Cara Remote MySQL dengan Navicat

Oleh Mutiara Auliya
No ratings yet.

Hi DomaiNesians! Tahukah kamu bahwa database MySQL yang ada di website, bisa dikendalikan lewat komputer lokal? Inilah yang dinamakan “remote database”. Remote database adalah aktivitas dimana kamu dapat mengakses database yang ada di Hosting dan melakukan kontrol serta query langsung di komputer yang berbeda. Kamu bisa mengedit data dengan lebih mudah dan tidak perlu membuka phpmyadmin yang ada di cPanel. Ada beberapa cara melakukan remote MySQL salah satunya dengan menggunakan SSH Tunneling. Nah untuk remote SQL melalui SSH Tunneling, kamu bisa menggunakan HeidiSQL, Navicat ataupun MySQL Workbench. Pada panduan ini akan dijelaskan cara remote MySQL dengan Navicat. Ikuti step by step nya ya!

Tahap Persiapan

Sebelum mengikuti panduan cara remote MySQL, maka kamu harus mengetahui beberapa hal seperti:

  1. Membuat Database MySQL, tentu saja kamu harus memiliki database MySQL di hosting
  2. Export dan Import MySQL, setelah membuat database MySQL baru, kamu harus tahu cara import dan export database. Sehingga, database yang ada di localhost bisa langsung masuk ke Hosting.
  3. Mengetahui cara SSH di Hosting, agar kamu bisa melakukan proses remote.

Catatan: Panduan ini hanya untuk Paket Hosting Super ke Atas (yang memiliki fitur SSH). Bagi Paket Hosting Extra, silakan ikuti Cara Remote MySQL di cPanel

Cara Remote MySQL dengan Navicat

Ada beberapa cara untuk melakukan remote MySQL salah satunya dengan melalui SSH Tunneling dengan Navicat. Untuk itu, pada panduan ini kamu harus melakukan:

  • SSH Tunneling terlebih dahulu untuk membuat koneksi dengan hosting agar dapat melakukan remote
  • Remote MySQL dengan bantuan Navicat. Navicat ini bentuknya mirip seperti phpMyAdmin (untuk pengelolaan MySQL). Sehingga kamu bisa mengakses, mengubah query dan menambahkan data dengan lebih mudah. Navicat tersedia untuk Windows.

Baca Juga: Cara Remote MySQL dengan HeidiSQL

1. Melakukan Instalasi Navicat

Sebelum melakukan remote MySQL, kamu harus instal Navicat terlebih dahulu. Navicat adalah portal untuk mengelola database MySQL, MariaDB bahkan PostgreSQL juga bisa. Fungsinya hampir sama dengan phpMyAdmin. Kamu bisa download file aplikasinya di https://www.navicat.com/en/download/navicat-for-mysql.  Selain Navicat, kamu juga bisa menggunakan HeidiSQL ataupun MySQL Workbench.

Cara Remote MySQL dengan Navicat

2. Melakukan Setting SSH Tunneling

Selanjutnya kamu harus melakukan setting SSH Tunnel agar dapat remote MySQL. Kamu bisa membuka Navicat yang telah diinstal tadi. Silahkan klik tab Connection, dan dilanjutnya memilih MySQL.

Cara Remote MySQL dengan Navicat

Sekarang, silahkan klik menu SSH dan centang pada kotak yang bertuliskan Use SSH tunnel. Pada bagian Host, kamu bisa isikan nama domain/ nama server/ IP server. Lalu, bagian Port silahkan tulis port 64000. Di bagian User Name , kamu bisa menuliskan username cPanel. Pada bagian Authentication Method , akan secara otomatis menggunakan password untuk metode autentifikasinya. Lalu bagian Password , silahkan masukkan password cPanel kamu. Jika sudah langsung saja klik Save.

3. Remote MySQL dengan Navicat

Untuk melakukan remote MySQL silakan buka Navicat dan klik Connection untuk menambahkan konfigurasi server tujuan yang akan di remote.

Cara Remote MySQL dengan Navicat

Tunggu sebentar hingga muncul tampilan seperti berikut. Kemudian klik MySQL untuk dapat melakukan remote MySQL.

Cara Remote MySQL dengan Navicat

Klik tab menu General untuk menambahkan konfigurasi setting remote MySQL. Pada bagian Connection Name, silakan masukkan nama koneksi. Kamu bisa memasukkan nama koneksi bebas sesuai keinginan. Pada bagian Hostname  silakan diisi dengan localhost. Pada bagianPort silakan diisi dengan 3306. Pada bagian User Name, silakan diisi dengan username database yang ada di Hosting. Kemudian tulis juga password database yang ada di Hosting. Jika sudah, jangan lupa klik OK.

Cara Remote MySQL dengan Navicat

Catatan: Port 3306 adalah port tunnel untuk remote MySQL. Jika port tunnelingnya berbeda, maka silakan sesuaikan dengan port tersebut.

4. Remote MySQL Melalui SSH Tunneling Berhasil

Voila! Remote MySQL dengan Navicat berhasil. Sekarang kamu dapat mengakses database MySQL secara terpisah. Kamu dapat mengelola database dan melakukan query sesuai keinginan

Cara Remote MySQL dengan Navicat

Baca Juga: Cara Remote MySQL dengan MySQL Workbench

Kesimpulan

Remote MySQL dengan Navicat adalah hal yang bisa kamu lakukan jika ingin mengakses database secara terpisah. Sebenarnya ada beberapa cara, namun SSH Tunneling adalah cara sederhana yang cocok untuk pemula. Untuk pengguna PostgreSQL, kamu bisa ikuti Cara Remote PostgreSQL di Hosting.

Mutiara Auliya

Hi! I am Data Analyst and Technical Writer at DomaiNesia. I love Linux, Python, Server, WordPress, Data Analysis and Artificial Intelligence. I will help you making some technically being easy to understand :)

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!