Home  »  Permulaan   »   Panduan Penggunaan File Manager di cPanel Hosting

Panduan Penggunaan File Manager di cPanel Hosting

Last Update:

Pernahkah kamu mendengar kata file manager di hosting? File manager adalah sebuah alat atau fitur yang dimiliki oleh sistem untuk pengelolaan file. File manager dapat ditemukan di berbagai sistem seperti website dan aplikasi lainnya. Dikutip dari Wikipedia, file manager atau biasa disebut manajemen berkas adalah sebuah perangkat lunak yang menyediakan antarmuka untuk bekerja dengan sistem berkas. File manager berfungsi untuk pengelolaan berkas, mengelola berkas/ file, membuat file, membuka file, menyunting, melihat, mengubah nama file, memindahkan, menyalin, menghapus, mencari dan mengubah permission file. Nah, pada panduan kami ini Tim DomaiNesia ingin memberikan suatu panduan cara menggunakan file manager di cPanel Hosting. Panduan ini cocok untuk pemula yang baru dengan dunia domain, hosting serta website. Yuk ikuti langkah-langkah cara menggunakan file manager berikut!

Cara Menggunakan File Manager Untuk Pemula

Tadi sudah disinggung mengenai apa fungsi dari file manager. Kamu bisa melakukan berbagai macam hal di file manager. Dibawah ini adalah tampilan dari file manager.

cara menggunakan file manager
Kamu bisa melakukan apapun di file manager seperti menambah file/ folder, melihat file yang ada di hosting dan sebagainya. Agar lebih paham, akan kami akan jelaskan satu persatu ya.

1. Membuat File/ Folder

Untuk membuat file atau folder, kamu bisa langsung klik tanda +File atau +Folder pada bagian atas file manager.

cara menggunakan file manager
Kemudian tulis nama folder/ file dan lokasi dimana file/ folder tersebut ditempatkan. Setelah selesai, silakan klik Create New Folder atau Create New File.

cara menggunakan file manager

2. Membuka Folder

Untuk membuka folder atau melihat isi dari folder, silakan klik dua kali (double klik) pada folder yang dipilih.

cara menggunakan file manager

3. Membuka File dan Mengubah File

Untuk membuka file, silakan pilih file terlebih dahulu. Kemudian klik kanan pada file tersebut lalu pilih View.

cara menggunakan file manager

4. Mengubah File

Untuk mengubah file tertentu di file manager, silakan pilih file yang diinginkan. Kemudian klik kanan pada file tersebut dan klik Edit.

cara menggunakan file manager

Setelah itu silakan ubah sesuai keinginan. Misalnya kamu ingin mengubah database, silakan ubah sesuai dengan database yang diinginkan lalu klik Save Changes.

cara menggunakan file manager

5. Menghapus File/ Folder

Untuk menghapus file atau folder, silakan klik file yang ingin dihapus kemudian klik kanan dan pilih delete. Kamu bisa menghapus file-file yang sudah tidak diperlukan untuk menghemat kapasitas hosting (disk usage). Misalnya file .trash.

cara menggunakan file manager

6. Menampilkan File Hidden

Hidden file adalah suatu file yang tersembunyi di dalam sistem. Biasanya file hidden tersebut akan menyimpan beberapa konfigurasi penting yang berkaitan dengan user atau akses. Salah satu hidden file di Hosting yang populer adalah file .htaccess. Untuk menampilkan file hidden silakan ikuti panduan cara menampilkan hidden file di hosting.

7. Download File/ Folder

Untuk mendownload file/ folder , pastikan sudah dalam bentuk .zip ya. Caranya, silakan pilih folder kemudian klik Compress.

cara menggunakan file manager

Setelah itu, pilih ekstensi yang diinginkan misalnya .zip. Kemudian tunggu hingga proses selesai.

cara menggunakan file manager

Kemudian akan menemukan file zip yang harus kamu download. Untuk mendownload file zip tersebut silakan double klik pada file tersebut.

8. Memindahkan File/ Folder

Untuk memindahkan file ke folder tertentu, silakan lakukan drag file lalu drop pada folder yang kamu mau. Cara lain yaitu, kamu bisa klik Move pada bagian atas kemudian pindahkan file atau folder ke lokasi yang diinginkan.

cara menggunakan file manager

Kesimpulan

Cara menggunakan file manager untuk pemula cukup mudah. Sebagai pemula, sebaiknya kamu harus tahu beberapa hal yang berkaitan dengan file manager. Kamu bisa mengubah file, copy file, menghapus file, membuat file hingga melakukan download file. Biasanya Tim Support DomaiNesia, akan memandu kamu jika berkaitan dengan file-file di File Manager. Misalnya melihat error_log, mengubah file .htacess atau melakukan compress file zip. Oiya, apabila kapasitas hosting kamu mulai habis, sebaiknya hapus file-file yang sudah tidak digunakan ya. Coba cek panduan cara melihat kapasitas hosting lalu tentukan file apa yang menguras resource hosting kamu. Salam DomaiNesia!


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!