• Home
  • Domain
  • Cara Menambahkan ID Protection (Privacy Protection)

Cara Menambahkan ID Protection (Privacy Protection)

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Cara Menambahkan ID Protection –  Saat kamu melakukan registrasi domain, pasti kamu dianjurkan untuk memberikan informasi-informasi seperti nama, alamat email, institusi, dan lainnya. Pernahkah kamu memikirkan tentang informasi-informasi tersebut? Apakah orang lain dapat melihat informasi tersebut? Hmm… Tentu saja bisa. Orang lain bisa melihat informasi-informasi yang kamu berikan pada saat registrasi domain. Kamu bisa mengecek apakah informasi pada domainmu terproteksi dari orang lain atau tidak melalui https://www.whois.com/whois/. Yang dapat menjadi masalah adalah ketika informasi yang bersifat pribadi itu disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Hmm.. Menakutkan bukan? Bagaimana? Masih belum paham apa itu ID Protection? Tenang… Pada panduan kali ini akan dijelaskan mengenai ID Protection dan bagaimana cara menambahkan ID Protection ke domain.

Apa itu ID Protection?

ID Protection merupakan suatu layanan yang digunakan untuk menyamarkan informasi yang bersifat privasi pada sebuah domain. ID Protection bertugas menyembunyikan informasi bersifat pribadi dari orang lain. Jadi ketika orang masuk halaman whois atau mengakses https://www.whois.com/whois/, informasi bersifat privasi seperti nama, alamat rumah, alamat email, institusi, nomor telepon tidak akan terlihat dan tidak dapat diketahui. Mengapa domain memerlukan ID Protection? Karena untuk memerikan perlindungan pada informasi yang bersifat pribadi pada domain kamu agar tidak disalahgunakan oleh orang-orang yang iseng atau tidak bertanggung jawab.

Apa Fungsi ID Protection?

Adapun fungsi ID Protection pada domain yaitu :

  • Melindungi informasi yang bersifat privasi pada domain
  • Memastikan bahwa informasi pribadi pada domain tidak diketahui oleh orang lain
  • Menyembunyikan informasi pribadi saat registrasi domain
  • Menyamarkan informasi pribadi
  • Mencegah tindakan email spam
  • Mencegah kejahatan yang dilakukan orang yang tidak bertanggung jawab

Cara Menambahkan ID Protection di DomaiNesia

Adapun yang harus kamu lakukan saat ingin menambahkan ID Protection pada domainmu yaitu :

1. Login Client Area DomaiNesia

Buka https://my.domainesia.com pada web browser anda. Lalu masukkan username dan passwordmu. Username dan password ini merupakan akun kamu pada saat register di DomaiNesia sebelum pembelian domain maupun hosting. Lalu, klik Sign in.

2. Memilih Menu Domain

Sekarang kamu akan berada di halaman dashboard client area DomaiNesia. Di client area ini, kamu dapat mengetahui produk apa saja yang dibeli. Untuk menambahkan ID Protection, silahkan klik menuDomains.

3. Memilih Nama Domain

Kemudian akan muncul nama domain yang kamu order di DomaiNesia. Kamu bisa pilih nama domain mana yang akan ditambahkan ID Protection. Pada panduan kali ini memilih nama domain websitesaya.net.

4. Memilih Addons

Setelah memilih nama domain, di halaman ini kamu bisa mengelola domain. Mulai dari menambahkan ID Protection, mengubah nameserver, hingga setting DNS. Nah, berhubung panduan kali ini adalah menambahkan ID Protection, maka kamu harus masuk ke halaman Addons dengan cara klik Addons.

Catatan : Apabila menemukan tampilan berbeda dari panduan silakan hubungi Tim Support melalui tiket bantuan agar dapat dibantu.

5. Menambahkan ID Protection

Pada menu Addons ada beberapa setting yang bisa kamu lakukan antara lain :

  • ID Protection : Menambahkan ID Protection agar identitas domain disembunyikan.
  • DNS Zone Manager : Mengatur dan mengelola DNS record. Dengan DNS record ini, kamu dapat mengarahkan DNS Server dari domain kamu secara langsung.
  • Domain Forwarding : Mengarahkan alamat URL website ke domain tertentu.
  • Email Forwarding : Layanan email yang dapat meneruskan email ke alamat email lainnya

Untuk menambahkan ID Protection, silahkan klik Buy Now for Rp 79.500,00 pada pilihan ID Protection.


Kemudian klik Buy Now for Rp 79.500,00 untuk mengkonfirmasi ulang apakah kamu benar-benar ingin menambahkan ID Protection. Setelah itu lanjutkan pembayaran sesuai dengan invoice.


Setelah kamu membayar invoice, ID Protection pada domain kamu akan aktif secara otomatis. Dan kamu bisa cek melalui https://www.whois.com/whois/. Informasi pribadi akan disembunyikan seperti contoh di bawah ini.

Kesimpulan

Cara menambahkan ID Protection pada domain sangat mudah bukan? Gak rela kan kalau informasi privasimu diketahui oleh orang lain bahkan dingga disalah gunakan? Buat kamu yang belum menambahkan ID Protection, yuk segera tambahkan! Hanya dengan membayar Rp 79.500,00 informasi yang bersifat privasi pada domain akan disembunyikan. Nah, kamu belum punya domain? Segera order domain murah di DomaiNesia ya…

Baca Juga : Cara Order Paket Hemat Domain dan Hosting di DomaiNesia

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!