Cara Mengubah Detail WHOIS Domain

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

WHOIS domain – Ketika melakukan registrasi domain, pasti kamu dianjurkan untuk memberikan beberapa informasi seperti nama, alamat email, institusi, dan lainnya.

Pernahkah kamu memikirkan tentang informasi-informasi tersebut? Apakah orang lain dapat melihat informasi tersebut? Hmm… Tentu saja bisa. Orang lain bisa melihat informasi-informasi yang kamu berikan pada saat registrasi domain melalui WHOIS.

Untuk itu kamu harus segera mengganti beberapa informasi tersebut agar orang lain tidak menyalahgunakan informasi domainmu!

Mengenal Fitur WHOIS DomaiNesia (ID Protection)

ID Protection merupakan suatu layanan yang digunakan untuk menyembunyikan informasi yang bersifat privasi pada suatu domain.

ID Protection bertugas menyembunyikan informasi bersifat pribadi dari orang lain. Jadi ketika orang masuk halaman whois, maka informasi bersifat privasi seperti nama, alamat rumah, alamat email, institusi, nomor telepon tidak akan terlihat dan tidak dapat diketahui. Selengkapnya kamu bisa baca Apa Itu WHOIS? Penjelasan Lengkap, Pengertian, dan Fungsinya.

Mengapa domain memerlukan ID Protection? Karena untuk memerikan perlindungan pada informasi yang bersifat pribadi pada domain kamu agar tidak disalahgunakan oleh orang-orang yang iseng atau tidak bertanggung jawab. Selain itu IP Protection juga berfungsi untuk mencegah tindakan email spam.

Baca Juga : Cara Menambahkan ID Protection (Privacy Protection)

Tahap Persiapan

Untuk mengubah detail WHOIS domain, yang terpenting kamu telah memiliki akun DomaiNesia. Apabila belum punya, kamu bisa mendaftarkan terlebih dahulu dengan mengikuti step by step pada panduan Cara Membuat Akun DomaiNesia.

Cara Mengubah Detail WHOIS Domain

Setelah kamu mengetahui apa itu WHOIS dan telah memiliki akun DomaiNesia, barulah bisa mengubah detail WHOIS domain. Berikut ini adalah step by step mengubah detail WHOIS domain yang akan kamu lakukan, meliputi :

1. Login MyDomaiNesia

Langkah pertama untuk mengubah format sertifikat SSL .crt ke .pem yaitu, buka https://my.domainesia.com pada web browser. Lalu kamu bisa memasukkan username dan password. Username dan password ini merupakan akun kamu pada saat register di DomaiNesia sebelum pembelian domain maupun hosting.

2. Memilih Nama Domain

Kemudian, silahkan memilih domain yang akan diubah detail WHOIS domain.

3. Mengakses Contact Information

Setelah itu, agar kamu bisa mulai mengubah detail WHOIS domain silakan pilih menu Contact Information pada kolom Manage.

4. Mulai Mengubah Detail WHOIS Domain

Disarankan agar kamu selalu memperbarui informasi kontak atau detail WHOIS domain agar tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Ada 4 tab menu yang harus kamu ubah diantaranya yaitu Registrant, Admin, Technical, dan Billing. Pertama- tama silakan update informasi pada tab menu Registrant dan klik Specify custom information below.

Setelah itu kamu bisa melakukan update informasi semua kolom yang disediakan, mulai dari first name, hingga email address.

Catatan : Pengisian informasi ini bertujuan untuk menyembunyikan identitas domain, sehingga jangan memasukkan data yang sebenarnya!

Setelah selesai kamu bisa klik Save Changes. Lakukan hal yang sama untuk tab menu Admin, Technical, dan Billing dan jangan lupa klik Save Changes setiap selesai mengubah informasi di setiap tab menu.

5. Pengubahan Detail WHOIS Domain Berhasil!

Setelah selesai mengisi atau memperbarui informasi detail WHOIS domain, kamu akan mendapatkan email dari DomaiNesia untuk konfirmasi dan verifikasi apakah kamu benar- benar melakukan perubahan informasi domain. Kamu bisa klik Please click here to verify your domain name untuk melakukan verifikasi.

Jika kamu mendapatkan gambar seperti di bawah ini, itu artinya kamu telah selesai dalam mengubah detail WHOIS domain.

whois domain

Kesimpulan

Melakukan update informasi WHOIS pada domain memang disarankan. Hal ini berkaitan dengan identitas domain agar tidak disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Jadi, ketika seseorang ingin mengakses identitas domain yang kamu punya, identitas tersebut akan disembunyikan. Segera ubah dan perbarui informasi detail WHOIS domain ya DomaiNesians!

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!