Panduan GFonts Accelerator

Oleh Mila Rosyida

Mengaktifkan GFonts Accelerator – Hi DomaiNesians! Penggunaan jenis font pada website memang sangat diperhatikan ya. Apalagi mengingat untuk siapa website itu dibuat pasti website ingin terlihat indah dan rapi. Nah, ada banyak penyedia jenis font salah satunya adalah Google Fonts. Google menawarkan segala macam bentuk font mulai dari yang simpel hingga rumit secara gratis. Itulah mengapa banyak web designer yang menggunakan Google Fonts saat mendesain website. Kemudian apa sih yang menjadi masalah? Semakin bervariasinya penggunaan jenis font pada Google Fonts pada website akan mengakibatkan proses loading yang lama apabila diakses. Niatnya ingin mempercantik website tapi malah kehilangan user :(. Tenang DomaiNesians! Sekarang ada fitur milik DomaiNesia yang bisa menyelesaikan permasalahan itu. Penasaran? Yuk, langsung saja… Selamat membaca DomaiNesians!

Baca Juga : Tingkatkan Kecepatan Websitemu dengan PageSpeed

Apa itu GFonts Accelerator ?

GFonts Accelerator atau Google Fonts Accelerator merupakan salah satu fitur hosting yang dimiliki oleh DomaiNesia untuk mempercepat loading website yang menggunakan Google Fonts. Google Fonts sendiri adalah salah satu produk milik Google yang menyediakan font untuk mempercantik website. Biasanya web desainer menggunakan Google Fonts sebagai jenis font di website. Kamu bisa melihat Google Fonts dengan mengakses https://fonts.google.com/.

Lalu, mengapa dibutuhkan GFonts Accelerator di dalam hosting? Misalnya seperti ini, ketika kamu ingin mengakses sebuah website yang menggunakan Google Fonts, web browser akan melakukan request sebanyak dua kali meliputi komponen yang ada pada website dan url font dari layanan Google Fonts. Dalam proses request tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama. Hal itu akan membuat user yang ingin mengakses website menjadi tidak sabar sehingga tidak jadi mengakses website. Nah, GFonts Accelerator akan mengurangi request dari browser yang sebelumnya dilakukan dua kali menjadi satu kali yaitu hanya dari alamat website. Maka dari dari itu load website akan menjadi lebih cepat dan tidak akan terasa berat saat dikunjungi oleh user.

Fungsi GFonts Accelerator

Adapun fungsi dari fitur GFonts Accelerator milik DomaiNesia adalah :

  • Mempercepat loading website yang menggunakan Google Fonts
  • Mengurasi loadtime request Google Fonts sehingga website lebih cepat dikunjungi
  • Menaikan score di Google Insights atau WebPageTest

Cara Mengaktifkan GFonts Accelerator

Yang harus kamu lakukan saat ingin mengaktifkan GFonts Accelerator antara lain :

1. Login cPanel Hosting

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah login ke cPanel. Login cPanel dapat melalui https://namadomain/cpanel, sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting. Buat kamu yang belum tahu cara login cPanel, silahkan baca di Cara Mudah Login cPanel Hosting.

2. Memilih Menu GFonts Accelerator

Kemudian kamu akan diarahkan ke dashboard cPanel hosting. Dari cPanel itu kamu bisa mengelola dan melakukan konfigurasi website. Kamu bisa ketik GFonts Accelerator di kolom pencarian dan klik menu GFonts Accelerator.

3. Mengaktifkan GFonts Accelerator

Pada menu GFonts Accelerator terdapat beberapa informasi dan setting yang harus kamu ketahui yaitu :

  • Domain : Nama domain dan subdomain pada website yang akan diaktifkan GFonts Accelerator
  • Document Root : Path dimana file website berada
  • Status : Status GFonts Accelerator pada domain atau subdomain apakah Active atau Inactive.
  • Action : Kamu bisa mengaktifkan dan me-nonaktifkan GFonts Accelerator

Untuk mengaktifkan GFonts Accelerator kamu bisa klik tombol hijau Enable pada bagian Action. Apabila sudah aktif maka pada Status akan berubah menjadi Active dan pada Action menjadi Enable.

4. Menon-aktifkan GFonts Accelerator

Selain mengaktifkan, kamu juga bisa menon-aktifkan GFonts Accelerator ini. Caranya sama dengan saat mengaktifkan. Kamu bisa klik tombol berwarna merah Disable pada Action.

Kesimpulan

Bagaimana? mengaktifkan GFonts Accelerator di hosting sangat mudah dilakukan bukan? Hanya dengan satu klik saja maka GFonts Accelerator akan aktif. Jadi buat kamu yang punya website dan menggunakan Google Font, jangan khawatir kalau loadingnya lama. Kamu bisa gunakan GFonts Accelerator ini. Eits… Tapi fitur ini hanya ada di DomaiNesia ya … Bagi kamu yang belum punya hosting, silahkan order hosting di DomaiNesia. Ikuti langkah-langkahnya di panduan Cara Order Hosting Indonesia di DomaiNesia.

Baca Juga : Kenal Lebih Dekat dengan WordPress Accelerator

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!