Home  »  Permulaan   »   Panduan Instalasi Opencart

Panduan Instalasi Opencart

Last Update:

cara mudah instalasi opencart untuk toko online

Apa itu Opencart?

Opencart merupakan salah satu Content Management System (CMS) yang berfungsi sebagai website e-commerce/ toko online. Bagi anda yang ingin memiliki sebuah toko online, namun tidak ingin ribet dalam pembuatan website e-commerce maka CMS Opencart ini merupakan salah satu solusi yang dapat digunakan. Anda hanya cukup melakukan instalasi, melakukan sedikit konfigurasi, menambahkan produk beserta harganya maka toko online pun telah jadi.

Mengapa Memilih Opencart?

Sebenarnya banyak Content Management System (CMS) yang berfungsi sebagai toko online seperti Prestashop, Magento dan sebagainya. Namun dibandingkan dengan yang lainnya, Opencart ini dari segi tampilan cukup simpel dan elegan. Mudah digunakan, banyak fitur, user friendly, serta search engine support. Selain itu, Opencart ini merupakan salah satu CMS yang tergolong Open Source.

Panduan Instalasi Opencart

Adapun panduan dalam melakukan instalasi Opencart yaitu cukup mudah. Terdapat beberapa cara dalam melakukan instalasi Opencart. Pertama, anda dapat melakukan instalasi di localhost terlebih dahulu dengan mendownload file Opencart di web resmi Opencart. Kemudian setelah selesai konfigurasi, maka anda dapat melakukan upload file website di hosting. Atau menggunakan cara kedua yang lebih mudah yaitu melakukan instalasi melalui Softaculous Apps Installer. Adapun langkah- langkahnya yaitu,
1. Masuk ke dalam cPanel anda melalui https://namadomain/cpanel,
enter image description here
lalu login sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting
enter image description here
2. Kemudian masuk ke halaman cPanel. Pada kolom pencarian ketikkan “softaculous” lalu pilih “Softaculous Apps Installer
enter image description here
3. Maka anda akan diarahkan ke dashboard Softaculous. Terdapat berbagai macam Content Management System (CMS) yang dapat anda pilih. Untuk melakukan instalasi Opencart, maka silahkan tuliskan Opencart di kolom pencarian. Setelah itu klik Opencart.
enter image description here
4. Maka anda akan diarahkan ke halaman installer Opencart. Anda dapat melihat versi, fitur yang ada, screenshots, demo, review serta ratings dari Opencart itu sendiri. Untuk melakukan instalasi CMS Opencart, silahkan klik Install Now.
enter image description here
5. Kemudian silahkan isi data- data yang menjadi basic dari proses instalasi Opencart. Pada bagian Software Setup silahkan isi versi dari OpenCart yang ingin diinstal, memilih domain, serta protokol yang digunakan (apabila domain anda menggunakan SSL, silahkan pilih HTTPS). Kosongkan pada bagian In Directory sehingga Opencart akan langsung terinstall di folder root.
enter image description here
6. Pada bagian Store Settings. Tuliskan nama toko, deskripsi toko, nama pemilik dan alamat toko yang anda ingin miliki.
enter image description here
7. Kemudian pada bagian Admin Account silahkan tulis username, password, email, serta nama admin. Username dan password ini nantinya digunakan untuk login ke dashboard admin Opencart.
enter image description here
8. Klik pada Advanced Options untuk mengaktifkan fitur Advanced. Fitur ini digunakan untuk menentukan nama database yang akan dibuat serta pilihan backup website. Anda dapat melakukan backup website secara berkala. Setelah itu klik Install.
enter image description here
9. Tunggu proses instalasi hingga selesai.
enter image description here
10. Setelah proses instalasi selesai, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Anda dapat langsung melihat hasil instalasi Open Cart dengan melakukan klik pada URL yang telah disediakan. Untuk melihat dashboard admin, anda dapat menambahkan /admin setelah URL. Atau dapat langsung melakukan klik pada Administrative URL.
enter image description here
11. Setelah URL admin di klik, maka akan muncul halaman login. Tuliskan username dan password yang telah anda isi pada saat proses instalasi berlangsung. Setelah itu klik Login.
enter image description here
12. Maka anda akan diarahkan ke dashboard admin Opencart.
enter image description here

Catatan:
Bagi domain yang telah terpasang SSL, maka biasanya akan ada error pada saat proses instalasi misalnya icon pada Opencart tidak terlihat. Namun, jangan khawatir anda dapat melakukan konfigurasi pada beberapa file yaitu,
Config.php pada folder root

Config.php pada folder admin

.htaccess (untuk mengarahkan ke HTTPS)

Apabila tetap belum bisa maka silahkan anda buka folder Opencart melalui File Manager. Kemudian cari file yang ada di System > Config > catalog.php dan System > Config > admin.php. Pada bagian $_['site_ssl'], diubah menjadi true.

Closing

Opencart merupakan salah satu CMS e-commerce yang cukup populer selain Prestashop atau Magento. Opencart ini memiliki keunggulan yaitu mudah digunakan, user friendly, open source dan memiliki banyak fitur. Selain itu, proses instalasi dan konfigurasinya juga cukup simpel. Dengan Opencart ini, pembuatan toko online anda akan semakin mudah.


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!