Panduan Remote MySQL di cPanel

Oleh Mutiara Auliya
2.8/5 (5)

Pada panduan kali ini akan dibahas mengenai cara remote MySQL di cPanel. Apa sih remote MySQL di cPanel? Yaitu, menggunakan menu Remote MySQL di cPanel agar seseorang dapat mengakses database MySQL yang anda miliki. Jadi, ketika fitur remote MySQL pada cPanel telah anda aktifkan, maka anda dapat menggunakan aplikasi remote client untuk mengakses database MySQL yang ada di server anda. Remote MySQL memang sedikit beresiko tinggi karena anda tidak dapat membatasi apa saja yang dilakukan client dalam mengakses database. Jadi, hati- hati ya DomaiNesians!

Remote MySQL di Hosting

Di DomaiNesia, anda dapat melakukan remote database MySQL di Hosting dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Untuk Paket Hosting Super ke Atas : Anda bisa ikuti Panduan Remote MySQL di Hosting melalui SSH Tunneling. Anda hanya perlu melakukan SSH ke hosting lalu melakukan remote MySQL melalui SSH Tunnel
  • Untuk Paket Hosting Extra (tidak memiliki akses SSH) : Anda bisa ikuti step by step panduan ini ya.

Kirim Tiket Terlebih Dahulu

Untuk anda yang tidak memiliki akses SSH, silakan ikuti panduan ini ya. Anda perlu mempersiapkan beberapa hal seperti:

  • IP Client ini harus berasal dari IP statis atau dari alamat DDNS (Dynamic DNS). Kamu bisa ikuti Panduan Daftar Dynamic DNS.
  • Kemudian silakan kirimkan tiket kepada Tim Support untuk melakukan allow IP Address atau DDNS tersebut. Untuk mengirimkan tiket, bisa ikuti panduan Cara Kirim Tiket DomaiNesia
  • Jika sudah berhasil diallow, silakan lakukan step by step sesuai panduan ini.

Catatan: Panduan ini hanya untuk paket hosting yang tidak memiliki akses SSH (Paket Hosting Extra)

Bagaimana Cara Remote MySQL di cPanel ?

Jika IP Address statis atau DDNS anda sudah diallow oleh Tim Support DomaiNesia, silakan lakukan panduan berikut:

1. Login ke cPanel

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah login ke cPanel. Login cPanel dapat melalui https://namadomain/cpanel, sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting. Bagi anda yang belum tahu cara login cPanel, silahkan baca di Cara Mudah Login cPanel Hosting.

2. Memilih Menu Remote MySQL

Kemudian, tulis “remote mysql” pada form pencarian. Lalu klik menu Remote MySQL.
cara remote mysql di cpanel

3. Menambahkan Host / IP Client

Nah, pada step ini anda dapat menambahkan IP Client yang ingin meremote database yang ada di hosting/ server. Tentunya setelah Tim Support kami melakukan pengecekan dan memperbolehkan (allow) IP Client/ DDNS tersebut di firewall DomaiNesia ya.

Setelah itu anda perlu menambahkan host ke cPanel Hosting. Silakan tambahkan alamat IP Statis/ DDNS lalu klik Tambah Host. Anda juga dapat menggunakan % untuk memperbolehkan blok IP tertentu misalnya 10.1.10.%.
cara remote mysql di cpanel

4. Remote MySQL dari Client

IP client telah diperbolehkan untuk mengakses database. Maka selanjutnya yaitu, melakukan remote MySQL dari client. Anda dapat melakukan remote database MySQL menggunakan aplikasi remote seperti MySQL Workbench, HeidiSQL atau Navicat.

Cara Menghapus Host (IP Client)

Adapun cara menghapus host/ IP Client sangatlah mudah. Silahkan pilih IP Client yang ingin dihapus lalu klik Hapus.
cara remote mysql di cpanel

Kesimpulan

Bagaimana? Cara remote MySQL di cPanel mudah bukan? Remote MySQL di cPanel memang menguntungkan bagi beberapa pihak. Apalagi jika anda memiliki 1 database yang dapat diakses oleh beberapa komputer client. Sehingga komputer client tersebut tidak perlu membuat database baru dengan data yang sama. Atau mengubah satu pesatu tabel/ kolom dalam database tersebut. Anda juga dapat berkolaborasi dalam mengakses database MySQL. Namun, anda juga perlu hati- hati dan jangan lupa untuk selalu lakukan backup database. Selain itu, pastikan anda mempercayai orang yang meremote database MySQL ya. Jangan sampai data dalam database digunakan untuk kepentingan tertentu. Apabila ada pertanyaan jangan ragu untuk menghubungi Tim Support Kami. DomaiNesia merupakan penyedia hosting murah dan domain murah di Indonesia. Terima kasih telah menggunakan layanan Kami. Salam DomaiNesia! ?

Baca Juga: Panduan Remote PostgreSQL di Hosting

Mutiara Auliya

Hi! I am Technical Writer at DomaiNesia. I love Linux, Python, Server, WordPress, Data Analysis and Artificial Intelligence. I will help you making some technically being easy to understand :)

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!