Tingkatkan Kecepatan Websitemu dengan PageSpeed

Oleh Mutiara Auliya
No ratings yet.

Hi DomaiNesians! Walaupun di masa pandemi, Kami tetap menghadirkan fitur terbaru di setiap layanan Hosting DomaiNesia. Kami menghadirkan fitur PageSpeed guna mempercepat website di hosting. Apa itu PageSpeed? Apa fungsinya dalam mempercepat loading website? Nah pada panduan kali ini akan dijelaskan tentang apa itu PageSpeed dan cara mempercepat website dengan PageSpeed.

Apa itu PageSpeed?

PageSpeed adalah salah satu tools dari Google yang berfungsi meningkatkan kecepatan website yang dibangun dari sisi server. Dikutip dari PageSpeed Google, terdapat 2 jenis PageSpeed yaitu PageSpeed Module dan PageSpeed Insight. PageSpeed Module inilah yang harus diletakkan di sisi web server. Ada 2 package yang disediakan oleh Google untuk pengguna web server Apache atau Nginx.

Keuntungan PageSpeed

Ada beberapa keuntungan PageSpeed yang terpasang dalam Hosting seperti:

  • Mempercepat website
  • Mempercepat loading website
  • Pengelolaan cache yang bagus
  • Skor di GTMetrix menjadi lebih bagus

PageSpeed di Semua Hosting DomaiNesia

Tim DomaiNesia telah mengimplementasikan PageSpeed Module di setiap server Hosting. Kamu tidak perlu melakukan instalasi apapun. Fitur PageSpeed ini dapat kamu gunakan untuk semua website lho. Kami juga mengkombinasikan PageSpeed ini dengan Memcached yang ada di semua server. Sehingga pengelolaan cache menjadi lebih baik lagi. Dan loading website kamu menjadi cepat tentunya.

Baca Juga: Apa itu Memcached

Kamu juga bisa mengatur Fitur PageSpeed di DomaiNesia. Silakan login ke cPanel Hosting, kemudian dengan mudah akan kamu temukan menu PageSpeed.  Silakan klik menu PageSpeed.

 

Pada halaman PageSpeed, kamu dapat menemukan beberapa domain/ subdomain yang ada di hosting. Silakan pilih domain/ subdomain mana yang ingin diaktifkan fitur PageSpeed. Untuk mengaktifkan PageSpeed, silakan klik Enable. Jika berwarna merah, artinya PageSpeed sudah aktif. Oiya secara default, DomaiNesia akan mengaktifkan Fitur PageSpeed agar website kamu cepat ketika diakses. Untuk menonaktifkan, silakan klik Disable. Jika sudah berwarna hijau seperti gambar dibawah ini, itu artinya PageSpeed sudah tidak aktif. 

Fitur PageSpeed ini bukan hanya untuk website berbasis WordPress saja. Website yang dibangun dengan PHP native, NodeJS, Python maupun Ruby juga dapat merasakan fitur ini. Namun untuk kamu pengguna WordPress di DomaiNesia, PageSpeed menjadi suatu fitur terbaik karena sudah kami kombinasikan dengan fitur WordPress Accelerator.

Baca Juga: Tingkatkan Kecepatan WordPress dengan WordPress Accelerator

Cek Performa Website Kamu!

Untuk mengukur performa website, kamu dapat menggunakan https://gtmetrix.com/. Silakan akses di browser lalu tuliskan nama website yang telah diinstal plugin. Voila! Performa website kamu muncul deh!

Catatan: Selain PageSpeed, ada beberapa faktor yang juga berpengaruh terhadap kecepatan website. Pastikan selalu gunakan versi PHP terbaru atau template website terbaru. Kamu bisa cek apa saja yang bisa kamu lakukan untuk Optimasi Website Agar Lebih Cepat

Kemudian kamu bisa cek juga dibagian HTTP headers terdapat X-Page-Speed: DN. Itu artinya server Hosting yang kamu gunakan sudah terpasang PageSpeed. Untuk melakukan pengecekan silakan gunakan perintah curl.

Kesimpulan

Kamu tidak perlu mencari-cari informasi cara mempercepat website lagi karena semua server Hosting DomaiNesia telah terpasang fitur PageSpeed. Dari sisi server (backend), kamu sudah tidak perlu khawatir. Yang perlu kamu lakukan hanyalah selalu gunakan versi PHP terbaru, gunakan template yang update dan jika kamu menggunakan WordPress, pastikan selalu gunakan versi WordPress terbaru.

Mutiara Auliya

Hi! I am Technical Writer at DomaiNesia. I love Linux, Python, Server, WordPress, Data Analysis and Artificial Intelligence. I will help you making some technically being easy to understand :)

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!