• Home
  • Permulaan
  • Cara Mengganti URL wp-admin WordPress Tanpa Plugin

Cara Mengganti URL wp-admin WordPress Tanpa Plugin

Oleh Mutiara Auliya
5/5 (1)

Hi DomaiNesians! WordPress adalah salah satu Content Management System yang banyak digunakan oleh masyarakat. Dan WordPress inilah yang sering menjadi incaran para hacker untuk melancarkan aksinya. Malware akan menyebar ke WordPress melalui plugin yang out of date, template gratisan yang bukan berasal dari website WordPress, versi WordPress yang terlalu lama dan sebagainya.

Baca Juga: Tips Mengamankan WordPress Untuk Pemula

Nah, salah satu hal agar WordPress kamu aman yaitu menyembunyikan folder wp-admin. Untuk menyembunyikan folder wp-admin dapat melalui plugin atau manual. Jika kamu ingin lebih mudah, bisa gunakan plugin Protect Your Admin. Namun pastikan harus selalu update. Namun, jika kamu tidak ingin menggunakan plugin, bisa ikuti panduan cara mengganti url wp-admin WordPress tanpa plugin berikut ini.

Cara Mengganti URL wp-admin WordPress Tanpa Plugin

Adapun cara mengganti URL wp-admin WordPress tanpa plugin yaitu,

1. Mengakses File Manager

Pastikan kamu tahu cara mengakses file manager di cPanel Hosting ya. Jika website kamu di domain utama, pasti file website akan berada di public_html. Jika berada di subdomain, silakan cek di folder subdomain

2. Cari File wp-login.php

Untuk mengganti url wp-admin WordPress tanpa plugin, kamu harus mengubah nama wp-login.php. File wp-login.php merupakan file yang berfungsi untuk pengaturan login WordPress. Silakan cari file wp-login.php lalu rename sesuai nama yang kamu inginkan misalnya loginbaru.php.

cara mengganti url wp-admin WordPress tanpa plugin

3. Ganti Dengan Nama Yang Baru

Setelah dilakukan rename, silakan klik kanan pada file tersebut dan klik Edit. Kamu dapat menggunakan bantuan ctrl+f kemudian tuliskan wp-login.php lalu sesuaikan dengan nama yang diubah tadi. Ada sekitar 12 tulisan wp-login.php yang harus kamu ubah.

cara mengganti url wp-admin WordPress tanpa plugin

4. Cari File general-template.php

Sekarang coba kamu buka folder wp-includes lalu pilih file general-template.php. Setelah itu, klik Edit pada file tersebut.

cara mengganti url wp-admin WordPress tanpa plugin

Jika sudah, kamu dapat menggunakan bantuan ctrl+f kemudian tuliskan wp-login.php lalu sesuaikan dengan nama yang diubah tadi. Pada contoh ini wp-login.php diubah menjadi loginbaru.php. Ada sekitar 5 tulisan wp-login.php yang harus kamu ubah ya.

cara mengganti url wp-admin WordPress tanpa plugin
Setelah itu silakan cari script berikut

kemudian hapus loginbaru.php sehingga menjadi script berikut

5. Mengakses Halaman Admin di WordPress

Pada step kelima, coba akses halaman admin WordPress dengan nama yang telah diubah. Jika biasanya kamu mengakses halaman admin dengan namadomain/wp-login.php, sekarang kamu dapat akses dengan namadomain/loginbaru.php.

cara mengganti url wp-admin WordPress tanpa plugin

Kesimpulan

Untuk mengganti url wp-admin WordPress tanpa plugin, kamu perlu tahu cara mengelola file di file manager terlebih dahulu. Pastikan kamu lakukan backup data terlebih dahulu ya sebelum mencobanya. Jangan lupa juga selalu pasang SSL agar website aman. Terdapat bermacam-macam SSL murah yang dapat kamu pilih.

Mutiara Auliya

Hi! I am Technical Writer at DomaiNesia. I love Linux, Python, Server, WordPress, Data Analysis and Artificial Intelligence. I will help you making some technically being easy to understand :)

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!