• Home
  • Domain
  • Cara Setting Domain Forwarding (Domain ID)

Cara Setting Domain Forwarding (Domain ID)

Oleh Mutiara Auliya
5/5 (1)

Pernah mendengar fitur domain forwarding? Domain forwarding dapat kamu gunakan untuk mengarahkan alamat website ke domain tertentu, mengarahkan alamat instagram ke nama domain, mengarahkan alamat blog lain ke nama domain. Misalnya kamu punya blog dengan alamat www.websitesaya.net dan ingin diarahkan ke www.iniblogdomainesia.id. Kemudian, dengan domain forwarding kamu bisa mengarahkan alamat URL yang panjang ke satu domain. Sebagai contoh kamu memiliki www.domainesia.com/article/1/2/3/2 dapat diarahkan menjadi satu kesatuan domain misalnya www.iniblogdomainesia.id. Pada panduan ini akan dijelaskan cara setting domain forwarding domain ID .

Cara Setting Domain Forwarding Domain ID

Yang harus anda persiapkan yaitu akun di client area (https://my.domainesia.com) serta domain yang ingin di arahkan. Untuk masuk di client area, kamu bisa login sesuai dengan email dan password pada saat register di DomaiNesia. Adapun cara setting domain forwarding domain ID yaitu,

1. Login Client Area (https://my.domainesia.com)

Langkah pertama yaitu, buka https://my.domainesia.com pada web browser. Lalu masukkan username dan password kamu. Username dan password ini merupakan akun pada saat register di DomaiNesia sebelum pembelian domain maupun hosting.
cara setting domain forwarding

2. Memilih Menu Domains

Setelah itu, kamu akan diarahkan ke halaman client area. Pada halaman ini kamu dapat mengelola semua produk yang telah dibeli. Untuk membuat domain forwarding, silahkan klik MenuDomainspada bagian sidebar (bagian sebelah kiri). Kemudian beri tanda centang dan klik pada domain yang dipilih.

3. Melakukan Setting Domain Forwarding

Setelah itu, silakan klik tab Addons. Kemudian pilih Manage Domain Forwarding untuk melakukan setting domain forwarding.

Tampilan Pertama

Kemudian pada bagian Your Domain, silakan tulis @. Pada bagian Forward To, silakan tulis nama domain yang akan di arahkan. Jika sudah silakan klik Save Changes. Sebagai contoh, misalnya ingin mengarahkan websitesaya.id ke iniwebsitesaya.id maka tampilannya akan seperti berikut.

Tampilan Kedua

Jika tampilannya berbeda, kamu bisa isi sesuai gambar berikut. Pada bagian Destination, silakan isi dengan alamat website tujuan. Misalnya ingin mengarahkan websitesaya.id ke iniwebsitesaya.id maka silakan tulis iniwebsitesaya.id pada bagian Destination. Jika ingin mengarahkan nama domain ke alamat instagram, silakan masukkan link instagram ke bagian Destination juga. Untuk pilihan lainnya, silakan biarkan default saja. Kemudian pilih Save Changes

Baca Juga: Cara Setting Domain Forwarding (Domain TLD)

Masih Bingung?

Jangan bingung! DomaiNesia menyediakan video tutorial yang bisa anda ikuti. Pada video ini, anda dapat mengarahkan alamat website (nama domain) ke alamat akun Linkedin. Jadi ketika nama domain diakses, maka akan langsung mengarah ke Linkedin . Yuk cek video tutorial cara setting domain forwarding domain ID !

Kesimpulan

Kamu dapat mengarahkan alamat domain ke link instagram ataupun link Linkedin dengan fitur Domain Forwarding. Kamu bisa ikuti cara setting domain forwarding domain ID dengan mudah melalui client area DomaiNesia (https://my.domainesia.com). Kami juga memiliki paket hemat domain hosting yang dapat anda miliki di Paket Hemat Domain Hosting DomaiNesia.

Mutiara Auliya

Hi! I am Technical Writer at DomaiNesia. I love Linux, Python, Server, WordPress, Data Analysis and Artificial Intelligence. I will help you making some technically being easy to understand :)

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!