Cara Install Nodejs di Hosting

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Install Nodejs di HostingNodeJS adalah suatu platform yang dibuat oleh Ryan Dhal dengan menggunakan bahasa pemrograman Javascript. NodeJS ini bekerja di server side atau sisi server.

Sama seperti bahasa pemrograman lainnya, NodeJS ini dapat dijalankan di berbagai macam sistem operasi seperti Windows, Linux maupun Mac OS.

Dengan NodeJS, apabila ingin membuat website tidak perlu melakukan coding dari dua sisi yaitu sisi client (client side) maupun sisi server (server side).

Di hosting DomaiNesia kamu dapat install Node.js di hosting dengan sangat mudah. Berbagai versi NodeJS bisa kamu pilih untuk websitemu.

Nah, lalu bagaimana cara install Nodejs di hosting? Tanpa panjang lebar, langsung saja ikuti panduan berikut ini.

Tahap Persiapan

Buat kamu yang ingin install Nodejs di hosting, ada beberapa yang harus dipersiapan. Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu persiapkan, yaitu :

Memiliki Hosting

Tidak mungkin bisa melakukan install Nodejs di hosting jika kamu tidak memiliki hosting! Untuk itu buat kamu yang belum memiliki hosting, segera pilih paket hosting terbaik yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Khusus Nodejs ini, hanya bisa dijalankan minimal di pake Hosting Super.

Eits, jangan lupa untuk selalu cek promo DomaiNesia, siapa tau kamu adalah orang yang beruntung mendapatkan promo!

Mengetahui Cara Mengakses cPanel

Setelah kamu memiliki hosting, pastikan kamu sudah mengetahui cara mengakses cPanel Hosting. Buat kamu yang belum tahu bagaimana cara mengakses cPanel hosting, tenang saja! Kamu bisa mengikuti step by step nya di Panduan Login cPanel.


Apabila kamu sudah memenuhi 2 persiapan diatas, maka sekarang kamu sudah bisa menggunakan terminal cPanel.

Cara Install Nodejs di Hosting

Karena 2 persiapan sebelumnya sudah selesai semua, sekarang saatnya mulai install Nodejs di hosting. Ikuti step by step nya di bawah ini ya!

Catatan : Nodejs dapat di install pada paket Hosting Super keatas.

1. Memilih Menu Nodejs

Untuk menu Nodejs, dapat kamu temukan dengan cara ketik nodejs pada kolom pencarian. Kemudian klik Nodejs.

install nodejs di hosting

2. Melakukan Instalasi Nodejs

Langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi Nodejs. Untuk install Nodejs di hosting ini mudah sekali. Cukup pilih versi Nodejs dan klik tombol Install yang ada di sebelah kanan maka kamu sudah berhasil install Nodejs di hosting. Tunggu hingga proses instalasi selesai ya DomaiNesians!

Catatan : Proses instalasi Nodejs membutuhkan waktu sekitar 3- 5 menit.

Apabila tombol Install berganti tulisan menjadi Uninstall itu artinya instalasi sudah selesai dilakukan.

3. Menjalanlan Nodejs di Terminal

Langkah ketiga, kamu bisa mengakses Nodejs yang telah diinstall dengan cara menjalankan command atau perintah yang ada di halaman panel Nodejs seperti gambar di bawah ini. Salin atau copy command source ~/.bash_profile.

Kemudian silakan membuka Terminal di dalam cPanel hosting dengan cara ketik terminal di kolom pencarian lalu pilih Terminal.

Selanjutnya paste command ke dalam terminal seperti contoh gambar di bawah ini. Lalu tekan enter.

4. Instalasi Nodejs Berhasil Dilakukan!

Setelah selesai, kamu bisa mengecek versi Nodejs dengan menjalankan command berikut di terminal hosting. Apabila versinya sama dengan yang kamu install maka itu artinya install Nodejs di hosting sudah berhasil dilakukan.

Selain itu kamu juga bisa melakukan instalasi paket atau library yang disediakan oleh Nodejs dan sekiranya kamu butuhkan melalui perintah npm. Pertama – tama silakan menjalankan perintah berikut.

Misalnya kamu ingin melakukan instalasi yarn, kamu bisa menjalankan perintah di bawah ini.

Kemudian cek apakah instalasi yarn sudah berrhasil diinstall dengan menjalankan command :

Kesimpulan

Install Nodejs di hosting mudah dilakukan bukan? Cukup mengaktifkan dan melakukan instalasi saja maka kamu sudah bisa menggunakan Nodejs di hosting. Apabila kamu ingin menggunakan Nodejs di hosting pastikan kamu memiliki hosting minimal paket Super ya DomaiNesians!

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah