Setting DNS Melalui Client Area

kelola dns record melalui client area

Introduction

Di DomaiNesia, terdapat berbagai cara untuk melakukan DNS Management. Apa itu DNS Management? Lebih jelasnya silahkan baca Apa itu DNS Management. Salah satu cara untuk mengelola dan mengarahkan DNS record yaitu melalui client area atau my.domainesia.com. Bagi kalian yang sudah melakukan Sign Up, pastinya punya akun di client area. Client area merupakan suatu panel/ halaman khusus untuk pelanggan DomaiNesia yang berfungsi untuk pengelolaan semua domain. Nah, pada panduan ini akan dijelaskan cara setting DNS di Client Area.

Setting DNS di Client Area

Adapun langkah- langkah setting DNS di client area yaitu,

Step 1 – Login my.domainesia.com

Buka http://my.domainesia.com pada web browser anda. Lalu masukkan username dan password anda. Username dan password ini merupakan akun anda pada saat register di DomaiNesia sebelum pembelian domain maupun hosting.
setting DNS

Step 2 – Memilih Menu My Domains

Maka anda akan diarahkan ke dashboard client area. Pada client area, anda dapat mengetahui produk apa saja yang dibeli. Untuk mengelola DNS, silahkan klik My Domains. Tentukan domain mana yang ingin diarahkan DNS recordnya. Lalu beri tanda centang pada domain yang dipilih. Kemudian klik domain tersebut.

setting DNS

Step 3 – Mengarahkan Name Servers

Untuk mengarahkan domain ke hosting, yang harus diperhatikan adalah Name Server. Silahkan klik tab Nameserver. Kemudian isi seperti berikut,

Untuk Top Level Domain (.COM, .NET), pastikan name server anda yaitu

.
Untuk domain .ID anda harus mengarahkan name server ke

Untuk mengarahkan Domain ke Hosting DomaiNesia anda harus mengarahkan name server ke

atau biarkan default saja. Setelah selesai, silahkan klik Change Nameservers

setting DNS

Step 4 – Mengelola DNS

Setelah mengatur Name Server, maka selanjutnya yaitu mengelola DNS. Untuk mengelola DNS, silahkan klik tab Addons lalu pilih DNS Host Record Management. Kemudian klik Manage.

setting DNS

Kemudian anda akan diarahkan ke dashboard DNS Management. Anda dapat menambahkan DNS record pada kolom jenis record. Untuk menambahkan record, maka tulis hostname, pilih tipe DNS record, lalu tuliskan IP address server. Kemudian tambahkan prioritas apabila ada. Khusus untuk prioritas, hanya pada tipe MX saja yang diisi. Setelah selesai, klik Save Changes.
setting DNS
Untuk mengedit maupun menghapus record, anda dapat langsung melakukannya di form tersebut. Anda dapat langsung mengganti hostname, jenis record, IP address maupun prioritas dengan mudah tanpa harus melalui panel editing atau klik tombol delete. Agar anda lebih tahu tipe DNS Record, silahkan baca Jenis DNS Record.

Closing

Untuk melakukan setting DNS, anda dapat melakukannya dengan berbagai cara. Salah satunya melalui client area ini. Bagi anda yang hanya membeli domain saja di DomaiNesia, melakukan setting DNS melalui client area merupakan cara yang paling mudah. Karena tampilan yang ditawarkan cukup simpel dan friendly untuk digunakan. Jika anda membeli Domain dan Hosting secara terpisah, maka setting DNS ini sangat diperlukan untuk mengarahkan keduanya. Jika anda tidak ingin ribet mengarahkan domain dan Hosting, DomaiNesia memiliki PAKET HEMAT DOMAIN HOSTING. Selain harganya lebih murah, anda juga tidak perlu repot lagi. Merasa bingung melakukan setting DNS? Silahkan kirimkan tiket kepada Kami, maka Tim Support DomaiNesia siap membantu!

Panduan dibuat khusus untuk pelanggan DomaiNesia, jika ada perbedaan dalam fitur/layanan dengan layanan yang Anda pakai, silakan hubungi penyedia layanan Anda.

Pindah ke DomaiNesia

Migrasi
Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Related Articles