Home  »  Domain   »   Cara Mengarahkan Subdomain ke IP Berbeda

Cara Mengarahkan Subdomain ke IP Berbeda

Last Update:


Sumber gambar: Pexels

Introduction

Hi DomaiNesians! Udah punya subdomain? Subdomain berguna banget buat kamu yang pengen membagi domain menjadi beberapa bagian. Misalnya kamu punya domain dengan nama catatansaya.com. Kemudian kamu pengen bagi perbagian misalnya blog.catatansaya.com dan materi.catatansaya.com. Itulah yang disebut dengan subdomain. Buat yang pengen tahu, silahkan baca Apa itu Subdomain. Nah dari masing- masing subdomain ini bisa diisi dengan website baru dan bisa juga diarahkan ke IP berbeda (Hosting lain atau VPS). Nah, pernahkah kamu mengarahkan subdomain ke IP berbeda? Jika belum, sepertinya kamu perlu membaca cara mengarahkan subdomain ke IP berbeda berikut.

Tujuan


Mengarahkan subdomain ke alamat IP yang berbeda

Tahap Persiapan


Sebelum mengarahkan subdomain ke IP berbeda, maka kamu perlu mempersiapkan beberapa hal:
1. Pastikan memiliki domain yang aktif. Jika belum, kamu bisa melakukan order domain murah di DomaiNesia. Ada berbagai macam ekstensi domain yang bisa kamu pilih. Masih bingung harus pilih yang mana? Coba baca Tips Memilih Domain
2. Pastikan kamu telah membuat subdomain. Untuk membuat subdomain, silahkan baca Cara Membuat Subdomain di Hosting
3. Tentukan alamat IP yang ingin diarahkan ke subdomain. Biasanya alamat IP (IP Address) ini miliki hosting lain atau VPS
Jika ketiga hal tersebut sudah kamu tahu, maka sekarang kamu bisa mengikuti cara mengarahkan subdomain ke IP berbeda.

Cara Mengarahkan Subdomain ke IP Berbeda

Untuk mengarahkan subdomain ke IP berbeda, silahkan ikuti step by step berikut ini.

1. Login cPanel Hosting

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah login ke cPanel. Login cPanel dapat melalui https://namadomain/cpanel, sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting. Bagi anda yang belum tahu cara login cPanel, silahkan baca di Cara Mudah Login cPanel Hosting.

2. Memilih Advanced Zone Editor

Setelah berhasil login, silahkan ketik “advanced zone editor” pada kolom pencarian. Klik Menu Advanced Zone Editor tersebut.

3. Memilih Domain

Tunggu sebentar maka kamu akan diarahkan ke halaman Advanced Zone Editor. Pada kolom Select a Domain, silahkan pilih nama domain yang digunakan. Misalnya,
Subdomain : materi.websitesaya.net
Domain : websitesaya.net

4. Menambahkan A Record

Silahkan scroll ke bawah, lalu tambahkan A record agar subdomain dapat terarah ke IP Address. Pada kolom Type, silahkan pilih A. Kemudian di kolom Name, silahkan tulis nama subdomain. Untuk kolom TTL, silahkan tulis TTL 14400. Kemudian pada kolom Address, silahkan tulis IP Address tujuan. Jangan lupa klik Add Record!

5. Subdomain Berhasil Terarah

Jika sudah, maka akan muncul tampilan seperti ini pada Zone File Records. Coba sekarang kamu cek subdomain tersebut di web browser. Voila! Subdomain kamu berhasil terarah ke alamat IP tujuan.

Catatan: Jika subdomain sudah tercantum pada Zone File Records, untuk mengganti alamat IP nya silahkan klik Edit.

Kesimpulan

Cara mengarahkan subdomain ke IP berbeda sangatlah mudah. Cukup tuliskan saja IP Address tujuan pada Advanced Zone Editor maka subdomain sudah terarah. Pengen beli hosting dan domain tapi belum gajian? Tenang saja! DomaiNesia memiliki Paket Hemat Domain dan Hosting yang bisa kamu pilih. Selain domain murah, kamu bisa juga mendapatkan hosting murah dengan kualitas terbaik. Lengkap dengan backup ke cloud, SSD super cepat dan garansi uptime 99,9%. Jika butuh bantuan, jangan ragu untuk kirim tiket ke Tim Support Kami ya! Salam DomaiNesia!


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!