Cara Mengubah Password WordPress Melalui phpMyAdmin

“Min, saya lupa password website WordPress nih. Gimana ya? Apakah ada cara mengubah password WordPress?”
“Bisa dong!”

Hi DomaiNesians! Apakah website kamu menggunakan WordPress? Pernah nggak kamu lupa sama password website kamu? Pas lagi buka /wp-admin lalu lupa password yang harus dimasukin. Jangan bingung! Kamu bisa mengubah password WordPress melalui phpMyAdmin. Mau tahu caranya? Yuk DomaiNesia punya panduan cara mengubah password WordPress melalui phpMyAdmin dengan mudah.

Apa sih phpMyAdmin?

Oke sebelum masuk ke phpMyAdmin, pastikan kamu tahu apa itu database. Sebelum membuat website, hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu konfigurasi database terlebih dahulu. Database merupakan sistem basis data yang akan menyimpan file- file website. Terdapat berbagai macam database misalnya MySQL atau PostgreSQL. Nah, apa hubungannya dengan phpMyAdmin? Menurut Wikipedia, phpMyAdmin merupakan suatu perangkat lunak yang ditulis dalam bahasa pemrograman PHP yang digunakan untuk menangani administrasi MySQL. Yaps, phpMyAdmin akan membantu kamu dalam urusan pengelolaan database MySQL seperti membuat database, melakukan query, mengelola tabel dan sebagainya. Jadi, user tidak perlu susah- susah untuk melakukan query database melalui konsol.

Baca Juga: Cara Install phpMyAdmin di Hosting

Cara Mengubah Password WordPress

Nah melalui phpMyAdmin ini, kamu bisa melihat dan mengelola tabel yang menyimpan data website. Kamu juga bisa mengubah password dan username WordPress juga. Adapun caranya, silahkan ikuti step- step berikut ini.

Step 1 – Login cPanel Hosting

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah login ke cPanel. Login cPanel dapat melalui http://namadomain/cpanel, sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting. Bagi kamu yang belum tahu cara login cPanel, silahkan baca di Cara Login cPanel Hosting.

cara mengubah password wordpress

Step 2 – Memilih phpMyAdmin

Setelah itu, silahkan tulis “phpmyadmin” pada bagian kolom pencarian. Maka akan muncul menu phpMyAdmin. Silahkan klik menu tersebut.

cara mengubah password wordpress

Step 3 – Memilih Database WordPress

Setelah di klik, silahkan tunggu sebentar hingga muncul gambar seperti dibawah ini. Terdapat beberapa database di dalam tampilan phpMyAdmin. Silahkan pilih database yang digunakan dalam website WordPress. Jika belum tahu nama database website, silahkan cek Cara Melihat Database Website. Biasanya untuk database WordPress memiliki ciri- ciri “wp”.

cara mengubah password wordpress

Step 4 – Memilih Tabel wp_user

Setelah memilih nama database website, silahkan klik tabel user. Tabel user biasanya memiliki ciri khas yaitu wp_users atau wpna_users (biasanya menggunakan kata “user”).

cara mengubah password wordpress

Step 5 – Mengubah Password WordPress

Silahkan klik tabel user tadi, lalu coba lihat beberapa username dan password yang tersedia. Pilih username yang ingin diubah, kemudian klik Edit.

cara mengubah password wordpress

Kemudian pada kolom user_pass silahkan pilih MD5 lalu tulis password baru. MD5 ini sendiri bertujuan untuk melindungi password atau biasa dikenal dengan “hash password”. Setelah itu klik Go. Maka password anda telah berhasil diubah 🙂

cara mengubah password wordpress

Closing

Bagaimana? Cara mengubah password WordPress sangat mudah bukan? Jadi, sekarang kamu nggak perlu bingung kalau sewaktu- waktu muncul sindrom lupa password WordPress. Hanya butuh akses cPanel Hosting dan phpMyAdmin saja, kemudian ubah password sesuka hati. Kamu belum punya website? Pengen bikin website tapi nggak bisa? Tenang saja! DomaiNesia memiliki fitur Instant Deploy yaitu membuat website dalam sekejap. Hanya butuh waktu 5 menit saja, maka kamu bisa memiliki website atau toko online sesuai keinginan. Penasaran? Cek aja Membuat Website Mudah dengan Instant Deploy. Atau sudah punya Hosting dan Domain tapi bingung mau diapakan? Coba baca tutorial singkat dari kami Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Domain dan Hosting Telah Aktif. Salam DomaiNesia!

Tertarik dengan Hosting DomaiNesia? Yuk cek Hosting Murah Indonesia

Panduan dibuat khusus untuk pelanggan DomaiNesia, jika ada perbedaan dalam fitur/layanan dengan layanan yang Anda pakai, silakan hubungi penyedia layanan Anda.

Pindah ke DomaiNesia

Migrasi
Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Related Articles