Apa sih DNS Management?

dns management, fitur kelola dns record

Introduction

DNS Management merupakan salah satu fitur di DomaiNesia yang memberikan kemudahan dalam pengaturan dan pengelolaan DNS record. Dengan DNS record, anda dapat mengarahkan DNS Server dari domain anda secara langsung. Sehingga, bagi anda yang memiliki domain dan hosting terpisah, jangan khawatir. Anda dapat mengarahkan DNS (Domain Name System) melalui dashboard DomaiNesia.

Setting DNS di Kontrol Panel Domain

Adapun langkah- langkah setting DNS melalui kontrol panel domain yaitu,
1. Buka http://dash.domainesia.com pada web browser anda. Pilih tab Customer Login. Lalu masukkan username dan password anda. Username dan password ini merupakan akun anda pada saat register di DomaiNesia sebelum pembelian domain maupun hosting.
setting dns
2. Maka akan diarahkan ke dashboard domain dan hosting yang anda beli di DomaiNesia
setting dns
3. Untuk melakukan setting DNS, maka pada bagian sidebar sebelah kiri, pilih My Domains. Kemudian klik pada domain yang anda inginkan.
setting dns
4. Maka anda akan diarahkan pada halaman pengaturan domain yang anda miliki.
setting dns
5. Scroll halaman, hingga anda dapat menemukan Manage DNS pada bagian bawah. Klik pada Manage DNS.
setting dns
6. Setelah itu anda akan masuk ke pengaturan DNS. Untuk Top Level Domain, pastikan name server anda yaitu
dns1.domainesia.com
dns2.domainesia.com
dns3.domainesia.com
dns4.domainesia.com.
Apabila belum, maka klik Fix Name Servers Automatically. Maka secara otomatis nama server akan diubah
setting dns
7. Untuk menambahkan DNS record, maka pilih Add record
setting dns
8. Terdapat berbagai tipe DNS record antara lain,
a. (A) Record
Address (A) Record berfungsi untuk mengarahkan DNS domain anda ke IP server yang digunakan. Adapun langkah- langkahnya yaitu klik Add record. Kemudian pilih A sebagai DNS record anda. Tulis nama domain dan IP address dari server. Setelah itu klik Create.
setting dns
b. (AAA) Record
AAA record hampir sama dengan record type A, namun IP yang digunakan yaitu IPv6. Adapun langkah- langkahnya yaitu klik Add record. Lalu klik AAA kemudian tulis nama domain dan IPv6 dari server anda. Apabila telah selesai, klik Create.
setting dns
c. CNAME Record
CNAME record merupakan domain name alias yang berfungsi untuk mengarahkan DNS domain ke nama alias server anda. Adapun langkah- langkahnya yaitu, klik Add record. Pilih CNAME. Pada bagian kiri, anda dapat menuliskan nama domain. Sedangkan pada bagian kanan, dapat anda tulis nama alias dari server yang anda miliki. Kemudian klik Create.
setting dns
d. MX Record
MX record merupakan tipe DNS record yang berhubungan bagaimana domain dapat menentukan prioritas dari mail server. Semakin rendah prioritas mail server, maka dialah yang menajdi prioritas utama. Adapun langkah- langkahnya yaitu, pilih Add record. Kemudian klik MX. Tuliskan nama domain, nama domain mail server, dan prioritas. Lalu klik Create.
enter image description here
e. TXT record
TXT record merupakan salah satu DNS record yang mengijinkan administrator untuk memasukkan data dalam catatan DNS, catatan ini juga digunakan dalam spesifikasi Policy Framework. Adapun langkah- langkahnya yaitu masukkan nama domain/ hostname lalui value record. Setelah itu klik Create.
setting dns
f. SRV record
SRV record merupakan catatan lokasi, port, target server secara umum. Adapun langkah- langkahnya yaitu masukkan hostname, value, port, weight dan prioritas dari server tersebut. Kemudian klik Create.
setting dns
g. NS record
NS record merupakan name server record. Adapun langkah- langkahnya yaitu, masukkan hostname kemudian nama server. Lalu klik Create.
setting dns
9. Setelah selesai mengisi DNS record, maka anda dapat melihat record apa saja yang telah ditambahkan. Anda dapat menghapus dan melakukan editing record.

Setting DNS di Client Area

Selain di Kontrol Panel Domain, anda dapat melakukan setting DNS di client area atau lebih tepatnya di my.domainesia.com. Adapun langkah- langkahnya dapat dibaca di Panduan DNS Management Melalui Client Area.

Setting DNS melalui cPanel Hosting

Bagi anda yang memiliki hosting di DomaiNesia, anda dapat melakukan setting DNS atau menambahkan DNS record melalui cPanel Hosting. Adapun langkah- langkahnya dapat anda baca di Panduan Setting DNS di cPanel.

Closing

DNS merupakan salah satu hal yang penting dalam suatu server. Terdapat beberapa tipe DNS record yang dapat digunakan dengan mudah dalam memetakan domain dan server yang anda miliki. Di DomaiNesia, anda dapat melakukan DNS Management dengan 3 cara. Melalui kontrol panel domain, client area, dan melalui cPanel dari hosting. Apabila ada pertanyaan, silahkan kirim tiket melalui my.domainesia.com atau kirim email ke support@domainesia.com. Kami selalu siap menjawab pertanyaan anda. Segala kemudahan telah ditawarkan DomaiNesia. Jadi tunggu apalagi. Ingin mencoba layanan domain dan hosting terbaik? Silahkan kunjungi domain DomaiNesia dan hosting DomaiNesia!

Panduan dibuat khusus untuk pelanggan DomaiNesia, jika ada perbedaan dalam fitur/layanan dengan layanan yang Anda pakai, silakan hubungi penyedia layanan Anda.

Pindah ke DomaiNesia

Migrasi
Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Related Articles