Panduan Wildcard Subdomain untuk Multisite Website

Introduction

Hi DomaiNesians!
Masih ingat dengan panduan membuat multisite domain dengan WordPress? Pada step keempat terdapat kalimat “agar subdomain WordPress dan Hosting sesuai (sinkron), maka anda harus membuat wildcard subdomain”. Ya, pada panduan kali ini akan dibahas mengenai cara membuat wildcard subdomain di cPanel Hosting. Pengen tahu caranya? Yuk ikuti step by step berikut ini.

Cara Membuat Wildcard Subdomain

Wildcard subdomain dapat digunakan ketika anda ingin mengarahkan subdomain ke folder tertentu/ ip tertentu. Adapun langkah- langkahnya yaitu,

Step 1 – Login cPanel Hosting

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah login ke cPanel. Login cPanel dapat melalui http://namadomain/cpanel, sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting. Bagi anda yang belum tahu cara login cPanel, silahkan baca di Cara Mudah Login cPanel Hosting.

Step 2 – Memilih Menu Subdomain

Kemudian, anda akan diarahkan ke dashboard cPanel DomaiNesia. Pada kolom pencarian, silahkan tulis “subdomain”. Lalu klik menu Subdomains tersebut.
wildcard subdomain

Step 3 – Membuat Subdomain

Agar subdomain WordPress dan Hosting sinkron, maka anda harus membuat subdomain dengan nama subdomain *. Silahkan isi sesuai dengan gambar dibawah ini. Untuk Document Root silahkan isi public_html/. Kemudian klik Create.
widcard subdomain

Step 4- Memilih Advanced Zone Editor

Lalu, silahkan klik back dan kembali ke dashboard cPanel DomaiNesia. Pada kolom pencarian, silahkan tulis “advanced”. Lalu klik menu Advanced Zone Editor tersebut.
wildcard subdomain

Step 5- Mengubah DNS Record

Pastikan subdomain yang telah dibuat dan domain utama memiliki IP Address yang sama. Apabila belum, sesuaikan IP Address subdomain terlebih dahulu dengan klik Edit. Dan pastikan tipe record yang digunakan merupakan A Record. Silahkan tunggu 1×24 jam hingga masa propagasi domain selesai. Voila! Wildcard Subdomain telah berhasil dilakukan.
wildcard subdomain

Closing

Agar subdomain, website WordPress dan Hosting sinkron, maka anda harus membuat Wildcard Subdomain terlebih dahulu. Pengan tahu promo diskon DomaiNesia? Yuk cek PROMO HOSTING TERBAIK! Masih bingung dengan cara setting dan konfigurasi domain hosting? Yuk cek Dokumentasi DomaiNesia! Banyak panduan yang bisa anda ikuti step by step. Salam DomaiNesia!

Panduan dibuat khusus untuk pelanggan DomaiNesia, jika ada perbedaan dalam fitur/layanan dengan layanan yang Anda pakai, silakan hubungi penyedia layanan Anda.

Pindah ke DomaiNesia

Migrasi
Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Related Articles