Cara Cepat Mengganti Port SSH Cloud VPS

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Cara Cepat Mengganti Port SSH Cloud VPS – Cara cepat mengganti port SSH Cloud VPS dapat dilakukan di sistem operasi Ubuntu, Debian, CentOS, Fedora, OpenSuse, Almalinux, dan Rockylinux.

Penggantian port SSH bertujuan supaya keamanan Cloud VPS lebih aman atau tidak mudah dihack oleh hacker. Default port SSH dari server sendiri adalah port 22.

Jadi untuk meningkatkan keamanan lebih, kamu perlu mengganti port SSH di Cloud VPS. Mengganti port SSH Cloud VPS sangatlah mudah. Cukup menjalankan satu command saja. Bagaimana cara cepat mengganti port SSH di Cloud VPS?

Cara Cepat Mengganti Port SSH Cloud VPS

Berikut ini langkah- langkah mengganti port SSH Cloud VPS dengan cepat, antara lain :

1. Login MyDomaiNesia

Buka MyDomaiNesia pada web browser kamu. Lalu masukkan username dan password. Username dan password ini merupakan akun pada saat register di DomaiNesia sebelum pembelian domain maupun hosting.

Setelah itu kamu akan diarahkan ke dashboard MyDomaiNesia. Pada dashboard MyDomaiNesia, kamu bisa mengetahui produk apa saja yang dibeli. Untuk mengganti port SSH di Cloud VPS, silahkan klik My Services dan pilih Cloud VPS yang akan diganti port SSH nya.

2. Mengakses Console Cloud VPS

Sekarang kamu berada di dashboard Cloud VPS. Untuk mengakses Console kamu bisa klik Launch Console di samping kanan atas.

Lalu kamu akan diminta untuk memasukkan Console Password demi keamanan Console. Maka dari itu silahkan klik ikon copy pada kolom Console Password seperti gambar di bawah ini.

Setelah itu paste ke dalam kolom seperti gambar di bawah ini.

Kemudian tunggu sebentar hingga muncul login Cloud VPS. Apabila halaman login seperti gambar di bawah ini tidak muncul, silahkan klik halaman console kemudian tekan Enter pada keyboard. Setelah itu, silakan memasukkan root lalu masukkan password Cloud VPS.

3. Mengganti Port SSH Cloud VPS

Untuk mengganti port SSH Cloud VPS, cukup menjalankan satu command berikut ini.

port ssh cloud vps

Catatan : Pastikan kamu tidak salah dalam mengetik command diatas

Setelah itu masukkan nomor port SSH yang baru. Port SSH yang bisa kamu masukkan dalam rentang port 22 hingga port 65535. Pada panduan cara cepat mengganti port SSH Cloud VPS kali ini menjad port 63000.

Apabila sudah, langsung saja tekan Enter pada keyboard. Dan ketik y untuk melihat status SSH. Mudah sekali bukan? Cukup satu command saja port SSH Cloud VPS akan terganti.

*Penting! Pastikan Anda melakukan logout (ctrl+d atau exit command) apabila telah selesai mengakses Launch Console.

Kesimpulan

Dengan mengganti port SSH Cloud VPS, kamu telah melindungi Cloud VPS dari tindakan berbahaya salah satunya hacking. Sehingga dari sisi keamanan Cloud VPS menjadi lebih aman. Memang ada berbagai cara dalam mengganti port SSH di Cloud VPS. Namun DomaiNesia memilih cara cepat mengganti port SSH Cloud VPS. Cukup menjalankan satu perintah command pada console atau terminal saja maka port SSH akan berhasil diganti.

Baca Juga : Cara Membaca Grafik Cloud VPS DomaiNesia

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah