• Home
  • Berita
  • 10+ Rekomendasi Platform Terbaik Untuk Membuat Blog Gratis

10+ Rekomendasi Platform Terbaik Untuk Membuat Blog Gratis

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Jika kamu ingin membuat sebuah website blog tapi tidak punya skill pengembangan web, kini tak perlu khawatir lagi karena sudah ada banyak platform blog gratis yang menyediakan template siap pakai.

Tak kalah dengan website blog buatan programmer, beberapa daftar blog gratis yang ada di luaran sana menyajikan tampilan menarik dan responsive.

Dengan begitu, kamu bisa menunjukkan hasil pekerjaan atau sekedar blog pribadi tanpa harus membeli layanan hosting dan domain.

DomaiNesia telah menemukan beberapa daftar blog gratis berupa platform website terbaik.

Mulai dari template sederhana untuk pembuatan website blog cepat dan mudah hingga platform dengan template untuk kebutuhan pemasaran online yang lengkap.

Blog gratis
Sumber: Envato

Wix.com

Barisan daftar blog gratis yang bisa kamu coba adalah Wix. Wix menjadi platform blog gratis terbaik untuk pemula dengan alamat wix.com.

Dengan Wix, kamu bisa membangun website kamu dengan cara drag-and-drop fitur sesukamu pada template dan layout website yang beragam.

Kamu bisa menambahkan beberapa elemen ke halaman website, mulai dari widget multimedia, background, menu, tipografi, formulir, kotak video, dan lain sebagainya.

Desainnya sangat intuitif dan modern membuat platform ini dapat digunakan oleh pemula maupun developer ahli.

Tak hanya menyediakan template website blog gratis, Wix akan memfasilitasi kamu ruang penyimpanan online berkapasitas 500MB dan bandwidth 1GB.

Kamu cukup mendaftarkan email ke pilihan layanan Wix gratis dan kamu sudah bisa langsung mulai membuat website impianmu.

Weebly.com

Jika kamu ingin platform yang sedikit lebih mudah digunakan daripada Wix dan tidak masalah memiliki lebih sedikit fitur, Weebly wajib masuk ke daftar blog gratis yang perlu kamu coba.

Weebly adalah pembuat website blog gratis lain yang dapat digunakan untuk blog sekaligus menjual produk atau memamerkan portofolio kamu.

Seperti Wix, Weebly adalah platform blog gratis yang didasarkan pada cara kerja komponen drag-and-drop sehingga kamu dapat membuat website dengan cepat, meskipun nantinya website kamu menampilkan iklan Weebly.

Fitur hosting akan kamu dapatkan bahkan dalam paket gratis.

Selain itu, kamu akan mendapatkan akses ke berbagai layout yang dapat bebas disesuaikan (meskipun tidak banyak), banyak tema responsive gratis, subdomain Weebly, ruang penyimpanan berkapasitas 500MB, ruang iklan, dan fitur social media sharing untuk membantu menyebarkan posting blog kamu lebih jauh dan luas.

Substack.com

Sedikit berbeda dengan daftar blog gratis lainnya, Substack adalah platform khusus buletin yang dirancang untuk memberi kesempatan penulis dan pembuat website berkomunikasi langsung dengan audiens mereka.

Meskipun fokus utamanya adalah platform pengiriman buletin melalui email, kamu bisa mendapatkan ruang blog gratis yang dapat berfungsi dengan baik ketika kamu mendaftarkan akun Substack gratis.

Namun, jika kamu mencari template blog yang menarik dengan fitur web keren, mungkin Substack bukan pilihan daftar blog gratis yang pas.

Sebab, layout Substack fokus pada penggunaan kata-kata tertulis yang terlihat bagus dalam format email.

Alhasil, Substack menyediakan CMS dasar dengan tools pemformatan teks dan kemampuan untuk memasukkan gambar, video, dan konten web lainnya.

WordPress.com

Sejak diluncurkan pada tahun 2003, WordPress sudah mendukung sekitar sepertiga website dunia dan menjadi salah satu platform blog terbaik dari deretan daftar blog gratis yang pernah ada.

WordPress terdiri dari dua layanan, yaitu WordPress.org dan WordPress.com. Pada artikel ini, yang kita bahas adalah WordPress.com.

WordPress.com ditujukan untuk pemula sehingga lebih mudah dimanfaatkan untuk membuat website, meskipun tidak memberi kendali yang lebih besar atas tampilan website kamu.

Dengan layanan gratisnya, kamu bisa mendapatkan hosting gratis, ruang penyimpanan berkapasitas 3GB, dan nama domain berakhiran .wordpress.com.

Platform ini dapat kamu custom dengan berbagai plugin, tema, dan fitur pendukung lainnya yang cocok untuk berbagai niche blog.

Jika kamu seorang blogger pemula yang ingin menjalankan situs dengan mudah, WordPress.com bisa menjadi pilihan yang baik.

Ghost.org

Baru berdiri sejak 2013 silam, platform Ghost bisa menjadi solusi kamu dalam memilih platform di antara daftar blog gratis lainnya.

Platform baru open source ini bisa disandingkan dengan WordPress yang dibuat dalam bahasa pemrograman JavaScript.

Untuk membuat konten dengan Ghost, kamu bisa melakukannya dengan mudah setelah kamu selesai men-set up website.

Editor websitenya tampil minimalis dengan menawarkan pratinjau langsung script konten di sisi kanan layar.

Joomla.org

Joomla adalah platform blog gratis serbaguna dan powerful yang dapat dimanfaatkan untuk hampir semua jenis website.

Meskipun Joomla termasuk platform open-source, kamu harus membayar untuk mendapatkan hosting dan nama domain, kecuali kamu membuat website melalui launch.joomla.org.

Joomla memiliki ratusan template dan fitur tambahan yang bisa langsung digunakan dan disesuaikan agar blog terlihat seperti yang kamu inginkan.

Secara umum, Joomla memiliki interface fleksibel yang dapat digunakan untuk blog website yang lebih kompleks.

Jika kamu berencana mengembangkan blog menjadi situs yang lebih besar dan berpotensi menghasilkan uang, Joomla adalah solusi yang lebih terukur.

Blog gratis
Sumber: Envato

Site123.com

Site123 mendeskripsikan dirinya sebagai pembuat website termudah sejauh ini.

Platform yang patut kamu masukkan ke daftar blog gratis ini menyediakan pilihan style dan layout sederhana siap pakai yang akan membantu kamu mewujudkan website impian.

Apabila kamu membangun blog sederhana dengan komentar, penjadwalan posting, dan terintegrasi media sosial misalnya blog pribadi, maka Site123 adalah solusinya.

Seperti daftar blog gratis lainnya, Site123 dapat menghasilkan uang dengan menempatkan iklan di website kamu.

Hubpages.com

Apakah kamu ingin membangun website blog secara gratis tapi tidak ingin direpotkan dengan kode dan desain web?

Mungkin Hubpages adalah solusi daftar blog gratis yang kamu cari.

Hubpages dikembangkan untuk membantu kamu dan pemula lain membagikan postingan blog ke komunitas besar dan masyarakat luas.

Namun, dengan Hubpages, website blog kamu akan terikat dengan sistem Hubpages sehingga kamu tidak bisa mengatur tampilan secara bebas.

Kalau kamu hanya tertarik untuk mengekspresikan diri melalui kata-kata, bukan melalui desain, Hubpages patut kamu coba.

Jekyllrb.com

Jekyll adalah platform blog gratis lainnya yang ditujukan untuk developer.

Sebab, platform ini mengharuskan penggunanya untuk coding jika ingin membuat website statis yang bisa di hosting di mana pun.

Contohnya, kamu bisa hosting gratis melalui GitHub karena Jekyll berperan di belakang GitHub Pages.

Dengan Jekyll, kamu bisa mengurangi kebutuhan operasional teknis seperti database, upgrade, dan lain sebagainya sehingga terhindar dari beberapa kesalahan yang umum terjadi saat membangun website.

Tumblr.com

Rekomendasi daftar blog gratis lainnya adalah Tumblr.

Platform ini sudah ada cukup lama dan menjadi andalan terbaik untuk membuat blog gratis dengan beberapa fitur sosial media yang hebat, termasuk kemampuan bagi pengguna untuk mengikuti blog kamu.

Berbeda dengan daftar blog gratis lain yang sebagian besar dibuat untuk tujuan penerbitan, Tumblr.com lebih berorientasi pada konten multimedia (gambar, musik, dan video) atau media sosial.

Cara menggunakan Tumblr sangat mudah, cukup dengan mendaftarkan akun email kamu, kemudian kamu sudah bisa mulai memposting konten.

Meskipun Tumblr tidak digunakan untuk kebutuhan bisnis, kamu bisa menampilkan iklan di halaman web, menggunakan link afiliasi, dan mengintegrasikan blog dengan Google Analytics.

Blogger.com

Platform Blogger adalah salah satu platform paling terkenal di antara daftar blog gratis lainnya.

Website blog yang menggunakan platform ini mudah dijumpai dengan ciri khas nama domain .blogspot.com.

Blogger hadir dengan banyak tema yang bebas dipilih untuk membuat blog kamu mudah diakses.

Blogger cocok digunakan untuk keperluan blog pribadi, tetapi Blogger bukan pilihan terbaik untuk penggunaan website profesional.

Sebab, Blogger memiliki opsi tampilan yang sederhana, sehingga fokus bisnisnya lebih ke kepenulisan.

Kelebihan dari platform ini adalah dukungan keamanan karena sudah terindeks Google dan terintegrasi Google Analytics sehingga SEO friendly.

Kamu perlu membuat akun terlebih dahulu lalu pilih tema default Blogger, dan silahkan mulai menulis konten sesuka hati.

Medium.com

Platform buatan Evan Williams, pendiri Twitter, ini adalah salah satu platform terbaik dalam daftar blog gratis yang patut kamu coba jika fokus utama website kamu adalah menulis.

Medium adalah platform multiguna yang menangani beragam topik, di mana siapa saja yang memiliki akun Medium dapat menulis.

Platform ini menyediakan layout dan tampilan website yang rapi dan minimalis layaknya website majalah.

Platform Medium sangat mudah digunakan.

Kamu cukup mendaftarkan akun dan mulai menulis. Tetapi semua konten kamu atas nama website Medium.

Artinya, kamu tidak benar-benar membangun ‘blog’ kamu sendiri dan sepenuhnya berbeda dengan WordPress.

SilverStripe.org

Apabila kamu programmer berpengalaman yang menghargai keamanan powerful dan fitur canggih, SilverStripe bisa masuk ke dalam daftar blog gratis terbaik yang wajib dicoba.

SilverStripe adalah CMS bersifat open-source dan gratis yang mudah digunakan.

Tapi kamu harus memiliki keterampilan pengembangan web untuk menjalankan blog dan mengatur nama domain dan hosting secara mandiri.

Fitur utama pada platform ini terdiri dari panel administrasi, website editor, pengeditan rich-text, penyematan video dengan cepat, dan struktur navigasi drag-and-drop.

Blog gratis
Sumber: Envato

Membuat Blog Mudah dengan Platform Blog Gratis

Kini, kamu semakin paham bahwa di dunia yang serba canggih seperti sekarang, tidak ada yang tidak mungkin, termasuk kebutuhan membuat website blog gratis.

Harapannya, melalui rekomendasi platform daftar blog gratis pilihan DomaiNesia, kamu bisa mewujudkan website blog impian kamu dengan cara termudah dan pastinya gratis.

Tapi jika kamu ada budget lebih, tak ada salahnya membeli jasa programmer sekaligus hosting.

Kamu bisa beli layanan hosting murah dan terpercaya di DomaiNesia. Ingat hosting, ingat DomaiNesia!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!