Home  »  Permulaan   »   Panduan Login cPanel

Panduan Login cPanel

Last Update:

login cpanel

Apakah anda pernah mendengar kata cPanel? Pada saat pertama kali membeli hosting di DomaiNesia, tentu saja anda mendapatkan akun cPanel. Bahkan ketika membaca berbagai panduan yang ada di DomaiNesia, kata cPanel pasti serasa tidak asing. Lalu sebenarnya apa sih cPanel itu. Pada panduan kali ini akan dibahas mengenai apa itu cPanel serta cara login cPanel di DomaiNesia.

Apa itu cPanel?

cPanel merupakan singkatan dari Control Panel. Menurut Wikipedia, cPanel adalah sebuah control panel web hosting yang memberikan tampilan grafis dan peralatan automasi yang dibuat untuk memudahkan proses hosting di sebuah situs web. Pada intinya, cPanel merupakan suatu panel pengaturan utama pada hosting. Panel pengaturan ini akan mempermudah anda dalam pengaturan segala hal yang berhubungan dengan domain atau hosting. Apabila diibaratkan, cPanel ini merupakan suatu lemari yang berisi banyak barang yang dapat anda atur. Barang tersebut dapat berupa email, SSL, file website, software, domain, database maupun software.

Apa yang Dapat Anda Lakukan di cPanel?

Anda dapat melakukan pengaturan apapun di cPanel. Karena cPanel ini merupakan suatu panel yang mempermudah anda dalam pengelolaan domain maupun hosting. Seperti membuat subdomain, menambahkan add on domain, pengaturan SSL, pengaturan email, pengelolaan file website, melakukan backup, pengelolaan database bahkan melakukan instalasi software melalui softaculous.

Bagaimana Cara Login cPanel DomaiNesia?

Sebelum anda melakukan pengaturan dan pengelolaan domain dan hosting, maka anda harus melakukan login terlebih dahulu di cPanel. Adapun cara login cPanel yaitu sangat mudah. Oiya jangan lupa untuk dapat login ke cPanel DomaiNesia, anda diharuskan memiliki layanan hosting terlebih dahulu. Tenang, bagi anda yang belum memiliki layanan hosting di DomaiNesia, silahkan kunjungi https://www.domainesia.com/hosting/ . Kami memiliki berbagai macam jenis Hosting dengan harga dan fitur yang beragam.

1. Cek Email Anda!

Setelah anda membeli layanan Hosting di DomaiNesia, Kami akan segera mengirimkan email kepada anda mengenai informasi account hosting. Email tersebut berisi detail akun hosting seperti detail login cPanel, informasi server, FTP, setting email dan sebagainya.
cara login cpanelUntuk melakukan login di cPanel, silahkan scroll ke bagian Detail Login cPanel. Pada bagian tersebut terdapat berbagai informasi mengenai cPanel yang anda miliki. Seperti username, password serta Control Panel URL.
cara login cpanel

2. Login ke cPanel DomaiNesia

Adapun cara login ke cPanel yaitu, silahkan buka web browser yang anda miliki seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Safari atau yang lainnya. Terdapat 2 cara login cpanel.

Cara Pertama
Silahkan tulis https://namadomain/cpanel. Misalnya nama domain anda tokokertas.com. Untuk masuk ke cPanel silahkan tulis https://www.tokokertas.com/cpanel. Tulis username dan password sesuai dengan detail login cPanel pada email yang Kami kirimkan.
cara login cpanel

Cara Kedua
Silahkan klik pada Control Panel URL yang terdapat dalam Detail Login cPanel yang Kami kirimkan melalui email. Misalnya, https://leona.rapidplex.com/cpanel. Perlu diketahui bahwa Leona tersebut merupakan nama server yang menaungi hosting yang anda miliki. Setelah itu masukkan username dan password cPanel.
cara login cpanel Setelah salah satu cara login cPanel tadi anda lakukan, maka tunggu sebentar. Anda akan diarahkan ke halaman cPanel dari hosting.
cara login cpanelMelalui kontrol panel (cpanel) ini, pengelolaan domain dan hosting dapat dengan mudah dilakukan. Jika bosan dengan tampilan yang itu- itu saja, anda juga dapat mengubah tampilan cPanel lho. Untuk mengubah tampilan cPanel, silahkan baca di Panduan Mengubah Style cPanel.

Saya Tidak Bisa Login!

Hmmm… Jangan Panik! Hal pertama yang harus anda lakukan yaitu tarik nafas kemudian buang lewat mulut lalu rileks. Kedua, coba masuk ke browser lagi. Lalu tulis

pada address bar browser. Jika tidak bisa juga, maka tulis

. “yourdomain” merupakan alamat website anda. Kegagalan pada saat login di cPanel dikarenakan firewall yang memblokir akses anda.

Kesimpulan

Segala kemudahan telah ditawarkan oleh DomaiNesia. Salah satunya dengan adanya cPanel ini. cPanel merupakan salah satu kontrol panel yang berfungsi untuk pengaturan domain serta hosting. Cara login cPanel pun sangat mudah. Tulis namadomain/cpanel lalu masukkan username serta passwordnya. Untuk mengganti password di cPanel silahkan baca di Cara Mengganti Password cPanel. Selain melalui cara tersebut, anda juga dapat langsung melakukan klik pada Control Panel URL yang ada di detail akun hosting. Mudah bukan?


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!