Home  »  Domain   »   Panduan Custom Domain Weebly di DomaiNesia

Panduan Custom Domain Weebly di DomaiNesia

Last Update:

Hi DomaiNesians! Panduan kali ini akan dibahas mengenai cara custom domain lagi nih. Kalau kemarin sudah membahas mengenai cara custom domain blogspot baik melalui client area atau kontrol panel domain, lalu membahas mengenai cara custom domain Tumblr. Dan sekarang, akan dibahas mengenai cara custom domain Weebly. Bagaimana? Apakah anda memiliki website di Weebly? Apakah anda ingin website berbasis Weebly tersebut terlihat lebih professional dengan domain sendiri? Apabila iya, jangan khawatir DomaiNesians! Kami akan memberitahukan step by step agar anda dapat melakukan custom domain Weebly dengan mudah!

Apa itu Custom Domain Weebly?

Bagi anda pengguna Weebly pasti sudah tidak asing lagi dengan URL website dengan akhiran .weebly.com seperti blogcatatansaya.weebly.com, dll? Yaps, Weebly merupakan salah satu platform website yang memiliki kesamaan dengan Tumblr atau Blogspot. Weebly ini akan mempersilahkan usernya untuk menitipkan file di hosting mereka. Dan tiap user akan menerima alamat URL layaknya subdomain. Sehingga biasanya alamat URL website menjadi berakhiran .weebly.com. Nah, terkadang alamat website ini dirasa kurang professional oleh masyarakat. Bayangkan ketika anda memiliki sebuah web pribadi yang berisi portofolio foto atau desain. Lalu anda akan menuliskan alamat website dengan akhiran .weebly.com. Berasa kurang professional bukan? Untuk itu, anda memerlukan domain sendiri! DomaiNesia memiliki berbagai ekstensi domain dengan harga yang beragam. Silahkan cek Harga Domain Murah DomaiNesia. Cara custom domain Weebly sangatlah mudah. Dengan melakukan custom domain, maka alamat website anda menjadi lebih professional sebagai contoh seperti blogcatatansaya.com atau blogcatatansaya.id.

Bagaimana Cara Custom Domain Weebly?

Cara Custom Domain Weebly sangat mudah. Yang anda perlukan yaitu Domain dan Akun Weebly. Untuk itu, proses pengaturannya juga ada di 2 tempat yang berbeda. Satu di client area DomaiNesia (my.domainesia.com) dan satunya lagi di akun Weebly. Oke, langsung saja berikut langkah- langkahnya..

*Custom Domain Weebly di Client Area

1. Kelola Domain di Client Area

Silahkan buka https://my.domainesia.com pada web browser. Kemudian login sesuai dengan akun anda. Akun ini merupakan akun DomaiNesia ya bukan akun cPanel! Setelah email dan password dimasukkan maka klik Sign In.
cara custom domain weebly
Setelah berhasil login maka anda akan diarahkan ke halaman dashboard client area. Di client area ini anda dapat mengelola produk DomaiNesia seperti domain, hosting, VM ataupun SSL. Nah, pada panduan ini akan dilakukan custom domain. Sehingga, pada bagian sidebar (sebelah kiri) silahkan klik Menu My Domains lalu pilih domain yang ingin dicustom. Silahkan beri tanda centang dan klik domain tersebut.
cara custom domain weebly

2. Konfigurasi DNS

Kemudian anda akan diarahkan lagi ke halaman manage/ pengelolaan domain. Untuk melakukan konfigurasi DNS, silahkan klik tab Addons lalu pilih DNS Host Record Management. Silahkan klik Manage pada DNS Host Record Management.

cara custom domain weebly
Ada 2 macam pengaturan DNS yang harus anda masukkan.
Pertama, pada kolom Host isikan @, kolom Jenis Record diisi A (Address), kolom Address isikan IP dari Weebly yaitu 199.34.228.100. IP ini merupakan default IP yang diberikan Weebly untuk kebutuhan custom domain. Lalu untuk Priority dapat dikosongkan saja. Kemudian klik Save Changes

cara custom domain weebly
Kedua, pada kolom Host isikan www, kolom Jenis Record diisi A (Address), kolom Address silahkan diisi dengan IP dari Weebly yaitu 199.34.228.100. Lalu untuk Priority dapat dikosongkan saja. Setelah itu jangan lupa untuk klik Save Changes. Lalu tunggu beberapa saat.
cara custom domain weebly
Pastikan kamu telah set Use Default Nameservers pada konfigurasi nameserver. Apabila belum anda dapat mengisinya terlebih dahulu. Untuk mengubah Name Server, silahkan klik tab Nameserver lalu pilih Use Default Nameservers. Jangan lupa klik Change Nameservers. Untuk mengetahui lebih lengkap tentang nameserver, silahkan baca Cara Mengubah Nameserver dengan Mudah.

*Custom Domain Weebly di Client Area

3. Konfigurasi di Akun Weebly

Oke, kalau step 1 dan step 2 pengaturannya dilakukan di client area DomaiNesia, step selanjutnya dilakukan di akun Weebly anda. Pertama- tama silahkan buka https://www.weebly.com kemudian silahkan login sesuai dengan akun Weebly anda.
cara custom domain weebly
Setelah itu anda akan diarahkan ke bagian Home atau Dashboard dari akun Weebly. Di sana terdapat beberapa alamat website yang anda buat. Untuk melakukan custom domain Weebly, terlebih dahulu tentukan website mana yang ingin dicustom. Setelah itu, klik Edit Site.
cara custom domain weebly
Anda akan diarahkan ke halaman editor Weebly. Inilah salah satu keunggulan Weebly daripada Blogspot atau Tumblr. Anda dapat melakukan customisasi website hanya dengan drag anda drop saja. Untuk melakukan custom domain, silahkan klik Menu Settings.
cara custom domain weebly

4. Merubah Alamat Website di Weebly

Nah, anda akan masuk ke halaman pengaturan akun di Weebly. Pada tab General, terdapat kolom Site Address yang berisi alamat website (alamat URL) website anda saat ini. Agar alamat website tersebut berganti sesuai dengan domain yang anda miliki silahkan klik Change.
cara custom domain weebly
Setelah itu, muncul pilihan “Choose Your Website Domain”. Kemudian pilih “Use a Domain You Already Own” dan tuliskan nama domain yang anda miliki. Lalu klik Continue. Silahkan tunggu beberapa saat.
cara custom domain weebly

5. Memilih Connect your Domain

Karena anda telah memiliki domain sendiri, silahkan klik Connect your Domain. Kemudian klik Continue

6. Lakukan Upgrade

Nah saat ini, pihak Weebly memberlakukan peraturan yang berbeda dari sebelumnya. Untuk dapat melakukan custom domain maka Anda harus mengupgrade blog Weebly terlebih dahulu. Nah untuk melakukan upgrade, anda diwajibkan membayar sejumlah biaya tertentu.

Closing

Menurut Wikipedia, Weebly merupakan sebuah sarana untuk membuat website gratis. Dengan menggunakan format widget, memungkinkan pengguna untuk membuat halaman dengan hanya beberapa klik, menyeret dan menjatuhkan elemen halaman yang berbeda (gambar, teks, atau konten interaktif, dll) ke halaman dan mengisi konten. Weebly memang terkenal dengan kemudahannya dalam melakukan kustomisasi halaman website. Weebly mempersilahkan penggunanya untuk menitipkan file di hosting mereka. Dan tiap user akan menerima alamat URL layaknya subdomain. Namun, bagi anda yang ingin website terlihat professional lebih baik menggunakan nama domain sendiri. Anda dapat melakukan custom domain Weebly dengan mudah kok. Belum memiliki domain sendiri? Ayo, segera dapatkan domain murah dan dengan harga terbaik di DomaiNesia! 🙂


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!