Panduan Mengubah Name Server pada Domain

cara mengubah name server pada domain

Introduction

Name Server (NS) merupakan nama dari suatu server yang berfungsi untuk mengarahkan domain ke IP address tertentu dan bisanya ditulis dengan format ns1.domainesia.net dan lain-lain. Penggunaan Nameserver lebih dari satu digunakan sebagai load balancing DNS. Hal ini bermanfaat apabila server pada ns1 mengalami overload traffic dan tidak dapat diakses, maka secara otomatis browser akan mengarahkan pada server ns2 atau lainnya. Perubahan nameserver biasanya memerlukan waktu 12-48 jam agar terjadi perubahan secara efektif atau biasa disebut propagasi. Untuk mengetahui apa itu propagasi silahkan baca panduan Kami di Apa itu Propagasi Domain.

Cara Mengubah Name Server

Adapun langkah- langkah mengubah nameserver pada domain yaitu,

Step 1 – Login Client Area (https://my.domainesia.com/)

Masuk ke https://my.domainesia.com/ kemudian login sesuai akun anda. Perlu diingat, untuk dapat login, akun yang digunakan yaitu pada saat anda membeli domain atau hosting di DomaiNesia, bukan akun cPanel.

cara mengubah name server

Step 2 – Memilih Menu My Domains

Kemudian anda akan diarahkan ke halaman client area. Client area ini berfungsi untuk pengelolaan produk DomaiNesia yang anda beli seperti domain, hosting, VM ataupun SSL. Nah untuk mengubah name server berarti anda harus memilih Menu My Domains. Pada bagian sidebar (sebelah kiri) silahkan klik Menu My Domains. Kemudian beri tanda centang dan klik nama domain yang dipilih.

cara mengubah name server

Step 3 – Mengubah Name Server

Untuk mengubah nameserver, klik pada tab Nameserver. Pada halaman ini anda dapat  mengubah name server yang anda inginkan. Anda dapat menggunakan default nameserver atau custom nameserver.
cara mengubah name serverUntuk Use default name server, anda tidak dapat mengubah konfigurasi namaserver yang ada. Nameserver default ini merupakan nama server yang dianjurkan oleh DomaiNesia. Untuk mengubah nameserver, anda dapat memilih Use custom nameservers. Tulis name server yang diinginkan. Setelah selesai silahkan klik Change Nameservers.Maka, nameserver telah berganti sesuai dengan apa yang anda inputkan tadi. Custom name server biasa digunakan ketika domain dan hosting di tempat yang berbeda. Jadi anda harus mengarahkan domain ke server hosting. Untuk panduan mengarahkan domain ke hosting yang berbeda, silahkan baca Panduan Setting DNS

Closing

Nameserver (NS) merupakan nama web server yang berfungsi untuk mengarahkan domain ke IP address tertentu. Biasanya domain akan memiliki name server lebih dari satu misalnya ns1.domainesia.net dan ns2.domainesia.net. Hal ini berfungsi apabila ada masalah seperti overload traffic pada server pertama, maka akan langsung bisa diarahkan ke server kedua. Perubahan nameserver ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 2 hari atau 2 kali 24 jam. Tertarik dengan Paket Hemat Domain dan Hosting dari DomaiNesia? Yuk cek www.domainesia.com! Banyak promo diskon lho! Salam DomaiNesia!

Panduan dibuat khusus untuk pelanggan DomaiNesia, jika ada perbedaan dalam fitur/layanan dengan layanan yang Anda pakai, silakan hubungi penyedia layanan Anda.

Pindah ke DomaiNesia

Migrasi
Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Related Articles