Panduan Membuat Database MySQL di cPanel

Introduction

Database merupakan hal yang penting dalam suatu website. Semua data di dalam website akan disimpan dalam database. Terdapat berbagai macam jenis database, salah satunya MySQL. Database MySQL merupakan salah satu database yang paling terkenal diantara yang lainnya. Karena kemudahan yang ditawarkan dan free dalam penggunaan alias gratis. Anda dapat membuat database MySQL di cPanel DomaiNesia dengan mudah.

Cara Membuat Database MySQL

Adapun langkah- langkah dalam membuat database MySQL di cPanel yaitu,

Step 1 – Login cPanel Hosting

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah login ke cPanel. Login cPanel dapat melalui http://namadomain/cpanel, sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting. Bagi anda yang belum tahu cara login cPanel, silahkan baca di Cara Login cPanel Hosting.
enter image description here

Step 2 – Memilih MySQL Database Wizard

Pada form pencarian ketikkan “database” kemudian pilih MySQL Database Wizard. Sebenarnya anda dapat menggunakan MySQL Databases ataupun MySQL Database Wizard untuk membuat database mysql di cPanel. Namun, agar lebih mudah maka anda dapat menggunakan MySQL Database Wizard.

enter image description here

Step 3 – Membuat Database

Setelah itu anda akan diarahkan ke MySQL Database Wizard. Di dalam MySQL Database Wizard anda akan diarahkan step by step membuat database MySQL di cPanel. Tuliskan nama database yang anda ingin buat. Lalu klik Next Step
enter image description here

Step 4 – Membuat User dan Password Database

Kemudian anda akan diarahkan ke step 2. Yaitu membuat user database. Isikan sesuai keinginan anda. Dari mulai username dan password yang akan digunakan dalam database. Setelah selesai maka klik Create User
enter image description here

Step 5 – Mengatur Hak Ases User

Anda dapat menyesuaikan hak akses user sesuai dengan keinginan. Untuk memberikan seluruh hak akses, maka berikan tanda centang pada All Privileges.
enter image description here

Step 6 – Database Berhasil Dibuat

Setelah step by step dilewati maka user dan database MySQL telah terbentuk dengan sempurna seperti gambar di bawah ini.
enter image description here

Melihat Database

Nah, sekarang anda dapat melihat database dan username password yang telah berhasil dibuat tadi. Pada kolom pencarian, silahkan cari MySQL Database. Lalu klik MySQL Database.

Nah pada halaman MySQL Database ini dapat dilihat database apa saja yang terdapat di dalam Hosting. Pada bagian Current Databases, anda dapat melihat semua database yang ada di Hosting. Pada bagian Current Users, anda dapat melihat Database User. Apabila anda lupa password, maka silahkan klik Remove Password untuk mengganti password database user. Bagi para developer, keberadaan MySQL tidak terlepas dari software phpMyAdmin. Untuk itu, bagi anda yang ingin melakukan instalasi phpMyAdmin silahkan baca Cara Install phpMyAdmin.

Closing

Database merupakan hal yang penting dalam suatu website. Salah satu jenis database yang paling populer yaitu MySQL. Di dalam cPanel DomaiNesia anda dapat membuat database ini dengan mudah. Untuk mengetahui promo diskon domain hosting DomaiNesia, silahkan cek PROMO HOSTING. Bagi anda yang ingin melihat lihat harga domain murah di DomaiNesia, silahkan cek domain murah DomaiNesia 🙂

Panduan dibuat khusus untuk pelanggan DomaiNesia, jika ada perbedaan dalam fitur/layanan dengan layanan yang Anda pakai, silakan hubungi penyedia layanan Anda.

Pindah ke DomaiNesia

Migrasi
Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Related Articles

  • Randy Achmad

    untuk cara mengkoneksikan db, menggunakan hostname yg mana? maaf saya newbie 🙂

    • Halo, mohon maaf atas keterlambatan respon kami. Untuk hostname menggunakan localhost, terima kasih