• Home
  • Berita
  • Manfaat QUIC Cloud Pada Website WordPress & Perbedaannya Dengan CloudFlare

Manfaat QUIC Cloud Pada Website WordPress & Perbedaannya Dengan CloudFlare

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

QUIC.cloud meningkatkan kecepatan akses situs web kamu dengan cara yang sangat efektif. Salah satu caranya adalah dengan menempatkan server di berbagai lokasi strategis di seluruh dunia. Server-server ini berfungsi sebagai titik distribusi yang lebih dekat dengan pengunjung situs kamu, sehingga mengurangi jarak fisik yang harus ditempuh data untuk mencapai pengguna. Apa manfaatnya pada website WordPress? Simak di artikel berikut ya DomaiNesians!

Pengertian Quic Cloud

QUIC.cloud CDN adalah layanan jaringan pengiriman konten yang diluncurkan secara resmi dari versi beta pada tahun 2021. Layanan ini secara khusus dirancang untuk pemilik situs web WordPress.

QUIC.cloud memiliki server CDN yang tersebar di berbagai lokasi di seluruh dunia. Salah satu fitur utamanya adalah dukungan penuh terhadap HTTP/3 menggunakan protokol QUIC.

Bagi pengguna jaringan pengiriman konten ini, manfaat terbesar dapat dirasakan ketika digunakan bersama dengan Server LiteSpeed. Agar dapat terhubung dan disinkronkan secara otomatis dengan QUIC CDN, pengguna harus menggunakan plugin WordPress khusus yang mereka sediakan. 

quic

Layanan ini juga menyediakan panel kontrol yang memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai pengaturan, seperti mengkonfigurasi server asal, mengelola data DNS, dan mengaktifkan optimasi gambar.

QUIC Cloud adalah  layanan yang memanfaatkan cache LiteSpeed untuk menyajikan halaman HTML statis dan dinamis kepada pengunjung melalui plugin cache mereka.

Selain itu, QUIC Cloudmenawarkan alokasi lalu lintas bulanan gratis yang adil serta perlindungan terhadap serangan brute force, meskipun ini tidak sama dengan perlindungan terhadap serangan DDoS.

Kelebihan Quic Cloud

Berikut ini beberapa kelebihan dari penggunaan QUIC.cloud untuk website kamu:

Mempercepat Akses Situs Web Secara Global

QUIC.cloud meningkatkan kecepatan akses situs web kamu dengan cara yang sangat efektif. Salah satu caranya adalah dengan menempatkan server di berbagai lokasi strategis di seluruh dunia.

Server-server ini berfungsi sebagai titik distribusi yang lebih dekat dengan pengunjung situs kamu, sehingga mengurangi jarak fisik yang harus ditempuh data untuk mencapai pengguna.

Adanya distribusi server yang luas, QUIC.cloud memastikan bahwa permintaan data dari pengunjung dapat dipenuhi dengan cepat, di manapun mereka berada.

QUIC.cloud juga memiliki kemampuan untuk menyimpan konten dinamis, bukan hanya konten statis. Hal ini berarti elemen-elemen situs web yang sering berubah, seperti halaman produk, posting blog terbaru, atau komentar pengguna, juga dapat di-cache dan diakses lebih cepat.

Melalui caching konten dinamis, lebih banyak elemen situs kamu yang dapat dimuat dari server terdekat, mengurangi waktu tunggu (latensi) secara signifikan.

Pengurangan latensi ini sangat penting karena langsung mempengaruhi kecepatan muat halaman. Semakin cepat halaman situs web kamu dimuat, semakin baik pengalaman pengguna.

Pengguna tidak perlu menunggu lama untuk melihat konten yang mereka inginkan, yang dapat mengurangi tingkat bounce rate (pengunjung yang meninggalkan situs setelah melihat satu halaman) dan meningkatkan waktu yang dihabiskan di situs kamu.

Selain itu, kecepatan muat halaman yang lebih tinggi juga berkontribusi pada SEO (Search Engine Optimization). Mesin pencari seperti Google mempertimbangkan kecepatan situs sebagai salah satu faktor dalam menentukan peringkat situs web di hasil pencarian.

Kompatibel dengan Berbagai Macam Web Server

CDN ini dirancang untuk berfungsi dengan berbagai jenis web server, seperti OpenLiteSpeed, Nginx, Apache, dan lainnya.

Kompatibilitas ini memberikan fleksibilitas yang luar biasa bagi pemilik situs web dan pengembang, memungkinkan mereka untuk mengintegrasikan QUIC.cloud ke dalam infrastruktur server yang sudah ada tanpa perlu melakukan perubahan besar atau penyesuaian yang rumit.

Keberagaman dukungan ini berarti bahwa terlepas dari jenis server yang kamu gunakan, kamu dapat dengan mudah memanfaatkan teknologi CDN (Content Delivery Network) dari QUIC.cloud untuk meningkatkan kinerja situs web kamu.

Fleksibilitas ini sangat penting dalam dunia web yang dinamis, di mana kebutuhan dan teknologi terus berkembang. Misalnya, jika kamu memiliki situs web yang di-hosting di server Apache, kamu tidak perlu khawatir tentang kompatibilitas saat ingin beralih ke QUIC.cloud.

Begitu juga jika kamu menggunakan Nginx atau OpenLiteSpeed. Proses integrasi yang mulus ini menghemat waktu dan tenaga, sehingga tim teknis kamu bisa lebih fokus pada peningkatan dan pengembangan fitur situs web daripada mengatasi masalah kompatibilitas.

Selain itu, kompatibilitas dengan berbagai web server memungkinkan kamu untuk mengadopsi teknologi terbaik yang tersedia tanpa terkendala oleh platform tertentu. kamu dapat memilih server yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu dan tetap mendapatkan manfaat dari kecepatan dan keamanan yang ditawarkan oleh CDN ini.

Hal ini memberikan kebebasan dan fleksibilitas untuk menyesuaikan dan mengoptimalkan infrastruktur teknis situs web kamu seiring dengan pertumbuhan dan perubahan kebutuhan bisnis.

Perlindungan dari Serangan DDoS 

Keamanan situs web adalah prioritas utama dalam era digital saat ini, dan QUIC.cloud menawarkan perlindungan ekstra melalui fitur Anti-DDoS yang canggih.

Serangan Distributed Denial of Service (DDoS) adalah salah satu ancaman terbesar yang dihadapi oleh situs web, di mana penyerang berusaha untuk membuat situs tidak dapat diakses dengan membanjiri server dengan lalu lintas yang sangat tinggi.

Adanya CDN ini , memungkinkan kamu untuk mendapatkan perlindungan yang proaktif terhadap serangan semacam ini. Salah satu fitur utama adalah integrasi dengan RECAPTCHA, yang dapat diaktifkan langsung dari panel kontrol QUIC.cloud. Saat fitur ini diaktifkan, sistem dapat mendeteksi lalu lintas masuk yang mencurigakan dan tinggi.

Pengguna yang mencoba mengakses situs selama lonjakan lalu lintas ini akan diminta untuk menyelesaikan tantangan RECAPTCHA, memastikan bahwa mereka adalah manusia dan bukan bot otomatis yang mencoba melumpuhkan situs kamu.

Hal ini memberikan lapisan perlindungan yang efektif terhadap serangan Layer 7, yang merupakan serangan yang berfokus pada aplikasi web itu sendiri.

Selain perlindungan dari RECAPTCHA, CDN ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan lainnya yang beroperasi di belakang layar. Misalnya, sistem secara otomatis memblokir IP yang memiliki reputasi buruk atau yang terdeteksi melakukan aktivitas mencurigakan.

Hal ini termasuk upaya untuk mencegah serangan brute force pada platform WordPress, di mana penyerang mencoba berbagai kombinasi kata sandi untuk mendapatkan akses ke situs.

sumber : envato

Melalui pemblokiran IP semacam itu, QUIC.cloud membantu menjaga integritas dan keamanan situs web kamu. Fitur-fitur ini bekerja secara harmonis untuk menyediakan perlindungan berlapis yang tidak hanya menjaga situs tetap online selama serangan DDoS tetapi juga memastikan bahwa situs terlindungi dari berbagai ancaman keamanan lainnya. 

Optimasi Konten Website

QUIC.cloud tidak hanya berfungsi sebagai layanan CDN yang kuat tetapi juga menyediakan berbagai alat untuk optimasi konten website, yang secara signifikan dapat meningkatkan kecepatan dan kinerja situs kamu.

Salah satu fitur utama yang ditawarkan adalah optimasi gambar. Mengingat bahwa gambar seringkali merupakan elemen terbesar yang perlu dimuat di halaman web, optimasi gambar menjadi sangat penting.

Adanya QUIC.cloud, memungkinkan gambar-gambar di situs kamu dapat dikompresi dan diubah ukurannya secara otomatis tanpa mengorbankan kualitas visualnya.

Hal ini memungkinkan halaman web untuk memuat lebih cepat, yang pada gilirannya meningkatkan pengalaman pengguna dan mengurangi tingkat bounce rate.

Selain optimasi gambar, QUIC.cloud juga menawarkan CSS Optimization. CSS (Cascading Style Sheets) adalah komponen penting dalam menentukan tampilan dan nuansa situs web.

Namun, file CSS yang besar dan kompleks dapat memperlambat waktu muat halaman. QUIC.cloud melakukan minifikasi dan penggabungan file CSS, mengurangi ukuran file dan jumlah permintaan HTTP yang diperlukan untuk memuat halaman.

Melalui CSS Optimization, elemen-elemen desain situs web kamu dapat dimuat lebih cepat dan efisien, memberikan tampilan yang mulus dan responsif kepada pengunjung.

Fitur Low Quality Image Placeholder (LQIP) juga merupakan bagian dari optimasi konten yang ditawarkan oleh QUIC.cloud. LQIP adalah teknik di mana gambar berkualitas rendah dimuat terlebih dahulu sebagai placeholder sementara gambar berkualitas tinggi sedang dimuat di latar belakang.

Hal ini memberikan ilusi bahwa halaman web dimuat lebih cepat karena pengguna melihat konten visual dengan segera, meskipun dalam kualitas yang lebih rendah pada awalnya. Setelah gambar berkualitas tinggi selesai dimuat, mereka menggantikan placeholder tanpa mengganggu pengalaman pengguna.

Manfaat CDN Pada Website WordPress

Berikut ini beberapa manfaat QUIC Cloud apabila digunakan untuk website WordPress, meliputi :

Kecepatan Akses

Kebanyakan CDN hanya menangani konten statis seperti gambar, file CSS, dan kode JavaScript. Namun, QUIC.cloud berbeda karena mampu menyimpan semua jenis konten dalam cache, termasuk halaman HTML yang dibuat secara dinamis.

Adanya integrasi yang mulus antara QUIC.cloud dan plugin LiteSpeed Cache, memungkinkan cache dinamis di situs WordPress kamu tetap akurat dan up-to-date.

Beli WordPress Hosting

QUIC.cloud menyimpan cache dari seluruh situs WordPress kamu, sehingga konten bisa langsung disajikan saat diminta oleh pengunjung.

Berbeda dengan CDN lain yang masih harus mengambil permintaan dinamis dari server situs sebelum mengirimkan konten ke pengguna, QUIC.cloud mengurangi waktu tunggu pertama (Time to First Byte atau TTFB) dengan menghindari permintaan tambahan ke server.

Kemampuan untuk melakukan cache seluruh situs WordPress secara global ini membawa Jaringan Pengiriman Konten ke tingkat yang lebih tinggi, meningkatkan metrik seperti First Contentful Paint (FCP) dan Largest Contentful Paint (LCP) situs kamu.

sumber : envato

Perlindungan Total

Situs WordPress rentan terhadap berbagai jenis serangan, namun CDN ini menawarkan keamanan tingkat CDN yang mampu menghentikan penyerang sebelum mereka bisa menguras sumber daya server kamu.

CDN ini melindungi situs kamu dari serangan brute force dan menyediakan berbagai fitur keamanan canggih seperti reCAPTCHA, perlindungan serangan DDoS, dan lainnya. Sehingga, CDN ini memastikan bahwa situs kamu tetap aman dari berbagai ancaman yang terus berkembang.

Pelayanan online

CDN ini  mempercepat situs web kamu melalui dua cara utama: pertama, CDN meminimalkan jarak yang harus ditempuh oleh konten untuk mencapai pengguna, dan kedua, Layanan Online mengurangi volume konten yang perlu dikirimkan.

Misalnya, Layanan Online CDN ini mengoptimalkan gambar dan konten lain di situs kamu, sehingga file yang lebih kecil dapat dikirimkan lebih cepat dibandingkan file besar.

Layanan ini tidak hanya membantu meningkatkan kecepatan situs secara keseluruhan tetapi juga memperbaiki metrik Data Web Inti seperti FCP, LCP, dan Pergeseran Tata Letak Kumulatif (CLS).

Optimasi gambar

CDN ini menyediakan layanan untuk mengecilkan ukuran gambar dan menyajikannya lebih cepat tanpa biaya tambahan. Layanan ini menggunakan berbagai metode optimasi, termasuk pilihan untuk menghasilkan gambar dalam format WebP. Proses optimasi ini bekerja di latar belakang, membantu mempercepat waktu muat halaman (LCP dan FCP) dengan signifikan.

Optimasi Halaman

QUIC.cloud juga menawarkan layanan untuk mengoptimalkan gaya CSS dan efisiensi pemuatan halaman, membuat situs kamu lebih cepat dan meningkatkan skor kecepatan halaman. Layanan Pengoptimalan Halaman mencakup beberapa fitur penting seperti:

  • CSS Kritis (CCSS): Memuat konten bagian atas halaman dengan lebih cepat menggunakan gaya CSS minimal yang dibutuhkan.
  • CSS Unik (UCSS): Menghapus definisi gaya yang tidak digunakan untuk mempercepat waktu muat halaman.
  • Gambar Area Pandang (VPI): Secara otomatis mengecualikan gambar bagian atas halaman dari pemuatan lambat, memastikan elemen penting tampil lebih cepat bagi pengguna.

Perbedaan Dengan Cloudflare

Meskipun kedua platform QUIC.cloud dan Cloudflare menawarkan paket gratis yang bermanfaat untuk situs dengan lalu lintas rendah. Namun, QUIC.cloud unggul dalam hal optimasi yang spesifik untuk WordPress.

Hal ini karena QUIC.cloud dirancang khusus untuk integrasi dengan WordPress, menyediakan fitur-fitur canggih seperti generasi Low-Quality Image Placeholder (LQIP) dan pembuatan CSS penting. Sementara Cloudflare lebih luas digunakan dengan berbagai fitur optimasi, namun mungkin kurang optimal untuk situs WordPress dibandingkan QUIC.cloud. Berikut penjelasan lebih rinci mengenai perbedaan keduanya:

Caching HTML Statis dan Dinamis

QUIC.cloud unggul dalam caching karena mampu menyimpan semua halaman HTML, baik yang statis maupun dinamis.

Melalui penggunaan ekstensi LiteSpeed di backend, QUIC.cloud dapat menentukan halaman mana yang berubah dan menghapusnya secara selektif dari cache, menjaga halaman yang sering berubah tetap up-to-date tanpa perlu membersihkan seluruh cache.

Di sisi lain, Cloudflare menyimpan file statis dalam cache, dan cache konten dinamis dilakukan secara statis, yang berarti perubahan pada halaman dinamis tidak otomatis diperbarui di cache.

Untuk mengatasi hal ini, Cloudflare menggunakan Automatic Platform Optimization (APO) yang memungkinkan cache dinamis lebih efisien, terutama untuk WordPress.

Generasi LQIP di CDN QUIC.cloud

QUIC.cloud menawarkan fitur generasi LQIP (Low-Quality Image Placeholders) yang mempercepat waktu muat halaman dengan menampilkan placeholder gambar berkualitas rendah sementara gambar asli sedang dimuat.

Hal ini adalah keunggulan yang tidak dimiliki Cloudflare, meskipun Cloudflare menawarkan berbagai optimasi gambar lainnya seperti kompresi dan penyesuaian ukuran otomatis.

Layanan dan Fitur Gratis

Baik QUIC.cloud maupun Cloudflare menawarkan paket gratis yang bermanfaat, tetapi dengan fokus yang berbeda. QUIC.cloud memberikan paket gratis yang mencakup banyak fitur caching dan optimasi, sangat berguna untuk situs dengan lalu lintas rendah karena tetap mendapatkan manfaat penuh dari caching dan optimasi tanpa biaya tambahan. Cloudflare juga memiliki paket gratis yang populer, mencakup fitur dasar untuk keamanan dan kinerja seperti firewall dasar, caching, dan beberapa optimasi kinerja.

Caching Dinamis dan Pembuatan CSS Penting

QUIC Cloud mendukung caching dinamis yang memastikan konten seperti halaman login tetap responsif dan up-to-date.

Selain itu, QUIC Cloud memiliki fitur pembuatan CSS penting yang membantu mempercepat waktu muat halaman dengan memuat CSS esensial lebih cepat.

Sementara itu, Cloudflare dapat melakukan cache konten dinamis namun dilakukan secara statis, sehingga perubahan tidak segera tercermin kecuali menggunakan APO. Cloudflare juga tidak memiliki fitur pembuatan CSS penting seefektif QUIC Cloud, meskipun menawarkan berbagai optimasi lainnya.

Kompatibilitas dengan WordPress

CDN ini dibangun khusus untuk bekerja dengan situs WordPress, memanfaatkan plugin LiteSpeed Cache yang dioptimalkan untuk WordPress, memungkinkan integrasi yang lebih erat dan kinerja yang lebih baik.

Sementara itu, Cloudflare juga berfungsi dengan WordPress namun tidak terintegrasi seerat CDN ini . Cloudflare APO meningkatkan kompatibilitas dengan WordPress, namun untuk optimasi maksimal seringkali memerlukan pengaturan manual.

sumber : envato

Penggunaan HTTP/3 dan Protokol QUIC

CDN ini menawarkan dukungan penuh untuk HTTP/3 ujung ke ujung menggunakan protokol QUIC. Hal ini memungkinkan latensi yang lebih rendah dan kinerja yang lebih baik untuk situs yang diakses melalui jaringan yang lebih lambat atau jarak jauh.

Cloudflare juga mendukung HTTP/3, namun implementasinya tidak sekomprehensif CDN ini  dalam hal integrasi dengan protokol QUIC.

Teknologi ESI untuk Caching Konten Dinamis

CDN ini menggunakan teknologi Edge Side Includes (ESI) untuk menawarkan caching bagi pengguna yang masuk di situs WordPress. ESI memungkinkan konten dinamis seperti data spesifik pengguna tetap di-cache secara efisien tanpa mempengaruhi konten umum yang di-cache.

Cloudflare tidak secara khusus menyebutkan penggunaan teknologi ESI dalam caching konten dinamis, meskipun memiliki berbagai optimasi untuk konten dinamis melalui APO.

Baca Selengkapnya : Panduan Setup Quic Cloud CDN di WordPress

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds