Home  »  Domain   »   Cara Upload Dokumen Syarat Aktivasi Domain ID

Cara Upload Dokumen Syarat Aktivasi Domain ID

Last Update:

Introduction

Hi DomaiNesians! Ada beberapa domain yang membutuhkan upload dokumen tanda pengenal seperti KTP, SIM atau paspor seperti domain .ID. Nah gimana caranya? Caranya hampir sama kok seperti order domain TLD biasa. Namun apabila anda belum melakukan upload tanda pengenal pasti domain masih berstatus awaiting document. Untuk itu, upload dokumen diperlukan jika status domain adalah awaiting document. Status ini akan ada jika registrasi domain sudah melakukan pembayaran namun dokumen yang diperlukan belum diunggah.

Bagaimana Caranya Upload Dokumen Aktivasi Domain ID?

Caranya mudah kok. Anda dapat melakukan upload dokumen dari halaman client area (https://my.domainesia.com). Untuk syarat domain ID bisa dilihat di dokumen domain ID

1. Login Client Area (https://my.domainesia.com)

Yang harus anda persiapkan yaitu akun di https://my.domainesia.com. Pertama- tama silahkan login ke client area (https://my.domainesia.com) sesuai dengan email dan password ketika mendaftar di DomaiNesia. Setelah berhasil silahkan klik Menu My Domains pada bagian sidebar (bagian kiri).  Lalu beri tanda centang dan klik domain .ID yang dipilih.syarat domain id

2. Melihat Domain ID Verification Status

Kemudian pada tab Overview terlihat detail hosting beserta domain, tanggal registrasi, tanggal kadaluarsa.
syarat domain id

Kemudian, silahkan lihat pada bagian Domain .ID Verification Status. Lalu pastikan Domain Status masih berupa Awaiting Document. Anda juga bisa melihat detail status dengan klik details. Apabila masih incomplete itu berarti anda belum melakukan upload dokumen tanda pengenal seperti KTP, Akta, POA dan sebagainya. Perlu diingat bahwa setiap domain .ID baik .id, .co.id, .my.id dan sebagainya memiliki persyaratan upload dokumen yang berbeda. Untuk menambahkan dokumen (upload dokumen), silahkan klik Upload. Tambahkan dokumen yang bersifat required/wajib seperti KTP, SIM, atau Paspor. File dokumen yang dapat diunggah bisa berupa gambar (.jpg, .png, dsb.) atau portable document format (.pdf).

3. Melakukan Upload Dokumen

Kemudian akan muncul popup yang berisi daftar tipe dokumen beserta sifatnya (required/optional). Tambahkan dokumen yang bersifat required/wajib dengan mengklik tombol plus (+).
Syarat Domain ID

 

 

 

 

 

 

 

Setelah itu akan diarahkan menuju popup Document Management. Pada bagian ini akan ditampilkan daftar dokumen yang sudah pernah diunggah. Jika pada daftar belum ada dokumen yang terunggah, maka tambahkan dokumen baru di bagian Upload New Document. Isikan Nama Dokumen lalu unggah dengan mengklik tombol Choose File. Lalu pilih dokumen baru Anda yang dapat berupa KTP, SIM, atau Paspor. File dokumen yang dapat diunggah bisa berupa gambar (.jpg, .png, dsb.) atau portable document format (.pdf). Kemudian itu klik tombol Upload Document untuk memulai proses pengunggahan.
Cara Upload Dokumen Syarat Aktivasi Domain ID

4. Klik Use This File!

Setelah dokumen berhasil diupload, silahkan klik Use This Fileagar dokumen dapat diproses.

5. Proses Upload Dokumen Berhasil

Jika sudah selesai mengunggah dokumen yang diperlukan, maka Status Domain akan berubah menjadi Verifying dan Anda diharuskan menunggu sampai proses verifikasi dokumen selesai dilakukan oleh tim validasi kami. Apabila proses verifikasi telah berhasil maka status domain akan berubah menjadi active.

Kesimpulan

Jika membeli domain ID maka ada persyaratan yang harus anda penuhi. Seperti KTP, SIM, NPWP Perusahaan, SIUP, TDP ataupun AKTA. Nah pastikan sudah terupload dengan benar ya DomaiNesians!

Baca Juga: Cara Mengubah Nameserver di Domain


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!