• Home
  • Berita
  • Brainware Adalah: Fungsi, Jenis, Komponen, dan Contoh Lengkapnya!

Brainware Adalah: Fungsi, Jenis, Komponen, dan Contoh Lengkapnya!

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Dalam kehidupan sehari-hari, kamu memang sering mendengar istilah software dan hardware kan? Namun apakah kamu tahu bahwa ada istilah brainware? Yups brainware adalah istilah yang banyak digunakan dalam dunia IT namun tidak semua orang awam mengerti istilah satu ini.

Padahal tanpa adanya brainware sistem komputer tidak bisa berjalan jika hanya mengandalkan software dan hardware saja.

Khusus pada penjelasan ini, DomaiNesia akan mengajak kamu untuk membahas tuntas apa itu brainware.

Untuk mengetahui informasi seputar brainware seperti pengertian brainware, fungsi brainware, jenis, komponen, dan contohnya, maka kamu harus menyimak ulasan ini hingga akhir ya! 

Pengertian Brainware Adalah….

Pengertian brainware adalah orang yang berperan dalam mengoperasikan perangkat komputer baik dari sisi software atau hardware.

Jadi secara garis besarnya, peran dari brainware adalah memastikan bahwa perangkat komputer yang terdiri dari software dan hardware berjalan sesuai dengan kebutuhan.

Kita tahu bahwa komputer merupakan perangkat yang canggih, namun dalam berjalannya waktu perlu adanya pengembangan dan juga penyesuaian terhadap kebutuhan dari pengguna atau dari bisnis yang berjalan.

Maka dari itu, brainware sangat dibutuhkan dalam segala proses kerja dari komputer agar bekerja secara maksimal dan terarah.

Jika ada pertanyaan, lebih penting software, hardware, atau brainware? Apa yang akan kamu jawab DomaiNesian? Pasti jawabannya adalah ketiganya tidak ada yang paling penting sebab semuanya saling membutuhkan dan memiliki peran masing-masing.

brainware adalah
Sumber : envato

Jika hardware, software, dan brainware memiliki keseimbangan, bisa dipastikan bahwa sistem komputer milikmu akan berjalan tanpa hambatan. Sudah jelas bukan pengertian brainware ini? Jika sudah yuk membahas fungsi brainware itu sendiri.

Apa Fungsi Brainware?

Dari pembahasan pengertian brainware, mungkin sudah terlintas di pikiranmu fungsi brainware itu. Nah untuk lebih memantapkannya lagi, DomaiNesia akan mengulas tiga fungsi brainware berikut ini.

Administrator

Pertama, fungsi brainware adalah sebagai administrator. Administrator adalah seseorang yang ditugaskan untuk mengelola serta memastikan jika sistem dan jaringan komputer sudah terpasang dan berjalan dengan baik atau tidak.

Selain itu, ada database administrator yang bertanggung jawab untuk memastikan kelancaran jalannya database suatu perusahaan. Jadi administrator ini memiliki peran yang penting, sebab jika tidak ada administrator maka sistem komputer tidak akan berjalan secara maksimal.

Programmer

Selain administrator, fungsi brainware adalah sebagai programmer. Pasti sudah tidak asing kan dengan programmer? Programmer adalah orang yang memiliki keahlian khusus dalam merancang dan membuat sebuah website atau aplikasi menggunakan bahasa tertentu.

Programmer nantinya yang akan menentukan bagaimana sistem akan dibangun dan berjalan. Selain itu, dia juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa sistem komputer aman dari serangan virus dan ancaman yang lain.

Jadi, programmer disini harus benar-benar mampu menguasai segala aspek mengenai program yang ada di komputer.

Operator

Terakhir, fungsi brainware adalah sebagai operator. Setelah proses pengembangan sistem selesai, maka operator yang akan berperan selanjutnya.

Jadi, operator adalah orang yang memiliki tanggung jawab untuk menjalankan sistem dan juga melakukan perawatan. Operator juga yang akan memastikan bahwa sistem sudah berjalan dengan baik dan sudah sesuai dengan kebutuhan.

Apa Saja Komponen Brainware itu?

Dari fungsinya saja, brainware sudah dibagi menjadi tiga fungsi yang memiliki perannya masing-masing.

Jika mengacu pada pengertian brainware yang menyebutkan bahwa brainware adalah orang yang berperan dalam jalannya hardware dan software pada komputer.

Maka dari itu, pada poin ini kita akan membahas komponen brainware yang dibagi menjadi dua bagian yaitu hardware dan software. Untuk lebih detailnya, simak ulasannya.

Hardware engineer

Hardware engineer menjadi komponen brainware yang pertama. Dari namanya saja kita sudah tahu bahwa hardware engineer ini adalah  orang yang berurusan dengan perangkat keras.

Apa saja yang akan menjadi tanggung jawabnya? Jadi, hardware engineer ini bertanggung jawab untuk pengembangan perangkat keras dengan meningkatkan kualitas dari produk, melakukan perubahan, bahkan melakukan inovasi pembaruan perangkat agar lebih kompleks dan canggih dari versi yang sebelumnya.

Sumber : envato

Software engineer

Komponen brainware yang terakhir yaitu software engineer. Berfokus pada program dan jaringan komputer membuat software engineer harus memiliki keahlian dan pengetahuan yang mumpuni dalam bidangnya.

Tugas utamanya sudah jelas yaitu merancang dan juga mengembangkan program yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Jenis-Jenis Brainware

Brainware adalah orang yang mengoperasikan sistem komputer. Brainware ini sendiri masih terbagi juga ke dalam beberapa jenis yang dikelompokkan berdasarkan tugasnya masing-masing. Berikut terdapat sembilan jenis-jenis brainware yang wajib kamu ketahui.

Programmer

Pertama yang akan kita bahas dari berbagai jenis-jenis brainware adalah programmer.

Sempat disinggung sedikit di atas mengenai programmer.

Peran dari brainware satu ini cukup signifikan di dalam sistem komputer, karena programmer memang memiliki tanggung jawab yang besar dalam melakukan perancangan sistem dari awal hingga memastikan sistem tersebut mampu digunakan dengan baik.

Project manager

Dalam semua pekerjaan diperlukan seorang yang mampu memimpin, apalagi jika pekerjaan tersebut terdiri dari banyak orang dan bagian.

Peran tersebut dimiliki oleh seorang project manager atau yang lebih dikenal dengan PM. Mampu memimpin rekan kerja menjadi keahlian utama yang harus dimiliki.

Alasannya karena PM akan mempertanggung jawabkan banyak aspek seperti koordinasi antar bagian, pembagian waktu, dan juga pengaturan budget.

Karena tanggung jawabnya yang besar, perusahaan yang akan merekrut seorang PM diharuskan memiliki pengalaman dalam memimpin dan mau membimbing rekan kerja yang akan berada di bawahnya. 

Sumber : envato

Operator komputer

Operator komputer memiliki tanggung jawab untuk menjalankan komputer sesuai dengan arahan yang sudah diberikan oleh programmer yang mengembangkan sistem.

Selain itu, perannya yaitu untuk melakukan proses pengolahan data. Jadi, operator komputer harus mampu memahami bagaimana sistem operasi dan aplikasi pendukung lainnya bekerja. 

Konsultan

Selanjutnya jenis dari brainware adalah konsultan. Meski tugas konsultan terlihat hanya untuk memberikan nasihat, rekomendasi, dan masukan untuk pengguna, tapi jangan salah karena semua nasihat tersebut berdasarkan atas hasil riset dan penelitian.

Seorang konsultan harus mampu memiliki pengetahuan yang luas, mampu membaca keadaan, dan memberikan nasihat yang tepat. Jadi, tidak sembarang orang ya yang bisa menjadi konsultan. 

System analyst

System analyst juga menjadi bagian dari brainware. Dituntut untuk memiliki kejelian yang tinggi sebab system analyst memiliki tugas untuk memantau, mengevaluasi, hingga menyusun rencana program yang akan berjalan di kemudian hari.

Database administrator

Jika berbicara di balik layar dari sistem komputer, maka database administrator adalah seseorang yang juga penting.

Melakukan pemantauan terhadap aplikasi dan database adalah makanan sehari-hari seorang database administrator. Jadi jenis brainware satu ini tidak akan lepas dari dunia data.  

Trainer

Trainer juga termasuk kedalam jenis-jenis brainware. Bagaimana tidak, untuk menjadi seorang trainer kamu harus benar-benar memahami dan memiliki cakupan ilmu yang luas sehingga kamu dapat mudah untuk menyampaikan dan membagikan ilmu ke banyak orang.

Spesialis jaringan

Berikutnya, jenis brainware adalah spesialis di bidang jaringan. Apa saja yang akan menjadi fokus dari spesialis jaringan ini?

Kamu bisa menjawab? Yups benar, fokus utama dari spesialis jaringan adalah memelihara, memperbaiki, dan memiliki keahlian yang mendalam mengenai jaringan tersebut. 

Sumber : envato

Teknisi komputer

Dari jenis-jenis brainware yang ada, teknisi komputer juga menjadi salah satunya. Komputer yang canggih sekalipun pasti pernah mengalami masalah, disitulah tugas dari seorang teknisi komputer.

Untuk menjadi teknisi komputer, kamu harus memiliki kemampuan dan pengetahuan yang luas mengenai beragam perangkat yang berkaitan erat dengan komputer.

Sebab teknisi komputer akan dihadapkan dengan berbagai permasalahan yang terjadi di komputer lalu mengidentifikasi permasalahan tersebut dan selanjutnya melakukan perbaikan.  

Contoh dari Brainware itu Apa Saja?

Setelah mengetahui fungsi, jenis-jenis, dan juga komponen brainware, kita sudah berada pada pembahasan yang terakhir mengenai contoh dari brainware itu sendiri.

Tunggu sebentar, kamu masih semangat kan DomaiNesian untuk membahas contoh dari brainware? Tentu harus semangat dong! Yuk mulai bahas contoh dari brainware.

Netter

Contoh dari brainware yang paling awal akan kita ulas yaitu Netter. Pengguna internet aktif yang menjelajah berbagai situs website guna menggali informasi baik secara individu atau kelompok melalui internet disebut dengan Netter.

Contoh dari brainware ini adalah saat kamu mencari informasi mengenai hosting terbaik di Indonesia melalui search engine dan kemudian kamu mendapatkan jawabannya melalui gambar, video, atau artikel maka kamu disebut sebagai Netter.

Sumber : envato

Network System

Contoh dari brainware adalah Network System. Network system merupakan sebuah sistem operasi yang terdiri dari beragam layanan yang tujuannya jelas untuk memberikan layanan yang optimal kepada pengguna internet untuk memenuhi kebutuhan mereka.  

EDP Department

EDP Department (Entry Data Processing) atau yang lebih familiar disebut dengan IT department.

EDP ini berperan untuk melakukan pengolahan data yang dilakukan secara otomatis menggunakan sistem.

Jadi misalnya sebuah perusahaan laptop yang perlu untuk melakukan pemrosesan beberapa data seperti data penjualan, jumlah stok, laporan penjualan, dan beberapa data yang lain.

Maka nantinya EDP Department inilah yang akan memproses data-data yang dibutuhkan perusahaan tersebut. 

Jadi, Apa itu Brainware?

Istilah brainware memang tidak bisa lepas dari dunia IT dan juga komputer. Meskipun tidak begitu familiar didengar, namun brainware ternyata memiliki peran yang signifikan sama seperti hardware dan software.

Jadi brainware adalah seseorang yang berperan untuk merencanakan, membuat, menjalankan, dan juga memelihara sistem komputer.

Siapa saja yang bisa disebut sebagai brainware? Tentu saja seperti programmer, teknisi komputer, ahli jaringan, trainer, system analyst, product manager, dan masih banyak yang lain.

Beragam jenis-jenis brainware tersebut terbagi berdasarkan peran yang dimiliki. Contoh dari brainware yang harus kamu tahu juga yaitu ada EDP Department, Netter, dan juga Network System. Sampai sini apakah DomaiNesian sudah paham? Sudah kan pastinya! Semoga bermanfaat ya!

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah