Home  »  Hosting   »   Cara Menggunakan GIT Version Control di cPanel

Cara Menggunakan GIT Version Control di cPanel

Last Update:
No ratings yet.

cara menggunakan git version control di cpanel
Hi DomaiNesians! Masih ingat dengan GIT? GIT adalah salah satu jenis Versions Control System (VCS) yang dapat mencatat setiap perubahan dari project yang sedang dikerjakan. GIT ini bersifat open source dan dapat digunakan secara gratis. Dengan hadirnya GIT, pekerjaan developer semakin mudah. Kamu dapat mengubah versi dari project secara otomatis tanpa harus melakukan penyimpanan manual, melakukan duplikasi project, serta melakukan penyimpanan project secara bertahap. Nah, sekarang ini di cPanel Hosting DomaiNesia hadir fitur baru yaitu GIT Version Control. Jadi buat kamu yang suka bermain GIT dan malas untuk melakukan akses SSH, kamu dimudahkan dengan menu baru dari cPanel Hosting. Pada panduan ini kamu bisa mengikuti cara menggunakan GIT Version Control di cPanel.

Ingat, GIT Version Control hanya dapat digunakan minimal Paket Hosting Super ya!

Cara Menggunakan GIT Version Control di cPanel

Adapun cara menggunakan GIT Version Control di cPanel adalah,

Dari Komputer ke Hosting

Pada panduan kali ini akan dilakukan remote dari komputer lokal ke hosting. Misalnya kamu memiliki script di komputer, kemudian kamu ingin menjadikan hosting sebagai remote repository seperti layaknya Github atau Bitbucket. Kamu harus melakukan perintah PUSH agar script yang kamu ubah dapat terintegrasi dari komputer yang di lokal ke hosting. Jadi, kamu dapat melakukan perubahan script di di komputer/ laptop lalu melakukan sinkronisasi ke hosting.

1. Login cPanel Hosting

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah login ke cPanel. Login cPanel dapat melalui https://namadomain/cpanel, sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting. Bagi kamu yang belum tahu cara login cPanel, silahkan baca di Cara Login cPanel Hosting.

cara menggunakan git version control di cpanel

2. Memilih GIT Version

Setelah masuk ke cPanel Hosting, silahkan tulis “git” pada bagian kolom pencarian. Maka akan muncul menu GIT Version Control. Silahkan klik menu tersebut.

cara menggunakan git version control di cpanel

3. Membuat Repositori

Tunggu sebentar hingga diarahkan ke halaman Git Version Control. Silahkan klik Create.

cara menggunakan git version control di cpanel

Pada bagian Repository Path, silakan tulis path/ letak repositori di cPanel Hosting yang kamu mau. Kemudian pada bagian Repository Name silakan tulis nama repositorinya. Jika sudah, silakan klik Create.

4. Melakukan Duplikasi Project ke Hosting

Silakan tunggu sebentar maka akan ada panduan perintah push yang dapat kamu lakukan. Kamu hanya perlu copy beberapa perintah tersebut di terminal/ konsol yang ada di komputer.

Jika kamu sudah memiliki project, silakan masuk ke project tersebut dengan perintah:

Setelah itu tambahkan setting origin. Kali ini yang menjadi remote repository yaitu hosting.

Setelah itu, silakan lakukan push ke hosting.

Jika kamu belum memiliki project, dan repositori tersebut masih baru, bisa ikuti perintah yang bertuliskan To start a new project.

Silakan clone/ duplikasi repository yang ada di hosting ke komputer lokal terlebih dahulu,

Kemudian masuk ke direktori tersebut dengan perintah,

Catatan: namarepo merupakan nama repository yang telah dibuat di hosting

5. Membuat File .cpanel.yml

File .cpanel.yml ini digunakan untuk mengarahkan repository tersebut akan dideploy dimana. Misalnya di domain utama atau di subdomain. File .cpanel.yml ini dibuat di repository yang ada di hosting ya. Bukan di lokal komputer kamu. Silakan buat file .cpanel.yml kemudian copy script di bawah ini,

Pada bagian export DEPLOYPATH=/home/websites/tutorial.websitesaya.net silakan disesuaikan dengan URL direktori domain atau subdomain yang diinginkan.

Kemudian buat file README. File README.md ini bertujuan untuk mempermudah pembaca mengenai detail project.

Setelah itu tambahkan file README dengan perintah berikut,

Untuk menambahkan catatan tentang perubahan yang dilakukan bisa lakukan commit,

Setelah selesai, kamu bisa lakukan push ke hosting. Push artinya kamu akan memindahkan script yang dirubah dari komputer lokal ke hosting.

Ketika proses push, kamu juga harus memasukkan password cPanel. Silakan masukkan password cPanel dan jika berhasil akan muncul seperti berikut,

Setelah dilakukan push, coba cek File Direktori.

Pada kasus panduan ini, repository yang yang digunakan yaitu /home/websites/namarepo. Setelah di push, di dalam repository terdapat file .cpanel.yml.


Sedangkan subdomain yang ingin digunakan yaitu tutorial.websitesaya.net . Subdomain ini berisi file website yang diunggah ke repository.

Informasi Repositori

Silakan klik Manage pada bagian list Repository. Terdapat beberapa hal yang penting disini.

Repository Path: merupakan letak direktori/ folder yang digunakan sebagai repository

HEAD Commit: digunakan untuk melihat informasi dari perintah commit yang dilakukan. Git Commit berfungsi untuk memberikan catatan dari versi project. Jadi, kamu bisa tahu deretan SHA-1 yang digunakan untuk melakukan commit, tanggal commit (Commit Date), serta commit message (catatan yang diberikan).

Clone URL: merupakan URL yang akan digunakan untuk dilakukan perintah git clone

Untuk melihat History, silakan klik History. Terdapat riwayat atau rekam jejak dari apa yang dilakukan terhadap repository. Misalnya, penambahan file tertentu, melakukan perubahan apa, siapa yang melakukan perubahan dan sebagainya.

Menghapus Repositori

Untuk menghapus repositori yang dibuat, silakan klik Delete. Tunggu sebentar hingga muncul tulisan Are you sure that you want to delete the “repobaruu” repository? All of the repository’s files will be permanently deleted. Lalu klik Delete.

Kesimpulan

Cara menggunakan Git Version Control di cPanel sangatlah mudah. Apalagi dengan hadirnya menu baru di cPanel Hosting, kamu tidak lagi harus membuat repositori baru melalui akses SSH via konsol. Hal ini sangat mempermudah kamu khususnya para pemula yang ingin belajar tentang Version Control. Bagi kamu yang kurang tahu apa itu SSH, silahkan baca Ketahui Lebih Lanjut Tentang SSH. Jika hosting kamu tidak dapat melakukan SSH, itu berarti Hosting kamu butuh diupgrade! Silakan lakukan upgrade Hosting Murah ke minimal Paket Hosting Super agar kamu bisa melakukan SSH!

Please rate this


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!