Home  »  Permulaan   »   Cara Membuat Sub Akun DomaiNesia

Cara Membuat Sub Akun DomaiNesia

Last Update:

cara membuat sub akun

Introduction

Sub akun (Sub-Account) adalah salah satu cara agar kamu bisa berbagi pengelolaan akun kepada orang lain. Hal ini dilakukan agar pengelolaan domain dan hosting dapat diakses oleh beberapa orang. Sebagai contoh, kamu memiliki toko online yang dikelola oleh beberapa orang. Kamu, sebagai admin utama (orang yang pertama kali membuat akun DomaiNesia), dapat menyuruh orang lain untuk melakukan pengelolaan domain hosting hingga akses cPanel Hosting. Cara membuat sub akun juga sangatlah mudah, hampir sama dengan cara membuat akun DomaiNesi lho.

Apa Manfaat Membuat Sub Akun DomaiNesia?

Ada banyak manfaat yang bisa kamu ambil jika membuat sub akun, antara lain,
Jika Kamu Pelaku Bisnis Online
– Kamu bisa “joinan” dengan partner bisnis kamu dalam melakukan pengelolaan domain, hosting ataupun website.
– Jumlah sub akun tidak terbatas. Jadi, kalau kamu sewaktu-waktu menambah partner bisnis/ admin tidak masalah.
– Hak akses dari setiap sub akun dapat berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Misalnya, si A hanya bisa melihat detail order, si B dapat mengirimkan tiket ke Tim Support, si C dapat mengetahui akses cPanel Hosting dan sebagainya.
– Jika domain dan hosting hampir expired, notifikasi akan masuk ke email akun utama dan sub akun. Jadi, kalau kamu lagi sibuk, maka partner kamu bisa melakukan perpanjangan domain karena bisa akses Client Area DomaiNesia. Untuk lebih jelas tentang perpanjangan domain hosting silahkan baca Cara Perpanjang Domain dan Cara Perpanjang Hosting.

Jika Kamu Bekerja di Perusahaan
– Kamu bisa memberikan pengelolaan domain, hosting dan website kepada admin lainnya walaupun dengan hak akses yang berbeda. Jadi, jika sewaktu-waktu ada karyawan yang resign, tidak jadi masalah.

Cara Membuat Sub Akun DomaiNesia

Untuk membuat sub akun DomaiNesia, silahkan ikuti step by step berikut:

1. Login Client Area (my.domainesia.com)

Buka https://my.domainesia.com pada web browser kamu. Lalu masukkan username dan password. Username dan password ini merupakan akun pada saat register di DomaiNesia sebelum pembelian domain maupun hosting.

2. Memilih Profile

Setelah masuk ke Client Area, silahkan klik Menu Domains lalu klik Profile pada bagian pojok kanan atas.

3. Memilih Sub-Accounts

Kemudian akan muncul data profile dari user seperti nama, alamat, nomor telepon lalu email. Nah, dibawahnya terdapat link Contacts/Sub-Accounts. Klik link tersebut untuk membuat sub akun DomaiNesia.

4. Mengisi Form Sub Akun Baru

Terdapat form Sub-Accounts yang harus kamu isi. Antara lain:
First Name: nama urutan pertama
Last Name: nama urutan kedua
Company Name: nama perusahaan
Email Address (wajib diisi): alamat email. Alamat email ini nantinya digunakan untuk login
Phone Number: Nomor telepon
Address1: Alamat pertama
Address 2: Alamat kedua
City: Kota
State/ Province: Nama Provinsi
Zip Code: Kode Pos
Country: Negara
Pada bagian Activate Sub Account, jangan lupa untuk memberi tanda centangTick to configure as a sub-account with client area access” Hal ini berfungsi agar sub akun kamu bisa aktif.

Jika kamu sudah memberikan tanda centang maka akan muncul kolom Sub-Account Permissions. Nah di sini, kamu bisa memberikan hak akses terhadap sub akun yang ingin dibuat. Adapun penjelasannya,
Modify Master Account Profile: Dapat mengubah data profile admin utama
View Products & Services: Melihat produk hosting yang diorder
Performs Single Sign-On: Dapat menggunakan emailnya sebagai Single Sign-On
Manage Domain Settings: Bisa mengubah setting domain
View & Accept Quotes: Dapat membuka dan menerima review customer yang potensial
View & Manage Affiliate Account: Membuka dan mengelola akun afiliasi
Place New Orders/ Upgrades/ Cancellations: Dapat melakukan order produk baru, melakukan upgrade dan melakukan pembatalan order
View & Manage Contacts: Membuka dan mengelola sub akun lain
View & Modify Product Passwords: Membuka dan mengubah password
View Domains: Melihat domain
View & Pay Invoices: Melihat dan membayar invoices
View & Open Support Tickets: Melihat dan membuka support tiket
View Emails: Mengetahui email
Setelah memberikan tanda centang untuk sub akun yang ingin dibuat, silahkan tulis password yang diinginkan pada kolom New Password. Pastikan kamu tulis password sesuai dengan Tips Menulis Password Agar Aman. Lalu tulis ulang password pada kolom Confirm New Password.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Terdapat beberapa pilihan email yang dapat dikirimkan ke sub akun. Jadi, beberapa pilihan email (yang dicentang) nantinya akan dikirim ke sub akun.
General Emails: Email yang dikirim berupa pemberitahuan umum dan password
Product Emails: Email yang dikirimkan berupa detail order produk
Domain Emails: Sub akun akan menerima email berupa pemberitahuan perpanjangan domain, konfirmasi registrasi domain dan sebagainya
Invoice Emails: Tentang invoices (tagihan) dan detail pembayaran
Support Emails: Memperbolehkan sub akun untuk mengirimkan tiket ke email DomaiNesia.
Setelah selesai, jangan lupa klik Save Changes!

5. Sub Akun Sukses DIbuat!

Tunggu sebentar hingga muncul notifikasi berwarna hijau seperti gambar di bawah ini. Yeay, sub akun berhasil dibuat! Kamu bisa melihat beberapa data sub akun yang telah dibuat dengan memilih sub akun pada kolom Choose Contact kemudian klik Go.

Saya Sudah Memiliki Email Sub Akun, Lalu Bagaimana Cara Login?

Perlu diingat, sub akun hanya bisa dibuat oleh admin utama (orang yang pertama kali membuat akun DomaiNesia). Nah, jika kamu sebagai orang yang memiliki email sub akun maka cara loginnya juga hampir sama dengan cara login akun DomaiNesia. Silahkan masuk ke Client Area DomaiNesia (my.domainesia.com) lalu masukkan email dan password sesuai sub akun yang telah dibuat tadi.

Bagaimana Menghapus Sub Akun DomaiNesia?

Untuk menghapus sub akun DomaiNesia, silahkan pilih sub akun terlebih dahulu kemudian scroll kebawah dan klik Delete Contact. Menghapus sub akun dapat dilakukan ketika partner bisnis kamu pindah/ resign. Hal ini agar sub akun tidak dapat masuk dan mengubah setting yang ada di Client Area.

Kesimpulan

Cara membuat sub akun DomaiNesia cukup mudah. Kamu bisa membuat beberapa sub akun untuk mengelola domain hosting dan website. Dengan adanya sub akun ini, pekerjaan kamu menjadi lebih ringan. Pengen order hosting? Yuk cek Hosting Terbaik Indonesia. Bagi para pemula, DomaiNesia menyediakan beragam Panduan Mengelola Website yang bisa kamu baca. Apabila ada pertanyaan, silahkan hubungi Tim Support DomaiNesia melalui kirim tiket, email atau live chat. Pengen membuat toko online sendiri? Yuk cek Cara Membuat Toko Online dengan Mudah.


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!