Cara Mengaktifkan DNSSEC di cPanel Hosting

Oleh Mila Rosyida

Cara Mengaktifkan DNSSEC di cPanel Hosting – Bagi kamu yang memiliki sebuah website, sudah semestinya mulai memikirkan bagaimana caranya meningkatkan keamanan pada website. Hal ini karena, cyber attack bisa menyerang website sewaktu-waktu dan tidak memikirkan besar atau kecilnya skala website. Salah satu yang jadi permasalahan adalah kerentanan pada DNS. Singkatnya, DNS ini digunakan untuk memudahkan user dalam mengakses suatu website dengan cara mengubah IP address ke dalam bentuk URL website. Yang menjadi masalah adalah ketika kamu mengakses URL website namun ternyata tidak menuju ke website tersebut dan masuk ke website yang aneh-aneh. Serangan seperti ini dinamakan DNS Spoofing. Namun, sekarang ini hadir yang namanya DNSSEC untuk menyelesaikan permasalahan DNS Spoofing. Nah, pada panduan kali ini akan dijelaskan apa itu DNSSEC dan bagaimana cara mengaktifkan DNSSEC di cPanel Hosting.

Apa itu DNSSEC?

DNSSEC atau Domain Name System Security Extension adalah system yang digunakan untuk meningkatkan keamanan website dari terjadinya kebocoran data melalui DNS Spoofing atau DNS Poisoning. DNSSEC bekerja dengan memverifikasi apakah data domain child zone sesuai dengan parent zone. Sebagian orang beranggapan bahwa DNSSEC ini sebagai pengganti SSL. Namun menurut PANDI Indonesia, DNSSEC bukan pengganti SSL, bukan untuk enkripsi data, dan bukan untuk menanggulangi DDos.

Baca Juga : Apa sih DNS Management?

Bagaimana Jika Website Tanpa DNSSEC ?

Sebenarnya website tetap akan bekerja meski tidak menggunakan keamanan DNSSEC, namun akan lebih baik jika kamu selalu meningkatkan keamanan website. Jika dilihat dari sisi kebermanfaatan, pastinya website yang menggunakan DNSSEC akan lebih terjamin keamanannya dari DNS Spoofing dibandingan website tanpa DNSSEC. Namun, tidak semua penyedia hosting menyediakan fitur DNSSEC pada hosting. Nah, sekarang fitur DNSSEC sudah bisa diaktifkan di hosting DomaiNesia. Buat kamu yang memiliki hosting di DomaiNesia, kamu bisa mengaktifkan DNSSEC sendiri yang kemudian akan dibantu oleh Tim Support DomaiNesia supaya DNSSEC bisa bekerja di websitemu. Untuk fitur DNSSEC di DomaiNesia berlaku untuk semua domain dan hosting ya …

Cara Mengaktifkan DNSSEC di cPanel Hosting

Langkah- langkah cara mengaktifkan DNSSEC di cPanel Hosting adalah :

1. Login cPanel Hosting

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah login ke cPanel. Login cPanel dapat melalui https://namadomain/cpanel, sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting. Bagi kamu yang belum tahu cara login cPanel, silahkan baca di Cara Login cPanel Hosting.

2. Memilih Zone Editor

Setelah berhasil masuk cPanel hosting, silahkan ketik dan pilih Zone Editor di kolom pencarian.

3. Memilih Nama Domain

Kemudian kamu bisa memilih nama domain yang ingin diberikan fitur DNSSEC. Pada panduan kali ini misalnya menggunakan domain websitesaya.my.id. Lalu pilih dan klik DNSSEC.

Catatan : Untuk memastikan apakah domain kamu support fitur DNSSEC atau tidak, kamu bisa hubungi Tim Support via chat atau ticket terlebih dahulu


Selanjutnya klik CREATE KEY yang ada di kanan atas.

Setelah itu kamu bisa klik CREATE untuk mendapatkan kode Domain, Key Tag, Algorithm Tag , Digest Type , dan Digest.

Kamu akan melihat tampilan seperti di bawah ini. Lalu kamu bisa memberikan Domain,Key Tag, Algorithm Tag , Digest Type , dan Digest kepada provider domain dan hosting sesuai dimana kamu melakukan registrasi.

Jika domain yang kamu berikan DNSSEC berada di DomaiNesia, silahkan berikan kode tersebut ke Tim Support DomaiNesia supaya websitemu bisa bekerja. Namun jika domain bukan berasal dari DomaiNesia, silahkan hubungi provider domain berasal.

Catatan : Silahkan hubungi Tim Support DomaiNesia melalui ticket agar DNSSEC bisa digunakan di websitemu.

Kesimpulan

Sekarang, fitur DNSSEC dapat kamu nikmati di hosting DomaiNesia. Kamu hanya tinggal mengaktifkan DNNSEC di cPanel hosting dan menyalin kode DNSSEC untuk diberikan ke Tim Support DomaiNesia. Ayo, segera aktifkan fitur DNSSEC di DomaiNesia agar websitemu aman dari DNS Spoofing !

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!