• Home
  • Berita
  • Apa Itu WHOIS? Penjelasan Lengkap, Pengertian, dan Fungsinya

Apa Itu WHOIS? Penjelasan Lengkap, Pengertian, dan Fungsinya

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Pengertian dari apa itu WHOIS menjadi informasi yang paling banyak diburu oleh pengguna IT khususnya untuk mereka yang memakai jasa hosting.

Whois sering dipahami sebagai akronim dari who is.

Sebenarnya Whois lebih merupakan pertanyaan tentang Who is the responsible owner of the domain name or IP address (Siapa pemilik yang bertanggung jawab atas nama domain dan IP address ini).

 

apa itu WHOIS
Sumber: Freepik

Cara kerja WHOIS

Whois merupakan salah satu fitur yang menjadi syarat ketika kamu melakukan proses registrasi nama domain. Baik itu nama domain lokal Indonesia seperti .ID dan .CO.ID ataupun nama domain internasional seperti .COM, .NET, maupun .ORG.

Cara kerja dari WHOIS sendiri cukup sederhana, yakni kamu sebagai pihak pembeli nama domain diwajibkan untuk mengisi data diri lengkap dengan informasi kontak secara detail sebagai penanggung jawab serta pemilik domain.

Form informasi tersebut biasanya diberikan oleh pihak registrar atau perusahaan tempat kamu membeli nama domain. Sementara data yang didapatkan akan disimpan dalam database khusus oleh organisasi pengelola nama domain seperti ICANN atau PANDI untuk kepentingan hak dan penggunaan nama domain terkait.

Setelah selesai proses pengisian data yang dibutuhkan, maka hal ini juga menjadi pertanda bahwa nama domain yang didaftarkan sudah siap untuk digunakan. Perusahaan Registrar selain menjadi jembatan dalam proses pendaftaran juga berperan untuk memelihara sistem DNS dan hal-hal teknis lain terkait kinerja domain.

Perlu diketahui, sangat penting bagi pemilik domain untuk menyertakan informasi asli yang valid dan benar, karena jika dikemudian hari diketahui sengaja menggunakan nama yang tidak valid maka pihak registrar bisa membatalkan hak atas penggunaan nama domain yang sudah dibeli.

Karena memuat sejumlah data terkait informasi pribadi seperti alamat, nama organisasi, email, serta nomor telepon, pihak registrar biasanya akan menawarkan layanan Whois Protection yang fungsinya melindungi informasi sensitif tersebut.

Namun, hal ini biasanya akan menambah biaya khusus diluar dari budget sewa domain yang harus dikeluarkan setiap tahun.

Baca Juga: Ketahui 7++ Alasan Kamu Membutuhkan Whois Privacy Protection Demi Keamanan Data Personal

Apa itu Database WHOIS?

Sebagai informasi, sistem yang digunakan WHOIS diketahui berasal dari halaman direktori online seperti halnya buku telepon yellow pages yang populer di era tahun 80-an. Maka dari itu, database WHOIS sendiri secara umum bisa diartikan sebagai data resmi yang berisi catatan informasi terkait organisasi yang menyimpan IP Address dari sebuah nama domain.

Database WHOIS biasa dimanfaatkan untuk melakukan serangkaian pencarian informasi untuk menentukan siapa orang atau instansi yang bertanggung jawab dan terlibat pada sebuah alamat IP nama domain terkait.

Cara memperbarui informasi WHOIS?

Kendati menjadi salah satu syarat wajib dalam proses registrasi nama domain, informasi yang dimasukkan dalam formulir WHOIS masih bisa kamu ubah sesuai kebutuhan. Bagaimana cara mengubahnya? 

Cara mengubah atau memperbarui informasi WHOIS bisa berbeda-beda tergantung dari desain UI/UX website registrar tempat kamu membeli domain. Namun, secara umum hal ini bisa dilakukan dengan beberapa langkah seperti dibawah ini:

  1. Login ke halaman Client Area perusahaan hosting tempat kamu membeli domain
  2. Pilih menu Domain kemudian cari nama domain yang ingin diperbarui informasi WHOIS-nya
  3. Klik pada menu Edit Contact Information
  4. Setelah itu, kamu bisa mengganti informasi WHOIS sesuai kebutuhan
  5. Klik Save Changes untuk menyimpan hasil update.

Kenapa entri WHOIS disembunyikan?

Ada beberapa alasan kenapa pemilik nama domain memutuskan untuk menyembunyikan informasi atau entri WHOIS mereka. Namun, alasan paling kuat yakni agar informasi pribadi dari pemilik domain tidak diketahui secara publik.

cara menyembunyikan informasi WHOIS?

Jika kamu ingin informasi atau entri WHOIS pada nama domain tersembunyi maka kamu harus membeli layanan lain bernama Whois Protection. Bagi para pengguna layanan dari Domainesia fitur tambahan ini bisa diakses dari menu Domain setelah login ke Client Area.

Langkah-langkah menyembunyikan informasi WHOIS sendiri bisa dilakukan seperti berikut ini:

  1. Login ke Client Area 
  2. Memilih menu Domain 
  3. Memilih nama domain
  4. Pilih menu Addons
  5. Tambahkan ID Protection 
  6. Selesai

Cara menyembunyikan informasi WHOIS sebenarnya sangat mudah, namun pemilik domain perlu membayar biaya ekstra untuk bisa menggunakan fasilitas ini.

Pengertian Apa Itu WHOIS

WHOIS adalah daftar catatan riwayat Internet yang digunakan untuk mengidentifikasi cara menghubungi pemilik domain.

Informasi data yang diberikan meliputi; nama, alamat, email, nomor telepon, teknologi, kontak administratif, tanggal pendaftaran, pembaruan terakhir dan tanggal kedaluwarsa.

Catatan whois biasanya berisi berbagai informasi kontak yang terkait dengan orang, grup atau perusahaan yang mendaftarkan nama domainnya.

Ada dua model data yang berbeda yang digunakan untuk menyimpan informasi sumber daya Whois, yaitu:

Model Tipis

Pencarian model Whois tipis ini hanya memberikan registrar, nama server, dan tanggal pendaftaran.

Untuk memperoleh informasi tambahan, pencarian sekunder di registrar pada file diperlukan untuk mendapatkan informasi lengkap tentang kepemilikan nama domain.

Model Tebal

Whois model tebal memberikan detail tambahan yang jauh dari apa yang diberikan model tipis.

Biasanya, detail tambahan berisi informasi kontal (pendaftar, administrative, dan teknis).

Kemudian akan memberikan semua informasi yang diperlukan tentang siapa yang memiliki domain, dimana domain itu terdaftar, server nama apa yang digunakan, kapan domain itu didaftarkan dan kapan domain itu akan kadaluarsa.

Tujuan dan nilai data dalam system Whois telah berkembang dalam beberapa cara dari waktu ke waktu termasuk:

  • Memperkuat stabilitas dan keamanan internet dengan menyediakan operator jaringan, tim respons insiden computer, dan ISP dengan kontak yang sesuai
  • Mengatur status pendaftaran nama domain
  • Mendukung aparat penegak hukum yang berpartisipasi dalam investigasi nasional maupun internasional
  • Membantu memerangi penyalahgunaan teknologi komunikasi, informasi, termasuk tindakan ilegal dan tindakan lain yang dimotivasi oleh kriminalisasi rasial, kekerasan, kebencian, xenophobia, dan intoleransi terkait, segala bentuk pelecehan anak, pornografi anak, pedofilia, serta eksploitasi dan perdagangan manusia.
  • Mendukung pertanyaan dan langkah-langkah yang diperlukan untuk melakukan izin merek dagang dan untuk membantu mengungkap pelanggaran, pencurian, dan penyalahgunaan kekayaan intelektual sesuai dengan perjanjian internasional dan hukum yang berlaku.
  • Membantu bisnis dan pengguna serta organisasi lain dalam memerangi penipuan dan menjaga kepentingan publik.
  • Menjunjung tinggi kepercayaan pengguna secara keseluruhan di internet sebagai sarana komunikasi yang efisien dan handal dengan membantu pengguna mengidentifikasi entitas atau orang mana yang bertanggung jawab atas layanan dan konten online
  • Melacak spam atau behavioris jahat

    apa itu WHOIS
    Sumber: Freepik

Fungsi dari penggunaan WHOIS

Setelah membaca pemahaman mengenai apa itu Whois, sekarang mari kita cari tahu apa fungsi Whois dan informasi apa saja yang disuguhkan oleh Whois.

Selain digunakan untuk mencari data registrasi domain tertentu, Whois juga digunakan untuk menjaga stabilitas dan keamanan Internet.

Terutama saat memberikan informasi tentang pemilik domain. informasi-informasi tersebut yakni:

  1. Informasi Kontak

Dalam tiga bagian ini informasi tentang; nama pelanggan/administrator/teknisi, nama organisasi, alamat rumah, nomor telepon, email dan faks.

  1. Informasi Registrar

Pada bagian ini informasinya sedikit berbeda, yaitu berisi nama Whois servernya, URL, registrar, IANA ID, Abuse contact phone, dan Abuse contact email.

  1. Kontak Billing

Detail penagihan berisi faktur dan pembayaran yang dilakukan saat membeli dan mendaftarkan domain.

  1. Status

Informasinya berisi tentang status-status domain. Apakah sudah diperbarui (updated), prohibited (dilarang oleh pengguna yang tidak sah), deleted (terhapus). Lengkap dengan URL status dari ICANN.

  1. Tanggal Penting

Bagian ini berisi seputar tanggal update, tanggal domain dibuat, dan tanggal domain didaftarkan.

  1. Nama Server

Bagian terakhir yaitu nama server, informasi yang tercantum hanya URL server domain.

Tujuan Adanya WHOIS

WHOIS digunakan untuk banyak tujuan.

Berdasarkan perjanjian organisasi ICANN, WHOIS dapat digunakan untuk tujuan yang sah kecuali untuk mengaktifkan pemasaran atau spam, atau untuk mengaktifkan proses otomatis bervolume tinggi untuk menanyakan sistem pendaftar atau registri, kecuali untuk mengelola nama domain.

Selain mengidentifikasi pendaftar nama domain, data WHOIS juga memungkinkan administrator jaringan dan orang lain untuk menemukan dan memperbaiki masalah sistem serta menjaga stabilitas Internet.

Dengan itu, mereka dapat menentukan ketersediaan nama domain, memerangi spam atau penipuan, mengidentifikasi pelanggaran merek dagang, dan meningkatkan akuntabilitas pendaftar nama domain.

Data WHOIS terkadang digunakan untuk melacak dan mengidentifikasi pendaftar nama domain yang mungkin memposting konten ilegal atau terlibat dalam penipuan phishing.

Ini hanyalah beberapa contoh bagaimana WHOIS membantu menjaga ekosistem Internet yang sehat.

Kaitannya Whois Domain dengan Whois Privacy

Setelah membahas apa itu WHOIS serta manfaat dan kegunaannya, mari kita bahas kaitan antara WHOIS Domain dengan WHOIS Privacy.

Tentu akan menimbulkan masalah apabila sebuah data website ditampilkan sangat jelas, seperti munculnya hacker ataupun spammer yang akan memanfaatkan IP address dan email dari pemilik domain.

Oleh karena itu, pengguna web hosting harus dapat menjaga kerahasiaan data ini setiap saat dengan menggunakan fitur privasi Whois.

Kamu tidak perlu lagi khawatir jika alamat IP Anda diikuti oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Berikut beberapa manfaat dari Whois privacy:

Memberikan Perlindungan Identitas Pribadi

Dengan memanfaatkan Whois privacy kamu bisa menyelamatkan website dan bisnis kamu dari ancaman kerugian yang tidak diinginkan.

Memblokir Spam

Keuntungan lainnya adalah kemampuan untuk memblokir spam dalam bentuk email massal.

Spam ini seringkali berada dalam jenis iklan atau promosi sehingga hal semacam itu akan mengganggu kamu sebagai pemilik website.

Membantu untuk Mengamankan Data

Secara umum Whois akan memberikan beragam informasi terkait dengan data pemilik domain.

Jika data pribadi kamu dengan mudah ditemukan oleh hacker atau pihak yang tidak bertanggung jawab, maka serangan email yang dinamakan spam akan kamu dapati nantinya.

Bahkan sangat memungkinkan kamu dihubungi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Dengan adanya Whois privacy ini data-data kamu akan aman dan jauh dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

apa itu WHOIS
Sumber: Freepik

Kesimpulan

Nah, itulah penjelasan mengenai pengertian apa itu Whois, fungsi dan kegunaan Whois. Whois adalah salah satu hal penting yang perlu kamu tahu sebelum membuat website.

Apalagi jika kamu ingin membuat website yang bisa melakukan transaksi seperti website E-commerce.

Penjelasan tentang apa itu Whois akan membantu kamu lebih memahami proteksi serta keamanan yang perlu kamu dapatkan sebagai pemilik website.

Whois digunakan untuk menjaga stabilitas dan keamanan Internet. Tujuan dan nilai data dalam system Whois juga telah berkembang dalam beberapa cara dari waktu ke waktu.

Oleh karena itu, ada baiknya kamu tetap mengikuti perkembangan apa itu Whois, tujuan dan nilai yang diperbarui.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds