Custom Domain TLD ke Blogspot atau Blogger Melalui Kontrol Panel Domain

mengarahkan domain ke blogspot

Introduction

Blogspot atau blogger merupakan salah satu penyedia jasa publikasi blog yang mempermudah penggunanya dalam menerbitkan suatu blog atau website. Blogspot dikembangkan oleh Pyra Labs dan sekarang telah diakusisi oleh Google sejak tahun 2003. Blog atau website pada blogspot ini berada di bawah subdomain.blogspot.com. Namun bagi anda yang ingin merubah alamat domain blogspot dengan domain yang anda miliki misalnya .com, .id, .net ataupun yang lainnya, jangan khawatir. Anda dapat melakukan custom domain blogspot di DomaiNesia.

Catatan
Anda tidak menemukan domain yang anda maksud atau bahkan anda tidak dapat login ke dash.domainesia.com walaupun sudah reset password. Anda bisa melakukan custom domain ke Blogspot atau Blogger melalui client area, silakan ikuti panduan di cara custom Domain ke Blogger melalui client area.

Adapun langkah- langkah custom domain di Blogspot yaitu,
1. Buka http://dash.domainesia.com pada web browser anda. Pilih tab Customer Login. Lalu masukkan username dan password anda. Username dan password ini merupakan akun anda pada saat register di DomaiNesia sebelum pembelian domain maupun hosting.
login dash domainesia
2. Maka akan diarahkan ke dashboard domain dan hosting yang anda beli di DomaiNesia
dash domain
3. Untuk melakukan custom domain, maka pada bagian sidebar sebelah kiri, pilih My Domains. Kemudian klik pada domain yang anda inginkan.
my domains
4. Maka anda akan diarahkan pada halaman pengaturan domain yang anda miliki.
manage domain
5. Scroll halaman, hingga anda dapat menemukan Manage DNS pada bagian bawah. Klik pada Manage DNS.
manage dns
6. Setelah itu anda akan masuk ke pengaturan DNS. Pastikan name server anda yaitu:
dns1.domainesia.com
dns2.domainesia.com
dns3.domainesia.com
dns4.domainesia.com
Apabila belum, maka klik Fix Name Servers Automatically. Maka secara otomatis nama server akan diubah.
dns name
7. Kemudian setelah name server sesuai, maka pilih Add record
add record
8. Kemudian klik A record lalu isikan hostname dan IP address dari blogspot. Adapun IP address dari blogger/ blogspot sendiri yaitu,
216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21
add record A
9. Isikan satu persatu hingga muncul seperti gambar berikut,
ip address
10. Kemudian buka tab baru pada browser, ketikkan www.blogger.com. Kemudian login menggunakan akun blogger anda. Pilih Setelan kemudian klik Dasar. Klik pada bagian Alamat Blog klik Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda.
blogger setelan
11. Tuliskan nama domain yang telah didaftar pada A record tadi. Misalnya www.domainesia.com. Lalu klik Simpan. Maka akan ada error dari pihak blogger yaitu Kami tidak dapat memverifikasi otoritas Anda untuk domain ini. Hal ini dikarenakan domain yang anda tuliskan belum ada sinkronisasi dari pihak blogger dan domain. Untuk melakukan sinkronisasi, terdapat host unik dan record unik dari google yang harus di masukkan ke pengaturan domain.
blogger
12. Buka dash.domainesia.com tadi lagi, kemudian Add record pada CNAME. Masukkan host pada kolom pertama misalnya www.domainesia.com dan pada kolom kedua isikan ghs.google.com
ghs
13. Kemudian, buat CNAME record lagi. Masukkan host unik dari google(dot)namadomain.com dan record unik dari google lalu pilih Create
host unik
14. Pastikan anda telah menambahkan 4 A record yang berisi 4 IP address dari blogger dan 2 CNAME record. Sehingga akan muncul tampilan seperti berikut
all
15. Setelah anda menambahkan CNAME record maka silahkan login ke blogger.com. Kemudian masuk Setelan, pilih Dasar. Pada bagian Alamat Blog klik Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda. Setelah itu pilih Simpan. Maka alamat blog telah berubah sesuai nama domain yang anda berikan.

Reminder
Untuk proses custom blogspot ini memerlukan waktu kurang lebih 24 jam untuk resolving DNS dan update konfigurasi. Apabila telah berhasil terhubung, anda akan dihadapkan dengan opsi pengalihan domain dari non-www ke www pada dashboard blogger. Jangan lupa untuk memberikan tanda centang pada pilihan www.

Closing

Anda dapat merubah alamat domain blogspot dengan domain yang anda miliki misalnya .com menggunakan fitur custom domain blogspot di DomaiNesia. Sehingga URL blog atau website yang anda buat di blogspot dapat terlihat indah. Kami memiliki beragam ekstensi domain dengan harga yang terjangkau. Jadi tunggu apalagi, silahkan order domain di DomaiNesia! Bagi anda yang belum tahu cara order domain murah di Kami, silahkan baca di Panduan Order Domain Murah DomaiNesia ya 🙂

Panduan dibuat khusus untuk pelanggan DomaiNesia, jika ada perbedaan dalam fitur/layanan dengan layanan yang Anda pakai, silakan hubungi penyedia layanan Anda.

Pindah ke DomaiNesia

Migrasi
Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Related Articles

  • cara hapus custom domain.com kita bagaimana? rupanya ga bisa lagi buka wp-admin kalau buat yg kayak diatas itu.

    • bimohutomo

      Hi, sebelumnya panduan di atas untuk blogspot, jika wp-admin biasanya wordpress pak. Jika ingin menghapus bisa hapus dari blogspot, A Record, CNAME Record.