Panduan Instalasi Prestashop di cPanel Melalui Softaculous

Introduction

Softaculous merupakan fitur tambahan di cPanel yang akan mempermudah anda dalam instalasi berbagai cms (content management system) seperti wordpress, prestashop, drupal dan sebagainya. DomaiNesia telah memberikan segala kemudahan bagi customer dalam instalasi cms sebagai contoh prestashop. Prestashop merupakan salah satu cms e-commerce yang cukup populer di kalangan masyarakat. Selain berbasis open source alias free license, prestashop ini mudah digunakan, serta mendukung berbagai metode pembayaran seperti Google Checkout, Authorize, Skrill, PayPal dan Payments Pro. Dengan adanya prestashop ini, anda tidak perlu membuat system e-commerce dari nol. Anda cukup melakukan instalasi dan setting beberapa rules dari toko yang ingin dibuat. Bagi customer yang ingin membuat system e-commerce atau toko online maka anda dapat melakukan proses instalasinya menggunakan Softaculous.

Instalasi Prestashop di Softaculous

Adapun panduan instalasi prestashop melalui Softaculous yaitu,

Step 1 – Login cPanel Hosting

Masuk ke dalam cPanel anda melalui http://namadomain/cpanel, lalu login sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting. Apabila bingung, silahkan baca Panduan Login cPanel.
enter image description here

Step 2 – Memilih Softaculous

Kemudian masuk ke halaman cPanel. Pada kolom pencarian ketikkan “softaculous” lalu pilih Softaculous Apps Installer
enter image description here

Step 3 – Memilih Prestashop

Maka anda akan diarahkan ke dashboard Softaculous. Terdapat berbagai macam Content Management System (CMS) yang dapat anda pilih. Untuk melakukan instalasi, maka pilih Prestashop.
enter image description here

Step 4 – Melakukan Instalasi Prestashop

Kemudian anda akan masuk ke halaman Prestashop di Softaculous. Anda dapat melihat beberapa fitur prestashop, screenshots, review dan sebagainya. Terdapat berbagai versi yang dapat anda pilih yaitu versi 1.6.1.5 dan 1.4.11.1. Pilih Install Now untuk melakukan proses instalasi.
enter image description here
Setelah itu, anda harus mengisi beberapa konfigurasi. Pertama, pada kolom Software Setup. Pada bagian Choose Version, isikan versi prestashop yang diinginkan. Pada bagian Choose Protocol, apabila website anda menggunakan SSL maka diisi https://. Apabila tidak, biarkan default http://. Pada bagian Choose Domain, isikan nama domain yang anda miliki. Domain ini akan menjadi domain dari toko online yang akan anda buat. Lalu kosongkan pada bagian In Directory, agar prestashop terinstall di dalam domain langsung.
enter image description here
Kedua, pada kolom Site Settings masukkan judul dan deskripsi dari toko online yang akan dibuat. Isikan sesuai dengan keinginan anda.
enter image description here
Ketiga masukkan email dan password dari yang akan digunakan untuk login toko online. Email dan password ini nantinya digunakan pada saat login di toko online anda. Jadi, jangan sampai lupa. Anda juga bisa memasukkan email toko anda sendiri lho. Bagi yang belum tahu cara membuat email dengan nama domain sendiri, bisa baca Panduan Membuat Email dengan Domain Sendiri. Setelah itu, masukkan juga nama depan dan nama belakang anda.
enter image description here
Setelah itu, klik tanda “+” pada Advanced Options untuk melakukan konfigurasi databasenya. Isikan nama database, dan table. Anda dapat mengatur notifikasi update, auto upgrade, automatic backup maupun kuota backup. Untuk lebih mudahnya, biarkan default saja. Anda juga dapat mengetahui detail instalasinya di email anda. Maka pada form email installation details to isikan alamat email anda. Apabila telah selesai, maka klik Install.
enter image description here

Step 5 – Instalasi Prestashop Selesai!

Setelah klik Install, silahkan tunggu hingga proses instalasi hingga selesai.
enter image description here

Bagaimana Cara Mengakses Toko Saya?

Setelah proses instalasi selesai, maka akan muncul informasi mengenai domain yang anda gunakan tadi. Untuk mengakses toko online yang anda buat maka cukup mengakses URL yang terdapat dalam informasi tersebut. Untuk mengakses dashboard admin, anda dapat menambahkan /admin123 setelah domain utama seperti gambar berikut. Untuk halaman admin, anda harus menyesuaikannya dengan admin folder yang tadi dibuat. Untuk lebih jelasnya, anda dapat mengakses Panduan Membuat Toko Online dengan Prestashop.
enter image description here

Closing

Anda dapat membuat toko online dengan mudah di DomaiNesia. Selain menggunakan fitur Instant Deploy, anda dapat menggunakan fitur Softaculous di cPanel. Selain mudah dan cepat, dengan menggunakan Softaculous anda tidak perlu melakukan konfigurasi satu per satu. Pengen beli Hosting sekalian dengan Domain? Plus harganya murah dan nggak pakai ribet? Cek aja www.domainesia.com! Tim Support Kami akan senantiasa membantu 🙂

Panduan dibuat khusus untuk pelanggan DomaiNesia, jika ada perbedaan dalam fitur/layanan dengan layanan yang Anda pakai, silakan hubungi penyedia layanan Anda.

Pindah ke DomaiNesia

Migrasi
Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Related Articles