• Home
  • Tips
  • Apa Itu WordPress? Pengertian, Kelebihan dan Fungsinya!

Apa Itu WordPress? Pengertian, Kelebihan dan Fungsinya!

Oleh Ayoni Sulthon
4.83/5 (6)

“Apa itu WordPress?” Inilah pertanyaan yang membawa kamu sampai ke artikel ini, bukan? Singkatnya, WordPress adalah platform untuk membuat website, apapun jenisnya. Ini termasuk blog dan toko online.

Pengertian WordPress itu tentu masih membuat kamu penasaran. Soalnya, kamu pasti ingin tahu lebih tentang fungsi WordPress, sejarah, bahkan berbagai contoh website WordPress yang terkenal. Benar begitu?

Tenang. Itu semua memang yang akan kami bahas, kok. Jadi, kamu akan paham tentang apa yang dimaksud WordPress setelah selesai membaca artikel ini. Yuk, lanjut baca.

Apa Itu WordPress?

WordPress adalah sebuah platform Content Management System (CMS) yang akan membantu kamu membuat sebuah website tanpa ribet melakukan coding.

WordPress merupakan platform ramah pemula yang diciptakan oleh Matt Mullenweg dan Mike Little pada tahun 2004.

Sedari lama, mereka sudah berusaha agar makin banyak orang bisa memiliki website. Baik itu bentuknya website perusahaan, blog, website portfolio, toko online, website membership, sampai website berita.

wordpress adalah

Sudah tahu apa itu WordPress dari penjelasan singkat ini? Mari lanjut penjelasannya untuk tahu lebih jauh.

Yang menarik dari WordPress adalah sifat platformnya yang open source. Artinya, pengguna WordPress bisa menggunakannya dengan gratis. Inilah salah satu hal yang membuat WordPress adalah platform CMS yang paling banyak digunakan di dunia.

Tidak tanggung-tanggung, ada lebih dari 810 juta website menggunakan CMS ini. Itu artinya lebih dari 43% situs web di dunia dibangun dengan WordPress.

Itu sudut pandang pengguna secara umum. Yang tak kalah penting, karena open source, web developer juga suka dengan WordPress. Sebab, mereka bisa bebas mengembangkannya sesuai kebutuhan.

Artinya, makin lama WordPress juga akan menjadi platform yang lebih baik berkat kontribusi banyak orang yang melakukan pengembangan dari seluruh dunia.

Oh ya, kalau ingin bicara lebih teknis, WordPress adalah platform yang dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan mempercayakan pengelolaan database dengan MySQL.

Sejarah WordPress

  • 2003 — Lahirnya WordPress. Matt Mullenweg dan Mike Little merilis versi pertama WordPress. Mereka ingin membuat platform blog yang simpel berdasarkan pengembangan dari platform blogging b2/cafelog.
  • 2004 — Adanya Plugin dan Tema. Plugin dan tema menjadi bagian dari WordPress sehingga memungkinkan pengguna menambah fungsi WordPress dan menyesuaikan penampilan website WordPress menjadi lebih menarik.
  • 2005 — Versi 2.0 Membuat WordPress Makin Dikenal. WordPress melakukan perbaikan besar mulai dari manajemen pengguna yang lebih baik dan instalasi tema yang makin mudah. Jumlah pengguna WordPress juga melonjak.
  • 2007 — Lahirnya Automattic dan WordPress.com. Matt Mullenweg mendirikan Automattic, platform komersil untuk membuat website dengan WordPress. Ini mendorong makin banyaknya pengguna WordPress.
  • 2010 — Fitur Format Postingan. WordPress 3.0 memperkenalkan format, custom post, dan pengelolaan media yang lebih baik. Ini membuat WordPress cocok untuk berbagai jenis situs web, bukan cuma blog, tapi juga website toko online.
  • 2015 — Mobile Development dan REST API. WordPress mengutamakan kecocokan dengan perangkat mobile. Selain itu, WordPress merilis REST API, memudahkan integrasi dengan aplikasi pihak ketiga lain.
  • 2017 — Gutenberg Editor. Menandai dikenalnya block editor yang bersiap menggantikan classic editor di WordPress. Pembuatan konten diharapkan lebih mudah dan intuitif dengan fokus pada rich content, bukan cuma teks.
  • 2020 — Versi 5.6 dengan Gutenberg Lebih Baik. Gutenberg sebagai bagian WordPress fitur yang disukai tapi masih banyak bug. Maka dari itu versi 5.6 menjadi versi perbaikannya.
  • 2022 — Full Site Editing Dirilis. Tak berhenti di Gutenberg, WordPress memperkenalkan FSE. Penggunaan block editor diperluas bukan hanya untuk postingan, tapi semua bagian website.

Baca juga: Fitur LiteSpeed Cache Plugin Untuk Meningkatkan Performa Website WordPress

Fungsi WordPress

Inilah beberapa fungsi WordPress yang perlu kamu ketahui:

1. Membuat Blog

WordPress adalah sebuah platform yang awalnya memang dibuat untuk membangun blog. Ini merupakan fungsi WordPress yang paling terkenal menurut sejarah pembuatannya.

Blog merupakan salah satu jenis website yang umumnya digunakan untuk menulis berbagai pengalaman, cerita, dan informasi di berbagai topik. Salah satu ciri utama blog adalah adanya interaksi antara penulis dengan pengunjung menggunakan kolom komentar.

Nah, WordPress adalah contoh platform blog yang masih mempertahankan adanya kolom komentar secara default. Ini tidak akan ditemukan di platform lain seperti Ghost.

2. Membuat Toko Online

WordPress sudah jauh lebih maju dibanding saat pertama kali dibuat. WordPress adalah platform yang sudah punya berbagai fungsi lain. Salah satunya, membangun toko online.

Fungsi WordPress ini bisa berjalan berkat dukungan sebuah plugin bernama WooCommerce. Dengan WooCommerce, kamu bisa jualan berbagai produk, mengelola inventaris, dan menerima pembayaran langsung di website.

Karena menjadi bagian dari Automattic yang mengembangkan WordPress.com komersial, secara umum, integrasi WordPress dan WooCommerce sangat mudah. Inilah yang membuat WordPress cocok digunakan oleh pemula sekalipun seperti pada panduan Instalasi WooCommerce di WordPress.

3. Membangun Portofolio Online

Bukan cuma bagi brand atau bisnis, fungsi WordPress adalah membantu para kreatif dan profesional untuk menunjukkan hasil karya profesional mereka melalui sebuah portofolio online.

CMS WordPress adalah platform yang punya banyak tema dan plugin. Ini memungkinkan profesional dari berbagai bidang membuat website portofolio sesuai dengan kebutuhan mereka. Contohnya adalah fotografer, desainer grafis, developer, penulis, dan lainnya.

Portofolio online memudahkan profesional untuk memperlihatkan kemampuan kepada calon klien atau perusahaan. Ada banyak inspirasi website portofolio yang dapat dijadikan contoh.

4. Membangun Website Forum

Pernah dengar website seperti Kaskus atau Reddit? Nah, itulah yang disebut sebagai website forum. Intinya, website ini menyediakan ruang diskusi online buat semua orang.

Nah, fungsi WordPress adalah juga buat membangun website forum. Gampang kok, kamu tinggal pakai plugin seperti bbPress. Tanpa ribet coding, kamu bisa membuat sebuah website dengan sistem pendaftaran pengguna, membuka thread, dan memfasilitasi diskusi publik.

5. Membuat Website Membership

Lebih jauh, fungsi WordPress adalah buat membangun website profesional yang punya sistem berlangganan. Website ini sering disebut website membership. Jadi, cuma orang yang mendaftar saja yang bisa akses segala konten yang ada di website itu.

Intinya, website WordPress kamu akan memiliki gateway yang akan mengatur akses pada konten reguler dan konten eksklusif. Jadi, pada saat akses website setiap orang akan mendapati halaman login.

6. Membangun Sistem Pembelajaran (LMS)

WordPress adalah platform untuk berbagai kebutuhan website. Nah, fungsi WordPress berikutnya itu termasuk membangun sebuah sistem LMS atau pembelajaran.

Yang perlu kamu lakukan hanyalah memasang plugin LMS seperti LearnDash atau LifterLMS. Nantinya, kamu bisa membuat dan bahkan menjual kursus online. Isinya bisa berbagai media seperti video elearning, kuis, dan tugas.

Dengan CMS WordPress adalah hal mudah untuk melakukan manajemen pendaftaran siswa, penerbitan sertifikat, dan lainnya.

7. Membangun Website Lowongan Kerja

Kamu kepikiran untuk membuat website lowongan kerja? Baik itu website sederhana atau bagian dari sistem rekrutmen kantor? Nah, WordPress adalah platform serbaguna yang juga dapat dipakai membuat website lowongan kerja.

Cukup dengan plugin job listing yang terhubung dengan email, kamu bisa membuat website job listing sendiri. Awalnya, bisa sekadar berbagi info. Lalu, bisa berlanjut sampai proses menghubungkan pekerja dan brand.

8. Membangun Website Wiki

Terakhir, fungsi WordPress adalah membantu membangun sebuah knowledge base yang bisa diakses online. Peruntukannya bisa internal atau untuk komunitas online bahkan juga umum.

Intinya, di website WordPress itu, kamu akan mengumpulkan dokumen, FAQ, tutorial, dan informasi lain dalam sebuah repository. Dengan begitu, pengguna nantinya bisa mengakses website untuk mendapatkan dokumen yang diinginkan.

CMS WordPress adalah platform yang memungkinkan pembuatan website wiki dengan cepat menggunakan plugin seperti EasyDocs atau Knowledge Base.

Beli Hosting Murah

Kelebihan WordPress

Dengan tahu berbagai fungsi WordPress di atas, pasti kamu bisa menebak berbagai kelebihan WordPress. Apa saja, ya?

1. Cocok untuk Pemula

Kelebihan WordPress adalah mudah digunakan, termasuk buat pemula. Ini semua karena CMS WordPress adalah platform yang memang difokuskan ke kesederhanaan penggunaan dan sistem manajemennya.

Itulah kenapa orang yang tidak punya pengalaman coding pun bisa dengan gampang membuat, mengatur, dan mengupdate website WordPress mereka.

Yang paling terlihat tentu saja dari penggunaan editor visual Gutenberg dan Full Site Editing sebagai fitur unggulan. Proses utak-atik website jadi lebih intuitif dan tidak menuntut jago teknis sekali.

2. Dashboard yang Intuitif

Dashboard WordPress dibuat dengan memikirkan pengguna pas memakainya. Makanya, WordPress adalah platform yang punya tampilan gampang dipahami. Tak heran, pas kamu sedang cari menu pengaturan tertentu itu sederhana. Mulai dari update, manajemen pengguna, tema, plugin, dan lain-lain.

Oh ya, itu termasuk juga pas masuk ke fungsi menulis di blog, menambah halaman baru, atau bahkan mengubah desain website. Desain yang efisien ini membantu sekali buat mereka yang baru belajar mengelola website.

3. Gratis dan Open Source

WordPress adalah salah satu software open source. Maksudnya, CMS WordPress adalah sebuah aplikasi yang dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan didistribusikan lagi secara bebas.

Dengan kelebihan ini, apa itu WordPress bagi pengguna secara umum? Mereka bisa menikmati platform yang terus berkembang karena banyak yang kerja keras buat meningkatkan performa dan fungsi platform itu.

Selain itu, WordPress juga bisa dipakai gratis. Jadi, akan lebih banyak orang yang akan mencoba menggunakannya sebelum melakukan perubahan untuk mendapatkan fitur khusus yang mereka butuhkan.

4. Beragam Tema dan Plugin

Salah satu kelebihan WordPress yang membuatnya lebih unggul dari platform CMS lain adalah banyaknya tema dan plugin yang tersedia. Kamu bisa memilih tema dan plugin yang gratis atau berbayar, baik dari WordPress sendiri atau dari pihak ketiga.

wordpress adalah

Semua itu bisa kamu akses langsung dari dashboard utama mereka pada halaman repositori yang punya hingga 11.840 tema dan 59.642 plugin. Itulah kenapa banyak jenis website yang bisa dibangun dengan WordPress seperti yang disebutkan pada fungsi WordPress di atas

5. Ramah SEO

Kelebihan WordPress adalah punya fitur yang sejak awal yang dirancang untuk meningkatkan SEO website. Yang paling terlihat adalah pengaturan permalink yang membuat struktur URL website menjadi lebih ramah Search Engine robot.

Kalau itu masih kurang, kamu bisa pasang beberapa plugin SEO tambahan seperti Yoast dan RankMath. Dengan plugin ini, kamu bisa mengatur berbagai optimasi on Page SEO seperti penggunaan kata kunci, menentukan meta title dan meta description, dan lainnya.

6. Adanya Update Rutin

Saat menggunakan CMS, satu hal yang harus diperhatikan yaitu update-nya. Kalau platform itu jarang dapat update, akan rentan kena serangan keamanan. Lebih jauh, bisa tidak punya fitur baru sesuai perkembangan teknologi.

Untungnya, salah satu kelebihan WordPress adalah seringnya memberikan update rutin. Baik itu berupa update keamanan atau penambahan fitur baru. Yang terakhir adalah adanya update fitur FSE atau Full Site Editing yang membuat pengelolaan halaman website menjadi lebih intuitif.

7. Mendukung Berbagai Bahasa

Kalau kamu cuma mau pengunjung dari Indonesia saja, WordPress adalah platform yang sudah mumpuni. Tapi, kalau kamu juga mau dapat pengunjung dari luar negeri, tidak perlu ganti platform, kok.

Kelebihan WordPress adalah dukungan pada fitur multi bahasa. Dukungannya tidak hanya terbatas pada penggunaan bahasa di dashboard, tapi juga di bagian utama website. Bahkan, dengan bantuan plugin seperti WPML dan Polylang, kamu bisa dengan mudah membangun website dengan beberapa bahasa sekaligus.

8. Mendukung E-commerce

Kalau kamu pakai platform blog seperti Ghost, kamu harus siap buat kehilangan fitur e-commerce secara default. Jadi, jika kamu mau membuat website ecommerce, kamu harus melakukan beberapa pengaturan yang sedikit rumit.

Kelebihan WordPress adalah dukungan penuh fitur e-commerce melalui plugin WooCommerce, memungkinkan pengelolaan toko online kamu lebih mudah.

Bahkan, kamu bisa leluasa mengatur daftar produk, keranjang belanja, dan proses pembayaran yang aman. Kamu juga bisa melakukan integrasi dengan fitur e-commerce lainnya seperti pelacakan pengiriman produk.

9. Dukungan Komunitas yang Luas

Karena ada sekitar 800 juta pengguna, jadi tidak heran kalau WordPress adalah platform yang punya komunitas yang solid dan saling mendukung. Jadi, kalau kamu pakai WordPress, pasti lebih gampang meminta bantuan kalau ada masalah.

Bukan cuma lewat forum atau blog yang menawarkan panduan, ada banyak pakar WordPress yang bekerja secara profesional untuk membantu pengguna memaksimalkan penggunaan WordPress.

WordPress seperti produk yang memiliki customer service yang siap membantu kamu selama 24 jam di berbagai lokasi. Mereka siap membantu kamu untuk memaksimalkan penggunaan CMS WordPress.

Baca juga: Manfaat QUIC Cloud Pada Website WordPress & Perbedaannya Dengan CloudFlare

Kekurangan WordPress

Tentunya, tak ada gading yang tak retak, ya? Meskipun memiliki banyak kelebihan, ternyata ada juga kekurangan WordPress yang harus kamu perhatikan, antara lain:

1. Rentan Dapat Serangan

WordPress adalah platform yang aman. Tapi, popularitasnya menyebabkan CMS WordPress adalah target utama hacker untuk serangan cyber crime, baik untuk main-main atau keuntungan finansial.

Walaupun WordPress selalu melakukan update keamanan, masih ada saja pengguna yang kebobolan. Kadang ini terjadi karena mereka tidak rajin update ke versi terbaru. Atau, bisa juga karena mereka pakai plugin dan tema yang tidak aman.

2. Pengelolaan Manual

Kecuali kamu menggunakan WordPress.com, kamu harus mengatur sendiri website kamu. Ini berarti kamu harus melakukan instalasi, update, dan pengecekan keamanan secara manual dan berkala.

Meskipun WordPress memudahkan semua pekerjaanmu, tetap harus hati-hati ya. Jangan sampai terjadi kesalahan yang membuat website kamu tidak bisa dibuka.

Kamu beruntung kalau memilih penyedia hosting Indonesia yang membuat semua itu jadi mudah. Misalnya dengan instalasi WordPress sekali klik, fitur update otomatis, dan jaminan keamanan.

3. Ketergantungan Plugin

WordPress adalah sebuah platform yang bisa langsung digunakan untuk membuat website yang bagus. Tapi, ada beberapa fitur khusus yang membutuhkan plugin yang harus kamu pasang.

Sayangnya, pada beberapa penggunaan umum, hampir tidak mungkin membuat website tanpa plugin. Tapi masalahnya, kalau terlalu banyak plugin, kinerja WordPress juga akan kurang optimal.

Inilah salah satu kekurangan WordPress yang masih jadi catatan bagi pemilik website baru yang ingin menggunakan platform CMS ini.

4. Banyak Kustomisasi Bisa Membingungkan

Kalau bicara apa itu WordPress, yang paling diingat adalah gampangnya mengatur website jadi sesuai yang kamu mau. Mulai dari tampilannya sampai fungsinya.

Nah, pada suatu titik, kelebihan WordPress ini malah menjadi kekurangannya. Karena ada begitu banyak opsi kustomisasi, pengguna pemula jadi bingung harus mulai dari mana.

Selain itu, dengan adanya beberapa pengaturan khusus yang membutuhkan pengetahuan coding untuk HTML, CSS, dan JavaScript, ada risiko bahwa kesalahan dalam pengaturan dapat membuat website tidak dapat diakses.

Jadi, intinya, kalau cuma buat pemakaian dasar, belas itu oke banget. Tapi kalo mau ngurusin yang lebih kompleks, harus belajar dulu ahli codingnya.

Perbedaan WordPress.org dan WordPress.com

Salah satu bagian dari penjelasan tentang apa itu WordPress adalah adanya dua versi yaitu WordPress.com dan WordPress.org.

WordPress.org

Inilah yang merupakan ciri WordPress.org yang perlu kamu tahu:

  • Bersifat manual. Memang, kamu punya kendali penuh atas website itu. Tapi, kamu juga harus mengelola keamanan dan performa website itu sendiri.
  • Harus beli domain dan hosting sendiri. WordPress adalah platform CMS saja yang tidak bisa berjalan tanpa adanya hosting sebagai penyimpanan file website. Selain itu, kamu perlu punya domain sebagai alamat website dan nama brand online kamu.
  • Pilihan kustomisasi lebih baik. Kamu bisa atur sendiri tema, plugin dan berbagai modifikasi sistem di website kamu biar sesuai keinginan.
  • Fleksibel untuk urusan monetisasi. Kamu bisa dapat uang dari iklan di blog kamu, membangun website membership untuk dapat uang langganan dari anggota, sampai jenis monetisasi seperti afiliasi dan jualan produk lewat toko online.
  • Tanpa batasan instalasi plugin. Dari awal, kamu bebas install plugin yang kamu inginkan, mulai dari plugin keamanan, SEO, kecepatan sampai plugin media sosial.
  • Banyak tema gratis. Kamu bisa langsung ambil dan pakai tema favorit dari dashboard. Bukan cuman itu, kamu bebas pilih tema premium kamu sendiri sesuai brand kamu.
  • Cocok untuk pemula dan mahir. Siapapun yang ingin punya kendali penuh atas website mereka, mulai dari pemula sampai yang sudah mahir untuk jenis website berupa blog, toko online dan portofolio online bisa pakai WordPress.org.

WordPress.com

Sementara itu, WordPress.com dikenal dengan beberapa karakteristik berikut ini.

  • Bersifat managed. Maksudnya, pihak WordPress.com yang mengelolanya buat kamu. Itu termasuk update, pemeliharaan kinerja, dan keamanan.
  • Terbatas subdomain WordPress.com. Bagi pengguna gratis kamu harus pakai subdomain, tidak seperti WordPress.org. Jadi, kalau kamu mau pakai domain khusus seperti namamu.com, harus pindah ke layanan berbayar mereka untuk pakai custom domain WordPress.com.
  • Cocok untuk pemula. Kalau kamu baru mulai jadi blogger atau mau belajar membuat website, bisa coba pakai WordPress.com. Tapi, kalau mau buat website toko online atau website membership yang banyak pengunjungnya, harus bayar lebih buat pakai layanan premium mereka.
  • Kustomisasi terbatas. Jika tidak menggunakan layanan premium WordPress.com, perubahan pada website sangat terbatas. Kamu tidak bisa mengakses inti WordPress untuk melakukan modifikasi dan ada keterbatasan pada tema dan plugin yang tersedia dalam paket gratis atau starter.
  • Monetisasi terbatas. Kamu bisa menghasilkan uang melalui iklan dengan WordPress.com, tetapi hanya tersedia bagi pengguna premium mereka. Namun, kamu tidak bisa menggunakan Google Adsense yang umum karena mereka memiliki layanan iklan sendiri bernama Adword.

Contoh Website WordPress Terkenal

Sudah yakin kalau WordPress adalah platform CMS yang mau kamu pakai buat website kamu? Tapi, masih butuh contoh website WordPress yang menginspirasi? Kami punya beberapa contohnya:

1. The New Yorker

wordpress adalah

Pertama, contoh website WordPress adalah The New Yorker. Ini majalah yang terkenal di dunia yang berisi berbagai berita, komentar, kritik, esai, cerita fiksi, dan lainnya.

Sudah lama kok media berita ini menggunakan WordPress sebagai platform untuk websitenya. Dan dengan berbagai kustomisasi yang dilakukan, tampilannya jadi terlihat keren dan beda dari yang lain.

2. Sony Music

wordpress adalah

Bicara apa itu WordPress sebagai platform website besar, tidak mungkin lupa sama Sony Music, ya. Bahkan website yang jadi homepage dari banyak artis musik global ini selalu jadi bagian dari WordPress Showcases selama beberapa tahun.

Jadi, website Sony Music ini salah satu contoh website WordPress yang diakui sama komunitas WordPress di seluruh dunia. Bagi mereka, website ini punya tampilan dan fungsi yang keren.

3. TechCrunch

wordpress adalah

Buat kamu yang penasaran tentang teknologi, termasuk apa itu WordPress, coba saja mampir ke TechCrunch. Ini merupakan salah satu contoh website WordPress yang bisa layak jadi referensi.

Media online dari Amerika punya banyak artikel dan berita terkini yang bisa menambah pengetahuan kamu tentang perkembangan teknologi terbaru di seluruh dunia. Mereka itu pakai bahasa yang santai tapi tetap mudah dipahami, lho.

4. Bloomberg Professional

wordpress adalah

Inilah contoh website WordPress yang menunjukkan kalau platform CMS ini bukan cuma dipakai buat membangun blog. Bloomberg Professional merupakan layanan yang menyediakan berbagai software keuangan, layanan data, dan berita kepada para profesional keuangan.

Coba kamu lihat website WordPress mereka, keren bukan? Desainnya profesional dengan kombinasi warna hitam yang estetis. Bisa jadi inspirasi buat bisnis yang mau membangun website perusahaan, lho.

5. The Walt Disney Company

wordpress adalah

Terakhir, contoh website WordPress adalah dari The Walt Disney Company. Tak perlu lagi bahas tentang brand ini, kan? Soalnya, pasti kamu sudah tahu kiprah mereka di dunia hiburan.

Mengapa website Walt Disney bisa jadi inspirasi dan masuk ke dalam WordPress Showcase selama beberapa tahun ini? Karena di sana, berbagai fitur dasar dan tambahan dari sebuah website bisa diatur dengan rapi tanpa mengabaikan tampilan yang menarik.

Ingin Buat Website WordPress dengan Mudah?

Dengan penjelasan yang cukup lengkap di atas tentu kamu sudah tahu apa itu WordPress bukan? Singkatnya, WordPress adalah salah satu platform untuk membangun berbagai jenis website yang dapat digunakan oleh siapa pun, termasuk pemula.

CMS WordPress adalah platform yang sangat populer di seluruh dunia, digunakan oleh lebih dari 43% pengguna website. Banyak orang menyukai WordPress karena ada banyak kelebihan WordPress yang membuat mereka tetap setia menggunakannya.

Makin tertarik buat membangun website dengan kegunaan WordPress yang sudah dijelaskan tadi? Gampang, kok. Kamu bisa mulai dengan pilih nama domain yang sesuai dengan identitas online yang kamu mau. Lalu, langganan hosting WordPress yang cocok buat kebutuhan website kamu.

Jadi, tunggu apalagi? Segera wujudkan website WordPress kamu sekarang. 

Ayoni Sulthon

SEO Strategist DomaiNesia, ask me all about SEO and Digital Marketing.


M. Septa Dwi Miarsa
October 31, 2019

Terimakasih atas bantuannya

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds