Apa itu Kode EPP?

Oleh Mutiara Auliya

Introduction

Kode EPP merupakan kepanjangan dari Extensible Provisioning Protocol. Yang artinya yaitu suatu kode pengamanan untuk melakukan transfer nama domain. Tanpa kode ini anda tidak dapat melakukan transfer domain ke registrar lainnya. Atau dengan kata lain, kode ini merupakan suatu kode yang membuktikan bahwa nama domain ini milik anda dan bukan milik orang lain. Kode EPP terdiri dari kombinasi beberapa huruf dan angka yang sifatnya unik. Perlu diingat, bahwa kode tersebut hanya dimiliki oleh pemilik nama domain. Setiap pemilik nama domain berhak mendapatkan kode EPP yang sifatnya unik dan berbeda satu dengan yang lainnya.

Bagaimana Cara Mendapatkan Kode EPP?

Di DomaiNesia, anda dapat mengetahui kode tersebut dengan mudah. Adapun langkah- langkahnya yaitu,

1. Login MyDomaiNesia

Buka https://my.domainesia.com pada web browser anda. Lalu masukkan username dan password anda. Username dan password ini merupakan akun anda pada saat register di DomaiNesia sebelum pembelian domain maupun hosting.

2. Memilih Menu Domains

Maka anda akan diarahkan ke dashboard client area. Pada client area, anda dapat mengetahui produk apa saja yang dibeli. Untuk mengelola DNS, silahkan klik Domains. Tentukan domain mana yang ingin diarahkan DNS recordnya. Lalu beri tanda centang pada domain yang dipilih. Kemudian klik domain tersebut.

3. Memilih Get EPP Code

Untuk memilih Kode EPP, silahkan klik tab Settings. Lalu pilih Get EPP Code

4. Mendapatkan Kode EPP Domain

Kami perlu melakukan konfirmasi kepada user apakah benar-benar ingin mendapatkan kode EPP domain atau tidak. Hal ini karena kode EPP merupakan hal yang bersifat rahasia.  Jika kamu ingin meminta kode EPP domain , kamu bisa klik Yes.

Kamu perlu menunggu kode EPP domain sekitar 1×24 jam. Kemudian silahkan klik Done.

Closing

Kode EPP merupakan suatu kode pengamanan untuk melakukan transfer nama domain ke registrar lain. Bentuk kode ini berupa kombinasi huruf dan angka yang sifatnya unik. Kode tersebut berguna untuk memastikan hanya pemilik nama domain yang dapat mentransfer nama domainnya.

Mutiara Auliya

Hi! I am Data Analyst and Technical Writer at DomaiNesia. I love Linux, Python, Server, WordPress, Data Analysis and Artificial Intelligence. I will help you making some technically being easy to understand :)

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!