Home  »  Hosting   »   Panduan Remote MySQL di cPanel

Panduan Remote MySQL di cPanel

Last Update:

cara remote mysql di cpanel

Introduction

Pada panduan kali ini akan dibahas mengenai cara remote MySQL di cPanel. Apa sih remote MySQL di cPanel? Yaitu, menggunakan menu Remote MySQL di cPanel agar seseorang dapat mengakses database MySQL yang anda miliki. Jadi, ketika fitur remote MySQL pada cPanel telah anda aktifkan, maka anda dapat menggunakan aplikasi remote client untuk mengakses database MySQL yang ada di server anda. Remote MySQL memang sedikit beresiko tinggi karena anda tidak dapat membatasi apa saja yang dilakukan client dalam mengakses database. Bisa- bisa, database website anda dilihat bahkan diubah sesuai dengan keinginan si client. Bisa bayangkan ketika database tersebut berisi nomor kartu kredit berserta PIN para nasabah bank. Bagi client yang tidak menyadari pentingnya etika dalam berprofesi, hal tersebut bisa saja dia salah gunakan untuk kepentingan pribadi. Jadi, hati- hati ya DomaiNesians!

Bagaimana Cara Remote MySQL di cPanel ?

Adapun yang harus dipersiapkan yaitu tentu saja akun di cPanel serta IP client yang ingin meremote database di server/ hosting. IP Client ini harus berasal dari IP statis atau dari alamat DDNS (Dynamic DNS). Adapun langkahnya yaitu,

1. Login ke cPanel

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah login ke cPanel. Login cPanel dapat melalui https://namadomain/cpanel, sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting. Bagi anda yang belum tahu cara login cPanel, silahkan baca di Cara Mudah Login cPanel Hosting.

Step 2 – Memilih Menu Remote MySQL

Kemudian, tulis “remote mysql” pada form pencarian. Lalu klik menu Remote MySQL.
cara remote mysql di cpanel

Step 3 – Menambahkan Host / IP Client

Nah, pada step ini anda dapat menambahkan IP Client yang ingin meremote database yang ada di hosting/ server. Silahkan kirim tiket ke DomaiNesia melalui my.domainesia.com untuk Allow IP Client tersebut di firewall DomaiNesia. IP Client tersebut harus dari koneksi dengan IP yang statis atau dari alamat DDNS (DynamicDNS). Bagi anda yang masih bingung dalam mengirimkan tiket kepada kami, silahkan baca Panduan Kirim Tiket DomaiNesia.
Setelah Tim Support kami melakukan pengecekan dan memperbolehkan (allow) IP Client tersebut di firewall DomaiNesia, maka silahkan tuliskan IP tersebut lalu klik Tambah Host. Anda juga dapat menggunakan % untuk memperbolehkan blok IP tertentu misalnya 10.1.10.%.
cara remote mysql di cpanel

Step 4 – Remote MySQL dari Client

IP client telah diperbolehkan untuk mengakses database. Maka selanjutnya yaitu, melakukan remote MySQL dari client. Anda dapat melakukan remote database MySQL menggunakan aplikasi remote seperti MySQL Workbench.

Bagaimana Cara Menghapus Host (IP Client) ?

Adapun cara menghapus host/ IP Client sangatlah mudah. Silahkan pilih IP Client yang ingin dihapus lalu klik Hapus.
cara remote mysql di cpanel

Closing

Bagaimana? Cara remote MySQL di cPanel mudah bukan? Remote MySQL di cPanel memang menguntungkan bagi beberapa pihak. Apalagi jika anda memiliki 1 database yang dapat diakses oleh beberapa komputer client. Sehingga komputer client tersebut tidak perlu membuat database baru dengan data yang sama. Atau mengubah satu pesatu tabel/ kolom dalam database tersebut. Anda juga dapat berkolaborasi dalam mengakses database MySQL. Namun, anda juga perlu hati- hati dan jangan lupa untuk selalu lakukan backup database! Jangan sampai nanti ada seseorang yang melakukan human error seperti salah menghapus file database, salah konfigurasi, salah query atau sebagainya. Selain itu, pastikan anda mempercayai orang yang meremote database MySQL. Jangan sampai data dalam database digunakan untuk kepentingan tertentu. Apabila ada pertanyaan jangan ragu untuk menghubungi Tim Support Kami. DomaiNesia merupakan penyedia hosting murah dan domain murah di Indonesia. Terima kasih telah menggunakan layanan Kami. Salam DomaiNesia! ?


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!