Home  »  Domain   »   Panduan Custom Domain Tumblr di DomaiNesia

Panduan Custom Domain Tumblr di DomaiNesia

Last Update:

Pada panduan terdahulu, Kami telah menjelaskan mengenai cara custom domain ke Blogspot melalui 2 cara. Yaitu melalui client area (my.domainesia.com) dan kontrol panel domain (dash.domainesia.com). Bagi anda yang penasaran silahkan cek Panduan Custom Domain ke Blogspot melalui Client Area atau Panduan Custom Domain ke Blogspot melalui Kontrol Panel Domain. Nah, kali ini ada kabar gembira buat kalian para pengguna Tumblr! Sekarang, anda dapat melakukan custom domain Tumblr dengan mudah. Pengen tahu cara custom domain tumblr? Let’s check it out! 😀

Apa itu Custom Domain Tumblr?

Yaps, pernahkah kalian merasa bosan dengan URL Tumblr seperti mawar.tumblr.com atau catatansaya.tumblr.com? Atau pernahkah anda mendapati suatu blog yang kontennya cukup bagus, namun dari segi nama URL dirasa kurang professional? Nah, hal tersebut dapat disiasati dengan memberikan domain misalnya .com, .net, .id, .org atau yang lainnya. DomaiNesia memiliki berbagai ekstensi domain dengan harga yang beragam. Silahkan cek Harga Domain Murah DomaiNesia. Sehingga, setelah dilakukan custom domain maka URL anda menjadi tampak lebih professional sebagai contoh mawar.com, catatansaya.id.

Bagaimana Cara Custom Domain Tumblr?

Adapun cara custom domain Tumblr sangatlah mudah. Yang anda perlukan yaitu Domain dan Akun Tumblr. Untuk itu, proses pengaturannya juga ada di 2 tempat yang berbeda. Satu di client area DomaiNesia (my.domainesia.com) dan satunya lagi di akun Tumblr. Langsung saja yuk ikuti step by stepnya..

*Custom Domain Tumblr di Client Area

1. Kelola Domain di Client Area

Silahkan buka https://my.domainesia.com pada web browser. Kemudian login sesuai dengan akun anda. Akun ini merupakan akun DomaiNesia ya bukan akun cPanel! Setelah email dan password dimasukkan maka klik Sign In.
cara custom domain weebly
Setelah berhasil login maka anda akan diarahkan ke halaman dashboard client area. Di client area ini anda dapat mengelola produk DomaiNesia seperti domain, hosting, VM ataupun SSL. Nah, pada panduan ini akan dilakukan custom domain. Sehingga, pada bagian sidebar (sebelah kiri) silahkan klik Menu My Domains lalu pilih domain yang ingin dicustom. Silahkan beri tanda centang dan klik domain tersebut.
cara custom domain weebly

2. Konfigurasi DNS

Kemudian anda akan diarahkan lagi ke halaman manage/ pengelolaan domain. Untuk melakukan konfigurasi DNS, silahkan klik tab Addons lalu pilih DNS Host Record Management. Silahkan klik Manage pada DNS Host Record Management.

cara custom domain weebly

Ada 2 macam pengaturan DNS yang harus anda masukkan.
Pertama, pada kolom Host isikan @, kolom Jenis Record diisi A (Address), kolom Address isikan IP dari Tumblr yaitu 66.6.44.4. IP ini merupakan default IP yang diberikan Tumblr untuk kebutuhan custom domain. Lalu untuk Priority dapat dikosongkan saja. Langkah ini bertujuan agar nama domain ini diarahkan ke akun Tumblr misal namadomain.com.
Kedua, pada kolom Host isikan www, kolom Jenis Record diisi CNAME(Alias), kolom Address isikan nama tumblr anda. Misalnya catatansaya.tumblr.com. Lalu untuk Priority dapat dikosongkan saja. Langkah ini bertujuan agar anda dapat mengakses www.namadomain.com. Setelah itu klik Save Changes. Lalu tunggu beberapa saat.

*Custom Domain Melalui Akun Tumblr

3. Konfigurasi di Akun Tumblr

Nah, sekarang saatnya melakukan setting pada akun Tumblr anda. Silahkan buka https://www.tumblr.com kemudian silahkan login sesuai dengan akun Tumblr anda.
cara custom domain tumblr
Maka anda akan diarahkan ke halaman dashboard Tumblr. Pada bagian kanan terdapat beberapa menu yang dapat dipilih. Silahkan klik Menu Account (yang bergambar orang) lalu klik Settings.
cara custom domain tumblr
Kemudian anda akan menuju ke halaman account. Terdapat beberapa pengaturan yang dapat anda diubah pada halaman ini. Namun untuk melakukan custom domain, anda hanya perlu melihat bagian kanan bawah. Terdapat kolom Blogs dengan nama username Tumblr yang anda miliki. Silahkan klik username Tumblr tersebut.
cara custom domain tumblr

4. Mengaktifkan Custom Domain di Tumblr

Nah, langkah selanjutnya yaitu melakukan pengaturan untuk nama URL pada Tumblr. Silahkan klik gambar “pensil” pada bagian Username.
cara custom domain tumblr
Di sini anda dapat mengubah nama username serta nama URL Tumblr. Untuk melakukan custom domain Tumblr, anda perlu mengaktifkan toggle “Use a custom domain”. Hal ini bertujuan untuk mengarahkan file Tumblr ke nama domain yang baru. Setelah itu silahkan tulis nama domain anda. Kemudian, jangan lupa untuk klik Test domain. Mengapa harus melakukan test domain terlebih dahulu? Hal tersebut bertujuan untuk melakukan pengecekan apakah custom domain anda tersebut berhasil atau tidak. Apabila sukses, langsung saja klik Save. Bagaimana? cara custom domain Tumblr sangat mudah bukan?
cara custom domain tumblr

Closing

Dikutip dari Wikipedia, Tumblr merupakan salah satu platform mikroblog dan situs jejaring sosial yang dimiliki dan dioperasikan Tumblr, Inc. Layanan ini memungkinkan pengguna mengirimkan konten multimedia atau lainnya dalam bentuk blog pendek. Hampir sama dengan Blogspot, Tumblr mempersilahkan usernya untuk menitipkan file di hosting mereka. Dan tiap user akan menerima alamat URL layaknya subdomain. Misalnya catatansaya.tumblr.com atau yang lain. Untuk itu, agar alamat akun Tumblr lebih professional lagi anda harus melakukan custom domain. Kami memiliki domain murah dan hosting terbaik dengan harga serta ekstensi yang beragam. Kami juga memiliki PROMO dengan harga spesial khusus untuk anda. Apabila ada permasalahan jangan ragu untuk menghubungi Tim Support Kami! Salam DomaiNesia!


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!