Home  »  Permulaan   »   Cara Reinstall Core WordPress

Cara Reinstall Core WordPress

Last Update:


Hi Domainesians! Kamu pernah mengalami kendala dimana file WordPress error? Berbagai cara sudah dicoba tapi masih mengalami blank page atau mendapati error 500 di halaman browser kamu? Ada kemungkinan terdapat file corrupt dan perlu reinstall core WordPress untuk memulihkannya. Pada kesempatan kali ini akan dipelajari bagaimana cara reinstall core WordPress tanpa mempengaruhi konten yang ada di website. Reinstall core WordPress juga biasa dilakukan untuk melakukan fresh install apabila ada script malware yang sudah menginject file core dari WordPress. Daripada kesulitan dalam memilah dan menghapus file malware, akan lebih mudah jika kita melakukan fresh install core WordPress. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan, yuk kita ikuti langkah-langkahnya berikut.

Tahap Persiapan

Sebelum memulai proses reinstall, kami sarankan untuk selalu membuat backup terlebih dahulu. Walaupun pada panduan kali ini proses tidak akan mempengaruhi konten, namun akan lebih baik jika kamu memiliki backup jika ada sesuatu hal yang tidak diinginkan. Kamu dapat melakukan full backup pada hosting atau cukup backup untuk file yang krusial seperti berikut:

  • Database
  • File wp-config.php
  • Folder wp-content

Untuk melakukan backup cukup klik kanan pada file/folder, kemudian klik kanan, dan pilih compress. Setelah itu akan didapatkan file hasil compress yang dapat kamu unduh sebagai file backup.

reinstall core WordPress

Cara Reinstall Core WordPress

Setelah file backup terbuat, kita akan melakukan reinstall core WordPress mengikuti beberapa cara berikut:

  1. Reinstall Core WordPress dari Dashboard WordPress

Untuk fresh install core WordPress, silakan masuk ke Dashboard WordPress kamu. Pada menu Updates, kamu akan diberikan informasi terkait update apa saja yang dapat dilakukan, pilih Re-install Now untuk menginstall ulang WordPress kamu.

reinstall core WordPress

Setelah tombol tersebut diklik, silakan ditunggu sampai prosesnya selesai. WordPress akan secara otomatis mengunduh dan menginstall core WordPress versi terbaru. Jika kamu sudah pakai versi terbaru WordPress akan melakukan reinstall core WordPress versi tersebut. Setelah proses selesai, artinya saat ini file core WordPress sudah ditimpa dengan file core baru seperti fresh install.

  1. Reinstall Core WordPress dari File Manager cPanel

Ada kalanya WordPress crash sehingga halaman dashboard tidak dapat diakses. Selain dari dashboard langsung, kamu dapat melakukan reinstall core WordPress melalui file manager cPanel. Untuk cara ini perlu dilakukan pengunggahan manual file WordPress ke hosting kami. Sebelumnya silakan kunjungi web resmi WordPress untuk mengunduh file core WordPress terlebih dahulu.

reinstall core WordPress

Setelah diunduh, ekstrak file ZIP tersebut dan akan didapatkan file default WordPress seperti gambar berikut.

reinstall core WordPress

Langkah berikutnya silakan hapus folder wp-content dari file core default WordPress, dan upload sisa filenya ke hosting. Kemudian replace semua file WordPress lama dengan file baru. Karena folder wp-content sudah dihapus maka baik tema, plugin, dan file-file upload tidak akan ditimpa dan tidak terpengaruh. Dan sekarang file core WordPress sudah update ke file baru seperti fresh install.

  1. Reinstall Core WordPress via WP-CLI

Apa itu WP-CLI? WP-CLI merupakan tools berupa baris perintah untuk mengelola banyak aspek instalasi WordPress. Dengan WP-CLI, kamu dapat menambah, menghapus pengguna, posting, kategori, memasukkan data, mencari dan mengganti dalam database, dan lain-lain. Untuk dapat menggunakan WP-CLI ini kamu harus memiliki akses SSH ke hosting. Bagi pengguna hosting DomaiNesia, tenang saja, karena WP-CLI sudah dapat digunakan jika kamu menggunakan Paket Hosting Super ke atas. Jika belum familiar dengan SSH, silakan baca panduan Panduan Akses SSH dari DomaiNesia. Pada panduan kali ini tidak akan dibahas lebih lanjut mengenai WP-CLI, namun hanya perintah yang digunakan untuk mengunduh core WordPress tanpa tema dan plugin default. Berikut perintah yang perlu dijalankan di terminal hosting kamu via SSH.

Keterangan:
wp core download : Perintah ini digunakan untuk mengunduh file core WordPress pada directory dimana perinath dijalankan.

–skip-content : Perintah ini digunakan agar file core diunduh tidak menyertakan folder. wp-content, agar konten-konten kamu seperti plugin, tema, dan file-file upload tidak terpengaruh.

–force : Perintah ini digunakan untuk memaksa mengunduh file core di directory yang sudah terinstall WordPress sebelumnya.

Catatan: pastikan jalankan perintah tersebut di folder tempat file WordPress kamu berada. Sebelum jalankan perintah tersebut, silakan cek apakah lokasi folder sudah benar dengan perintah ls.

Setelah selesai menjalankan perintah tersebut, akan muncul tulisan notifikasi Success: WordPress downloaded, artinya file core saat ini sudah ditimpa dan digantikan dengan file core yang baru.

Closing

Pada akhirnya, proses reinstall core WordPress dapat dilakukan dengan cukup mudah. Kamu dapat melakukan dengan menggunakan fungsi pembaruan WordPress bawaan, mengunggah ulang file default WordPress dari file manager hosting, dan menggunakan WP-CLI via terminal SSH menggunakan kode perintah khusus. Perlu diingat kembali untuk selalu backup file yang penting anda sebelum mengikuti tiga langkah reinstall core WordPress di atas.

Please rate this


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!