Home  »  Permulaan   »   Cara Install Moodle di Hosting

Cara Install Moodle di Hosting

Last Update:

cara install moodle di Hosting
Wah sepertinya harus buat elearning agar murid-murid mudah dalam menyerap materi pelajaran. Namun, bagaimana ya cara membuat elearning? Apakah susah? Tenang saja! Kamu bisa gunakan Moodle, CMS elearning instan dan otomatis. Cara install moodle di Hosting juga mudah dan cepat. 

Apa itu Moodle?

Moodle adalah salah satu CMS (Content Management System) yang bertujuan untuk membuat media pembelajaran berbasis teknologi atau biasa disebut elearning. Dikutip dari Wikipedia, Moodle (Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment) adalah paket perangkat lunak yang diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan situs web yang menggunakan prinsip social constructionist pedagogy. Moodle bisa diakses dari 2 sisi lho! Misalnya dari sisi pengajar dan murid.

Dengan Moodle, para guru bisa menambahkan course (mata pelajaran), membuat tes online, menambahkan modul pembelajaran dan sebagainya. Sedangkan murid-murid dapat mengakses modul, melakukan tes online dan sebagainya. Perlu diketahui, Moodle termasuk salah satu sistem Open Source lho! Jadi, siapapun bisa melakukan instalasi dan menggunakannya dengan Gratis! Kamu nggak perlu repot-repot menghire developer untuk membuat sistem elearning. Pengen tahu caranya? Yuk ikuti cara install Moodle di Hosting berikut ini.

cara install moodle di Hosting

Tujuan


Mengetahui cara install Moodle di Hosting

Tahap Persiapan


Sebelum melakukan instalasi Moodle, kamu perlu tahu beberapa hal seperti,
1. Kamu harus memiliki Hosting terlebih dahulu. Buat kamu yang belum memiliki hosting, silahkan order Hosting Indonesia Terbaik terlebih dahulu. Buat kamu pemula, silahkan baca Tips Memilih Hosting.
2. Pastikan kamu tahu cara login cPanel Hosting. Jika belum tahu, silahkan baca Cara Login cPanel Hosting.
Jika kedua tahapan tersebut sudah kamu tahu, yuk lanjut ke cara install Moodle di Hosting

Cara Install Moodle di Hosting

Untuk melakukan instalasi Moodle di Hosting kamu bisa melakukannya melakui softaculous. Apa sih softaculous? Softaculous adalah fitur tambahan di cPanel yang akan mempermudah anda dalam instalasi berbagai cms (content management system) seperti wordpress, prestashop, drupal dan sebagainya. Jadi, sepanjang CMS yang digunakan berbasis open source dan gratis, maka kamu bisa menemukannya di Softaculous. Adapun cara install Moodle di Hosting yaitu,

1. Login cPanel Hosting

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah login ke cPanel. Login cPanel dapat melalui https://namadomain/cpanel, sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting. Bagi anda yang belum tahu cara login cPanel, silahkan baca di Cara Login cPanel Hosting.

cara install moodle di Hosting

2. Memilih Softaculous App Installer

Setelah masuk ke cPanel Hosting, silahkan tulis “softaculous” pada bagian kolom pencarian. Maka akan muncul menu Softaculous Apps Installer. Silahkan klik menu tersebut.

cara install moodle di Hosting

3. Memilih Moodle di Softaculous

Kemudian kamu akan diarahkan ke halaman Softaculous Apps Installer. Softaculous akan memudahkan para pengguna dalam melakukan instalasi. Kamu tidak perlu melakukan instalasi secara manual lagi. Segera tulis “Moodle” pada kolom pencarian. Kemudian klik Moodle.

cara install moodle di Hosting

4. Melakukan Instalasi Moodle

Lalu akan muncul halaman instalasi phpMyAdmin. Pada halaman ini kamu bisa mengetahui versi Moodle, detail info, demo, review, fitur- fitur serta beberapa screenshot. Untuk melakukan instalasi, silahkan klik Install Now.

cara install moodle di Hosting

Kemudian kamu harus mengisi beberapa kolom dibawah ini agar proses instalasi dapat terhubung dengan hosting.

Software Setup

Pada kolom Choose the Version you want to install, silahkan pilih versi Moodle. Pada kolom Choose Protocol, silahkan pilih protokol yang diinginkan. Secara default, website memiliki protokol HTTP. Namun ketika anda telah memasang SSL pada website, protokol akan berubah menjadi HTTPS. Jadi pastikan kamu tidak salah dalam memilih protokol. Pada kolom Choose Domain, silahkan pilih nama domain yang diinginkan untuk dilakukan instalasi Moodle. Pada kolom In Directory, silahkan tulis nama folder sesuka hati anda. Nantinya folder tersebut akan digunakan sebagai tempat file instal Moodle. Pada bagian CRON job, biarkan default saja jika kamu tidak ingin mengatur CRON.

cara install moodle di Hosting

Site Settings

Kolom Site Name, silahkan diisi dengan judul website Moodle. Misalnya, “Sistem E-Learning Moodle”. Pada bagian Site Description, kamu bisa tulis deskripsi website Moodle. Misalnya, “Sistem e-learning ini ditujukan untuk murid-murid dan sebagainya”

cara install moodle di Hosting

Admin Account

Pada bagian Admin Username, silahkan tulis username untuk login admin. Pada bagian Admin Password, silahkan tulis password admin. Pastikan kamu menggunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil, karakter dan angka. Agar lebih jelas, silahkan baca Tips Cara Agar Password Aman dari Hacker. Pada bagian First Name, Last Name dan Admin Email, silahkan isi sesuai data diri.

Choose Language

Di bagian Choose Language, silahkan pilih bahasa yang diinginkan.

Advanced Options

Pada bagian ini, kamu bisa menambahkan nama database dalam Database Name. Pada bagian Table Prefix biarkan default saja. Kamu juga bisa melakukan konfigurasi mengenai update dan notifikasi. Jika pada Disable Update Notifications diberi tanda centang itu berarti kamu tidak akan menerima notifikasi update. Kamu bisa melakukan backup juga lho dengan memilih Once a week (sekali dalam seminggu) atau Once a month (sekali dalam sebulan). Jika tidak ingin ada proses backup, kamu bisa pilih Don’t backup. Setelah semua selesai, silahkan klik Install.

cara install moodle di Hosting

5. Instalasi Moodle Telah Selesai

Tunggu sebentar hingga proses instalasi selesai.

cara install moodle di Hosting

Jika Moodle berhasil terinstall, maka akan muncul seperti gambar berikut ini. Untuk menuju ke halaman Moodle, silahkan klik langsung ke alamat URL. Begitu juga ketika kamu ingin mengakses halaman admin, silahkan tulis namadomain/admin.

cara install moodle di Hosting

6. Mengakses Moodle

Kamu bisa mengakses Moodle dengan memasukkan username dan password admin sesuai yang tadi diinputkan pada saat proses instalasi.

cara install moodle di Hosting

Kesimpulan

Cara install Moodle di Hosting sangat mudah bukan? Dengan menggunakan CMS Moodle kamu bisa membuat tes online, memasukkan modul pembelajaran, memberikan kursus online setiap minggu dan sebagainya. Selain Moodle, ada banyak CMS lain yang bisa kamu install melalui Softaculous lho! Seperti install WordPress di Hosting, membuat toko online dengan Prestashop ataupun membuat toko online dengan OpenCart. Tertarik menggunakan hosting murah DomaiNesia? Yuk cek Hosting Murah DomaiNesia.


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!