• Home
  • Domain
  • Cara Mengarahkan Domain ke IP Berbeda

Cara Mengarahkan Domain ke IP Berbeda

Oleh Mutiara Auliya
3.33/5 (3)

Hi DomaiNesians! Kamu punya server dan domain secara terpisah? Misalnya, kamu punya domain di DomaiNesia dan kamu punya VPS/ server hosting di penyedia layanan lain. Apakah bisa domain diarahkan ke alamat IP milik server di beda tempat? Bisa dong! Kamu bisa ikuti cara mengarahkan domain ke IP Berbeda seperti langkah berikut.

Tahap Persiapan

Sebelum mengarahkan subdomain ke IP berbeda, maka kamu perlu mempersiapkan beberapa hal:
1. Pastikan memiliki domain yang aktif. Jika belum, kamu bisa melakukan order domain murah di DomaiNesia. Ada berbagai macam ekstensi domain yang bisa kamu pilih. Masih bingung harus pilih yang mana? Coba baca Tips Memilih Domain.
2. Tentukan alamat IP yang ingin diarahkan ke subdomain. Biasanya alamat IP (IP Address) ini milik hosting lain atau VPS

Cara Mengarahkan Domain ke IP Berbeda

Adapun cara mengarahkan domain ke IP berbeda yaitu,

1. Login MyDomaiNesia

Buka MyDomaiNesia pada web browser kamu. Lalu masukkan username dan password. Username dan password ini merupakan akun pada saat register di DomaiNesia sebelum pembelian domain maupun hosting.

2. Memilih Domain

Setelah itu kamu akan diarahkan ke dashboard client area. Pada client area, kamu bisa mengetahui produk apa saja yang dibeli. Untuk mengarahkan domain ke IP yang berbeda, silahkan klik Domains. Tentukan domain mana yang ingin diarahkan. Lalu beri tanda centang pada domain yang dipilih. Kemudian klik domain tersebut.

3. Menambahkan A Record

Kemudian pilih tab DNS Management.

Jika ingin menambahkan record baru, silahkan scroll ke bawah klik Add New Record. Pastikan pada bagian Host Name silakan tuliskan @. Sedangkan bagian Type tertulis A record. Lalu pada kolom Value silahkan diisi dengan alamat IP yang dituju. Jika sudah, silahkan klik Save Changes.

4. Domain Berhasil Diarahkan!

Yeay! Domain berhasil diarahkan ke IP server lain. Kamu bisa arahkan domain ke hosting/ VPS di beda tempat. Pastikan nameserver yang digunakan yaitu Use default nameservers.

Kesimpulan

Bagaimana? Cara mengarahkan domain ke IP berbeda cukup mudah kan? Ada 3 komponen penting yang dimiliki website yaitu domain, server (hosting/ VPS) serta file website itu sendiri. Jika kamu hanya punya domain di DomaiNesia, kamu tetap bisa mengarahkan website ke server di tempat lainnya. Jika tidak ingin ribet, kamu bisa langsung pesan hosting di DomaiNesia lho! Ada paket Hosting Murah yang bisa kamu pilih! Kamu bisa dapatkan domain gratis selamanya untuk setiap pembelian paket hosting super 2 GB. Kamu juga bisa dapatkan web apps gratis juga! Salam DomaiNesia!

Mutiara Auliya

Hi! I am Data Analyst and Technical Writer at DomaiNesia. I love Linux, Python, Server, WordPress, Data Analysis and Artificial Intelligence. I will help you making some technically being easy to understand :)

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!