Apa itu Domain, Hosting, SSL, & Website?

Apa itu Domain, Hosting, SSL, & Website?

Introduction

Ibarat ingin memiliki sebuah bangunan, haruslah mempunyai kavling terlebih dahulu agar dapat mendirikan suatu bangunan. Begitu juga di internet jika ingin memiliki sebuah website. Terdapat hosting, website, domain dan SSL yang bisa direpresentasikan sebagai kavling, bangunan, nama bangunan, dan pagar pengaman bangunan.

Domain

Analogi Domain

Domain merupakan alamat dari sebuah website. Jika diibaratkan, domain merupakan sebuah alamat yang akan menuntun pengunjung menuju ke lokasi kavling atau bangunan. Biasanya domain dalam bentuk situsanda.com atau situsanda.id, ataupun yang lainnya. Untuk domain biasanya memiliki akhiran, yang disebut dengan ekstensi domainuntuk ekstensi domain TLD (internasional) misalnya .com, .net, .org dll, kemudian ada juga domain ID yang merupakan domain yang dikhususkan untuk regional Indonesia misalnya .id, .co.id, .or.id, dll, untuk daftar lengkapnya dapat dilihat pada halaman domain.

Hosting

Analogi Hosting

Hosting merupakan media untuk menyimpan data dalam bentuk tulisan, gambar atau video dimana nantinya akan dikemas dalam suatu bentuk yang sering disebut website. Hosting ibarat kavling, yang merupakan suatu bagian tanah yang sudah dipetak-petak dengan ukuran tertentu yang akan dijadikan tempat untuk mendirikan bangunan. Di DomaiNesia sendiri kami menyediakan layanan hosting dengan harga terjangkau tetapi memiliki performa luar biasa, detailnya dapat dilihat pada halaman hosting.

SSL

Analogi SSL

SSL atau Secure Socket Layer merupakan jalur yang berfungsi sebagai pengaman sebuah website. SSL akan membuat suatu jalur secara terenkripsi antara server dan web browser pada sisi pengunjung. Sehingga, pada saat pengunjung mengakses sebuah website yang menggunakan SSL maka data yang terkirim akan aman. SSL ibarat pagar pengaman, yang berfungsi melindungi bangunan dari hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya pencurian. Di DomaiNesia sendiri menyediakan layanan SSL dengan berbagai pilihan, dapat dilihat pada halaman SSL.

Website

Analogi Website

Website diibaratkan seperti bangunan yang berdiri di atas kavling tersebut. Website merupakan bentuk tampilan atau halaman yang berisikan informasi data dalam bentuk tulisan, gambar atau video. Pengunjung akan selalu melihat rupa website, sama halnya seperti pembeli yang akan mengunjungi sebuah toko untuk berbelanja.

Closing

Ibarat ingin mendirikan suatu pertokoan. Anda pastinya akan memilih kavling, bangunan, nama bangunan dan pagar pengaman untuk melindungi toko anda. Begitu juga dalam world wide web. Hosting, website, domain dan SSL merupakan representasi dari semua hal tersebut.

Panduan dibuat khusus untuk pelanggan DomaiNesia, jika ada perbedaan dalam fitur/layanan dengan layanan yang Anda pakai, silakan hubungi penyedia layanan Anda.

Pindah ke DomaiNesia

Migrasi
Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Related Articles