Panduan Transfer Domain

cara transfer domain

Introduction

Transfer domain merupakan salah satu proses pemindahan domain dari registrar (penyedia layanan domain) lama ke registrar baru. Proses pemindahan domain ini sering dilakukan karena berbagai hal misalnya registrar lama pelayanannya kurang bagus, ingin menggabungkan domain dan hosting di satu registrar, pemindahan kepemilikan domain dan sebagainya. Jadi, apabila anda memiliki domain di registrar lain dan ingin memindahkannya di DomaiNesia dapat dengan mudah dilakukan melalui transfer domain.

Apakah Ada Syarat Tertentu Dalam Melakukan Transfer Domain?

Tentu saja ada. Hal ini dikarenakan proses pemindahan domain terjadi antara dua registrar yang berbeda. Sehingga, memerlukan syarat tertentu dalam melakukan pemindahan domain. Adapun syaratnya yaitu,
1. Memastikan bahwa pihak registrar baru memiliki domain TLD yang sama dengan yang anda miliki. Biasanya, sebagian besar registrar support domain yang termasuk dalam gTLD dan .id. Untuk mengetahui apa saja yang termasuk dalam domain gTLD maka dapat dibaca di Domain TLD.
2. Domain tidak expired
3. Domain yang akan ditransfer tidak boleh dalam keadaan lock
4. Masa aktif domain minimal 60 hari dari tanggal registrasi
5. Email pemilik domain harus dalam keadaan aktif. Email ini merupakan alamat email yang dulu digunakan untuk mendaftar domain. Anda dapat mengecek domain beserta alamat emailnya di WHOIS. Pastikan alamat email tersebut aktif.
6. Pemilik domain harus memiliki Kode EPP. Untuk lebih mengetahui tentang Kode EPP anda dapat membacanya di Apa itu Kode EPP?

Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Melakukan Transfer Domain?

Yang perlu dipersiapkan yaitu,
1. Pastikan nama domain harus dalam keadaan UNLOCK (tidak dikunci)
Anda dapat melakukan pengecekan di client area registrar lama. Pada halaman kelola domain di tab Registrar Lock. Pastikan statusnya TIDAK AKTIF (DISABLE).
2. Pastikan WHOIS Protection atau ID Protection harus dalam keadaan DISABLE (dimatikan)
Anda dapat melakukan pengecekan di client area registrar lama. Pada halaman kelola domain di tab Addons. Pastikan ID Protection statusnya TIDAK AKTIF.
3. Pastikan telah mengetahui Kode EPP untuk transfer domain
Anda dapat melakukan pengecekan di client area registrar lama. Pada halaman kelola domain di tab Management Tools, pilih Kode EPP.

Bagaimana Cara Melakukan Transfer Domain di DomaiNesia?

Adapun cara melakukan transfer domain di DomaiNesia yaitu,
1. Buka https://www.domainesia.com/ pada web browser. Kemudian scroll ke bagian bawah. Pada bagian Domain, klik Transfer Domain.
enter image description here
2. Maka anda akan diarahkan ke halaman transfer domain. Tulis nama domain yang akan ditransfer. Tunggu sebentar hingga muncul form kode EPP, durasi dan Addons. Kemudian tambahkan Kode EPP dari registrar lama. Pilih durasi pemesanan domain beserta Addons yang diinginkan. Setelah semua selesai maka klik Masukkan Troli.
enter image description here
3. Setelah itu, apabila tidak ada pesanan lain maka klik Selesaikan & Bayar
4. Tunggu beberapa saat hingga muncul invoice berupa daftar paket hemat domain dan hosting yang anda beli, rincian hosting dan domain, serta nomor rekening tujuan.
5. Kemudian, silakan melakukan pembayaran melalui salah satu metode pembayaran kami. Lalu anda dapat melakukan konfirmasi pembayaran.
6. Tunggu sebentar hingga anda mendapatkan email berupa persetujuan adanya proses pemindahan domain. Klik Approval Link (Approve Transfer Link) yang menyatakan anda setuju dengan proses pemindahan domain.
7. Setelah itu, anda dapat menunggu persetujuan dari registrar lama mengenai transfer domain tersebut. Biasanya proses transfer domain akan selesai dalam 5-7 hari.

Closing

Transfer domain merupakan proses pemindahan domain dari registrar lama ke registrar baru. Sebelum melakukan transfer domain, anda harus memenuhi beberapa persyaratan terlebih dahulu. Di DomaiNesia, anda dapat melakukan proses pemindahan domain secara langsung, mudah dan cepat.

Panduan dibuat khusus untuk pelanggan DomaiNesia, jika ada perbedaan dalam fitur/layanan dengan layanan yang Anda pakai, silakan hubungi penyedia layanan Anda.

Pindah ke DomaiNesia

Migrasi
Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Related Articles