Home  »  Permulaan   »   Cara Export dan Import PostgreSQL

Cara Export dan Import PostgreSQL

Last Update:

cara export dan import postgresql

Cara Export dan Import PostgreSQL

Ada beberapa jenis database yang biasa digunakan untuk membuat website misalnya MySQL dan PostgreSQL. Pada panduan sebelumnya DomaiNesia sudah menjelaskan tentang cara Import dan Export PostgreSQL melalui phpPgAdmin. Nah pada panduan kali ini akan dijelaskan mengenai cara export dan import PostgreSQL melalui konsol/ terminal. Proses export, berfungsi untuk backup database PostgreSQL. Untuk melakukan import dan export menggunakan perintah pg_dump dan pg_restore. Karena nanti semua dilakukan via konsol, untuk itu, pastikan kamu sudah mengerti cara akses server via SSH melalui Terminal atau PuTTy ya. Buat pemula, silahkan baca Apa itu SSH terlebih dahulu agar kamu tidak bingung.

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Database dengan MySQL

Tahap Persiapan

Sebelum mengikuti cara export dan import PostgreSQL pastika kamu sudah mengetahui hal-hal berikut ini,
1. Pastikan kamu tahu cara akses server via SSH melalui Terminal dan PuTTy. Jika belum tahu, silahkan baca Cara Akses SSH. Oiya, untuk melakukan akses SSH, pastikan kamu memiliki minimal Paket Hosting Super.
2. Pastikan kamu telah membuat akun database PostgreSQL melalui cPanel Hosting. Jika belum, silahkan baca Cara Membuat Database PostgreSQL di Hosting
3. Pastikan kamu tahu user dan password PostgreSQL.

Cara Export PostgreSQL

Sekarang saatnya melakukan export PostgreSQL di Hosting melalui konsol. Silahkan akses server via SSH melalui terminal atau PuTTY. Kamu bisa melakukan export PostgreSQL dengan beragam hasil output seperti .pgsql, .tar, ataupun .dir .

Format Output .pgsql

Jika file output ingin berupa .psql, silahkan tulis perintah

pg_dump -U NAMA_USER -h 127.0.0.1 NAMA_DATABASE_POSTGRESQL > hasilexport.pqsql

Tulis password lalu tunggu sebentar hingga proses export selesai.

Silahkan ketik ls pada terminal maka file hasilexport.pqsql akan muncul. Nah itulah database PostgreSQL yang telah diexport.

Format Output Lain

Selain .psql, kamu bisa juga melakukan export/ backup database PostgreSQL dengan format output yang berbeda. Kamu bisa melakukan export database dengan format output .tar. Silahkan tulis perintah berikut,

pg_dump -U NAMA_USER -h 127.0.0.1 -F t NAMA_DATABASE_POSTGRESQL > hasil.tar

Keterangan:

-U adalah nama username dari database PostgreSQL
-h adalah nama hostname (default: 127.0.0.1)
-F digunakan untuk menentukan format file output secara spesifik misalnya .tar, .dir, .sql.
p – file SQL (.sql)
c – format khusus. Kamu bisa tentukan formatnya seperti .zip dan sebagainya
d – format directory
t – format tar (.tar)

Jika ingin melakukan export database dengan format output .zip, silahkan tulis perintah berikut,

pg_dump -U NAMA_USER -h 127.0.0.1 -F c NAMA_DATABASE_POSTGRESQL > hasil.zip

Cara Import PostgreSQL

Nah agar database bisa di olah lagi, maka kamu perlu melakukan import database PostgreSQL. Import database PostgreSQL dapat dilakukan dengan 2 cara:

  1. psql digunakan untuk mengembalikan database (restore) dari file SQL atau .pgsql yang dibuat dengan pg_dump (export database) tadi
  2. pg_restore digunakan untuk mengembalikan database (restore) dari file .tar, direktori ataupun format khusus yang dibuat dengan pg_dump.

Import PostgreSQL dengan psql

Jika file backup kamu berformat SQL ataupun .pgsql, silahkan gunakan command psql. Adapun caranya hampir sama, silahkan akses SSH via terminal atau PuTTY. Kemudian tulis perintah berikut,

psql -U USER -h 127.0.0.1 NAMA DATABASE POSTGRESQL < hasilexport.pgsql

Import PostgreSQL dengan pg_restore

Jika file backup berformat .tar, .zip, direktori, ataupun format khusus maka silahkan gunakan pg_restore untuk merestore database. Silahkan tulis perintah berikut,

pg_restore -d NAMA_DATABASE_POSTGRESQL -h 127.0.0.1 -c hasil.tar -U NAMA_USER

Keterangan:

-c digunakan ketika kamu ingin menghapus database yang telah ada
-C digunakan untuk membuat database terlebih dahulu sebelum melakukan restore
-e artinya keluar jika ada masalah dalam proses restore

Catatan: hasil.tar adalah hasil backup dari proses export database menggunakan pg_dump. Sesuaikan dengan format output yang kamu buat ya!

Closing

Sebenarnya ada 2 cara dalam mengakses database postgresql. Pertama, kamu bisa mengaksesnya via konsol/ terminal seperti panduan ini. Atau, kamu bisa langsung menggunakan bantuan dari phpPgAdmin. phpPgAdmin ini nantinya akan membantu dalam pengelolaan database seperti Insert, Create, Update dan sebagainya. Buat kamu yang ingin pengalaman lebih cara export dan import postgresql, sepertinya akses via konsol seperti ini menjadi lebih menyenangkan. Tertarik dengan Hosting Murah DomaiNesia? Yuk order aja di DomaiNesia!

Baca Juga: Tips Memilih Hosting untuk Pemula


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!