• Home
  • Berita
  • Elearning Adalah Metode Pembelajaran Digital, Yuk Kenali Bersama!

Elearning Adalah Metode Pembelajaran Digital, Yuk Kenali Bersama!

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Bagi mahasiswa dan juga pelajar gen z di masa yang serba digital saat ini sudah tidak asing lagi dengan elearning karena elearning adalah salah satu kebutuhan.

Bagaimana tidak, pada 2 tahun belakangan ini kita dihadapkan dengan pandemi Covid-19 yang memaksa kita untuk selalu di rumah dan juga aktivitas harus dilakukan dari rumah.

Dari sana penggunaan elearning semakin meroket dan menjadi sebuah kebutuhan bagi pelajar dan mahasiswa. Apakah kamu salah satu pengguna elearning?

Ngomong-ngomong elearning adalah singkatan dari electronic learning. Nah seperti kegiatan online pada umumnya, elearning ini tidak membatasi penggunanya dari segi lokasi, waktu, dan juga siapapun yang menggunakannya.

Jadi kegiatan belajar mengajar bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Apakah kamu tertarik untuk mengupas tuntas elearning?

DomaiNesia sudah merangkum semua mengenai elearning mulai dari apa itu elearning, manfaat elearning, hingga contoh elearning.

Tidak hanya itu saja, namun banyak informasi lain yang akan DomaiNesia sampaikan untuk kamu. Sudah siap? Yuk mulai membahas sekarang!

Elearning Adalah…

Elearning adalah 2 kata yang digabung menjadi satu dan memiliki makna tersendiri.

Terdiri dari kata electronic dan learning yang memiliki arti bahwa elearning adalah metode pembelajaran yang didalamnya terdapat proses belajar dan mengajar yang dilakukan pada jaringan internet atau daring dengan memanfaatkan berbagai perangkat digital.

Internet, komputer, laptop, smartphone menjadi kebutuhan pokok dalam menjalankan elearning.

Dalam penerapannya, website atau aplikasi mobile bisa dimanfaatkan menjadi sarana pengaplikasiannya.

Banyak jenis materi yang bisa disajikan di dalam proses belajar dan mengajar mulai dari video pembelajaran, materi dalam bentuk dokumen, gambar, dan bisa juga penjelasan dalam bentuk audio.

Jika dilihat dari potensinya bisa jadi elearning adalah solusi pembelajaran agar lebih menyenangkan dan interaktif lagi.

Elearning terdiri dari 2 jenis yang berbeda loh DomaiNesia! Berikut jenisnya.

Asynchronous E-Learning

Asynchronous elearning adalah metode pembelajaran online yang tidak mengharuskan pengajar dan yang diajar untuk berinteraksi secara langsung.

Misalnya saja dengan memanfaatkan video untuk pembelajaran, LMS, audio, dll.

Synchronous E-Learning

Berbeda dengan sebelumnya, synchronous elearning adalah pembelajaran online yang dilakukan dengan berinteraksi secara langsung.

Misalnya dengan video conference. webinar, kelas daring, dll.

elearning adalah
Sumber : elements envato

Banyak manfaat elearning yang bisa kamu rasakan saat kamu menggunakannya. Dari segudang manfaat tersebut salah satu yang bisa kamu rasakan dari elearning adalah kemudahan.

Eits DomaiNesia akan membahas manfaat elearning pada poin selanjutnya ya!

Apa Saja Manfaat Elearning?

Berikut akan DomaiNesia paparkan beberapa manfaat elearning baik dari sisi pengajar, murid, bahkan organisasi yang memanfaatkannya.  

Menghemat biaya

Pertama, manfaat elearning adalah menghemat biaya operasional. Kita sudah tahu sebelumnya bahwa jika memanfaatkan elearning maka kita hanya bertemu melalui dunia maya saja atau daring.

Nah dengan begitu maka organisasi atau sekolah yang memanfaatkan elearning bisa menghemat biaya operasional jika dibandingkan dengan pembelajaran luring karena biaya perawatan infrastruktur, biaya listrik, sewa bangunan, dsb bisa lebih kecil.

Yang menjadi fokus utama untuk biaya elearning adalah koneksi internet dan perangkat digital.

Jadi biaya operasional yang tadi bisa dialihkan untuk biaya koneksi internet dan perangkat digital. Lebih hemat kan?

Waktu pembelajaran lebih fleksibel

Manfaat elearning selanjutnya yaitu waktu pembelajaran yang lebih fleksibel.

Dengan adanya video pembelajaran yang bisa didengarkan dan dilihat kapan saja dan kamu bisa mengatur kapan kamu akan mempelajarinya lagi.

Maka manfaat elearning ini membantu kamu yang memiliki metode pembelajaran yang harus diulang-ulang untuk memahami materi.

Selain video kamu juga bisa mengakses berbagai jenis materi yang diberikan dan kamu bisa menyesuaikan dengan waktu efektif dalam belajar agar penyerapan materi lebih optimal. Wah ternyata manfaat elearning ini keren juga ya! 

Memiliki jangkauan dan akses yang lebih luas

Jika berbicara mengenai akses, maka hal tersebut menjadi manfaat elearning selanjutnya. Pembelajaran yang memang dilakukan secara daring yang mana tidak mengharuskan pengajar dan yang diajar harus berada pada satu tempat yang sama membuat elearning ini memiliki jangkauan yang luas.

Pengajar dan yang diajar dalam elearning pun juga berada pada satu tempat yang sama namun secara virtual.

Jadi dapat disimpulkan bahwa elearning adalah metode pembelajaran yang tidak memiliki batasan dalam lokasi.

Dimanapun kamu berada, kamu tetap bisa melakukan pembelajaran dan mendapatkan materi sesuai yang kamu butuhkan. Semakin tertarik untuk membahas manfaat elearning selanjutnya? Pasti dong!

Pembelajaran menjadi lebih variatif dan interaktif

Banyak jenis materi yang bisa disampaikan pengajar seperti melalui video pembelajaran yang dikemas dengan menarik, dokumen pembelajaran yang disajikan dengan ringkas, gambar yang mewakili materi, audio dari penjelasan setiap materi, dan masih banyak lagi hal yang bisa dilakukan.

Dengan elearning lebih variatif bukan? Selain variatif, elearing ini juga bisa membantu peserta didik agar lebih aktif lagi. Alasannya karena tidak sedikit loh orang yang demam panggung jika harus bertanya atau menyampaikan pendapat secara langsung.

Jadi elearning adalah salah satu solusi agar pembelajaran lebih interaktif. 

Proses pembelajaran semakin efisien

Selanjutnya manfaat elearning adalah membuat pembelajaran menjadi lebih efisien.

Sumber : elements envato

Mengapa demikian? Karena semua hal seperti pembagian tugas, proses penilaian, pembagian materi, dan pengadaan ujian pun bisa dilakukan oleh sistem.

Jadi pengajar akan sangat terbantu dengan kehadiran elearning ini dan membuat proses belajar mengajar menjadi lebih efisien dan efektif. 

Memantau perkembangan dan performa

Terakhir, manfaat dari elearning ini akan dirasakan oleh pengajar. Jika ingin memantau perkembangan dan performa peserta didik maka pengajar bisa langsung melihatnya pada hasil analisa dan juga laporan yang sudah dirangkum oleh sistem.

Dengan fitur tersebut, pengajar bisa mengetahui sejauh mana dan materi apa yang kurang dikuasai oleh peserta didik.

Sehingga pengajar bisa mencari dan menemukan solusi yang tepat secara cepat.

Misalnya saja saat salah satu peserta didik mendapatkan nilai yang kurang memuaskan maka pengajar bisa melihat materi mana yang kurang dikuasai. 

Itu tadi beberapa manfaat elearning yang akan dirasakan dari berbagai pihak.

Tidak berhenti sampai sini saja, pada poin berikutnya adalah beberapa contoh elearning yang sudah ada hingga saat ini. Penasaran apa saja contoh elearning tersebut? Simak setelah ini!

4+ Contoh Elearning Populer

Sebenarnya banyak elearning yang bisa kamu dapatkan mulai dari yang gratis dan berbayar. Berikut ini 4+ contoh elearning populer yang sering digunakan oleh masyarakat.

RuangGuru

Siapa yang tidak kenal dengan ruangguru? DomaiNesia rasa sudah banyak yang mengerti contoh elearning satu ini.

Ruang guru adalah salah satu perusahaan nasional yang memang berfokus dalam bidang pendidikan.

Disana kamu bisa memilih jenjang pendidikan yang sesuai dengan kamu, bahkan mulai dari Paud hingga SMA sekalipun.

Selain itu kamu bisa memperoleh beberapa materi gratis loh DomaiNesians! Namun jika kamu ingin lebih lengkap lagi maka kamu bisa berlangganan paket belajar sesuai kebutuhanmu. 

Udemy

Udemy adalah contoh elearning yang bisa kamu manfaatkan untuk mengembangkan skill dan juga kemampuan untuk berkarir.

Platform pembelajaran dari San Fransisco ini sudah tidak usah diragukan lagi karena sudah banyak negara seperti India, Indonesia, United States, dan banyak negara yang lain sudah menggunakannya.

Ada banyak kategori yang bisa kamu pilih mulai dari teknologi, bisnis, desain, fotografi, dan masih banyak yang lain. 

W3School

W3School menjadi contoh elearning yang menyajikan materi yang interaktif dan berfokus pada pembelajaran IT lebih tepatnya dalam bidang development software.

Selain mendapatkan materi yang mudah untuk dipahami dan lengkap, kamu juga bisa langsung mencoba materinya secara langsung loh pada bagian compilernya.

Banyak materi yang bisa kamu temukan mulai dari C#, Javascript, HTML, CSS, dan masih banyak yang lain.

Zenius

Contoh elearning selanjutnya yaitu Zenius. Zenius adalah contoh elearning yang menyajikan bimbingan pembelajaran secara daring. 

Zenius ini bisa kamu akses baik dari aplikasi pada handphone atau melalui websitenya.

Disini kamu akan mendapatkan materi dengan beragam variatif seperti video dan juga animasi pembelajaran mulai dari SD hingga SMA. 

Quipper

Quipper adalah contoh situs pembelajaran daring yang sudah beroperasi di 4 negara seperti Jepang, Indonesia, Meksiko, dan Filipina.

Di Indonesia sendiri, Quipper memiliki jumlah pengguna sebanyak 360.000 siswa aktif pada setiap bulannya.

Kehadiran Quipper ini bisa membantu pengajar dan peserta didik agar bisa belajar lebih efektif meskipun secara daring.

Tertarik Membuat LMS Sendiri?

Nah jika kamu sudah sampai pada poin ini berarti kamu sudah mengetahui apa itu elearning kan? Baiknya kamu bisa langsung mempraktekkan bagaimana sih membuat LMS sendiri itu. Mudah atau susah ya? Simak caranya berikut ini.

Pilih Hosting Website Terbaik

Kamu tidak ingin membangun LMS yang lemot bukan? Nah, tentu saja hpilihan hosting akan mempengaruhi lambat atau tidaknya LMS. Untuk itu, pilihlah  hosting website terbaik di Indonesia yang pastinya memiliki performa yang cepat dan stabil.

Saat kamu memilih hosting, kamu juga akan diminta untuk memasukan nama domain. Nah, buat kamu yang belum punya nama domain dan bingung ekstensi domain apa yang ingin dibuat, domain .XYZ bisa menjadi alternatifnya.

Domain .XYZ juga digunakan oleh anak perusahaan Google loh. Bagaimana cara registrasi domain .XYZ? Gampang banget! Cukup pilih paket domain .XYZ kemudian bayar, maka domain .XYZ untuk LMS sudah dapat digunakan.

Sumber : elements envato

Buat LMS Dari Platform Elearning

Mulai membuat website elearning dengan memilih platform pembelajaran yang tersedia seperti Moodle, WordPress, atau yang lainnya.

Di DomaiNesia, baik Moodle dan WordPress dapat diinstall dengan mudah. Untuk instalasi Moodle cukup dengan fitur sekali klik DomaiNesia atau sering disbeut dengan Instant Deploy.

Hanya dengan sekai klik saja, maka LMS Moodle akan dapat segera didevelop.

Tambahkan Fitur- Fitur Pendukung

Lengkapi website yang kamu bangun dengan menambahkan beberapa fitur seperti registrasi, pilihan paket langganan, dan katalog pembelajaran.

Tampilkan Materi dan Quiz Pada LMS

Lengkapi dengan materi dan ujian yang akan diberikan kepada peserta didik.

Sumber : elements envato

Jadi Sudah Paham Apa itu Elearning?

Electronic Learning atau elearning adalah pembelajaran yang dilakukan secara daring dengan memanfaatkan jaringan internet dalam berkomunikasi dan berinteraksi.

Ada banyak manfaat elearning ini seperti memudahkan pengajar dalam melakukan administrasi pembelajaran, mengawasi perkembangan peserta didik, menghemat biaya operasional, dan juga manfaat elearning yang paling diunggulkan yaitu meningkatkan efektivitas pembelajaran karena bisa dilakukan oleh siapapun, dimanapun, dan kapanpun.

Tertarik untuk mengembangkan LMS untuk organisasimu sendiri? Selamat mencoba!

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah