah paham tips bisnis jual beli domain ini? 

jual beli domain
Sumber : Elements Envato

Mulai dari fokus jenis website yang akan kamu targetkan, memahami setiap ekstensi domain yang tersedia, menciptakan nama domain yang menjual, memilih layanan domain berkualitas, dan memasarkan domain.

Tunggu apa lagi? Yuk mulai wujudkan impian menjadi pebisnis sukses dengan bisnis jual beli domain mulai dari saat ini!

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!