Home  »  Permulaan   »   Tanya Jawab Soal Domain dan Hosting yuk!

Tanya Jawab Soal Domain dan Hosting yuk!

Last Update:

Apa itu Domain dan Hosting? Domain merupakan alamat dari sebuah website. Hosting merupakan media untuk menyimpan data dalam bentuk tulisan, gambar atau video dimana nantinya akan dikemas dalam suatu bentuk yang sering disebut website. Sedangkan website merupakan halaman yang berisi informasi. Apa itu Ekstensi Domain? Ekstensi domain merupakan akhiran dari domain. Apa itu Domain ID? Apa itu Domain TLD? Apa sih cPanel? Apa sih Subdomain? Semua istilah yang berkaitan dengan dunia website, domain dan hosting dapat anda ketahui dengan mudah dalam artikel ini.

domain dan hosting

Introduction

Bingung dengan berbagai istilah dalam dunia domain dan hosting? Apa sih sebenarnya hubungan antara domain dan hosting? Lalu apa dampaknya kalau website kita cuman dipasang domain saja? Apa saja keuntungan Hosting di DomaiNesia? Apakah ada website yang bebas dan aman dari serangan hacker? Saya orang awam dan baru pemula dalam dunia website, apakah saya perlu mengerti bahasa pemrograman untuk membuat toko online? Budget saya terbatas nih, adakah paket hemat domain dan hosting dengan harga murah?

atau

Di DomaiNesia ada fitur afiliasi nggak sih? Bisa nggak kita mendapatkan duit atau komisi dari afiliasi tersebut? Kalau mau jadi reseller domain apa bisa? Duh.. udah terlanjur pasang hosting di tempat lain tapi website saya error terus, pengen pindah ke DomaiNesia gimana caranya ya? Saya pengen bikin domain dengan nama blog.websitesaya.com bisa nggak ya?  DomaiNesia punya server di mana aja? Apakah ada panduan atau tutorial bagi pemula untuk membuat website?

Hmm.. banyak sekali pertanyaan yang terlintas di kepala ya ketika baru pertama kali mengenal dunia website. Nah, untuk itu coba deh anda baca beberapa pertanyaan dan jawaban berikut ini. Pertanyaan- pertanyaan ini sering sekali ditanyakan customer lho. Eitss.. anda juga bisa bertanya langsung kepada kami juga lho! Jangan ragu untuk menghubungi Tim Support DomaiNesia melalui kirim tiket, kirim email ke support@domainesia.com, atau via chat 😀

Baca Juga: Tips Memilih Hosting Bagi Pemula

Apa itu Domain dan Hosting? Apa itu SSL dan Websites?

Domain merupakan alamat dari sebuah website. Hosting merupakan media untuk menyimpan data dalam bentuk tulisan, gambar atau video dimana nantinya akan dikemas dalam suatu bentuk yang sering disebut website. Sedangkan website merupakan halaman yang berisi informasi. Untuk mengakses website, diperlukan domain dan hosting. Serta SSL untuk mengamankan website. Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel Pengertian Domain, Hosting, SSL dan Website. DomaiNesia juga memiliki ilustrasi yang menarik untuk memudahkan anda.

Apa itu Ekstensi Domain?

Ekstensi domain merupakan akhiran dari domain. Misalnya terdapat doman situsanda.com. Nah .com inilah yang dinamakan ekstensi domain. Terdapat berbagai macam ekstensi domain baik domain TLD dan domain ID. Untuk lebih jelasnya, silahkan buka Panduan Memilih Ekstensi Domain.

Apa itu Domain TLD?

Domain TLD (Top Level Domain) merupakan kata yang berada paling kanan dari suatu domain alias bagian belakang dari domain. Misalnya, www.domainesia.com. Maka .com inilah yang menjadi Top Level Domain. Biasanya domain .com, .net. .org, .edu dan sebagainya disebut dengan domain TLD. Untuk lebih jelasnya silahkan baca Perbedaan Level Domain

Apa itu Domain ID?

Domain ID (Indonesia) merupakan suatu domain khusus untuk website di Indonesia. Sebenarnya domain ini termasuk ccTLD (countrycode) khusus Indonesia namun masyarakat lebih familiar dengan sebutan domain .ID. Semua ekstensi domain .ID dikelola oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia). Sehingga, untuk melakukan pendaftaran domain .ID seperti .id, .co.id, .ac.id, .or.id dan sebagainya anda harus melakukan upload dokumen seperti KTP, surat keterangan, dll. Untuk lebih jelasnya silahkan baca Panduan Upload Dokumen Syarat Aktivasi Domain ID.

Apa itu Instant Deploy?

Instant Deploy merupakan salah satu fitur DomaiNesia yang memudahkan pelanggan untuk membuat website. Melalui fitur Instant Deploy DomaiNesia, anda dapat membuat website hanya dengan sekali klik. Cukup memilih kategori website yang diinginkan, memilih jenis hosting dan domain, kemudian memasukkan email serta password yang berguna untuk pengelolaan website. Maka website anda siap untuk digunakan. Bagi anda yang kurang mengerti tentang bahasa pemrograman serta tidak ingin ribet membuat website dari nol, Kami sarankan untuk menggunakan fitur ini. Untuk lebih jelasnya, silahkan cek Panduan Instant Deploy DomaiNesia.

Apa itu cPanel Hosting?

cPanel merupakan singkatan dari Control Panel. cPanel merupakan suatu panel pengaturan utama pada hosting. Panel pengaturan ini akan mempermudah anda dalam pengaturan segala hal yang berhubungan dengan domain atau hosting. Anda akan mendapatkan akun cPanel ketika selesai order Hosting/ Web Apps. Untuk login ke cPanel Hosting, silahkan ikuti Panduan Login cPanel

Apa itu Custom Domain?

Custom domain merupakan salah satu trik untuk mengarahkan alamat blog dari *blogspot, *weebly, *tumblr ke domain anda. Misalnya dari catatansaya.blogspot.com diarahkan ke catatansaya.net. Untuk melakukan custom domain dari Blogspot silahkan ikuti Panduan Custom Domain ke Blogspot. Untuk melakukan custom domain dari Tumblr silahkan ikuti Panduan Custom Domain ke Tumblr.

Apa itu Kapasitas Hosting (Space Hosting)?

Kapasitas Hosting merupakan space/ ruang/ tempat untuk menyimpan informasi dari website. Seperti menyimpan file website, gambar, video, database dan sebagainya. Terdapat berbagai macam ukuran kapasitas Hosting dari mulai 300 MB, 750 MB, 2 GB hingga 48 GB.

Apa itu Upgrade dan Downgrade Hosting?

Upgrade merupakan upaya untuk meningkatkan layanan Hosting dari mulai kapasitas, service, ukuran RAM, hingga CPU. Sedangkan downgrade merupakan upaya untuk menurunkan layanan Hosting. Apabila website semakin berkembang, membutuhkan lebih banyak ruang untuk website, perlu service yang lebih maka upgrade hosting perlu dilakukan. Silahkan ikuti Panduan Upgrade dan Downgrade Layanan Hosting.

Apa itu Kirim Tiket?

Kirim Tiket merupakan sarana berkomunikasi antara pelanggan dengan DomaiNesia. Dengan mengirimkan tiket kepada DomaiNesia, maka Tim Support Kami akan membantu anda apabila mengalami kesulitan. Seperti misalnya website tidak jalan sebagaimana mestinya, tidak bisa order layanan, permintaan refund, indikasi spam dalam website dan sebagainya. Untuk kirim tiket kepada Kami, silahkan ikuti Panduan Kirim Tiket.

Apa itu Server Uptime?

Server uptime merupakan rata- rata lamanya server dalam melayani anda selama 1 bulan. DomaiNesia memberikan uptime 99,9% pada layanan dan koneksi jaringan kepada setiap pelanggannya.

Apa itu Status Server?

Status server merupakan informasi load (beban), up atau down suatu server. Apabila load server sudah tinggi, maka harus segera ditindak lanjuti. Untuk melihat status server secara realtime, silahkan ikuti Panduan Melihat Status Server.

Apa itu Unlimited?

Unlimited artinya tidak terbatas. DomaiNesia memiliki kapasitas bandwidth yang tidak terbatas untuk kebutuhan Hosting anda. Semakin tinggi kapasitas Hosting, maka database, email, dan addon domain pun akan unlimited juga.

Apa itu Addon Domain?

Addon domain merupakan domain tambahan yang diletakkan pada akun hosting. Salah satu cara yang dapat digunakan ketika anda ingin memiliki beberapa domain dalam satu hosting. Adapun panduannya bisa di baca di Panduan Addon Domain.

Apa itu Subdomain?

Subdomain merupakan bagian dari domain utama. Subdomain biasanya dibuat untuk membedakan fungsi dari website. Misalnya blog.websitesaya.net, docs.websitesaya.net dan sebagainya. Kata “blog” dan “docs” ini yang disebut subdomain. Adapun cara untuk membuat subdomain di hosting silahkan ikuti Panduan Membuat Subdomain di Hosting

Apa itu Aliases atau Parked Domain?

Aliases atau Parked Domain merupakan sebuah fitur yang berfungsi untuk mengarahkan sebuah domain ke domain yang lain. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti Panduan Setting Aliases.

Apa itu Transfer Domain?

Transfer domain merupakan salah satu proses pemindahan domain dari registrar lama ke registrar baru. Ingin melakukan transfer domain, silahkan baca Panduan Transfer Domain.

Apa itu registrar?

Registrar adalah penyedia layanan domain dan hosting.

Apa itu Migrasi Hosting?

Migrasi Hosting adalah proses perpindahan hosting dari penyedia hosting lama ke penyedia hosting baru.Biasanya dikarenakan beberapa hal misalnya penyedia hosting lama sering down, tidak profesional, teknologinya kurang canggih dan sebagainya.

Apa itu Client Area?

Client area merupakan suatu panel/ halaman khusus untuk pelanggan DomaiNesia yang berfungsi untuk pengelolaan semua domain (baik TLD maupun ID), name server, billing, melakukan upgrade dan downgrade, pengaturan DNS, menambah deposit, mendaftar program afiliasi dan melakukan kirim tiket kepada Tim Support. Kirim tiket dilakukan ketika anda mengalami permasalahan atau ingin bertanya masalah hal teknis kepada Kami. Adapun alamat halaman client area terletak di https://my.domainesia.com

Apa itu Kontrol Panel Domain?

Kontrol panel domain merupakan suatu halaman yang berfungsi untuk pengelolaan domain TLD (.com, .net, .org dan sebagainya) yang anda miliki. Pada halaman ini, anda hanya dapat mengelola domain saja. Adapun kontrol panel domain terletak di https://dash.domainesia.com/

Apa itu Kontrol Panel Domain ID?

Kontrol panel domain ID merupakan suatu halaman yang berfungsi untuk pengelolaan domain .ID yang anda miliki. Pada halaman ini anda dapat melakukan pengelolaan domain, upload dokumen dan sebagainya. Adapun kontrol panel domain ID terletak di https://myid.domainesia.com/tools/whois

Apa itu Kontrol Panel Reseller Domain?

Kontrol panel reseller domain merupakan suatu halaman yang berfungsi untuk pengelolaan yang berhubungan dengan reseller domain. Yaitu pengelolaan seperti mengetahui total domain yang dijual, banyaknya customer, total reseller, serta pengaturan halaman website. Terdapat 2 macam kontrol panel reseller domain yaitu, kontrol panel reseller domain TLD (https://www.domainesia.com/panduan/cara-mengelola-kontrol-panel-reseller-domain-tld/) dan kontrol panel reseller domain ID(https://www.domainesia.com/panduan/kontrol-panel-reseller-domain-id/).

Apa itu Virtual Server?

Virtual Server atau Virtual Private Server (VPS) adalah suatu teknologi virtualisasi di mana dapat membagi sumber daya sebuah server fisik menjadi beberapa bagian secara virtual. Untuk lebih jelasnya silahkan baca Panduan Virtual Server

Apa itu Domain Forwarding?

Domain forwarding bertujuan untuk membelokkan alamat URL website ke domain tertentu. Misalnya dari www.domainesia.com diarahkan ke alamat www.iniblogdomainesia.com. Ingirn lebih jelas lagi? Silahkan baca Panduan Setting Domain Forwarding.

Apa itu DNS Management?

DNS Management merupakan suatu halaman yang digunakan untuk pengelolaan DNS record. DNS record ini digunakan untuk mengarahkan domain ke hosting. Adapun panduannya, silahkan baca Apa itu DNS Management.

Apa itu Reseller Domain?

Reseller Domain merupakan salah satu program DomaiNesia yang memperbolehkan orang lain untuk dapat menjual kembali beberapa domain yang ada di DomaiNesia dengan harga sesuai keinginan. Seseorang yang menjual domain kembali ini disebut reseller. Untuk mendaftar reseller domain ID silahkan ikuti Panduan Reseller Domain ID. Untuk mendaftar reseller domain TLD silahkan ikuti Panduan Reseller Domain TLD.

Apa itu Program Afiliasi?

Afiliasi atau Referral merupakan salah satu sistem di mana anda akan merekomendasikan seseorang untuk membeli produk di DomaiNesia melalui suatu link. Kemudian anda akan mendapatkan sejumlah keuntungan, apabila orang yang anda rekomendasikan membeli produk di DomaiNesia. Untuk lebih jelasnya silahkan baca Panduan Afiliasi DomaiNesia.

Apa itu Deposit?

Deposit merupakan saldo yang terdapat di akun DomaiNesia anda.

Butuh Tutorial? Baca aja Panduan Lengkap Domain Hosting DomaiNesia


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!